Surat Pembaca

Paket Melalui Anteraja Hilang

Saya membeli barang dari Shopee, yang oleh Shopee dipilihkan kurir Anteraja dengan nomor resi:

  • 10003077164387
  • 10003061070247
  • 10003078722010

Sudah 10 hari hingga surat ini ditulis, barang tersebut tidak kunjung datang. Sementara Customer Service Anteraja tidak bisa memberikan informasi yang jujur dan jelas. Baik CS di email maupun kanal media sosial. Konsumen hanya dilempar-lempar, dan diberi jawaban template. Apapun pertanyaan konsumen, jawabnya “Mohon Maaf”, “Kami upayakan”, “Follow Up”, “menunggu Tim Resolusi”, dll.

Saya sampai mempermudah pertanyaannya, bahkan jawabannya pun tidak pernah nyambung dengan pertanyaan.

Ini merupakan pelanggaran UU No 8 tahun 1999, terutama pasal 7 dan 8, bahwa Anteraja tidak mampu memberikan informasi yang jelas akan jasa tersebut, tidak menjawab dengan benar dan jujur pertanyaan konsumen, dan membohongi konsumen dengan promo seperti ini:

Kemudian setelah berlama-lama dan berbelit-belit, Anteraja mengatakan bahwa paket tersebut hilang, dan akan mengurus BAP, refund, dan lain-lain yang memakan waktu lama.

Hal ini sangat merugikan saya sebagai pelaku usaha, bukan hanya nilai barang dalam paket tersebut, melainkan reputasi saya di hadapan customer saya, waktu dan tenaga yang sia-sia karena ketidakmampuan Anteraja dalam menjalankan pekerjaannya.

Untuk itu, saya meminta Anteraja memberikan ganti rugi dan kompensasi atas kebobrokan ini, dan saya meminta dengan segala hormat, kepada marketplace besar seperti Shopee, Tokopedia, dll untuk tidak memasukkan Anteraja sebagai partner dalam ekspedisi.

Solusi lain yang dapat dilakukan adalah memberikan pilihan kepada pengguna marketplace untuk menentukan bukan hanya jenis ekspedisi (Reguler, NextDay, dll) tetapi juga nama perusahaan ekspedisinya, sehingga konsumen dapat memilih ekspedisi yang baik-baik saja dan bertanggung jawab.

Nurul Ilmi
Sleman, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Bbrp bulan lalu gw jg prnh kehilangan paket di antaraja/sicpt (lupa yg mana), cmn si kurir paket nya sadar dan dy ngechat pribadi ke gw, trs nelepon gw, dan gw bilang yaudah gpp plus urus nya sesuai SOP aja..
    Klo gw enak nya si kurir langsung urus, jadi dihari hilang, dihari itu jg laporan masuk tanpa hrs menunggu pemeriksaan..

    Cmn emang bener pihak kurir hrs melalui proses pembuatan BAP 3x24jam..
    Karena gw emang lg ga butuh² amat am barang nya.. (keyboard komputer 600rb)
    Jadi gw santuyyyy..

    Eh ternyata..dan ternyata sampe proses refund, nunggu total 28 hari
    ? Lamaa bgttt..

    Gw yg istilahnya kgk mikirin bgt aja..rasa nya sedikit kecewa/gedek..
    Gmn kalau org yg lg butuh² nya bgt..

    • Turut berduka cita atas kejadiannya, Kak.
      Apa anteraja tidak memberikan kompensasi, sesuai disebut pasal 7f dan 7g UU no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen?

      Nilai barang tersebut mungkin tidak seberapa dan tidak segera dibutuhkan. Namun apabila ini terjadi pada orang yang membutuhkan, maka nilai 600 ribu dan 28 hari itu semestinya dikompensasi.

    • Iya bang, pernah beli barang di tokped pakai anteraja tergiur bebas ongkir memang sih saya yg salah gk terlalu memperhatikan ulasan...., biasanya saya selalu cek ulasan.
      Beli barang untuk keperluan kuliah, eh 10 hari di tunggu malah gk nyampe2 + barang ternyata di nyatakan hilang, mana waktu tinggal 4 hari lg kan, jadi terpaksa beli lg, dari pada nunggu duit balik lama
      Emang jnt / jne , yg saat ini aman2 aja,

  • Ekspedisi terparah di Indonesia. Jualan dos shopee paket hilang. Pihak anteraja lepas tanggung jawab. Alesan gak masuk akal. Kapok pakai jasa anteraja

  • Saya sebagai seller di Shopee dan Tokopedia juga pernah mengalami hal yg kurang berkenan dengan Kurir Anteraja. Masak dia yg kerja ga sesuai SOP. Kita pengirim yg diomelin. Langsung hari itu juga saya non-aktifkan pengiriman dgn anteraja di semua marketplace saya. Batin saya, Emang kamu siapa ngomelin saya. Bukannya minta maaf, eh malah makin songong. Ekspedisi yg lebih baik pelayanannya banyak kali...

  • Lain kali bisa dicoba pakai ID Express kak, InsyaAllah amanah. Pelayanannya pun ramah, CS nya juga fast respon dan nggak berbelit belit dalam menyelesaikan masalah. Itu pengalaman pribadi saya sih?

  • Barang hilang, rusak, pengiriman lama emang udh wajar, ekspedisi mana pun pasti pernah punya kesalahan tersebut tapi setidaknya 1-2% /bulannya...,
    Lh ini banyak yg di rugikan seller maupun buyer, klo udh melewati 5% kan kebangetan