Tidak Bisa Login Akun Kredivo, Terkendala “Unlink” Perangkat

Saya Reinaldo Sinaga, sebagai salah satu konsumen pengguna aplikasi pinjaman Kredivo yang telah berjalan hampir 5 tahun. Saya memiliki 2 handphone: Redmi note 9 dan Mi Max ,yang terdaftar sebelumnya untuk aplikasi akun Kredivo saya. Saya belum sempat melakukan unlink perangkat untuk akun Kredivo di handphone saya yang lain (Mi Max).

Selanjutnya aplikasi Kredivo diperbaharui, karena perangkat saya secara otomatis memperbaharui aplikasi apabila terhubung dengan Wi-Fi. Tiba-tiba saat membuka aplikasi Kredivo, saya harus login kembali menggunakan user dan PIN. Saya coba login seperti biasa, tapi terdapat 2 pilihan di aplikasi:

  1. Unlink via Halaman Pengaturan.
  2. Unlink dengan Selfie.

Untuk opsi yang pertama, saya jelas tidak bisa. Karena proses unlink device yang ditawarkan pada opsi pertama mengharuskan unlink device secara mandiri, apabila masih bisa login ke akun Kredivo.

Selanjutnya saya coba opsi kedua untuk unlink dengan verifikasi wajah, ternyata gagal dan disarankan menghubungi customer service.

Saya sudah coba menghubungi Kredivo melalui call center resmi yang ditawarkan di aplikasi Kredivo, tapi tidak terhubung. Hingga pada malam harinya, saya menghubungi terdapat mesin penjawab yang mengatakan bahwa layanan hanya beroperasi mulai pukul 08:00 sampai pukul 20:00 WIB.

Lantas saya mencoba menghubungi melalui akun Instagram Kredivo yang centang biru. Namun tidak ada tanggapan, malah ada akun Instagram personal dengan nama (robert.anis.7161_cs) nge-DM saya setelah saya menghubungi Instagram resmi Kredivo.

Saya tidak percaya untuk akun media sosial lain yang menghubungi selain akun resmi. Saya coba chat melalui Facebook Kredivo untuk masalah masih no respons. Saya coba mengirimkan pesan melalui email Kredivo customer service. Namun saya mendapat tanggapan yang tidak relevan, dimana saya disarankan melakukan unlink device secara mandiri di akun Kredivo saya. Saya tidak tahu lagi harus menghubungi siapa.

Apabila ada solusi, tolong dibantu. Kendala ini sudah saya alami 3 hari. Untuk hari pertama, saya tidak masalah, saya pikir besok juga akan normal kembali untuk login. Namun kendala tersebut masih berlanjut dan disarankan menghubungi customer service. Hal ini sangat penting mengingat tagihan yang masih berjalan dan ingin saya bayarkan.

Reinaldo Sinaga
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Reinaldo Sinaga

Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Reinaldo Sinaga di mediakonsumen.com tanggal 27 Februari 2022 pada kolom Surat Pembaca yang berjudul “Tidak...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Kredivo memang parah, aplikasi sudah terdaftar di ojk tapi penagihannya tiap bulan kunjungan walaupun kita cicil tagihan kita, beda sama di aplikasi besar lain kita cicil sebagai bukti tanggung jawab kita mereka ngga bakal ngutus fc mereka untuk nagih kita

    • Selamat Malam sebelumnya. Untuk kendala yang saya alami telah selesai walaupun butuh perjuangan untuk menghubungi kredivo. Saya ucapkan terima kasih juga buat Mas Glen dari pihak kredivo yang menghubungi saya sebagai konfirmasi untuk memperjelas kendala yang saya alami telah selesai. Akhir kata saya ucapkan Terima kasih kepada pihak media konsumen yang membantu untuk publish dalam menyampaikan keluhan konsumen.

      • Trus gimana caranya pak? Saya jg mengalami hal yang sama 😭 bagaimana ini, ada tagihan yang harus saya bayarkan.

      • berhasilnya boleh dishare ga kak hubungi kemana? karena saya juga mengalami hal yang sama dan sudah menghubungi pihak call center dan email juga tidak ada respon. Thank you

        • Silakan menghubungi Call Center kredivo resmi secara berkala. Karena disitulah perjuangan yang saya utarakan ditanggapan.

    • saya juga pengguna kredivo, dan sudah lumayan lama memakai kredivo, saya sarankan untuk menelpon csnya saja karena jika menghubungi cs melalui via lain tidak akan terpecahkan sampai kapanpun,
      live chat di layani bot, email bot, dan ig fb tidak akan di respon.
      dan memang mengeluarkan biaya pulsa yang lumayan besar, minimal 50-100 rb.
      dan saya sarankan
      jika sedang menelpon jangan sampai terputus karena jika terputus anda harus mengulang laporan dari awal.
      cuma itu solusinya, karena saya pernah mengalaminya,dan sama seperti anda yang di alami.
      mau gimnapun kredivo jika tidak bermasalah adalah layanan paylater paling simple,gak ribet biaya paling murah.

  • Saya kemarin gtu juga krn memang saya ganti hp,saya hubungi CS pun tanggapannya membingungkan dan kadang tidak di balas. Akhir nya Uninstal dlu apk nya, trus saya instal ulang dan Alhamdulillah saya bisa log in lagi sperti biasa dgn password saya.

  • Sama saya juga gituh,saya coba ganti pin baru bisa lagi dan sinyal nya harus kuat,kalau pake selular coba mode pesawat dulu