Surat Pembaca

Pelayanan Buruk Bank BNI Cabang Pembantu Cibubur Indah

Pada tanggal 28 Oktober 2021 sekitar pukul 10:00 pagi, saya datang ke Bank BNI Cabang Pembantu Cibubur Indah, untuk mengurus kartu ATM BNI saya yang tertelan di mesin ATM, yang disebabkan ATM error. Setelah di depan pintu masuk, saya disambut oleh satpam dan ditanya “Bapak keperluannya apa?”. Lalu saya jawab “Saya mau ngurus ATM saya yang terblokir”. Bapak satpam menjawab “Bapak ke sini lagi besok pak, pukul 6 pagi. Untuk ambil antrian, karena ini sudah penuh. 1 hari hanya 40 orang”.

Pada tanggal 1 November 2021 saya sampai di BNI Cibubur Indah pada pukul 05:40 pagi. Di sana sudah ada yang mengantri, dengan berbaris di depan ruko untuk mengambil nomor antrian. Lalu saya ikut untuk mengantri dalam barisan nomor 4. Saya mencatat nama saya dan keperluan saya di sebuah halaman kertas yang disediakan. Setelah selesai, saya disuruh pulang terlebih dahulu dan datang kembali pada pukul 07:30.

Akhirnya saya pulang dan datang lagi pada pukul 07:30, karena saya tidak mau telat (saya harus mengerjakan pekerjaan saya). Pada pukul 07:50 bapak satpam keluar sambil dari dalam kantor bank dengan membawa nomor antrian, sambil berkata “Yang sudah catat namanya baris”.

Saya ikut baris lagi dan diberi nomor antrian B028! Saya bilang “Pak saya kan tadi catat nama saya di nomor 4, kenapa ini nomor 28?” Jawab satpam “Iya ini sesuai dengan barisan”. Dalam hati saya kecewa dan menahan emosi, lalu saya terima nomor antrian.

Karena kondisi rame dan menunggu di dalam dibatasi, saya menunggu di warung kopi yang dekat dengan BNI. Sekitar pukul 09:00 saya lihat nomor antrian baru di B012, saya bertanya ke bapak satpam “Kalau nomor antrian B028, kira-kira jam berapa ya?” Jawab satpam “Saya tidak tahu”.

Saya pergi ke tempat kopi lagi, karena saya menghindari kerumunan. Pada pukul 11:00 saya lihat lagi nomor antrian baru sampe di B019, Karena masih lama, saya putuskan untuk makan terlebih dahulu (dari pagi saya belum makan).

Saat saya makan, hujan besar turun. Sambil menunggu hujan reda, saya menikmati makan siang saya yang dekat dengan Bank BNI. Pada pukul 12:30 hujan tak kunjung reda. Saya sudah gelisah, takut terlewat nomor antrian saya. Saya lihat ada anak kecil yang menyewakan payung. Saya panggil dan menggunakan jasa dia. Dalam kondisi hujan, saya melangkah ke BNI.

Setelah sampai sana, ternyata sudah terlewati 2 nomor. Saya panggil bapak satpam “Pak ini terlewat karena hujan di luar”. Bapak satpam menjawab dengan menunjuk tulisan di bawah nomor antrian: “SILAHKAN MENGAMBIL NOMOR ANTRIAN BARU BILA ANTRIAN ANDA TERLEWAT”.

Saya tanya “Pak bisa dibantu nomor antrian baru buat saya?” Jawab satpam “Besok ke sini lagi pak, masih banyak yang antri”. Dengan rasa kecewa, saya berkata tolong panggil manajer BNI-nya. Jawab satpam katanya masih makan, sambil berjalan pergi menjauh saya.

Tak tahan saya dengan pelayanan seperti ini. Saya mau langsung masuk ke dalam Bank BNI untuk menemui manajernya. Namun karena pertimbangan takut mengganggu konsumen lain, saya putuskan untuk kembali.

Kepada Bank BNI Cabang Pembantu Cibubur Indah, dengan nama BUMN yang disandangnya, saya sangat kecewa dengan layanan Anda. Dengan surat ini, saya harap Bank BNI Cabang Pembantu Cibubur Indah dapat memperbaiki pelayanannya.

Joni Iskandar
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Penjelasan BNI Tentang Pelayanan Buruk Bank BNI Cabang Pembantu Cibubur Indah

Menanggapi keluhan Bapak Joni Iskandar di media online www.mediakonsumen.com pada tanggal 2 November 2021 dengan judul “Pelayanan Buruk Bank BNI...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Mau ketawa takut dosa saya ... pengalaman hampir sama ke Bank BNI cabang glodok plasa jakarta udah jam 9 pagi belum buka. Di sambut oleh satpam ... jadi setiap BNI di layani oleh satpam wkwkwk ... cs nya satu jawab satpam itupun datang telat ... jam 9 pagi pun masih tertulis tutup ... hebat memang pelayanan BNI .. ke cabang BNI mangga besar raya , sama juga di sambut satpam ... ini bank apa kantor security ?????

    • kalo aku sih yaa, kasian jg sm petugasnya, dengan keadaan pandemi gini, mmg semua harus dibatasi, kalo antrian terlewat tp ttp dipanggil lagi, lah semua org ntr pulang pula dan balik minta di dahulukan :(
      asalkan security nya sopan dan mmg memberikan penjelasan yg cukup, kita sebagai nasabah sepatutnya mengerti jg keadaan dsna. Krn yg antri dri pagi byk :')
      Emg pada mau ke BNI semua sih yaa~ hehe

    • Ah masa sich pak... Seau saya BNI manapun jAm pelayanan sama pak bukanya jam 8 tutupnya pukul 15:00 pak... Bapak salah munkin... Jangan2 bapak datangnya hari Sabtu mungkin...

  • Setau saya pelayanan di BNI bagus dan gercep sih. Apalagi outletnya bersih, nyaman, sofanya empuk dan sejuk. Positif thinking aja mgkn org2 lg seneng2 nya ke BNI jd antriannya panjang sampe dibatasi
    Bakal jd evaluasi mgkn buat BNI ke depan ?

  • menurut sya ya pak,, mw di bank manapun apalgi kondisi msh pademi, memang semua dibatasi, klo bapak menghindari kerumunan cukup jaga jarak saja pak krna di perbankan sudag di atur jarak utk menunggu, jd klo bpk menunggu jauh dr jangkauan pak satpam memang cukup sulit pak, apalgi bpk sudah menerima nomor antrian dan ada penjelasan dibawahnya, sma2 jd pelajaran pak krna no 1-27 bs jd mrka jg belum makan dr pagi, atau mrka jg takut kerumunan,., semoga sma2 lbh baik lgi ya pak dlm menjalani antrian dan Bank BNI jg sllu memberikan layanan terbaik, utk pak satpam lbh ditingkatkan lagi yaaa grettingnya,,,

    • Alhamdullillah selama jadi nasabah BNI selalu dilayani dengan baik. waktu itu mau ganti kartu yang sudah expired tapi dibantu sama satpamnya untuk ganti di mesin yang bisa cetak atm sendiri, jadi lebih gampang dan ga perlu antri.

    • Mungkin akan ada saja kejadian seperti ini di bank bank lain menurut saya sih.. semoga layanan perbankan lebih baik lagi dan menjadi pelajaran. Sekarang ka bisa ganti kartu melalui mesin digiCS untuk mengurai antrian prosesnya juga lebih cepat..

  • Pelayanan di Bank BNI sudah sangat memuaskan, satpam, teller, serta CS sangat baik dan ramah.. jaman sekarang juga sudah serba digital jadi ga perlu lagi ke bank cukup gunain mobile banking BNI aja menu lengkap dan fitur juga sangat menarik, bisa digunain kapan aja dan dimana aja ga pake nanti dan ga perlu antri. BNI the best

  • Hah serius nih? Kalo penglaman saya selama ini selalu dapat pelayanan yang baik loh di bank BNI pdahal saya bukan prioritas. Apalagi di deket rumah say, pelayananny gila bagus banget, kadang sampe pimpinannya nyapa kita dan nanya kita mau trx apa loh. Satpamnya ramah, terus mbak2 cs nya helpfull banget. Bikin saya betah Gak bakal saya pindah ke bank lain??

  • Alhamdulillah
    Pelayanan yg saya dapat selama ini dg BNI memuaskan, ditambahkan lagi semua sudah serba digital

  • turut prihatin pak atas keluhannya sedih jg sih kadang kalo diposisi yang sm ngerasain jg pastinya kyk gitu, hanya sj untuk prosedur tiap bank itu gak semua sama bapak ibu
    untuk yang dilakukan satpamnya itu menurutku mngkn sesuai SOP dari banknya sendiri karena mungkin layanan sdh full didalam dan ada jam operasional jg, saran memang seharusnya bapaknya menunggu didalam lain kali sambil tunggu no nya dikarenakan alasan apapun setiap orang jg pasti punya keperluan penting dan semua bank kyk gitu kok kalo antriannya lewat yah ambil antrian lagi karena sm hal jika kt ditemptkan pada nasabah yang langsung dipotong no nya oleh kt yg tiba2 munculjg pasti nasabah tersebut akan marah pdhl dy udah duduk didalam nunggu bahkan sdh melewatkan makan atau keperluan lainnya.
    tp salut sama bapak nasabahnya ttp sabar tidak gegabah tp adakah baiknya hal sperti ini tdk diupload di media sosial krn hanya akan menggiring opini tidak baik atau malah hanya akan merugikan dari pihak yang lain

  • tutup rekening nya, emang bank dia aja emang ...
    biar sadar klo bank bisa jaya, itu krana nasabah yg setia !!!
    tanpa nasabah , bangkrut maut !
    bener khan ? he he he

  • Semoga bapak rejekinya selalu dilncarkan..., Selalu diberika kesehatan, sehingga bisa beraktifitas apapun, semoga pengalaman bapak yg tertulis disini, menjadi pelajaran dan evaluasi bagi semua bidang pekerjaan terlebih dibidang pelayanan, untuk lebih baik lagi..., ❤️