Surat Pembaca

Mau Beli Motor Yamaha Fazzio Secara “Cash” Dipersulit, Namun Kredit Diprioritaskan

Melalui surat ini, saya Pandu Trizky ingin menginformasikan tentang buruknya pelayanan Sales Motor Yamaha. Sebelumnya saya sudah berkeliling ke beberapa dealer yang ada di Kota Serang, Banten & Cilegon, Banten namun untuk unit Yamaha Fazzio diprioritaskan untuk pembayaran secara Kredit. Jika ingin beli cash tidak diperbolehkan dan harus menunggu indent 5 Bulan.

Saya mencoba menanyakan kesediaan unit di dealer via Whatsapp tetap saja tidak ada. Namun saya disuruh jika ingin membeli Yamaha Fazzio disuruh untuk menyiapkan dana sebesar 2,5 juta sebagai uang bantu cari unit bukan untuk DP.

Saya sebelumnya sudah melaporkan ke Customer Service @Yamahaindonesia namun tidak ada jawaban. Padahal menurut artikel di https://amp.kompas.com/otomotif/read/2022/02/10/090200415/konsumen-beli-fazzio-dipaksa-kredit-begini-jawaban-yamaha wajib melaporkan jika menemukan oknum sales nakal.

Apakah sudah sesulit ini membeli motor secara cash? Sehingga orang yang ingin membeli cash tidak dilayani dengan baik terkadang tak diacuhkan juga.

Pandu Trizky
Serang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • MOTOR BARU KREDIT ATAU CASH

    Saya banyak Ditanya di DM Atau saat ketemu teman teman Komunitas , “Om Kok Engga Boleh Beli Cash Harus Kredit” saat sy masih bekerja saya tidak berani menjawabnya.

    Pembicaraan ini pada umumnya Tabu dibicarakan secara terbuka saat masih bekerja di APM , kadang kadang saya membantu teman teman untuk mendapatkan unit baru yg mereka impiannya. Tapi saya juga harus realistis , dan Menyuarakan Suara temen temen Sales dan SPG di Dealer. Begini .

    Pendapatan Dealer Umumnya di dapat dari Sepeda Motor Yang paling laku sehingga cash flow dealer lancar , Pendapatan After Sales bisnis sehingga Bisa membiayai Operasional Cost (termasuk gaji dan Insentive Salesman yg umumnya tdk Memiliki Gaji tetap).

    Sedangkan Sepeda Motor penjualannya biasa biasa saja atau Kurang di minati tentunya akan menjadi Beban Biaya.

    Terus caranya bagaimana , Supaya tetep dapet . Kalo saya Langsung saja Tanya :
    Kalo saya , akan tanya langsung “Jika kredit Insentive leasing ke Dealer Dapet berapa Mas Salesman, Saya gantikan Insentive nya dari Harga Price Lis, Kan saya Dapet duluan engga usah antri”

    Menurut saya wajar wajar saja , Jika kita Engga mau antri Beli Tiket Express di Universal Studio , Dan tidak Boleh Iri juga.

    Karena Sebaliknya , kita bisa Dapet “Discount besar” untuk model tertentu.

    Jika suka beli aja dan Nikmatin , mumpung yang lain belum punya.

    Hitung hitung kita support Rekan rekan Salesman dan SPG dealer yg Pendapatannya tergantung dari Insentive. Dan Untuk Konsumen Langganan umumnya mereka tidak sama Treatment nya.

    Jika ada yg tidak setuju Boleh Juga , Dan Jika ada yang setuju beli aja ..dan let’s Ride .

    #SayatidakmewakiliAPM
    #Pendapatpribadi

    *sumber fb

  • Pertama memang Motor nya lagi laku banget.. Fazzio lagi naik daun. Saya juga cari ngga dapet. Online dan Offline.. Produksi sama permintaan ngga seimbang.. wajar dealer ngga kebagian barang. Kalopun datang sedikit jatah nya masing2 biar rata. Nah jatah nya itu yang akhirnya jadi "permainan" kalo stok banyak seperti Yamaha Gear misalnya ngga bakal di mainin mau Cash atau kredit silahkan.. malah di online lagi promo harganya. Kembali ke Fazzio kemarin ada yang nyaranin saya kasih aja tambahan buat sales nya. Maksudnya biar dia keep motor itu kalo datang. Sebenarnya ngga baik sih kaya gini ya .. tapi balik lagi ke hukum permintaan dan produksi.. kalo barang dikit yang minat banyak ya mau ngga mau harga naik. Karena jadi kebanggaan buat sebagian orang kalo berhasil beli barang (walopun ngga mahal ya) tapi orang lain susah dapat nya. Istilah nya menang pake duluan... Inilah yang harus dibayar lebih.. itu kalimat UP 2.5 juta maksudnya harganya di naik kan segitu buat keuntungan/uang lelah sales nya hehe... Kalo ngga mau antri. Inilah Indonesia.. semua bisa di serobot kalo ada uang.... Kesian yang antri normal tanpa embel2 tambahan uang sogokan. Sekian

  • Iya, pada dasarnya dealer2 sudah seharusnya melayani baik cash maupun kredit. Berharap kondisinya makin membaik sehingga semua senang ya. Untuk pecinta Yamaha, boleh juga langsung kontak kami ya. Kami melayani area Jadetabek. Cash & Kredit kami layani selama unit motornya ready. Kami berharap bisa memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumen Yamaha.

    Kalau mau tanya2 & konfirmasi stok boleh langsung hubungi kami di:
    087880998124

    Instagram: dinamika.motor
    Tokopedia: Yamaha Dinamika Motor
    Blibli: Dinamika Motor

    Yamaha Dinamika Motor
    Jl. Meruya Ilir no.37, Jakarta Barat

  • Kok kasusnya beda ya dengan saya. 3 hari yg lalu ada ketemu sales yamaha di suatu tempat perbelanjaan dibandung. Saya menanyakan apakah fazzio masih indent dan dijawab iya. Tapi kalo beli cash katanya unit ready. Saya kaget dong kok kebalik ya dr pemberitaan biasanya yg ready itu untuk yg ambil opsi kredit

  • coba beli di blibli.com aja, kan ada official store Yamaha disana. Malah beli pake kartu kredit tertentu bisa cicil, trus bung 0%.

    • sayangnya untuk unit motor yang dijual di e-commerce udah sesuai OTR daerah masing2 kak. kalau luar daerah OTRnya ga akan bisa beli

  • Sekali-kali belilah dg kredit. Mengapa? Klw selama ini anda selalu beli dg cash. Berarti anda belum punya catatan kredit di bank, lembaga pembiayaan/multifinance, leassing di pinjol atau di OJK sehingga bank atau OJK belum tahu kualitas kredit anda srperti apa ya.

    Klw suatu saat anda mengajukan kredit katakanlah KTA, kartu kredit, kKredit kendaraan, rumah, pinjol dan lain2 nya kemungkinan agak lama di ACC atau ada keraguan2 kreditor menyalurkan kredit meskipun bersih di OJK. Kenapa? karna tdk ada data history catatan kredit anda yg pernah ada sebelumnya sebagai bahan pertimbangan.

    Bandingkan dg mereka yg sdh pernah kredit seblumnya . Dan kualitas kredit mereka di kategori 1 lancar. Tentu sangat mudah mendapatkan kredit. Karena sdh ada history mereka bagaimana perillaku meteka dlm membayar cicilan.

  • klo cash ga ada cuan nya boss klo kredit cuannya berlipat2 target sales terpenuhi target dapur juga terpenuhi repot ngurus kredit ma cash sama aja tp sales pasti milih yg cuannya gede sekaramg komplein ke main dealer juga percuma aliran dana nya juga sama2 kecepretan klo d kredit ?

  • Kalo kredit kan ada bunga, selain sales dapet komisi dan sebagainya. Tentunya lebih menguntungkan. Ganti aja tipe motornya.. Anda yang punya uang jangan mau diatur sama pemilik barang. YAMAHA semakin di belakang

  • Kirim ke jakarta utara , depok , tangerang , samarinda , bandung siap kok..padahal dealer di jawa tengah , purworejo..syukurlah sampe ke konsumen dg selamat aman ?