Surat Pembaca

Kecewa dengan Samsung Electronics Indonesia, TV LED 50″ Sudah Bergaris, Padahal Pemakaian Baru 1 Tahun 2 Bulan

Saya salah satu customer pecinta produk SAMSUNG. Dari tahun 2009, semua barang elektronik saya, dari handphone sampai AC, menggunakan produk asal Korea Selatan tersebut. Waktu saya mau membeli TV LCD yang sudah mendukung layar resolusi 4K, akhirnya saya memutuskan membeli barang elektronik TV melalui Samsung Store di JD.ID.

Terlampir bukti di bawah ini, saya membeli dengan harga Rp6.400.000 pada tanggal 26 Februari 2021.

Saya sengaja membeli TV, karena aktivitas saya di masa pandemi sering menonton acara film dengan resolusi 4K. Setelah tanggal 9 Mei 2021, TV saya bergaris di bawah, dari ujung sampai ujung. Saya menghubungi Customer Service Samsung melalui WA dan mereka bantu dengan cara jarak jauh dan me-reset ulang TV saya.

Namun karena masih bergaris, akhirnya dibuatkan laporan agar teknisi datang, untuk mengecek kerusakan yang terjadi disebabkan oleh apa. Besoknya saya di-chat oleh teknisi Samsung dan dia memberikan penjelasan. Katanya layar LCD saya yang rusak dan harus diperbaiki dengan mengganti baru.

Saya tanya harganya berapa, ternyata cukup mengejutkan saya, karena harganya ternyata Rp4.355.000. Terlampir chat saya dengan teknisi di bawah ini:

Teknisi meminta data spesifikasi TV saya kalau masih mau dilanjutkan (terlampir spesifikasi TV saya di bawah ini).

SAMSUNG dalam iklannya selalu mempromosikan bahwa TV akan tahan beberapa tahun. Marketing di mall pun terlalu membanggakan hal tersebut. Namun apa yang saya dapatkan hanya kekecewaan saja. Saya mau ini jadi tanggung jawab SAMSUNG, dimana masih ada garansi untuk perbaikan LCD. Ini bukan kesalahan saya, TV selalu digantung dan gak pernah diotak-atik. Bahkan teknisi pun tidak datang untuk mengecek, hanya melalui WhatsApp.

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memposting keluhan saya.

Jonathan Simanungkalit
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya sudah mengalami mslh panel tv samsung di 2 tv saya, 2 tv saya bergaris dan berwarna biru pdhl baru 1than lebih, dan pihak servo e blg harus ganti panel lcd, harga panelnya aj hmpir sama kyk beli baru. Saran aj sih beli tv skrg jgn gampang percaya brans besar, mending beli tv yg berani kaaih garansi panel 5 tahun, banyak kok yg berani kasih garansi panel 5 tahun... Karena harga tv itu 90% di panelnya

  • Saya juga ngalamin hal yg sama, series sama samsung crystal uhd harga panel ua50tu8000k
    Awalnya tv bergaris terus tau2 mati nyala gambarnya, saya contact samsung centre blgnya harus ganti panel, untung itu 11bln jd msh bergaransi. Singkat cerita dipasang panel baru tgl 25 oktober 2021, hari ini tgl 5 juli 2022 (hitungan baru 8bln sejak diganti panel baru) tv ngalamin trouble yg sama lg.....waahh ga abis pikir deh, misal kita beli panel baru berarti ga jaminan kalo itu tv bakal awet bertahun2....td coba contact teknisi samsungnya blgnya sudah habis garansinya krn dihitung dr awal pembelian tv....pusiing jadinya mau beli panel tapi dr pengalaman ga jaminan jg bakal awet itu tv

  • Saya juga mengalami hal sama, sy pikir ini merk yg terpercaya akan kualitas. Saya beli Januari 2021 seri UA43TU8000 sekarang sdh 1,5 tahun. di Layar ada garis horisontal sy tanyakan ke tukang servis katanya LED yang kena, karena memang ditempat saya tdk ada service center. Sekarang baru sadar kalo memilih TV atau barang elektronik minimal yang bisa menjamin garansi yang panjang. Itu minimal mengindikasikan produk yg dijual produsen memang awet.

  • Saya juga mengalami hal yang sama.. Produk samsung crystal smart mungkin produk gagal yang dijual oleh samsung..

  • Saya juga rusak LCD, tipe TV juga sama tapi masih dapat garansi ganti LCD pak, kata teknisinya garansi panel 2 Tahun

  • Gw ada tv ini cm buat liat cctv doank wkwkwk beli tv buat nonton tuh minim 75inch keatas baru puas ntnya kl cm 50 inch mah buat apa

    • Betul..saya juga beli tv lcd 42 inci samsung..baru 13 bulan sdh bergaris..bawa ke samsung center d suruh ganti lcd...padahal tvx tdk pernah trsentuh krna d psg d tembok...
      Bayangkan grnsi 12 bln paas msuk 13 bln langsung rusak...
      Sungguh ironis tv yg katax bermerk tp garansi hanya berani 12 bln...wkwkw...
      Mending ambil sharp atau politron brani beri garansi smpe 5 thn...

  • haha sama semua kasus produk Samsung TV yang merek ini 55" UHD 4K AU7000 emang sama penyakitnya muncul garis di bawah layar padahal TV belum ada pemakaian 2 tahun. liat ulasan di website samsung juga sama semua penyakitnya ini,, hehe emang produk gagal, makanya suka di jual dengan harga promo.. dan sama semua teknisi selalu menyarankan ganti LCD padahal di lihat saja belum, Kecewa after sales samsung ternyata seperti ini

  • Saya juga punya masalah yang sama. Beli di tahun 2020, 9 bulan kemudian LCDnya bergaris, teknisinya bilang kemungkinan dari listrik yg naik turun, dan harus dibelikan stabilizer. Karena masih garansi, LCD diganti. Saya juga sudah belikan stabilizer. Sejak setahun lalu muncul garis biru lagi. Tapi saya biarin saja karena teknisi bilang berarti LCD rusak lagi. Ehh hari ini benar2 mati total nggak bisa nyala. Kualitasnya buruk sekali ya, 3 tahun sudah harus ganti LCD 2x

  • Halo, sekedar memberi info juga.
    Seperti yang lainnya bilang, saya jg mengalami hal serupa. (Beli juni 2020 - nov/des 2021 muncul garis or mati idup, untuk yg tv saya ini mati hidup)

    Teknisi menyarankan ganti LCD blablabla. Cuman saya pas di hari kejadian langsung search youtube/review" di channel/web indo/luar, dan memang ini faulty product.

    Jadinya saya frontalin langsung ke Teknisinya pas dia nyaranin ganti LCD as in, "Saya ngerti mas hanya melakukan kewajiban sebagai teknisi samsung, tapi saya sendiri sudah mengecek dan TV samsung seri ini (TUXXXXX) faulty product (sambil menunjukkan search saya), dan saya lihat ada fix ilegal yang bisa dilakukan. Bisa tolong mas lakukan?"

    Ujug", teknisinya meng-iyakan dan mencoba memperbaiki dengan semacam selotape di sirkuit apanya lupa saya, dan monitor saya jadi bisa hidup lg, tp dengan garis.
    Saya lihat ada yang TV-nya bergaris dan dilakukan fix "sementara" ini dan jadi tidak ada garis lg, cuman semua tergantung sirkuit tv masing" seberapa faulty... dan saya termasuk yang zonk karena kebagian yang bikin mati hidup tvnya