Surat Pembaca

Motor Hilang Dibegal dan Sudah Ada Surat Bukti Lapor Polisi, Anehnya Setelah 10 Tahun Baru Ada Penagihan dari BAF

Dear Media konsumen..

Sudah 2 minggu ini saya ditelepon terus oleh FLOW. Sebelumnya dari pihak BAF memberitahukan bahwa saya masih ada cicilan motor MIO. Saya kaget waktu ditelepon itu. Lalu saya langsung datangi kantor cabang BAF yang di Ciledug tapi ternyata sudah tutup. Lalu saya datang yang di Serpong dan menceritakan kejadiannya, mereka bilang jika hilangnya karna penipuan tidak ditanggung oleh asuransi. Ok, saya baru tahu.

Yang saya tanyakan pada BAF kenapa setelah 10 tahun baru ada penagihan kepada saya? Sedangkan no hp saya selalu aktif dan tidak pernah ganti no. Biasanya telat bayar saja pasti sudah terus-terusan ditelepon kan? Dan kenapa orang BAF tidak ada yang tahu kalau motor itu sudah hilang? Waktu kejadian motor itu hilang langsung adik saya lapor polisi, surat laporan polisi tahun 2011 masih ada saya simpan.

Dan pada tahun itu leasing datang ke rumah, orang tuua saya sudah memberitahukan bahwa motor telah hilang. Harusnya jika masalah itu belum clear pihak BAF memberitahu saya dong.

Kronologi motor hilang itu, adik saya pakai untuk beli nasi uduk, tiba-tiba ada 2 pria tanya adik saya. Dia bilang “Kamu bawa kabur adik saya ya?” Adik saya kaget, lalu disuruh jalan sambil orang itu naik di motor ditodong pisau dan di tempat sepi langsung motor itu diambil. Surat laporan dari polisi ditulisnya penipuan.

Lanjut lagi saya ke BAF Serpong menanyakan perihal ini. Orang BAF malah bilang saya berbohong kalau BAF tidak hubungi saya. Saya bilang bisa dicek hp saya di XL lihat selama 10 tahun ada nomor panggilan dari BAF tidak? Dan juga kalau saya berbohong kenapa saya datang ke kantor BAF? Kalau saya kabur tidak mau bayar kenapa saya harus datang ke BAF? Saya datang ke BAF karena saya tidak tahu. Tadi sempat ribut sama orang BAF-nya. Pada tahun 2011 leasing sudah datang ke rumah harusnya ada laporan dan BAF juga harusnya tahu motor itu hilang.

Juga saya sudah ke Polsek Pesanggrahan lagi untuk menanyakan surat laporan kenapa ditulisnya penipuan? Polisi yang tulis surat laporan itu sudah meninggal dan adik saya pun tahun lalu juga sudah meninggal.

Tapi saya tetap disuruh bayar Rp7.410.000 belum dendanya. Sebelum dari pihak BAF suruh saya cek di virtual account Rp3.100.000. dan kalau dari kolektor Rp6.200.000 ini aneh kenapa beda-beda tagihannya. Jika disuruh bayar saya tidak ada uang, motor juga sudah hilang, kenapa tidak pada tahun 2011 saya diberitahu waktu saya masih kerja, jika masalahnya belum selesai saya bisa cicil.

Saya tidak pernah yang namanya cacat kredit, dan akhirnya orang yang tadi bilang saya berbohong minta maaf atas perkataannya. Dia bilang denda semua dihapus. Saya tetap harus bayar Rp7.410.000.

Sampai sekarang masalahnya belum clear. Menurut pembaca saya harus bagaimana ya? Saya tidak tenang karna terus ditelepon, itu juga bukan murni kesalahan saya, dari pihak BAF tidak ada pemberitahuan, tiba-tiba 10 tahun baru ada penagihan.

Ada juga orang BAF yang hubungi saya, dia bilang akan hapus data, tapi saya tanyakan itu mereka bilang tidak tahu. Tadi juga orang BAF bohong dia suruh saya telepon balik ke no penagih. Setiap saya telepon balik no tidak bisa dihubungi. Saya bilang “Data saya ada di BAF penagih ini tahu dari BAF kan, harusnya bapa tahu no agency itu. Dia hubungi ternyata dia kenal, kan pakai pura-pura tidak tahu.

Berikut tambahan foto bukti chat yang mengaku BAF, bilang akan hapus data saya:

Saya merasa dipermainkan oleh BAF. Ini bagaimana ya?

Yuliana Puspita
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Klo liat dr cerita mba di atas..mba memang udah bner lapor ke pihak k polisian tp mba g lapor ke leasing tmptmba kredit motor.. dr pihak leasing dtg saat itu k rmh ortu mba dan dijelaskan motor telah hilang.. tp laporan kepolisian yg mba buat tidak diberikan ke pihak leasing(kesalahan pertama) kedua utk stnk motor gmn? Msh di mva apa udah diserahkan k pihak leasing yg saat itu dtg k rmh ortu mba? Krna stnk asli diminta utk claim motor hilang beserta surat dr kepolisian biasanya..coba mba lakuin hal yg td saya bilang pasti mba g akan ditagih.. y walalupun aneh sih hrus nggu 10th dlu(apa karena cbg tmpt mba kredit leasingnya sdh tutup 10th yg lalu?)

    • Stnk msh dipolsek pesanggrahan,sy jg mengakui kurang nya pengetahuan utk masalah ini,sy pikir wkt leasing dtg ke rmh diksh tau sm ortu sy surat laporan polisi udh slesai.karna wkt itu sy tdk tinggal dgn ortu sy.ibu sy hanya blg udh diksh tau,gt aja.baf kan yg lebih pintar seharusnya memberi tahu bgmn prosedur nya klo mtr ilang.tp tdk ada info dari baf.
      Kamis sy ke baf jg baf minta maaf atas kelalaian nya tdk memberitahu mk menghapus denda dan bunga kata nya gt. Tetep sy harus byr 7,140.000.
      Cb klo di thn 2011 ada pemberitahuan tdk akan ada masalah yg timbul skr.
      Skr sy sdh tdk bekerja hanya irt saja di suruh byr segitu uang dari mana. Klo pun mau di slesaikan baik2 setidak nya ada potongan dari jumlah itu yg sy mampu byr.
      Motor jg tdk ada masa sy hrus bayar full pembayaran.
      Terima kasih komen nya

      • Untuk klaim asuransi itu tetap harus dari pihak konsumen yg mengajukan. Berarti disini sudah ada kelalaian dari pihak konsumen. Untuk pelaporan ke pihak BAF hanya melalui orang yg dtng di rumah itu percuma karena jika konsumen merasa ada tanggung jawab pasti akan datang ke kantor BAF jika dilihat dari kronologinya maka dapat di pastikan konsumen tidak bertanggung jawab atas cicilan motor tersebut karena tidak ada niat untuk melaporkan /pergi langsung ke kantor BAF untuk menanyakan syarat dan ketentuan jika motor hilang.

        Solusi
        1. ngga usah bayar tapi nama di BI checking jelek.
        2. Bayar dan nama bagus (jika dilihat ini bukan penipuan karena bayar langsung di virtual account, kecuali mereka meminta bayar uang tunai bisa jadi nominal nya bukan segitu).

        • Ya sy akui sy jg salah dl knp tdk ke ktr baf,karena dl sy sbk kerja.dirmh hanya pegang srt laporan polisi saja,org leasing dtg ke rmh hanya diksh tau srt laporan kehilangan,dari situ tdk ada lg org yg dtg atau tlp utk memberitahu kami.yg sy tanyakan knp sampai selama ini baru di beritahu klo msh ada tunggakan.tdk ditahun 2011,klo diberitahu prosedur nya bgmn2 jg sy pasti slesaikan masalah ini.setdk nya baf pasti ada laporan kan ini tdk bayar pasti di tlp terus ditahun itu,ini tdk ada sama sekali.

  • Memangnya data di SLIK OJK mu ada pinjaman motor di BAF? Masa iya masuk BI checking data mu 10 tahun yg lalu....gak usah dibayar aja setau saya datanya gak ada kalo selama itu

  • - Kalau saya kabur tidak mau bayar kenapa saya harus datang ke BAF?

    -Jika disuruh bayar saya tidak ada uang, motor juga sudah hilang

    wkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwwk

  • Jangan dibayar bang .itu data yg wo di gali lagi sama mereka dg kata lain kolktr yg nagih pun eksternal (mitra mereka) bukan resmi hanya bayaran jika kons bayar wong unitnya juga ilang .surat polisi ada ..diemin aja tar juga begah mereka ..

    • Pasal 1381 KUH Perdata yang mengatur tentang hapusnya perikatan, mengatur bahwa :
      “Perikatan hapus karena pembayaran; karena penawaran pembayaran tunai, diikuti dengan penyimpanan atau penitipan; karena pembaharuan hutang; karena perjumpaan utang atau kompensasi; karena percampuran utang; karena pembebasan utang; karena musnahnya barang yang terhutang; karena kebatalan atau pembatalan; karena berlakunya suatu syarat pembatalan, yang diatur dalam Bab I buku ini; dank arena lewat waktu, yang akan diatur dalam suatu bab sendiri.”

      Mengenai, musnahnya barang yang terutang menurut Pasal 1444 KUH Perdata, yaitu:

      “Jika barang tertentu yang menjadi pokok persetujuan musnah, tak dapat diperdagangkan, atau hilang hingga tak diketahui sama sekali apakah barang itu masih ada atau tidak, maka hapuslah perikatannya, asal barang itu musnah atau hilang di luar kesalahan debitur dan sebelum ia lalai menyerahkannya. Bahkan meskipun debitur lalai menyerahkan suatu barang, yang sebelumnya tidak ditanggung terhadap kejadian-kejadian yang tak terduga, perikatan tetap hapus jika barang itu akan musnah juga dengan cara yang sama ditangan kreditur, seandainya barang tersebut sudah diserahkan kepadanya. Debitur diwajibkan membuktikan kejadian tak terduga yang dikemukakannya. Dengan cara bagaimanapun suatu barang hilang atau musnah, orang yang mengambil barang itu sekali-kali tidak bebas dan kewajiban untuk mengganti harga.”

      Terkait permasalahan yang dihadapai Mba Yuliana mengacu pada ketentuan hukum yang berlaku dalam KUH Perdata, jika terjadi kehilangan terhadap barang yang terutang yang dilakukan dengan tidak sengaja oleh debitur, maka debitur tidak diwajibkan untuk menyelesaikan pembayaran terhadap cicilan barang tersebut.
      Mba Yuliana sudah melakukan tindakan tepat bahwa telah melaporkan kehilangkan motor tersebut ke pihak kepolisian. Bukti laporan polisi tersebut dapat Anda berikan kepada kreditur (leasing) sebagai bukti bahwa motor yang di cicil telah hilang dirampas oleh pelaku kejahatan bukan karena kesalahan yang dilakukan oleh Ibu Yuliana melainkan dirampas secara paksa oleh pelaku kejahatan.

      Noted : langkah awal silahkan mba yuliana meminta bantuan pihak kepolisan dimana membuat laporan kehilangan tsb. untuk memediasikan permasalahan ini dikantor pihak yg berwajib dgn dihadiri oleh pihak leasing terkait solusi permasalahan tsb.

  • kalau sudah ada bukti kehilangan, dan sudah laporan ke pihak finance nya. itu sudah #clear. dan biasanya juga kalau hilang dapat unit baru. kalau masih disuruh bayar apalagi ngasih denda, itu ya lagi cari perkara. obrak abrik aja kantornya. baf emang rese, harus dikasih paham.

  • Kalau kasus penipuan memang tidak di cover oleh asuransi kak. Dan jika tidak dicover asuransi maka harus melanjutkan pembayaran angsuran sampai lunas, Mungkin kakak tidak ditagih selama 10th karena kolektor yang menangani masalah kakak ini sudah tau kronologinya.. Sehingga sengaja dilepas/dibiarkan karena jika motor sudah hilang kecil kemungkinan nasabah mau bayar. Dan kenapa pihak lesing baru hubungi kakak lagi setelah 10th?? Biasanya perusahaan finance ini mendaur ulang masalah kredit macet yg sudah terabaikan sehingga nantinya apabila kasus kakak ini bisa didaur ulang dan berhasil maka akan jadi keuntungan/pemasukan tambahan untuk pihak lesing. Saya dulu juga begitu karena saya pernah bekerja di lesing.

  • Namanya Hutang harus di bayarkan pak sesuai perjanjian awal, kalau andaikan masih masa cicilan saat hilang atau kena begal harus di clearkan saat kejadian awal jadi jangan diam menunggu di tagih baru infokan ke leasing, menurut saya kurang kooperatif jika bapak seperti itu...

  • Coba minta SLIK OJK kak (dulu BI checking), sekarang bisa online kok. Kalau di slik pinjamam BAF sudah lunas, berati sudah dicover asuransi tuh pas ilang dan tagihan yang sekarang mengada-ada

    • Sy sdh minta..SLIK OJK blng nya H-3 kirim email tp ini sdh semgg tdk ada,itu berarti tdk ada ya?

      • Coba nanti dilihat keterangannya lunas atau belum lunas/tunggakan. Sekalipun lunas, ditanyakan status lunasnya apa? Lunas normal atau karena hapus buku biasa atau karena klaim asuransi. Mungkin case ini sudah dihapus buku dan beres klaim tetapi karena dijual ke pihak ketiga kemudian dicari celah