Perlakuan Tidak Menyenangkan dari Akulaku

Halo, saya Lilla Wiwitansy. Saya pelanggan setia Akulaku dan aplikasi lain yang berbasis yang sama dengan Akulaku. Saya paham dan sangat mengerti bahwa sistem dan SOP yang berlaku di perusahaan pembiayaan atau yang serupa seperti Akulaku dan yang lainnya. Bahwa jika ada keterlambatan pembayaran, harus mengirimkan peringatan kepada konsumen. Akan tetapi saya sangat menyayangkan terkait hal yang terjadi kepada saya.

Sebagai aplikasi yang sudah besar seperti Akulaku, seharusnya meningkatkan kualitas SDM yang baik, tidak hanya mengandalkan otot dan bahasa yang sangat mengganggu. Setiap bulan saya membayar tagihan dengan tepat waktu. Namun karena bulan ini gaji saya di-hold sampai tanggal 09 Mei 2022, saya jadi telat selama 7 hari. Tidak hanya di Akulaku, tetapi di semua aplikasi yang saya gunakan. Namun hanya Akulaku saja yang berbahasa sangat tidak sopan.

Bukankah mereka bekerja dengan ijazah? Kenapa seperti preman pasar? FYI, saya sudah membayarkan hari ini (9 Mei 2022), tetapi mereka masih meneror, dengan alasan saya harus mengkonfirmasi. Padahal sudah pasti mereka bisa mengeceknya di sistem mereka sendiri.

Saya kirimkan bukti screenshot dari beberapa WhatsApp mereka terhadap saya. Ini hanya beberapa, selebihnya sudah saya hapus, karena terlalu kasar.

Lilla Wiwitansy
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:1834    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara/i Lilla Wiwitansy

Jakarta, 17 Mei 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara/i Lilla...
Baca Selengkapnya

104 komentar untuk “Perlakuan Tidak Menyenangkan dari Akulaku

    • 11 Mei 2022 - (10:30 WIB)
      Permalink

      Jangan belanja lewat akulaku, itu aplikasi yg punya (owner) dan karyawannya kayaknya preman semua Krn sudah terlalu bnyak kasus seperti ini. Ada juga yg udah bayar tapi diteror meski udah nunjukin bukti bayar tapi seolah mreka memeras tuk bayar lagi. Pemerintah dan aparat keamanan harus tegas TANGKAP owner dan karyawan akulaku

      134
      2
      • 12 Mei 2022 - (19:55 WIB)
        Permalink

        Sy sdh kapok,kmrn teman mau ambil laptop via akulaku….saya sarankan jgn lah.respon mslh dan problem solving lemooot dan ga jelas

        19
        • 12 Mei 2022 - (23:29 WIB)
          Permalink

          Saya udah beberapa kali pinjam di akulaku, pinjaman sebelumnya jauh hari sebelum jatuh tempo udah aku lunasi, dan catatan pelunasan sangat bagus menurut akulaku, aku mau coba bayar tanggal jatuh tempo, apa akan marah?

        • 17 Mei 2022 - (01:43 WIB)
          Permalink

          Memang benar pihak aku laku katanya ojk ko datanya ngk valid bisa gitu hutang orang di tagih ke saya dan maki2 kita yg ngk punya tunggakan sama akulaku sudah di jelaskan tp malah maki2 klu no jualan di pakai kontak darurat siapa yg salah ko ngk ada konfirmasi dan tlp semua juga tau no usaha namanya jualan…yg salah itu klu kasih no kontak darurat di cek donk jgn seenaknya sampai semua org di tagih ke no saya

      • 17 Mei 2022 - (11:44 WIB)
        Permalink

        DC nya yang suka neror, bukan d akulaku saja di Bank plat merah yg cukup besarpun saja sekarang pakai DC sewaan.. yang kadang nagihnya kelihatan gobloknya 🤭🤭

      • 18 Mei 2022 - (06:54 WIB)
        Permalink

        Ini kejadian seperti saya di teror siang malam gk hari libur gak hari kerja malah minta serlok mau ke ketemu giliran di serlok gak datang gue pingin lihat mukanya seperti apa !!!!

    • 11 Mei 2022 - (12:35 WIB)
      Permalink

      Memang seperti itu mbak cara penagihan dc online,,sy juga pernah pake akulaku tapi sdh sy hapus,,

      28
      1
      • 11 Mei 2022 - (14:17 WIB)
        Permalink

        memang se kasar itu ya ? waaah saya ga pernah telat sebelumnya soalnya jd baru ini . tapi kayanya itu keterlaluan deh kata katanya . perusahaan yg ada nama kan seharusnya lebih menjaga nama baik ya . beda lah klo sekelas pinjol ilegal

        27
        6
        • 12 Mei 2022 - (19:12 WIB)
          Permalink

          Kak, kenapa dihapus yg ada kata2 kasarnya? Bisa buat pengaduan itu. Menagih dengan ancaman, bisa di pidanakan. Buat pelajaran untuk mereka.
          Dan sebaiknya utk selanjutnya jgn pakai pinjol lg kak, datamu ga aman.😣

          19
          1
          • 12 Mei 2022 - (23:22 WIB)
            Permalink

            Akulaku mah emg ga bener bgt dc nya kalp nagih kata2nya suka kasar ga banget deh akulaku udh klo nagih yg .wa ga cukup 1 nomer pula .kckckc

          • 13 Mei 2022 - (10:22 WIB)
            Permalink

            halo ka . saya ga kefikiran untuk share ini di media ini soalnya . jd saya hapus. itu ada 4 nomer yg kmrn neror . karena terlalu risih jd akhirnya saya up . tp sayangnya dah dihapus yg lain

        • 13 Mei 2022 - (16:04 WIB)
          Permalink

          aku juga sampe ditelpon trus diomelin dengan suara keras kalo ini direkam kalo tidak dibayar data kamu akan kami blablablabla ya ampun pdhal di aplikasinya udah ngak ada tagihannya…dasar akulaku

    • 11 Mei 2022 - (14:12 WIB)
      Permalink

      Hahhaha betul sekali kali dc aku laku itu perlu di kasih shok terapi ajak ketemuan bayar di tempat begitu keluar teriakin maling atau begal biar di bakar massa

      49
      8
    • 12 Mei 2022 - (15:48 WIB)
      Permalink

      Pinjol mah menang bacod doank, ajak ketemu coba klo berani, bayar cash DC suruh dateng mana berani.. ntar giliran dituntut bilangnya pihak ke 3 mrk ga tau tukang tagihnya.

      13
    • 13 Mei 2022 - (14:05 WIB)
      Permalink

      Samaaa saya juga seperti padahal saya tidak punya tunggakan sama sekali di akulaku dan ngakunya saya ada tunggakan di lazada padahal saya tidak punya akun lazada dan tidak terdaftar di lazada paylater , mereka cuman bisa neror saya dari bulan apa di teror katanya ojk n bi checking saya bakal d blok buktinya sampai sekarang ga d blok n malah terus neror
      Aneh

    • 10 Mei 2022 - (21:50 WIB)
      Permalink

      DC akulaku emang parah banget,mana bunga keterlambatan nya gede banget kalo pinjem dana pinjamannya…AKULAKU itu rentenir berkedok jasa keuangan legal dan OJK pun diem aja padahal sudah banyak yang komplen

      67
      1
        • 11 Mei 2022 - (12:16 WIB)
          Permalink

          Beruntung saya karena selama ini tidak pernah minjem ataupun kalo belanja OL saya lebih memilih bayar cash dan hanya 3x belanja COD.

          11
          1
      • 11 Mei 2022 - (13:19 WIB)
        Permalink

        Ya jangan telat kalau pinjam ,kalau urusan dengan uang jaman sekarang ngeri bangettt. Harap lebih bijak lagi dalam utang piutang.

        Bank saja kalau telat bayar aset bisa disita .. apalagi pinjol ngerii

        23
        19
        • 12 Mei 2022 - (23:55 WIB)
          Permalink

          Saya jga sama diteror sama akulaku smpai saya kenak PHK dari pbrik smpai saya GK bisa byr ccilan dari aku lge dan sampai ibu saya jatuh sakit gara” teror dari akulaku

    • 11 Mei 2022 - (07:15 WIB)
      Permalink

      Sistem akulaku emang jelek, pihak penagihan gak sinkron sama sistem mereka sendiri, saya dulu pernah telat cm sehari dan langsung bayar lunas, tp diterornya selama seminggu dan selama seminggu itu saya selalu mengirimkan bukti klu sudah lunas berupa bukti oembayaran dan screnshot aplikasi mereka sendiri yg menyatakan pinjaman sudah lunas, tp besoknya ditagih lagi dan lagi, setelah saya maki2 cs dengan bahasa kasar baru berhenti teror mereka, habis itu langsung saya hapus aplikasi akulaku..

      43
      1
      • 12 Mei 2022 - (10:21 WIB)
        Permalink

        Rata2 DC pinjol mang kasar jika dalam urusan menagih, saya setuju tapi sebaik nya jgn dibawa2 “preman pasar” blm tentu smua yg dimaksud itu jg kasar.. Cukuplah dg kata preman, karena itu sama aja kita yg menjelekan sebagian org yg belum tentu sekasar omongan kita.. Maaf sebelumnya dan terima kasih

        4
        2
    • 11 Mei 2022 - (10:25 WIB)
      Permalink

      jangan hanya di follow up saja . karena saya kemarin sudah telfon ke call center dan cara bahasa nya ketus seolah menyalahkan saya sudah telat. padahal saya sudah kasih alasan dengan baik . tolong lah kalian bawa nama perusahaan kan bukan pinjol ilegal?

      12
    • 11 Mei 2022 - (15:57 WIB)
      Permalink

      UDH GUE DM IG AKULAKU TP GA DIBACA SAMA SEKALI, TRUS FUNGSI NYA DM ITU BUAT APA SIH??
      BANYAK BUKTINYA NEROR GUE AMPE RIBUAN KALI PADAHAL GUE GA ADA SANGKUT PAUTNYA SAMA ORG YG KALIAN CARI
      UDH NGERUGIIN NAMA BAIK GUE, GANGGU AKTIFITAS GUE, NERORNYA DARI PAGI AMPE MALEM!!!
      SINI SAMPERIN DC NYA K TEMPAT KERJA GUE!!!
      GA ADA GUE TAKUT SAMA DC PREMAN KEK GITU, MENTAL TEMPE SEMUANYA!!!

      24
      3
      • 12 Mei 2022 - (15:28 WIB)
        Permalink

        Sekilas info maaf aga melenceng dr topik.
        pendftaran pinjaman online dengan no hp,nik tidak akan hilang di sistem pinjaman online. dan misal no hp sudah tifak di pakai oleh user/peminjam trus sudah di jual ke konter lagi no hp tersebut masih jadi akun di pinjaman atas nama user pdah sudah tidak di gunakan. jd mohon berhati2 dalam melakukan pinjaman. terimakasih

        3
        2
    • 11 Mei 2022 - (20:18 WIB)
      Permalink

      Akulaku emang br*gs*k depkolektor y.. Telat sehari 2 hari udah di teror.. Sekali y dh di bayar kagak di cek lg masih nagih .. Emang sangat meresahkan. Langsung sya uninstal akun y dah gk2 lg dah..

    • 13 Mei 2022 - (12:27 WIB)
      Permalink

      Tolong ajarin DC dan FC nya min, supaya pt.akulaku biar bagus terus jangan sewa DC dan FC yg maen fisik bisa” nanti kena tutup ama OJK

    • 13 Mei 2022 - (16:00 WIB)
      Permalink

      Kalau perusahaan kalian itu bagus dan melayani nasabah,, tolong dong etika sebagai manusia yang beradab tuh pake,, jangan bisanya cuma bisa ngomel ngomel di chat,, samperin ke rumahnya diskusikan,, itu kan lebih dewasa,, kalau seperti itu kalian perusahaan pinjol yang tidak aman untuk masyarakat

    • 13 Mei 2022 - (19:28 WIB)
      Permalink

      ALAH GILIRAN UDAH VIRAL AJA KATA” KAU BAEK KALI, EMANG NGENTOD KAU AKULAKU
      MASA PERUSAHAAN SEBESAR INI GA ADA ETIKA SOPAN SANTUN NYA DALAM BERBICARA KEPADA NASABAH??!!
      GW DOAKAN SEMOGA KALIAN CEPAT BANGKRUT YAA TOLL…

  • 10 Mei 2022 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Ehmm, AKULAKU koq begitu ?? ngajak DM an? ga brani cari solusi secara terbuka di sini, Supa ya kita kita juga tau gitu. Maslaahnya seberapa runyam sampe ngomong begitu. Dan ijasah preman saat pendaftaran yah, tuh operator ???

    17
    1
  • 10 Mei 2022 - (23:47 WIB)
    Permalink

    Ijazah nya bodong mgkn tuh yg kerja…
    Atau memang syarat dr kerja di Akulaku harus bisa jd preman pengecut yang cm bisa cuap-cuap lewat wa..???

    19
    1
  • 11 Mei 2022 - (00:15 WIB)
    Permalink

    Haduh, sdh bln mei dan banyak keluhan ttg DC tp msh sj ngomongin yg ginan lg. Mana segitu bangganya anda ngutang di banyak tempat. Malu dikit woy!!!
    Yg akan komen sy DC, sini sy pinjemin otak sy biar pinter.

    7
    101
    • 11 Mei 2022 - (03:03 WIB)
      Permalink

      Mng ngutang dbanyak tmpt bkin malu?stiap org kebutuhannya berbeda2…dia yg bayar knp situ yg repot…kl maling tu baru malu…

      79
      5
      • 11 Mei 2022 - (08:04 WIB)
        Permalink

        Ya malulah, itu sama sj membeberkan aib sendiri. Butuh kok sampe gali lobang tutup lobang bgtu, apalagi ini riba. Anda yg pake hijab seharusnya lbh paham ttg itu. Miris!!!

        2
        64
        • 11 Mei 2022 - (09:53 WIB)
          Permalink

          Baca baik² artikelnya mas,dia br bln Mei ini telat bayar itupun krn gaji dia di hold. Ga perlu menghakimi org lain sampe segitunya

          52
          1
        • 11 Mei 2022 - (10:31 WIB)
          Permalink

          maaf mas nya dari akulaku ya ? heheh ga ada kaitan nya sama jilbab mas hehe . semoga mas nya di berikan rizki yg tidak pernah habis sehingga ga perlu pakai jasa pinjam uang ya . fyi saya bukan pinjam uang koq hehehe itu pinjaman paylater krna saya biasa beli listrik dan pulsa di akulaku sistem bayar akhir bulan . kenapa?? karena limitnya banyak . sayang ga di pake . lagian gaji saya alhamdulillah cukup ko buat bayar hehe . btw mas namanya cwok tp hati dan ketikan kaya perempuan ya hehe

          45
          3
          • 11 Mei 2022 - (12:58 WIB)
            Permalink

            Mungkin yg ngomong sejenis waria mba jd ga pny attitude

            22
            6
          • 12 Mei 2022 - (05:22 WIB)
            Permalink

            Kalo gajinya mba cukup, kenapa harus pake pay later. Kan pay later itu jatuhnya riba. Resiko bergelut dengan riba yah gini mba, lain kali jangan tergiur yg namanya hutang mba. Apa lagi ruba, urusan nya bisa di bawa sampai mati. Yg mati syahid aja tertunda masuk surga karena hutang, apalagi manusia macam kita mba.

            4
            10
        • 11 Mei 2022 - (12:26 WIB)
          Permalink

          Memang gak jelas akulaku,
          Sistem akulaku gak jelas, pihak penagihan gak sinkron sama sistem mereka sendiri.
          Mending yg lain aja deh.
          Bulan depan juga dah gak mau sama akulaku.
          Banyak kok yg lain selain akulaku yg lebih humanis dan sistemnya jelas

          11
          1
        • 12 Mei 2022 - (05:47 WIB)
          Permalink

          Eh mas, kebutuhan setiap manusia itu ga ada yg sama, kadang kadang ada yg perlu utang buat memenuhi kebutuhan hidupnya, coba gua tanya, kalo lu di teror sama pinjol kayak mbak itu padahal udah bayar walaupun telat dan alasan telatnya sangat masuk akal, lu mau ngapain? Masa mau disimpen sendiri, keluhan seperti ini hal yg wajar karena kita sebagai konsumen disini dan harus di prioritaskan, lebih baik lu belajar ekonomi dulu daripada lu keliatan bodoh dengan statement lu

          20
          • 12 Mei 2022 - (13:45 WIB)
            Permalink

            love bgt haha

        • 13 Mei 2022 - (19:32 WIB)
          Permalink

          KAU BACA BAIK” ITU POSTINGAN DIA, DIA TELAT BAYAR BUKAN KARENA DISENGAJA, ITU TELAT BAYAR KARENA SALARY KE HOLD DAN SIAPA JUGA YANG MAU DITAGIH HUTANGNYA DENGAN CARA DITEROR GITU??!! GA ADA YANG MAU KARENA UJUNG”NYA BAKALAN BERDAMPAK PADA MENTAL HEALTH JUGA!! PAHAMI ITU YAA DC PINJOL ILEGAL
          OH IYA MASALAH MAU DIA MINJAM DIMANA” KALO SELAMA DIA MASIH SANGGUP BAYAR GAUSAH BESAR KALI BACOT KAU DAN SATU LAGI, GAUSAH BAWA PENAMPILAN PRIBADI ORANG, EMANG KAU UDAH BENER KALI???

          • 15 Mei 2022 - (07:42 WIB)
            Permalink

            Love bgt komen nya 😁

        • 14 Mei 2022 - (03:32 WIB)
          Permalink

          Nah ni bukti lg.. Lu siapa bisa nentuin pakem ‘malu ato enggak’ nya org lain?Emang lu pikir standard baku soal malu atau enggak pake pinjol harus sesuai STANDARD lu? Malih.. Malih.. Sedih gw baca comment lu.. Adalah bawa2 atribut keagamaan.. #tepok jidad
          Cuci kaki bobo sana.. Ntr kalo udah cukup umur, rada pinteran, baru maen lg kemari ya.. Goodnight dede kecil, jgn lupa bawa boneka sama sarung nya ya..

          • 15 Mei 2022 - (07:43 WIB)
            Permalink

            😂😂😂😂 kk lucu ih komen nya. Ngakak 😂😂😂 mksih udah komen ya 😊

        • 15 Mei 2022 - (04:37 WIB)
          Permalink

          loe siape bro,masalah hutang sama hijab apa hubungannya ?
          loe siape bs ngomong kagak jelas mau DC send alamat loe biar gw yg kasih attitude gratis biar otak loe kagak gacor sampe mulut loe itu moncor kayak knalpot bajaj.

    • 11 Mei 2022 - (10:28 WIB)
      Permalink

      iya mas si paling kaya dan ga pernah hutang . sini saya pinjemin attitude saya biar bisa ber attitude sedikit .

      22
      1
    • 11 Mei 2022 - (10:32 WIB)
      Permalink

      Lu debt colector tentu aja lu marah Ama keluhan konsumen…lu yg harusnya malu kasih makan Congor anak bini lu pake duit haram , cuih !!

      30
      2
      • 11 Mei 2022 - (21:15 WIB)
        Permalink

        Penagih hutang ( debcolet ) sekarng banyak yg goblok…. terkadang bahasanya kaya anak jalanan yg ngga berpendidikan, /mungkin bisa juga sih ngga berpendidikan. Terkadang ngotot suruh bayar padahal masih h-3…

        10
    • 11 Mei 2022 - (10:47 WIB)
      Permalink

      Nah yg kaya gini nih, udh idup tololnya nyampe ke tulang. Bilang ke orang ruba riba rabi, tapi bahasanya bikin orang naik darah.

      14
      1
    • 12 Mei 2022 - (23:13 WIB)
      Permalink

      Sombong amat, hati hati klo ngomong
      Kesulitan orang berbeda,kebutuhan orng berbeda jga,smoga anda menerima kesulitan yg lebih, biar anda sadar

      2
      2
    • 14 Mei 2022 - (03:23 WIB)
      Permalink

      Lu baca ga tu tulisan gede “MEDIA KONSUMEN”? Yg nulis artikel ini bukan mo PAMER.. Dia mo nyampein keluhannya sebagai KONSUMEN di media yang sudah disiapkan. Paham?
      Jd bawa jauh2 tu otak teri.. G bakal ada yg mau pinjem, terlepas lu debt collector atau bukan, krn utk mengolah informasi aja g cukup.. Tp gw harus highlight sesuatu, cocot model lu, digabung dengan dangkalnya otak yg g tau jaringannya lengkap apa enggak, pas kalo mo jadi debt collector.. Selamat ya..

  • 11 Mei 2022 - (07:20 WIB)
    Permalink

    DC akulaku memang gak punya otak apali akulaku banyak mempekerjakan oknum penipu…banyak yg tertipu oleh oknum yg mengatasnamakan akulaku…

    19
  • 11 Mei 2022 - (07:24 WIB)
    Permalink

    Mulai belajar hemat,menabung,kurangi pinjam pada aplikasi spt itu,semua namanya kta,cc,atau pinjaman online pasti kalau telat ya keluar sampah dari mulut mereka,sebaiknya hidup sesuai kemapuan aja.sekedar saran ya.🙏🙏🙏🙏🙏

    14
    2
    • 11 Mei 2022 - (10:37 WIB)
      Permalink

      maaf ka itu bukan pinjaman uang . itu bayaran akhir bulan listrik dan pulsa hehehe biasa saya pake sistem akhir bulan soalnya . heheh saya selalu hdup sesuai kemampuan koq . alhamdulillah bukan type orang yang mau terlihat kaya dengan hutang . tidak hehe

      12
      1
  • 11 Mei 2022 - (10:35 WIB)
    Permalink

    dear all yang sudah bales artikel saya dengan komentar komentarnya . mohon maaf lahir batin ya . oh iya saya mau info aja kalau saya bukan pinjaman uang ya kaka kaka semua . saya biasa bayar listrik dan pulsa di akulaku sistem bayar akhir bulan . karena limitnya banyak dan sayang ga di pake . lagi pula saya mampu bayarnya koq hanya saja bulan ini terkendala gaji yg di hold . maslah riba dan jilbab saya? duh rasanya saya terlalu kecil untuk menilai itu . karena tuhan saya yg berhak .

    thank u buat semuanya yg sudah berbahasa baik disni dan mengerti keadaan saya . semoga semuanya sehat terus ya .

    45
    2
  • 11 Mei 2022 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Saya juga pengguna akulaku ,dan pernah juga saya mendapatkan ancaman teror data saya di laporkan ke OJK dan bi cheking , padahal tagihan saya Rp 100.000 dan telat 3 hari di kerjakan mudik kemampuan halaman.dan tempat kampung halaman saya itu susah sinyal ,jadi untuk melihat pembayaran agak susah ,dan saya juga sudah jelas kan, kepihak aku laku Dengan keberadaan saya tetapi mereka tidak peduli , dan tetap memaksakan pembayaran padahal saya tidak pernah sama sekali menunggak pembayaran dan bisa saya buktikan bil pembayaran , nama encomer sebesar akulaku tidak sesuai dengan etika karyawan nya , dan lebih parah nya ingin mendatangkan team kolektor untuk menagih ke rumah saya ,, jadi buat aku laku di ajarin sopan santun dalam berbahasa yang baik lah buat karyawan anda .

    10
    • 11 Mei 2022 - (14:23 WIB)
      Permalink

      nah ini maksud saya . lebih ke arah attitude nya. bukannya saya ga terima di tagih atau bersikap tidak sesuai kemampuan atau gali lobang ttup lobang. krna kadang sebagian orang memilih sistem paylater ubtuk blanja atau beli pulsa dan listrik kaya saya ya krn ada dana nya di applikasinya . jd sayang aja klo ga di pake. toh masih kebayar walaupun kali ini telat

  • 11 Mei 2022 - (13:25 WIB)
    Permalink

    Yang perlu digarisbawahi pd unggah ini adalah ttg etika penagih (DC) entah dr pihak Akulaku sndiri ataupun pihak ketiga. Sdh seharusnya pinjol mengedepankan aturan & kebijakan sesuai dgn ketentuan yg tlh ditetapkan & disepakati dr OJK & BI pasca penertiban pinjol² ilegal yg meresahkan masyarakat.

    Utk mndptkan kepercayaan di masyarakat, platform² resmi shrsnya berbenah diri (internal & eksternal) spy benar² tercipta hubungan mutualisme yg baik dan sehat.
    Krn..bgmn pun jg realitanya kehadiran pinjol msh dibutuhkan oleh masyarakat utk pemenuhan kebutuhan dan keuangan.

    Dan masyarakat pd umumnya, jgn terlalu cepat men-judge (mjd hakim) dr setiap permasalahan yg ada dgn cara pandang pribadinya thdp keluhan yg disampaikan. Apapun itu keputusan yg diambil dlm jasa keuangan ada resiko yg hrs diterima. Bila tdk sepakat, lebih baik mencari cara lain yg minim resiko.

    Jgn malah memperkeruh permasalahan yg disampaikan di media konsumen ini dgn permasalahan² Anda yg baru!!
    Cerdas dan bijaklah menanggapi…
    Salam santun. 🙏🏾

  • 11 Mei 2022 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Sama,,saya jg prnh diancam..dan pernah ditagihan sya via WA bs jd gelembung 10jt skian..padahal awal tagihan macet sya diakulaku 39 hari hanya 293.000..pas 65 hari yah,,sgtu tu jd 10jt..jd males ak mw selesaikan..kontak yg gk diikutsertakan jd penangguh jg hbis dtelponin..gk tw nyuri data dr mn..

  • 11 Mei 2022 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Kalo udah rame begini paling jawabannya “jangan percaya atas oknum yang mengatasnamakan pihak aplikasi” Hahahaha

  • 11 Mei 2022 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Jadi ragu mau pinjam nya juga
    Hampir semua yang komen isi nya negatif semua
    Ngeri jadi nya

  • 11 Mei 2022 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Padahal tinggal kirim bukti SS aja kalau sudah lunas/terbayar, gk ribet kan.. DC lapangan kadang gk update soal pembayaran di aplikasi.. anda telat bayar yah pasti dikejar DC lahh, itu tugas nya DC ngrjar2 orang yg telat bayar..

    Misal anda ngasih pinjaman 10jt ke orang lain, dia janji 30 hari akan dibayar dan ternyata telat, pasti kamu kejar2 juga kan karena molor..

    3
    13
    • 11 Mei 2022 - (17:47 WIB)
      Permalink

      halo mas . sebelumnya terimakasih sudah ikut berkomentar . tpi mohon di baca lagi reply saya di setiap komentar ya. saya sudah jelaskan . hutang harus di bayar ? iya tentu harus di bayar. dan saya tidak marah krena di tagih . hanya saja dengan nama sebesar akulaku seharusnya attitude dan sitem penagihan harus berbeda dengan pinjol ilegal lainnya karena tentunya sistem perekrutan karyawan nya pun sudah berstandar nasional .

      semoga mas selalu di berikan rizki sehingga tidak perlu memakai jasa pembayarn paylater yang sebenranya sangat membantu karena praktis . kita cuma bayar sekali di akhir bulan . ga perlu sekali transaksi pem,belian sekali embayaran . repot menurut saya .

      oh iya , semoga gaji mas nya ga pernah ter hold ya .
      helm putih biasanya pendidikan nya tinggi ya mas? tunjukanlah 😉

      13
      1
  • 11 Mei 2022 - (16:50 WIB)
    Permalink

    alhamdulillah saya sudah tidak pernah pakai lagi sejak 2018, kapok euy ama penagihan nya yg kasar wkwkwk… begitu gajian langsung lunasi dan auto uninstall setelah dapat notif tagihan lunas. gak lagi lagi pakai akulaku.

  • 11 Mei 2022 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf izin ikut berpendapat ya. Jika dilihat dari 2 sisi. disisi deskcall memang salah karena tidak mengetahui update dari pembayaran nasabah atas nama ibu lila. Tapi disatu sisi juga untuk ibu lila, sebenernya ini bisa saja diselesaikan dengan baik dimana ibu lila disitu tinggal kasi bukti bayarnya saja kepada agent deskcallnya. kadang juga kan agent butuh bukti juga karena banyak juga nasabah yang mengaku” sudah bayar tapi kenyataannya belum bayar. saya pernah menjadi deskcall juga di salah satu perusahaan pinjol legal. data itu tidak dipegang oleh satu agent saja mbak jadi emang muter trus. jadi wajar kadang mbaknya sudah jelaskan ke agent sebelumnya tapi agent selanjutnya kadang tidak tau dan butuh penjelasan mbaknya. kalo diperhatikan bukti chat deskcallnya juga aku rasa tidak bgtu kasar juga. kecuali agent sampai mengeluarkan kalimat kotor seperti binatang dan sara mungkin itu baru dibilang agentnya tidak beretika. kadang satu pernyataan bisa memutus rezeki orang juga mbak. jadi kalo bisa d selesaikan baik” bagus selesaikan dengan cara hubungi cs nya dlu. kalo udah dshare seperti ini kadang hal kecil malah jadi besar. lebih bijak aja si. dan untuk pihak pihak pinjolnya mungkin update pembayarannya agar diperbaiki di sytemnya. agar tidak terjadi salah paham. semoga masalahnya segera selesai. Tks

    4
    3
    • 11 Mei 2022 - (17:56 WIB)
      Permalink

      hai ka terimakasih sudah berkomentar

      pertama saya akan jelaskan , bahwa itu bahasa yang paling mendingan di bandingkan wa yg lain . krna sudah saya hapus makanya tidak bisa di buktikan .
      kedua, saya yakin cara mas menagih dulu berbeda dengan ini , karena memang saya tau data itu berputar dan harus secara berkala menagih, tapi seharusnya dari pertama saya janji untuk bayar hari itu di jam itu , seharusnya cara mengingatkan nya tidak seperti itu. atau mungkin tidak ada history chat? kalau begitu untuk apa mminta janji bayar? seharusnya kan history chat itu ada , jd jika ada yg janji bayar bisa terlihat jadi bisa di ingatkan dengna baik dan sopan .

      untuk maslaah ini kenapa saya sampai up ke media ini? tentu bukan untuk memutus rejeki orang lain .
      saya up karena saya tidak mendapat solusi dari call center yg bersangkutan . krna perlakuan , nada bicara dan kata katanya juga seolah menyudutkan pdahal saat itu saya telfon untuk melaporkan pembayaran saya sudah dilakukan .

      konsumen itu tidak pernah mengerti jalan nya perusahaan , terlalu repot kalau semua konsumen harus tau cara kerja suatu perusahaan . jadi sebagai perusahaan yg beretika seharusnya bisa bijak dalam memilih kata kata dan cara , sehingga konsumen bisa nyaman . kecuali konsumen nya memang ga niat bayar, janji bayra berkali kali meleset terus baru bisa di tegaskan dengan cara manusiawi.
      tapi sekali lg, saya membuat janji bayar di 1 hari dan tidak melenceng .

      terima kasih
      semoga dapat di terima

      12
      1
      • 11 Mei 2022 - (18:03 WIB)
        Permalink

        Baik terimakasih atas balasannya ya mbak. Seperti yang saya jelaskan juga d atas mbak. Karena kita kan taunya hanya yang mbak share dsni. Kcuali mbak bisa kirim bukti chat kata” yang ksar seperti apa baru akan lbih baik. Perusahaan juga dan ojk juga kyrasa paham kok apa yg harus dilakukan jika memang betul kata” penagihan agentnya kasar. Dan kalimat baik dan gak baik menurut mbak dan orang lain pasti kan berbeda. Tapi kalo pendapat saya ya kalo bukti chatnya seperti yang mbak laporkan d atas itu masih terkesan wajar untuk dunia deskcall. Tks. Dan kalo misal mbak emang udah lapir cs dan csnya juga kasar mbak bisa rekam call mbak sama csnya biar ada bukti mbak

        2
        8
      • 11 Mei 2022 - (18:33 WIB)
        Permalink

        Jauhi saja pinjol² kejam..jgn pernah unduh aplikasinya… Semoga kita semua dilancarkan rezekinya…

      • 15 Mei 2022 - (02:41 WIB)
        Permalink

        Aku juga dapet hal yg tidak mengecewakan dan menyesal.
        Aku pernah download akulaku buat pinjem uang, tapi ga jadi karena ribet persyaratan, terus aku uninstal aja, anehnya pas beberapa hari kemudian, katanya aku dapet undian give away kulkas, kenapa saya percaya karena menyebutkan identitas yg lengkap dan sesuai KTPku, dan aku percaya, aku yg ga ngerti OTP di SMS, dan SMS verifkkasi langsung dapet SMS dari akulaku, aku ya percaya kasih OTP, lebih 4/6 kali kalau ga salah aku kasih, karena banyak imingan, dan disitu aku juga lagi butuh uang, aku ikutin alurnya, lama² kelamaan kok otp mulu, aku baca ulang SMS katanya ga boleh berbagi untuk oranglain kalau bukan kita sendiri. Tapi kan itu dari akulaku dan mereka yang kirim smsnya berulang, pas aku cek akulaku Gila, aku malah punya pinjeman uang 400ribu, aku komplen telpon ke cs akulaku minta solusinya, aku berharap kalau bakalan clear, soalnya itukan pihak akulaku dan oknumnya yg bisa²nya pake identitas kita dan sembarangan banget.
        Aku bicara pelan ke cs minta solusinya gimana. Tapi malah mereka yg marah² soalnya “mbaknya udah tau itu penipuan mau aja kasih otp, solusinya ya bayar mba, kan mba yg kasih otp, ntar OJK mba buruk” dalem hati Oalah kirain bakalan Konteksnya dibiarin aja, soalnya mereka salah juga menurutku, aku sampe minjem uang ketemen buat lunasin walaupun juga ganti pas gajian hehe, setelah itu aku uninstal dan report deh, tapi yowes kejadian itu emang lagi apes, anggep aja sedekah ke rakyat ngemis wkwk. Emang bodoh juga aku….

        Oh ya…Semoga mbaknya dilimpahkan rezeki dan cepat melunasi ya. Semangat mba.

  • 11 Mei 2022 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Saya sudah kasih * 1 untuk akulaku indonesia, krn sy juga diancam padahal saya tidak pernah meminjam uang dari mereka

  • 11 Mei 2022 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama, saya membeli earphone, pembayaran 3 kali. Dan saya sudah lunasi dipembayaran ke dua. Untuk bulan lalu dan bulan ini. Tetapi ditagihan nya masih tercatat dan dibilang masih belum bayar. Padahal saya sudah ss bukti pembayaran saya dan riwayat pembayaran saya. Tetap saja dianggap belum bayar. Dan tagihan nya ada sampai sekarang. Ya saya ga mau bayar. Orang sudah saya lunasi. Yang harusnya hanya 3x bayar, kalo saya bayar lagi saya jadi harus bayar 4x. Itu udah jauh dari harga earphone itu sendiri.

  • 12 Mei 2022 - (10:01 WIB)
    Permalink

    Jgn termakan dgn tulisan terdaftar di OJK, intinya SAMA AJA legal dan ga soal penagihannya, krn bagian penagihan tetap memakai jasa pihak ketiga, jasa pihak ketiga yah tau sendiri SAMA AJA dgn yg sebelah2. Klo gw dikasari gitu ogah gw bayar. Selalu menakut2i dgn BI checking dan sebar data, ajak ketemuan aja, suruh kerumah ciut nyalinya tuh

  • 12 Mei 2022 - (14:00 WIB)
    Permalink

    Dear All

    terimakasih untuk semua yg sudah mengerti di komen ini. barusan pihak akulaku sudah menelfon dan minta maaf kepada saya . memang seharusnya jangan tunggu masalah seperti ini di up baru minta maaf. tapi tidak apa apa.

    tapi ada hal yg sangat di sayangkan karena siang ini ibu saya masih mendapatkan wa ancaman dari akulaku . saya ga ngerti bagaimana sistem data base nya . untuk komentar sepertinya gabisa kirim bukti screenshot ya.

    tapi saya menunggu kalau nanti saya atau ibu saya masih mendapat ancaman . maka saya akan tegas kepada akulaku .
    karena tidak bisa kirim foto ,berikut saya akan copy kan kata kata dari akulaku .
    SELAMAT SIANG

    Segera lakukan pembayaran tagihan anda.
    Jika Tidak ada tindakan tegas dan pembayaran dari Anda serta respon yang baik atas penyampaian tagihan di hari ini, Pihak lain hari ini akan menyampaikan penagihan sebagai tindak lanjut atas ketidak kooperatifan Anda selama ini sesuai dengan data yang Anda berikan di aplikasi.
    Anda sudah melanggar kontrak elektronik yang disepakati bersama sebelumnya, data Anda akan diserahkan ke pihak terkait beserta riwayat buruk penagihan Anda selama ini yang akan membuat Data Anda masuk list blacklist ( KREDIT PERHATIAN KHUSUS, KREDIT MACET , KREDIT DIRAGUKAN ) sehingga tidak bisa melakukan pengajuan kredit dimanapun.

    Segera ambil tindakan tegas dengan bayarkan tagihan Anda hari ini.

    Terimakasih
    – AKULAKU –

  • 12 Mei 2022 - (15:31 WIB)
    Permalink

    Beraninya cuma di wa doang DC akulaku….kalau Dateng kerumah gue getok Luh pake samurai …tungguin ..g bakal berani Dateng kerumah

  • 13 Mei 2022 - (12:41 WIB)
    Permalink

    FYI, Akulaku sudah tidak dibawah OJK lagi sekarang. Jika Anda menggunakan Pinjol jasa Akulaku statusnya sekarang pinjaman ilegal, jadi data Anda dapat tersebar atau disalah gunakan. Hati hati lebih baik tutup akun Anda di aplikasi pinjol tersebut.

    • 13 Mei 2022 - (14:19 WIB)
      Permalink

      wah serius ka udah ga terdaftar ? tp ko masih ada tulisn nya ya ojk gtu. wah thanks info nya . ngeri juga ya

        • 14 Mei 2022 - (08:58 WIB)
          Permalink

          Alhamdulillah belum sempet pake aku laku buat beli laptop krn susahnya signal wkt itu, mungkin ini pertolongan yg maha kuasa untuk saya, dan saya sdh berhenti pake pinjol² mcm ini, krn ngeri sm tagihannya, baiknya jgn pernah deh cb² pake pinjol krn klo telat dampaknya bikin stres

  • 13 Mei 2022 - (19:03 WIB)
    Permalink

    makanya, jangan mau urusan sama setan pemakan riba ..
    udah pasti “yg nagih nya setan2 jahanam ! …..

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 104 komentar sampai saat ini..

Perlakuan Tidak Menyenangkan dari Akulaku

oleh lilla wiwitansy dibaca dalam: 1 menit
104