Surat Pembaca

Keterlambatan Ekspedisi JNE

Assalamualaikum,

Saya salah satu seller di Shopee, pada tanggal 25 ada chat masuk menanyakan apakah barang bisa dikirim sebelum lebaran, saya menjawab bisa karena saya masih punya waktu untuk mengirimkan. Karena lokasi pembeli masih 1 provinsi biasanya estimasi diterima 2 sampai 3 hari.

Saya sarankan pembeli melakukan pembayaran pada malam hari. Pada tanggal 25 belum ada balasan, tanggal 26 saya arahkan pembeli untuk segera melakukan pembayaran sebelum sore hari, pembeli melakukan pembayaran pada tanggal 26 sekitar jam 2. Otomatis orderan diproses keesokan harinya.

Pagi tanggal 29 barang sudah terupdate di pihak ekspedisi namun pada tanggal 30 barang tdk bergerak, baru update kembali di tanggal 2 sampai sekarang tanggal 5 barang tidak jelas statusnya.

Kebetulan saya mengaktifkan jasa kirim JNE krna dari pihak shopee sudah mnjelaskan bahwa JNE ttp beroprasi,
yang sangat saya sayangkan adalah dr keterlambatan pihak jasa kirim JNE saya harus menerima cacian dr pihak pembeli tsb.

Padahal saya sudah menghubungi pihak JNE, melaui email berkali-kali, whatsapp, aplikasi, IG dan FB semua saya upayakan untuk segera menangani kasus saya, namun saya belum menemui jalan keluar dari masalah ini, jika pembeli tidak mau menerima barang yang sudah di custom saya akan menerima kerugian sebesar 2.300.000 belum waktu dan tenaga yang sudah saya upayakan.

Mohon untuk pihak ekspedisi JNE tolong prioritaskan konsumen Anda, jangan membuat status resi yang menyudutkan pihak seller, karna 2x anda membuat keterangan Shipment Being Held As Shippers Request yang artinya paket ditahan atas permintaan pengirim.

Roliyatul Hasanah
Banyuwangi, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE untuk Keluhan Sdr. Roliyatul Hasanah

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 6 Mei 2022 berjudul “Keterlambatan Ekspedisi JNE?”, kami...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Itu pembelinya kesel banget kali ya. Saking emosinya, sampai kehilangan akal sehat.
    1. Pembeli awalnya bertanya apa ya ? Bisa dikirim sebelum lebaran atau bisa sampai sebelum lebaran ? Kalau pertanyaannya "bisa dikirim", ya penjual sudah benar. Tapi kalau pertannyaannya "bisa sampai", penjualnya terlalu ambil resiko dengan menjawab bisa. Bisa dijadikan pelajaran ke depan.
    2. Jika status pelacakan di aplikasi shopee sudah ter update / terlacak, itu berarti penjual sudah mengirimkan pesanan. Sampai atau tidak, diterima atau tidak, itu sudah jadi tanggung jawab penuh pihak jasa pengiriman. Jadi, kalau mau minta tanggung jawab, itu ke pihak jasa pengiriman. Minta bantuan pihak penjual ya boleh saja, tapi jangan nuntut lah. Gak akan bisa lapor polisi untuk hal begini. Kalau barang tidak sesuai, barulah bisa nuntut penjual.

  • Bisa ga di kirim sebelum lebaran
    Saya menjawab bisa
    Krna saya masih punya wktu
    Produk saya pre order 7 hari
    Saya proses barangnya 2hari sampai lembur
    Intinya kak pembeli ini mau pengirimannya 2 hari
    Saya sudah mnjlskan klo yg pembeli pilih adalah layanan JTR lebih ekonomis namun agak lama
    Pembeli menjawab ya terserah saya lah mau pilih apa aja uang2 saya, yg ptg saya order ke situ, 2hari harus sudah sampek, klo tdk sampek anda menipu tidak mengirimkan barang,
    Padahal saya sampai meluangkan waktu untuk mwmfollow up ke pihak jasa kirim berkali2 untuk mengirimkan bukti ke pembeli bahwa paket sudah sampai ke titik ini hari ini. Jadi saya sudah menjelaskan saya tdk menipu karna saya sudah mengirimkan
    Namun terus saya di tekan klo saya penipu krna dia tidak terima barang
    Mgkin ini baru pengalaman pertama pembeli melakukan transaksi online atau gimana.
    Yg jelas saya meng up masalah ini ke media konsumen karna saya sudah di ancam dan di teror terus2an

  • Terimakasih ya semunya yg sudah meluangkan waktunya untuk memberikan saran, pengalaman, semoga ini menjadi pelajaran berharga buat saya, saya meng up ini semua ke media konsumen agar saya d bantu menyelesaikan masalah ini oleh pihak expedisi, krna disini saya paling di tekan, pembeli tidak mau melacak bukti resi tersebut, jadi susah untuk saya berkomunikasi dg baik dgn pembeli karna tidak bisa memahami penjelasan yg saya utarakan. Terimakasih semuanya minal aidzin walnfaidzin ????