Surat Pembaca

Denda Berhenti Langganan IndiHome Rp1.000.000

Yth. Telkom Indonesia,

Saya menyampaikan bahwasanya saya keberatan dengan denda berhenti langganan IndiHome yang sangat banyak ini. Saya berharap pihak Telkom Indonesia memberikan keringanan dan atau menghapus denda tersebut.

Peraturan tersebut benar-benar membuat para pelanggan IndiHome takut berhenti berlangganan dikarenakan dengan denda Rp1.000.000 jika berhenti sebelum masa kontrak 12 bulan pertama berlangganan.

Saya berniat membayar jika denda berhenti berlangganan tersebut tidak sebanyak itu. Berikut saya cantumkan nomer IndiHome saya yang dalam proses berhenti berlangganan: 152332230030.

Alasan saya berhenti berlangganan dikarenakan WFH sudah selesai dan kegiatan dari sekolah sudah berakhir, jadi wifi tidak di butuhkan lagi.

Demikian surat ini saya buat. Semoga menjadi perhatian khususnya Telkom Indonesia dan umumnya untuk calon pelanggan/pelanggan IndiHome.

Achmad Irfan Imannudin
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Bapak Achmad Irfan Imannudin

Kepada Yth: Yth. Redaksi Surat Pembaca MEDIA KONSUMEN Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat komplain pelanggan atas nama...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalau sudah ada ketentuan dendanya, mau diprotes gimana pun, ga bakal didengerin pihak terkait. Kecuali kalau belum ada pemberitahuan

  • Lha waktu pasang emang ga dibaca dulu kontraknya, baca pasal2 terms and condition memang panjang, tp penting untuk dibaca biar tau aturan untuk pasang indihome. Kalo ga dibaca trus main tanda tangan yaa kesalahan sendiri itu mah.. artinya udah setuju... Coba baca lagi..

  • Silakan dicermati dulu Syarat & Ketentuan pemasangan IndiHome, barangkali ada dijelaskan tentang denda penalty sebelum kontrak 1 tahun (XL Home setahu saya juga memberlakukan begini). Kalau saya cukup pake koneksi 4G saja meski byar-pet putus nyambung dan lelet, daripada harus dipusingkan dengan IndiHome. Kalau mau pasang internet fiber, lebih baik selain IndiHome karena layanannya yang terkenal buruk. FYI, di komplek tempat saya tinggal "dikuasai" oleh Telkom jadi nggak ada opsi untuk pasang, karena prospek pengguna internetnya juga tidak banyak. Saya pernah daftar mau pasang IndiHome waktu awal-awal WFH, untungnya tidak diproses, sehingga saya terselamatkan dari ribet dan buruknya layanan provider tersebut.

  • Model ginian yang kalo di supermarket gak mau antri, giliran dilayani gak jadi beli karena kemahalan. Tobat tobat manusia macam ini masih ada

  • lah layanannya parah banget gimana orang gak berhenti. ingat SLA nya bagaimana indihome itu, avalilabilitynya berapa persen ? jangan salahin pelanggan kalau mau berhenti.

  • hai mas, bagaimana update di bulan ini? apakah jadi berhenti langganan? apakah jadi membayarkan denda?

  • Kejadian yang saya alami,mulai langganan indihome bulam februari tahun 2021,pada bulan agustus tepatnya tgl 19 agustus 2021,rumah saya terjual,pada tanggal 30 agustus 2021,saya menelfon ke 147 untuk berhenti berlangganan indihome,setelah stengah jam berbicara dengan cs nya,akhirnya pemutusan layanan indihome saya di proses,besoknya saya pergi ke plaza telkom terdekat untuk mengembalikan modem,android tv dan smua peralatannya.saya sudah menyetujui untuk membayar denda sebesar 1 jt rupiah,tetapi mengapa saya harus membayar tagihan untuk bulan september? Beserta ada biaya tambahan.sedangkan internetnya sudah tidak kami pakai lagi.total biaya yang harus saya keluarkan untuk berhenti berlangganan indihome sebesar rp 1.345.950 dan di ancam jika tidak membayar 7x24 jam maka akan d blacklist.uang segitu di zaman pandemi ini sangat berarti untuk kelangsungan hidup.akhir kata JARI TENGAH untukmu indihome!!!

    • lha tagihan September kan untuk pemakaian di bulan Agustus, sementara berhentinya kan baru di akhir Agustus, ya wajarlah harus bayar tagihan September juga, gimana sih?! ?

  • Indihome gk mau susah, diawal gk dijelasin kalau brenti belum 12bln denda. Krena saya mau pindah kostan dan kost bru saya ada wifi jdnya mau pemutusan. Trus diancam sama pihak indihome hrus bayar denda, eh giliran saya hubungi teknisi saya pindah dari Jakut ke Jaksel. Katanya harus pemutusan karena gk bisa dipindahin. Kan bikin bingung customer. Berkoar suruh denda kalau gk mau lanjut tp gliran mau lanjut dan minta pindahin malah disuruh pemutusan. Gimana skh??? Nyusahin aja deh..

  • Saya pun mengalami hal Sama...saya pun merasa keberatan kalau berlangganan Indihome belum 1 tahun...di denda 1 juta...awal nya tempat saya bekerja pasang Indihome atas nama saya...dan tempat kerja nya bln 7 bangkrut karena resto tutup akibat pandemi...dan saya sudah di PHk...saya mau lapor tentang pencabutan...tapi harus bayar 1 juta karena belum 1 tahun berlangganan..saya bingung bayar denda dari mana... kerjaan aja gak punya... apalagi buat bayar denda...tolong pak Indihome...kasih saran buat saya di 0877855549**

    • Minta kebijakan dari Telkomsel... soalnya penghapusan denda berlangganan Indihome yang belum 1 tahun...ini no langganan saya 122433327327

  • yg bilang ketentuannya disosialisasikan dulu dan ada dalam kontrak serta syarat dan ketentuannya, kalian itu sok tahu... bila dekat dengan kalian akan saya tunjukkan ke batang hidung kalian, bahwa semua itu tidak ada dalam kasus saya, jadi tidak perlu sok tahu kalian