Bioskop XXI TSM Bandung Mengabaikan Hak dan Keselamatan Konsumen

Minggu 6 Februari 2022, saya bersama dengan seorang teman datang ke Bioskop XXI TSM, Bandung untuk nonton film “Scream” dan mendapatkan di baris C sisi sebelah kiri dari layar. Awalnya memang tidak ada masalah sama sekali. Namun setelah 1 jam berlangsung, kurang lebih selama 30 menit, ada satu keluarga dengan 2 orang anak gadis dan satu orang bapak dan ibunya, dimana salah satu anak gadisnya sibuk memainkan telepon genggam hingga menyilaukan kami yang duduk di baris seberangnya.

Semula memang saya tidak gubris, karena memang mereka masih anak kecil. Namun lama-lama terganggu juga dengan cahaya silau dari layar telepon genggam anak gadis tersebut, karena memang kondisi studio bioskop kala itu sangat gelap sekali.

Tidak lama, teman saya yang merasa risih dengan silau cahaya telepon genggam tersebut menghampiri keluarga tersebut dan menegur perlahan. Memang si anak gadis tersebut tidak lagi bermain dengan telepon genggamnya. Namun setelah itu timbul peristiwa yang tidak mengenakkan, sang bapak langsung pindah kursi ke dekat kami dan sengaja menyilaukan kami dengan layar hpnya. Sehingga kami yang tidak nyaman, pindah ke baris depan.

Dikarenakan film yang ditayangkan penuh dengan kekerasan yang memacu adrenalin, kami pun tidak menyelesaikan tayangan film hingga usai dan keluar studio. Setelah itu kembali muncul adegan kekerasan yang dilakukan oleh bapak dari kedua anak gadis tersebut.

Di depan pintu masuk bioskop, tampak bapak yang melanggar protokol kesehatan tanpa menggunakan masker, menghampiri saya dengan teriak-teriak meluapkan kekesalannya. Karena tidak terima anaknya ditegur dan mengeluarkan kata-kata kasar beberapa kali dengan sangat arogan.

Bapak ini mengaku anggota TNI dengan nama Mayor D*** dari Kodam Siliwangi dan nyaris menampar saya, dengan menarik paksa masker yang saya gunakan. Dia mengeluarkan kata-kata “Lebih baik saya meletakkan jabatan saya, daripada anak saya ditegur”, sembari melontarkan umpatan tidak pantas di depan Bioskop XXI.

Tidak ada sekuriti yang melindungi saya dari kekerasan bapak yang mengaku anggota TNI ini. Yang ada saya disuruh pulang oleh pihak Cleaning Service.

Yang saya sesalkan, Bioskop XXI tidak melindungi hak dan keamanan konsumen. Selain itu juga XXI tidak memberikan edukasi mengenai aturan larangan menggunakan telepon genggam selama pertunjukan di dalam studio. Jujur, saya kapok sekali untuk nonton di Bioskop XXI bila hal ini kerap terjadi.

Mohammad Caesario Elnardy
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Bioskop XXI TSM Bandung Mengabaikan Hak dan Keselamatan Konsumen

  • 10 Februari 2022 - (11:01 WIB)
    Permalink

    sementara saya setuju bahwa sudah tidak seharusnya HP menyilaukan pelanggan lain, dan juga saya tentu setuju bahwa tingkah laku bapak tersebut brengsek sekali

    apakah memang ada aturan untuk dilarang menggunakan telpon genggam di bioskop? setau saya asal tidak telpon/ ada nada dering tidak masalah.. dan kalau saya menggunakan tentu saya atur brightness nya agar tidak mengganggu siapa pun, aplg sampai silau

    3
    1
    • 10 Februari 2022 - (11:31 WIB)
      Permalink

      Ya memang belum ditulis aturan mengenai penggunaan hape dan apalagi banyak warga yg kurang ngerti etika

  • 10 Februari 2022 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Bapak ini mengaku anggota TNI dengan nama Mayor D*** dari Kodam Siliwangi
    ==
    Otaknya belum berevolusi dr jaman feodalisme. Harap maklum.
    Seharusnya anda videokan lalu viral. Anda tidak akan bisa menghadapi orang tolol dengan mengandalkan scurity atau manajemennya.

    • 10 Februari 2022 - (11:32 WIB)
      Permalink

      Setelah saya kontak teman-teman anggota memang bisa saja dia mengaku-ngaku saja untuk mencari keributan

  • 10 Februari 2022 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Anak yang ditegur atau menyuruh keluarga/bapaknya agar anak tidak main hp .?

    • 10 Februari 2022 - (12:27 WIB)
      Permalink

      Kita mengarahkan teguran dg sopan kepada si anak krn si bapak jg sembari tidur

  • 10 Februari 2022 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Repot kalau pas urusan ama aparat yang masih bermental Orba..
    Buka menyalahkan bapak ya ini, tapi semoga bisa jadi pelajaran buat yang lain. Kalau di luar sana sebelum film main ada pengumuman di layar, no bebas pulsa SMS untuk lapor jika ada penonton yang menganggu. Itu anonim dan nanti ada petugas keamanan yang datang. Memang sangat tidak disarankan untuk menegur langsung, takutnya ya seperti ini. Namanya orang juga beda² ya pak, ada yang berfikir sudah bayar ya terserah saya dan kalau sesama penonton juga paling dibilang kamu siapa menegur saya. Jadi masukan untuk pihak XXI untuk membenahi layanannya. Mungkin sebelum ada perubahan,kapau ada seperti ini lagi ya kita lapor langsung ke securitynya, dengan menyebut keluhan dan lokasi tempat duduknya.

    • 10 Februari 2022 - (12:28 WIB)
      Permalink

      Ya tidak bisa dibilang bapak ini benar-benar anggota, krn yg beliau lakukan sudah melanggar sumpah jabatannya. Sebab itu saya layangkan surat ini untuk XXI.

      • 10 Februari 2022 - (13:33 WIB)
        Permalink

        Susah urusan sama orang berpangkat yg masih mental orba, ini bukan masalah jabatan yg dipegang tapi emang kelakuan/sifat yang buruk turun temurun, jangan harap xxi akan merespon dgn maksimal kasus ini.

        Sejak pandemi bioskop hanya memperkerjakan sedikit pegawai karna shrsnya main layar hp bs diketahui dr cctv di dlm bioskop dan biasanya ada petugas yg menghampiri

        Klo bpk ga mau repot, bs lapor ke propam, karna itu oknum tentara sdh mengintimidasi dan pengancaman

  • 10 Februari 2022 - (14:14 WIB)
    Permalink

    ehmmm sepertinya ini bukan salahnya bioskop, namun judulnya seolah2 menyalahkan bioskop.
    Sebaiknya apabila ada kejadian serupa, anda bisa cepat2 lapor ke petugas, ceritakan hal2 yg bikin anda terganggu. Nah bila laporan anda tidak digubris, barulah anda bisa menyalahkan pengelola bioskop ini.
    Setauku sih laporan ky gini pasti ditindaklanjuti dgn menegur ke ybs.

    2
    1
  • 10 Februari 2022 - (16:11 WIB)
    Permalink

    PALINGAN CUMA NGAKU² ANGGOTA
    ANGGOTA PEMUDA PANCASILA SAYA PERCAYA, HIDUP PANCASILA

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Bioskop XXI?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Bioskop XXI TSM Bandung Mengabaikan Hak dan Keselamatan Konsumen

oleh Mohammad dibaca dalam: 1 menit
11