Surat Pembaca

Saldo Rekening BRI Hilang Terdebet, Transaksi Dinyatakan Normal

Tepatnya pada tanggal 19 April 2021, saat saya lagi bekerja sekitar pukul 08.24 WIB, saya menerima notifikasi SMS dari BRI bahwa ada TRANSAKSI DEBET Rp9.000.000 dengan biaya Rp3.000. Biasanya notifikasi SMS menjelaskan Penarikan ATM, TARIK TUNAI, Transfer Bank lain, Penarikan Tunai ATM, dll.

Saat itu langsung syok dan panik, kerja pun tidak fokus. Saya menelepon ke CS BRI 14017 dan menceritakan kronologinya. Saya disuruh untuk memblokir m-banking dan Kartu ATM saya. Saya pun menyetujuinya, lalu diberi nomer pengaduan 34510104 dan disuruh menunggu 20 hari kerja.

Selama 1 minggu saya mencari info, ternyata banyak kejadian serupa. Kepanikan saya malah bertambah, setiap 3-4 hari saya selalu follow up @kontakBRI melalui Twitter dan cabang BRI terdekat rumah saya. Saya juga menanyakan ke CS BRI, transaksi tsb dilakukan di mana, tapi mereka tidak bisa memberi penjelasan ini transaksi apa.

Kalau penarikan ATM atau yang lain, di mutasi terdapat jelas. Namun ini hanya bertuliskan nomor saja di mutasi rekening, sehingga kecurigaan saya bertambah. Selama ini saya juga tidak merasa mendapat SMS Kode OTP/ memberi PIN kepada siapapun termasuk keluarga.

Saya butuh uang ini. Setelah menunggu proses tindak lanjut kurang dari 20 hari kerja, tepatnya tanggal 05 Mei 2021, hasilnya membuat saya deg-degan dan merasa kecewa, karena dari jawaban call center BRI transaksi tsb dinyatakan transaksi normal yang dilakukan di agen BriLink.

Saya tidak melakukan transaksi ini. Pesan yang dikirim melalui twitter membuat saya down dan saya pun meminta penjelasan, kenapa sistemnya sampai begini? Sedangkan ATM dan PIN hanya saya yang tahu & juga buku rekening ada di tangan saya. Saya tidak melakukan transaksi ini, tapi dinyatakan normal.

Tolong dan mohon ditindaklanjuti BRI!

Agung Prayuga
Jombang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mba Fifi mau tanya, kalau bikin laporan kepolisian trs nanti prosesnya gimana ya? Abis buat laporan kepolisian trs suratnya dkirim ke BRI gtu arau gmn mba? Mhn pencerahan

      • Terakhir kali kakak menghubungi pihak banknya kapan ya kak? Karena saya juga mengalami hal yang serupa, saya takut nanti pihak banknya tidak menyelesaikan masalah tersebut

  • setelah 20 hari kerja menunggu, traksaksi normal. sudah diinvestigasi dirumah sama pihak bank juga.. tpi sampai sekarang juga tidak ada apa apa.. buat pelajaran saja lebih hati" nyimpen dibank BR* sudah banyak korbannya

    • ATM suami saya juga terdebet hari ini tanpa melakukan transaksi, sepertinya memang BRI bukan tempat yg aman untuk saving uang, mengingat kejadian ini sering terjadi di nasabah BRI, mungkin bagi bank BRI uang nasabah yg hilang ga ada nilainya, makanya tidak ada tindak lanjut dari pihak bank untuk meningkatkan keamanan. Tapi bagi kami, uang tersebut sangat bernilai.

  • Pindah Bank ajaa. Kalo bwt saving cr yg gk umum dan jarang atm.. Koq sering baca BRI di skimming semoga bukan sih. Susah jg kalo by system dinyatakan transaksi sah kan berarti ada kartu ada PIN -->

  • Bank yg 1 ini paling sering kehilangan duit, kalau gak atm gak keluar duit tp transaksi terdebet. Gak pernah berbenah gak kayak bank besar sebelah. Apa anda pernah mengisi form internet seblumnya?