Surat Pembaca

Jebakan Salah Transfer di Kredivo

Saya salah seorang nasabah Kredivo. Pada tanggal 1 Mei 2022, saya ada notifikasi dari Kredivo yang memberitahu bahwa pembayaran sejumlah Rp943.640 sudah kami terima dan akan diproses dalam waktu 3 jam. Padahal pada tanggal 1 Mei, saya tidak melakukan transaksi pembayaran.

Rupanya ada yang salah transfer, lalu masuk ke akun saya. Anehnya lagi, oleh pihak Kredivo dana tersebut langsung didebitkan ke tagihan saya, 2 bulan dibayar penuh dan satu bulan tidak penuh. Tanpa persetujuan dari saya, Kredivo main debit saja dari dana salah transfer tersebut. Nominal tagihan bulan saya setiap bulannya hanya Rp373.510. Dari dana salah transfer yang masuk, nominalnya saja sudah beda dengan tagihan saya.

Karena saya merasa tidak melakukan transaksi pada tanggal tersebut, tentunya saya menolak dan minta transaksi tersebut dibatalkan dan kembalikan dana yang masuk kepada yang berhak. Namun Kredivo menolak, dengan alasan sudah terkonfirmasi dan sistem tidak bisa membatalkan.

Di sini pihak Kredivo melakukan penjebakan. Saat pengirim sadar dana salah masuk dan komplain ke Kredivo, pihak Kredivo meminta saya untuk mengembalikan dana yang masuk ke rekening saya. Kredivo yang melakukan pendebetan, saya yang disuruh menanggung atas kesalahan pihak Kredivo. Ini aturan hukum dari mana dan apa sangsi hukumnya?

Kalau ada dana masuk yang tidak sesuai dengan nilai tagihan atau mencurigakan, kenapa pihak Kredivo tidak menghubungi saya dulu sebelum mendebit? Untungnya nilai uangnya di bawah 1 juta rupiah, kalau jutaan atau puluhan juta, kan konyol. Yang terima salah transfer tersebut, pasti akan disuruh mengembalikan.

Padahal di menu aplikasi Kredivo tidak ada menu pembatalan transaksi, apalagi pengembalian maupun penarikan dana yang sudah masuk. Yang ada hanya menu dana lebih. Lucunya, dana yang tidak sesuai dengan tagihan, oleh Kredivo tidak dimasukkan ke dana lebih, melainkan dimasukkan ke tagihan berikutnya, meski tidak penuh, sisanya saya yang harus bayar.

Hati-hati bagi pengguna Kredivo jika ada dana salah masuk. Saya ini korban yang harus menanggung atas kesalahan pihak Kredivo. Pihak Kredivo tidak bisa membuktikan, kalau pendebetan dana salah transfer langsung didebitkan ke tagihan saya atas perintah atau permintaan saya. Kalau atas perintah atau permintaan saya, saya akan bertanggung jawab penuh.

Herman Biantoro
Jakarta Utara


Update (11 Mei 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas penyelesaian masalah oleh pihak Kredivo sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Herman Biantoro

Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Herman Biantoro di MediaKonsumen.com tanggal 7 Mei 2022 pada kolom Surat Pembaca yang berjudul “Jebakan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Setelah baca artikel ini dan semua komentar, saya auto uninstall akun kredivo saya. Sudah aktif sekitar 3 bulan ini, namun belum pernah saya gunakan sama sekali. Lebih baik memang menghindari daripada suatu saat kesandung batu.

  • Kepada Media Kunsumen terima kasih sudah memuat toipik/keluhan yg saya tulis dan yg sudah membaca/mengomentari topik/keluahan saya, saya ucapkan terima kasih atas tangapan,pertanyaan dan sarannya.
    Untuk masalah ini sudah diselesaikan dengan baik oleh pihak kredivo.
    Terima kasih atas kerjasamanya.

    • Saya pernah mencoba mendaftar akun Kredivo.
      Puji Tuhan gak di ACC. Langsung saya uninstall.
      Setelah membaca cerita kakak2 di atas. Saya bersyukur akun saya ditolak