Surat Pembaca

Ketidakpastian Layanan Purna Jual Laptop Realme Book

Saya membeli sebuah unit laptop Realme Book pada tanggal 25 Agustus 2021 dengan nomor pesanan 159201568081851392. Berdasarkan informasi pada website Realme, dijanjikan pengiriman pada rentang tanggal 7-12 September 2021. Namun nyatanya unit dikirim pada tanggal 19 September 2021.

Saat unit diterima pada tanggal 22 September 2021 yang dikirim melalui JNE, saya terima tanpa packing kayu, dan kipas laptop memiliki noise yang cukup keras, sehingga menyakitkan telinga. Karena kesibukan, unit baru bisa diantar ke Service Center Pekanbaru pada tanggal 28 September 2021. Di sana baru diketahui bahwa untuk laptop tidak bisa diperbaiki di cabang dan akan dikirim ke pusat (Roxy Jakarta).

Setelah berlalu 2 minggu tanpa ada kabar, saya tanyakan progress perbaikan melalui layanan online Realme. Barulah disampaikan bahwa unit baru sampai di Jakarta dan 2 hari kemudian dikabarkan oleh service center Jakarta kalau kipas tidak ada masalah. Padahal Service Center Pekanbaru sudah memverifikasi permasalahan, makanya pihak SC Pekanbaru mengirimkan unit ke pusat untuk diperbaiki.

Setelah seminggu berlalu, saya tanya kembali progress perbaikan melalui layanan online dan dikabarkan unit sudah diperbaiki dan akan dikirim ke Pekanbaru. Lalu pada tanggal 25 Oktober 2021, saya tanya SC Pekanbaru apakah unit sudah sampai, lantas mereka mengiyakan. Saat saya uji bersama teknisi yang ada di SC Pekanbaru, ternyata unit sama sekali masih dalam kondisi yang sama dengan sebelumnya, suara kipas masih berisik.

Dari pembicaraan telepon antar SC Pekanbaru dan SC Pusat, saya dengar pihak Realme pusat masih mencari-cari alasan untuk menganulir permasalahan tersebut. Akan tetapi SC Pekanbaru sangat membantu, sehingga dengan lobi SC Pekanbaru ke pusat akhirnya unit diganti baru, dengan syarat unit yang di Pekanbaru dikirim dulu ke Jakarta.

Seminggu berlalu, saya tanya progress penukaran unit melalui layanan online, yang didapat hanya janji akan dikabari secepatnya melalui email. Seminggu menunggu email tidak juga datang, saya tanya kembali kapan estimasi pengiriman, lagi-lagi Realme tidak bisa memastikan kapan dikirim. Sampai hari ini tanggal 6 November 2021 ditanya kembali, jawabannya tetap sama, tidak bisa memastikan kapan unit akan dikirim.

Di sini saya merasa terzolimi, karena tidak adanya kepastian kapan hak saya dipenuhi. Unit laptop sama sekali belum bisa saya pakai untuk mengais rezeki setelah hampir 3 bulan pembelian. Saya menyesal membeli laptop Realme, karena after sales yang sangat buruk dan tidak adanya service center untuk unit laptop di daerah (Pekanbaru).

Saya juga sudah mengajukan pengembalian dana, tapi langsung ditolak. Walaupun saya tawarkan biarlah dipotong dan tidak dikembalikan 100%, karena saya sudah sangat lelah menghadapi pihak Realme, sampai kesehatan (tidur) saya terganggu karena memikirkannya. Akan tetapi mereka tidak mau juga.

Saya berharap ada wadah yang melindungi konsumen, sehingga hak konsumen tidak terzolimi.  Semoga realme bisa memenuhi kewajibannya secepat mungkin.

Darmansyah
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Parah kali ya.. coba dilihat2 komen di yutub nya org india itu byk yg keluhannya ttg kipas... entahlah knp terkesan dipaksakan

    • Padahal jargon Realme book tetap dingin dan tidak berisik. Waktu saya telp teknisi Roxy, katanya sebelumnya juga ada masalah kipas berisik juga selain unit saya. Artinya ada banyak kasus kipas berisik.

      Anehnya, kalau kita tegakkan laptopnya, kipas jadi tidak berisik dan normal, tapikan kita kerja kondisi laptop hotizontal, bukan vertikal.

  • Dear All

    Sepertinya memang terjadi cacat produk pada realme book/realme book prime yg prosesor i5,
    Saya beli realme book i3.
    Pembelian 9 Feb 2023.
    Alhamdulillah kipasnya tidak ada kendala alias laptop berfungsi normal.

    Jadi kalau mau beli realme book.
    Saran saya beli yg prosesor i3.
    Kalau cuma buat ngetik2 office dan browsing mah cukup.

    Demikian sedikit share cerita dari saya warga kota Jambi