Kecewa dengan Samsung Electronics Indonesia, TV LED 50″ Sudah Bergaris, Padahal Pemakaian Baru 1 Tahun 2 Bulan

Saya salah satu customer pecinta produk SAMSUNG. Dari tahun 2009, semua barang elektronik saya, dari handphone sampai AC, menggunakan produk asal Korea Selatan tersebut. Waktu saya mau membeli TV LCD yang sudah mendukung layar resolusi 4K, akhirnya saya memutuskan membeli barang elektronik TV melalui Samsung Store di JD.ID.

Terlampir bukti di bawah ini, saya membeli dengan harga Rp6.400.000 pada tanggal 26 Februari 2021.

Saya sengaja membeli TV, karena aktivitas saya di masa pandemi sering menonton acara film dengan resolusi 4K. Setelah tanggal 9 Mei 2021, TV saya bergaris di bawah, dari ujung sampai ujung. Saya menghubungi Customer Service Samsung melalui WA dan mereka bantu dengan cara jarak jauh dan me-reset ulang TV saya.

Namun karena masih bergaris, akhirnya dibuatkan laporan agar teknisi datang, untuk mengecek kerusakan yang terjadi disebabkan oleh apa. Besoknya saya di-chat oleh teknisi Samsung dan dia memberikan penjelasan. Katanya layar LCD saya yang rusak dan harus diperbaiki dengan mengganti baru.

Saya tanya harganya berapa, ternyata cukup mengejutkan saya, karena harganya ternyata Rp4.355.000. Terlampir chat saya dengan teknisi di bawah ini:

Teknisi meminta data spesifikasi TV saya kalau masih mau dilanjutkan (terlampir spesifikasi TV saya di bawah ini).

SAMSUNG dalam iklannya selalu mempromosikan bahwa TV akan tahan beberapa tahun. Marketing di mall pun terlalu membanggakan hal tersebut. Namun apa yang saya dapatkan hanya kekecewaan saja. Saya mau ini jadi tanggung jawab SAMSUNG, dimana masih ada garansi untuk perbaikan LCD. Ini bukan kesalahan saya, TV selalu digantung dan gak pernah diotak-atik. Bahkan teknisi pun tidak datang untuk mengecek, hanya melalui WhatsApp.

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memposting keluhan saya.

Jonathan Simanungkalit
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai TV LED Samsung:
[Total:40    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

33 komentar untuk “Kecewa dengan Samsung Electronics Indonesia, TV LED 50″ Sudah Bergaris, Padahal Pemakaian Baru 1 Tahun 2 Bulan

    • 19 Mei 2022 - (09:43 WIB)
      Permalink

      Coba hub teknisi TV diluar samsung ( teknisi pinggir jalan) dan bandingkan harganya, setau saya layar tv garansinya hanya satu tahun

      • 19 Mei 2022 - (09:55 WIB)
        Permalink

        iya maksud saya cek dlu lah ini teknisi blm datang main suruh ganti layar LCD.. kecuali layar LCD Pecah ini layar gak diapa-apain bsa bergaris kan aneh…

        2
        1
    • 19 Mei 2022 - (09:53 WIB)
      Permalink

      yahh sebelum satu tahun layarnya kadng mati gtu bahkan voice suara di remote untuk berbicara sudah gak berfungsi dengan alasan ganti baterai.. tapi saya abaikan baru setelah 1 tahun 2 bulan muncul garis di bawah.. harganya saya beli tv lumayan punya samsung pula bukan merek china… dan harga layar LCD hampir sama 1 tv merek china…

      1
      1
      • 23 Mei 2022 - (18:57 WIB)
        Permalink

        Kesalahan Bpk adalah mengabaikan masa garansi. Kenapa waktu muncul masalah sebelum 1tahun gak langsung dibawa ke SC. Klo dah lewat dimana² mau merk apapun dgn ketentuan masa garansi 1tahun yah gak bisa bantu.
        Kemudian Pak men-justice “bukan merk china”. Ini gak ada hubungan Pak wkwkwk.
        TV “Merk China” Yg harga lebih mahal (bahkan jauh lebih mahal) dr harga TV merk Samsung punya Bpk juga ada.

    • 19 Mei 2022 - (15:17 WIB)
      Permalink

      @batman
      Tergantung merk, pak. Polytron ngasih garansi 5th full sparepart + remote, TCL 2th panel.. pokonya mah rajin-rajin cari tv yg fitur garansinya lengkap,pak.

      2
      1
      • 20 Mei 2022 - (09:09 WIB)
        Permalink

        iya nyesel saya asli sama samsung.. saya brng beli sama tmn TV dia pake TCL 55 inc saya samsung 50 inc harga sama kualitas masa bagusan TCL dia gk ada maslaah apa”.. bahkan voice suara untuk berbicara gk ush pakai remote. sedangkan samsung ini udh gk bsa lgi voice control..

        1
        1
    • 20 Mei 2022 - (09:07 WIB)
      Permalink

      Waktu saya dikasih tau bawah untuk garansi semua 2 tahun.. dan rata” seperti itu semua TV makanya kaget sama service center hanya 1 tahun saya merasa dibohongin..

      1
      1
    • 19 Mei 2022 - (09:54 WIB)
      Permalink

      yahh sebelum satu tahun layarnya kadng mati gtu bahkan voice suara di remote untuk berbicara sudah gak berfungsi dengan alasan ganti baterai.. tapi saya abaikan baru setelah 1 tahun 2 bulan muncul garis di bawah.. harganya saya beli tv lumayan punya samsung pula bukan merek china… dan harga layar LCD hampir sama 1 tv merek china…

      1
      4
      • 19 Mei 2022 - (17:46 WIB)
        Permalink

        Sepertinya polarizer layarnya yang rusak.tinggal ganti polarizer layarnya saja. tidak usah ganti layarnya semua.

        • 20 Mei 2022 - (09:11 WIB)
          Permalink

          saya lihat2 di youtube juga bgtu mas.. mksd saya teknisi datang donk cek.. jgn langsung bilang di wa ganti LCD seharga 4 juta mending tv beli baru merk lain..
          belum tentu setelah di perbaiki LCD akan baik lagi bsa jadi kedepannya bgtu lagi..

          3
          1
  • 19 Mei 2022 - (10:28 WIB)
    Permalink

    Jaman sekarang TV merek apapun sama saja, yg bikin harga lebih mahal bukan karena kualitas tapi untuk biaya iklan dll.

    3
    1
    • 19 Mei 2022 - (11:17 WIB)
      Permalink

      dan saya kemakan iklan dan marketing tentang garansi 2 tahun.. gak taunya LCD nya 1 tahun kan parah… masa merk samsung blm ada 2 tahun LCD udh bgtu…

      4
      2
      • 19 Mei 2022 - (11:49 WIB)
        Permalink

        Anda bukan kemakan iklan, tp kemakan merk mungkin. Ada kok merk tv yg garansi led nya 3 tahun, yaitu tcl. Saya dan saudar2 saya pakai semua dan normal lancar, kualitas juga bagus, cuma merknya tidak terkenal.

  • 19 Mei 2022 - (12:44 WIB)
    Permalink

    Knpa ga beli lgsg di toko? Kiriman tv klo ga packing kayu itu rentan rusaknya karena goncangan.

    • 19 Mei 2022 - (13:11 WIB)
      Permalink

      ini langsung beli di storenya langsung samsung lagi promo.. dan diantar pakai mobil untuk pengiriman.. dan aman di pakai 1 tahun di gantung.. tau2 layar ada garis suruh gnti lcd langsung seharga 1tv

      • 19 Mei 2022 - (15:25 WIB)
        Permalink

        @Jonathan
        Merek kondang tenyata ga jadi jaminan tahan lama, pak. Itu buktinya display apple aja panelnya pake LG. Sering garis2. Nyengir sy. Akhirnya diakalin jalur ke arah panel ditutup pake selotip dan ilang tuh garis2nya lagi, sy saranin sm yg punya cepet jual karena dikhawatirkan umurnya gak kan lama.
        Saran sya sih pak, karena itu udah gak garansi lagi. Cari aja teknisi tukang service monitor di Jakarta kan banyak tuh. Bapak terangin aja masalahnya, nanti biasanya kalau teknisi yg jujur akan mengatakan apa adanya. Kalau diakalin nanti kesananya gimana.
        Jangan mau kalau ada yg bilang “ini ganti board”. Gak akan selesai masalahnya, nanti akan menemui masalah serupa.
        Referensi kasus punya pak Jonathan ada di youtube, nama chanelnya Anak Agung Duwi Arsana. Ada LG, ada Samsung.. kasus layar garis dan solusinya bagaimana ada disana.
        Ok, semoga membantu.

        • 20 Mei 2022 - (09:14 WIB)
          Permalink

          iya mas terima kasih saya sudah lihat2 di youtube sebelum posting ini ke media konsumen niat saya juga gtu di perbaiki baru dijual..
          karena yg di youtube itu bukan memperbaiki masalah tapi hanya mengakali aja..
          tapii sampe kapannya lgi blm tau..
          karena yg rusak yah LCD itu ..
          terima kasih infonya mas dhan

  • 19 Mei 2022 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Saya pernah berkerja staff store dan pernah ngobrol sama team marketing. Untuk Tv led samsung dibawah 50″ hanya Garansi service dan sparepart selama setahun, dan diatas 45″ seri premium diatas setahun (rata rata 2 tahun) tergantung type. Namun diluar Panel layar.

    Kalau memang dari awal tv sudah berkendala seperti yg dijelaskan seharusnya langsung ditukar saja, atau diklaim Gransi. Karena biasanya kalau lebih dari setahun agak sulit klaim nya. Apalagi kendala di panel layar.

    • 19 Mei 2022 - (22:52 WIB)
      Permalink

      Kalau lcd rusak 5 % bisa di akalin, bukan di perbaiki pernah ganti lampu panel tv led Samsung 65 in setelah selesai dipasang lampunya, panel lcd di pasang ternyata gambarnya sudah bergaris kasar hampir seluruh layarnya. cek sana sini penuh rasa kecewa gagal gajian rupanya terbakar jalur dari tcon ke lcd coba saya gunting jalur yang terbakar baru tampil gambarnya tapi tidak halus. Setidaknya tidak gagal gajian. Beli tv led 50 in ke atas rata rata lcd yang bermasalah yang saya alami di lapangan jadi tukang servis.

      • 20 Mei 2022 - (09:20 WIB)
        Permalink

        boleh mas lokasi dimana kalau bsa bantu akalin kerusakan saya terima kasih infonya

  • 19 Mei 2022 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Emg lg sial aja kali pak dapet barang defect mungkin. Itu teknisi jg enak bgt maen bilang LCD rusak dateng ke lokasi buat cek jg belom. Payah jg nih after sales samsung. Tp untung saya pny samsung tv untuk skrg pemakaian ud hampir 8 tahun yg 43″ dan 3 tahun 50″ ga pernah bermasalah. Brand korea jg skrg sama smua ud manufactured di china.

    • 20 Mei 2022 - (09:19 WIB)
      Permalink

      iyo mas alasannya utk pasti LCD nya tanpa cek.. saya tanya kenapa bsa bgtu bilngnya karena lcdnya rusak udh gtu aja…

      sayanya nyesel sekali beli samsung.. karena saya emnk pengguna samsung dari dlu
      makanya terbukti gak taunya TV yg saya banggain pakai os TIZEN cepat. gak taunya LCD nya seperti itu

  • 20 Mei 2022 - (07:45 WIB)
    Permalink

    Jgn samaratakan elektronik 100:1 pasti ad yg jelek itu smua merk harus baru bli bermasalah langsung komplain.ane pake AC samsung 1 tahun 2x ganti mesin penyaringan itu FREE..klo TV ud dr 2018 ga ad mslh..klo ud 1 thn lbih pake barang trs komplaint itu mah ga bkal d layanin kecuali 1 minggu..kita bs blang ga d apa2in tp tekhnisi ga tau bs jadi mkirnya d pukul2 anak2..1 thn lbih klamaan bos..merk xiaomi aj blom 1 thn d rmh ud mati total akhrnya bli baru krna perbaikanya seharga tv baru wkwkwk bijak dkit pak dlm komplaint..

    • 20 Mei 2022 - (09:17 WIB)
      Permalink

      mas saya bukannya dari awal.. tapi kerusakan ini tanpa diapa”in tv saya di gantung dan jauh dari jangkauan anak kecil..
      dan sebelum saya beli tv saya tanya garansi 2 tahun .. tapi samsung bilang waktu komplain utk lcd 1 tahun kalau sparepart 2 tahun.. bagaimana ceritanya seperti itu..
      di awal gk ada kasih tau seperti itu..

    • 21 Mei 2022 - (20:47 WIB)
      Permalink

      Wah, sama persis type tv nya kyk punya saya (50TU8000), dan memang type ini perlu dipertanyakan ketahanannya. Saya beli April 2021, October 2021 tiba tiba tv nya mati sendiri tiap 5-10 menit tiap kali saya nyalakan, saya komplain dan seinget saya dalam 3 hari kerja teknisi samsung dateng, setelah di cek ternyata harus diganti panel LED nya, teknisinya langsung cek stock nya dan waktu itu harus indent dulu (kurang lebih 2minggu) teknisi dateng lagi buat ganti LED nya, dan karena masih garansi jadinya masih free.
      Sampe saat ini sih masih aman tv saya, semoga tahan lama lah, karena udah habis garansinya

  • 20 Mei 2022 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Kok kena biaya,parah bgt sih… Akhir tahun kmrin tv tcl ku malah pakai 9 bulan bergaris hub sc dibwa 4 hari kemudian di ganti lcd baru…

    • 20 Mei 2022 - (11:28 WIB)
      Permalink

      makanya nyesel beli Samsung os Tizen kiraiin cpt sama garansi 2 tahun.. kalau bgtu mending beli TCL harga yg 55inch sama kek harga samsung 50 inc..

  • 20 Mei 2022 - (19:09 WIB)
    Permalink

    Harga TV yang mahal memang LCD nya, makanya iklannya polytron adalah garansi full 5 th dan pada iklan polytron juga bilang bahwa harga LCD hampir sama harga TV

  • 20 Mei 2022 - (22:17 WIB)
    Permalink

    Sekarang semua Merk sama saja pak. Cari yang berani kasih garansi full spare-part dan jangka lama 3+ tahun kalau ada hehehe

  • 22 Mei 2022 - (11:44 WIB)
    Permalink

    Saya sudah mengalami mslh panel tv samsung di 2 tv saya, 2 tv saya bergaris dan berwarna biru pdhl baru 1than lebih, dan pihak servo e blg harus ganti panel lcd, harga panelnya aj hmpir sama kyk beli baru. Saran aj sih beli tv skrg jgn gampang percaya brans besar, mending beli tv yg berani kaaih garansi panel 5 tahun, banyak kok yg berani kasih garansi panel 5 tahun… Karena harga tv itu 90% di panelnya

 Apa Komentar Anda mengenai TV LED Samsung?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Samsung Electronics Indonesia, TV LED 50″ Sudah Be…

oleh jonathan199159 dibaca dalam: 1 menit
33