Surat Pembaca

Transfer Uang via Akulaku, Dana Belum Diterima

Pada tanggal 2 April 2021 saya melakukan transaksi kirim uang di aplikasi Akulaku Beta Version. Sebelumnya, saya mencoba transfer nominal kecil untuk memastikan apakah berjalan dengan baik atau tidak. Ternyata benar, belum sampai 1 jam alias hanya beberapa menit, sudah diterima.

Namun ketika saya mencoba nominal yang lebih besar yakni sebesar Rp2.000.000 dan Rp3.000.000 malah terkendala dan lebih dari 1 jam tidak masuk ke rekening tujuan. Padahal penerima sangat butuh dana tersebut. Saya pun menelepon CS Akulaku, kenapa dana belum diterima? Nyatanya, saya malah disuruh menunggu 1×24 jam.

Pertanyaan saya, kenapa tidak dikembalikan saja dananya kalau transaksi gagal? Kenapa harus menahan dana customer? Transfernya juga ke Virtual Account Akulaku. Jadi, dana tersebut pasti berada di tangan Akulaku selaku perantara pengiriman uang.

Kalau begini, jangan menjanjikan customer prosesnya selesai dalam 1 jam. CS juga sangat tidak proaktif baik di sosial media ataupun email. Hotline yang tersedia juga tidak 24 jam. Apakah dana customer dipakai dulu oleh mereka?

Demikian keluhan saya, mudah-mudahan jadi pelajaran bagi yang lain untuk menggunakan jasa Akulaku. Harap berhati-hati juga, karena selama saya komplain, begitu banyak akun-akun palsu yang mengaku dari Akulaku membanjiri sosmed saya. Mohon OJK lebih mengawasi lagi fintech satu ini dan dikaji ulang terkait regulasinya.

Tony Trisno
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Update tgl 8.4.21 Dana Berhasil Masuk ke Rekening saya Otomatis langsung.Nominal sesuai.Terima kasih buat share pengalaman Semuanya.Semoga Dgn share ini pihak nasabah maupun Penyedia jasa Bisa Saling Menbangun demi kebaikan bersama.Thx media konsumen Thx Akulaku.

  • Itulah gunanya Media Konsumen. Setelah di blow up ke media baru CS bergerak.

    Hanya saja saya sangat heran kenapa ada segelintir komentar yang sinis dan menganggap remeh keluhan pengguna di Media Konsumen.

    Miris banget hidupnya. Meluangkan waktu hanya untuk komentar konyol.

  • Klo mau transfer antar bank, bs coba pakai aplikasi FLIP. Lbh aman aja..

  • Maaf nih saya pemula , saya dapat notifikasi dari akulaku transfer dana rp 3 jt langsung terkirim . Apa setelah penarikan dana , saya harus bayar cicilannya apa gratis ya ? Mohon pencerahannya suhu

  • ternyata banyak yang nyangkut

    sama ane juga nyangkut
    mending gausah dah pake jasa tranfer gak jelas

  • ada kah yang pengalaman sedang ditransfer lalu besoknya berhasil? atau ini sudah pasti nyangkut ya? saya jg masih menunggu 1x24 jam belum masuk2 dananya

  • sama saya nyesel banget awal transfer pakai aplikasi akulaku berhasil eh yg kedua nya malah zonk ,duit saya nyangkut buru-buru transfer biar gak kena denda malah tersangkut duitnya kan malah nambah dendanya.saya telfond cs nya kalo kayak gini siapa yg nanggung dendanya padahal kita cuma pakai akunnya untuk transfer.sumpah gak mau lagi pakai akulaku kapok,di tanya ke csnya malah baiklah ,baiklah bikin dongkolkan bukannya selesaikan masalah.gimana caranya biar pihak akulaku tuh jera,karena tidak melayani dengan baik konsumennya.

  • hai, apakah dana sudah bersil terkirim? karna saya kasusnya sama, hanya saja kemarin transfer pada hari sabtu, apakah mungkin terkendala karna hari libur ya? mohon infonya, terimakasih.