Surat Pembaca

Perlakuan Tidak Menyenangkan dari Akulaku

Halo, saya Lilla Wiwitansy. Saya pelanggan setia Akulaku dan aplikasi lain yang berbasis yang sama dengan Akulaku. Saya paham dan sangat mengerti bahwa sistem dan SOP yang berlaku di perusahaan pembiayaan atau yang serupa seperti Akulaku dan yang lainnya. Bahwa jika ada keterlambatan pembayaran, harus mengirimkan peringatan kepada konsumen. Akan tetapi saya sangat menyayangkan terkait hal yang terjadi kepada saya.

Sebagai aplikasi yang sudah besar seperti Akulaku, seharusnya meningkatkan kualitas SDM yang baik, tidak hanya mengandalkan otot dan bahasa yang sangat mengganggu. Setiap bulan saya membayar tagihan dengan tepat waktu. Namun karena bulan ini gaji saya di-hold sampai tanggal 09 Mei 2022, saya jadi telat selama 7 hari. Tidak hanya di Akulaku, tetapi di semua aplikasi yang saya gunakan. Namun hanya Akulaku saja yang berbahasa sangat tidak sopan.

Bukankah mereka bekerja dengan ijazah? Kenapa seperti preman pasar? FYI, saya sudah membayarkan hari ini (9 Mei 2022), tetapi mereka masih meneror, dengan alasan saya harus mengkonfirmasi. Padahal sudah pasti mereka bisa mengeceknya di sistem mereka sendiri.

Saya kirimkan bukti screenshot dari beberapa WhatsApp mereka terhadap saya. Ini hanya beberapa, selebihnya sudah saya hapus, karena terlalu kasar.

Lilla Wiwitansy
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara/i Lilla Wiwitansy

Jakarta, 17 Mei 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara/i Lilla...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sama,,saya jg prnh diancam..dan pernah ditagihan sya via WA bs jd gelembung 10jt skian..padahal awal tagihan macet sya diakulaku 39 hari hanya 293.000..pas 65 hari yah,,sgtu tu jd 10jt..jd males ak mw selesaikan..kontak yg gk diikutsertakan jd penangguh jg hbis dtelponin..gk tw nyuri data dr mn..

  • Kalo udah rame begini paling jawabannya "jangan percaya atas oknum yang mengatasnamakan pihak aplikasi" Hahahaha

  • Jadi ragu mau pinjam nya juga
    Hampir semua yang komen isi nya negatif semua
    Ngeri jadi nya

  • Padahal tinggal kirim bukti SS aja kalau sudah lunas/terbayar, gk ribet kan.. DC lapangan kadang gk update soal pembayaran di aplikasi.. anda telat bayar yah pasti dikejar DC lahh, itu tugas nya DC ngrjar2 orang yg telat bayar..

    Misal anda ngasih pinjaman 10jt ke orang lain, dia janji 30 hari akan dibayar dan ternyata telat, pasti kamu kejar2 juga kan karena molor..

    • halo mas . sebelumnya terimakasih sudah ikut berkomentar . tpi mohon di baca lagi reply saya di setiap komentar ya. saya sudah jelaskan . hutang harus di bayar ? iya tentu harus di bayar. dan saya tidak marah krena di tagih . hanya saja dengan nama sebesar akulaku seharusnya attitude dan sitem penagihan harus berbeda dengan pinjol ilegal lainnya karena tentunya sistem perekrutan karyawan nya pun sudah berstandar nasional .

      semoga mas selalu di berikan rizki sehingga tidak perlu memakai jasa pembayarn paylater yang sebenranya sangat membantu karena praktis . kita cuma bayar sekali di akhir bulan . ga perlu sekali transaksi pem,belian sekali embayaran . repot menurut saya .

      oh iya , semoga gaji mas nya ga pernah ter hold ya .
      helm putih biasanya pendidikan nya tinggi ya mas? tunjukanlah ;)

  • alhamdulillah saya sudah tidak pernah pakai lagi sejak 2018, kapok euy ama penagihan nya yg kasar wkwkwk... begitu gajian langsung lunasi dan auto uninstall setelah dapat notif tagihan lunas. gak lagi lagi pakai akulaku.

  • Mohon maaf izin ikut berpendapat ya. Jika dilihat dari 2 sisi. disisi deskcall memang salah karena tidak mengetahui update dari pembayaran nasabah atas nama ibu lila. Tapi disatu sisi juga untuk ibu lila, sebenernya ini bisa saja diselesaikan dengan baik dimana ibu lila disitu tinggal kasi bukti bayarnya saja kepada agent deskcallnya. kadang juga kan agent butuh bukti juga karena banyak juga nasabah yang mengaku" sudah bayar tapi kenyataannya belum bayar. saya pernah menjadi deskcall juga di salah satu perusahaan pinjol legal. data itu tidak dipegang oleh satu agent saja mbak jadi emang muter trus. jadi wajar kadang mbaknya sudah jelaskan ke agent sebelumnya tapi agent selanjutnya kadang tidak tau dan butuh penjelasan mbaknya. kalo diperhatikan bukti chat deskcallnya juga aku rasa tidak bgtu kasar juga. kecuali agent sampai mengeluarkan kalimat kotor seperti binatang dan sara mungkin itu baru dibilang agentnya tidak beretika. kadang satu pernyataan bisa memutus rezeki orang juga mbak. jadi kalo bisa d selesaikan baik" bagus selesaikan dengan cara hubungi cs nya dlu. kalo udah dshare seperti ini kadang hal kecil malah jadi besar. lebih bijak aja si. dan untuk pihak pihak pinjolnya mungkin update pembayarannya agar diperbaiki di sytemnya. agar tidak terjadi salah paham. semoga masalahnya segera selesai. Tks

    • hai ka terimakasih sudah berkomentar

      pertama saya akan jelaskan , bahwa itu bahasa yang paling mendingan di bandingkan wa yg lain . krna sudah saya hapus makanya tidak bisa di buktikan .
      kedua, saya yakin cara mas menagih dulu berbeda dengan ini , karena memang saya tau data itu berputar dan harus secara berkala menagih, tapi seharusnya dari pertama saya janji untuk bayar hari itu di jam itu , seharusnya cara mengingatkan nya tidak seperti itu. atau mungkin tidak ada history chat? kalau begitu untuk apa mminta janji bayar? seharusnya kan history chat itu ada , jd jika ada yg janji bayar bisa terlihat jadi bisa di ingatkan dengna baik dan sopan .

      untuk maslaah ini kenapa saya sampai up ke media ini? tentu bukan untuk memutus rejeki orang lain .
      saya up karena saya tidak mendapat solusi dari call center yg bersangkutan . krna perlakuan , nada bicara dan kata katanya juga seolah menyudutkan pdahal saat itu saya telfon untuk melaporkan pembayaran saya sudah dilakukan .

      konsumen itu tidak pernah mengerti jalan nya perusahaan , terlalu repot kalau semua konsumen harus tau cara kerja suatu perusahaan . jadi sebagai perusahaan yg beretika seharusnya bisa bijak dalam memilih kata kata dan cara , sehingga konsumen bisa nyaman . kecuali konsumen nya memang ga niat bayar, janji bayra berkali kali meleset terus baru bisa di tegaskan dengan cara manusiawi.
      tapi sekali lg, saya membuat janji bayar di 1 hari dan tidak melenceng .

      terima kasih
      semoga dapat di terima

      • Baik terimakasih atas balasannya ya mbak. Seperti yang saya jelaskan juga d atas mbak. Karena kita kan taunya hanya yang mbak share dsni. Kcuali mbak bisa kirim bukti chat kata" yang ksar seperti apa baru akan lbih baik. Perusahaan juga dan ojk juga kyrasa paham kok apa yg harus dilakukan jika memang betul kata" penagihan agentnya kasar. Dan kalimat baik dan gak baik menurut mbak dan orang lain pasti kan berbeda. Tapi kalo pendapat saya ya kalo bukti chatnya seperti yang mbak laporkan d atas itu masih terkesan wajar untuk dunia deskcall. Tks. Dan kalo misal mbak emang udah lapir cs dan csnya juga kasar mbak bisa rekam call mbak sama csnya biar ada bukti mbak

      • Jauhi saja pinjol² kejam..jgn pernah unduh aplikasinya... Semoga kita semua dilancarkan rezekinya...

      • Aku juga dapet hal yg tidak mengecewakan dan menyesal.
        Aku pernah download akulaku buat pinjem uang, tapi ga jadi karena ribet persyaratan, terus aku uninstal aja, anehnya pas beberapa hari kemudian, katanya aku dapet undian give away kulkas, kenapa saya percaya karena menyebutkan identitas yg lengkap dan sesuai KTPku, dan aku percaya, aku yg ga ngerti OTP di SMS, dan SMS verifkkasi langsung dapet SMS dari akulaku, aku ya percaya kasih OTP, lebih 4/6 kali kalau ga salah aku kasih, karena banyak imingan, dan disitu aku juga lagi butuh uang, aku ikutin alurnya, lama² kelamaan kok otp mulu, aku baca ulang SMS katanya ga boleh berbagi untuk oranglain kalau bukan kita sendiri. Tapi kan itu dari akulaku dan mereka yang kirim smsnya berulang, pas aku cek akulaku Gila, aku malah punya pinjeman uang 400ribu, aku komplen telpon ke cs akulaku minta solusinya, aku berharap kalau bakalan clear, soalnya itukan pihak akulaku dan oknumnya yg bisa²nya pake identitas kita dan sembarangan banget.
        Aku bicara pelan ke cs minta solusinya gimana. Tapi malah mereka yg marah² soalnya "mbaknya udah tau itu penipuan mau aja kasih otp, solusinya ya bayar mba, kan mba yg kasih otp, ntar OJK mba buruk" dalem hati Oalah kirain bakalan Konteksnya dibiarin aja, soalnya mereka salah juga menurutku, aku sampe minjem uang ketemen buat lunasin walaupun juga ganti pas gajian hehe, setelah itu aku uninstal dan report deh, tapi yowes kejadian itu emang lagi apes, anggep aja sedekah ke rakyat ngemis wkwk. Emang bodoh juga aku....

        Oh ya...Semoga mbaknya dilimpahkan rezeki dan cepat melunasi ya. Semangat mba.

  • Saya sudah kasih * 1 untuk akulaku indonesia, krn sy juga diancam padahal saya tidak pernah meminjam uang dari mereka

  • Saya juga sama, saya membeli earphone, pembayaran 3 kali. Dan saya sudah lunasi dipembayaran ke dua. Untuk bulan lalu dan bulan ini. Tetapi ditagihan nya masih tercatat dan dibilang masih belum bayar. Padahal saya sudah ss bukti pembayaran saya dan riwayat pembayaran saya. Tetap saja dianggap belum bayar. Dan tagihan nya ada sampai sekarang. Ya saya ga mau bayar. Orang sudah saya lunasi. Yang harusnya hanya 3x bayar, kalo saya bayar lagi saya jadi harus bayar 4x. Itu udah jauh dari harga earphone itu sendiri.