KTA DBS Sudah Lunas, Tetapi Muncul Tagihan Tanpa Rincian Setelah 1,5 Tahun

Nama saya Dapot Asian. Saya ingin menginformasikan keluhan saya terhadap pelayanan Bank DBS. Saya pernah menjadi nasabah KTA DBS, dengan nomor kontrak 7800237534 dan nilai pinjaman 10.000.000 rupiah. Jangka waktu pinjaman 24 bulan dan akhir pembayaran untuk pelunasan bulan September 2020. Menurut bukti transfer, tagihan sudah selesai atau lunas.

Namun pada tanggal 16 Juni 2022, tiba-tiba ada bagian penagihan yang datang ke rumah, memberitahu bahwa ada tagihan yang belum dibayar sebesar Rp3.065.013 (tanpa perincian, hanya secarik kertas seukuran kartu nama dan ditulis tangan).

Yang saya heran, kenapa selama hampir 1,5 tahun tidak ada pemberitahuan kepada saya sebagai nasabah bahwa masih memiliki tagihan yang belum selesai? Prosedur yang umum di semua perbankan, terlambat 3 bulan saja sudah ditelepon, email, dikirim surat, didatangi. Padahal alamat email dan alamat rumah ada, dan yang menagih adalah bagian DC pihak ketiga. Saat melakukan penagihan, hanya meninggalkan secarik kertas kecil, dengan tulisan tangan jumlah tagihan, nomor kontrak dan kontak DC.

Apakah ini normal dalam sistem pelayanan perbankan? DBS ini adalah bank internasional, sebuah bank besar, tetapi pelayanannya kepada nasabah merugikan.

Saya sudah mengajukan komplain ke pihak bank melalui call center, katanya akan dihubungi setelah 2 hari kerja. Namun sudah 1 minggu tidak ada pihak Bank DBS yang menghubungi saya.

Terima kasih.

Dapot Asian S.
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank DBS Indonesia:
[Total:47    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdr. Dapot Asian

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mediakonsumen.com . Melalui surat ini,...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “KTA DBS Sudah Lunas, Tetapi Muncul Tagihan Tanpa Rincian Setelah 1,5 Tahun

    • 27 Juni 2022 - (18:19 WIB)
      Permalink

      Respon loe mana kenalpot dbs, apa pitu bagian dc loe yg nakal… Bank BUMN ko kirim2 surat tulisan tanggan pula kaya anak SD aja loe

    • 27 Juni 2022 - (14:11 WIB)
      Permalink

      itu mah yg datang ngajak ribut, mana ada tagihan begitu, kalau resmi pasti Berupa Amplop & Korp surat yang resmi, kalau saya datang begitu langsung panggil warga se RT RW…..

  • 26 Juni 2022 - (19:51 WIB)
    Permalink

    anda sudah tepat konfirmasi ke DBS bisa jadi modus cari cari apalagi menjelang hari raya idul fitri kasus seperti itu banyak. kalo hanya coretan tidak resmi dari bank berarti benar benar penipuan

    • 27 Juni 2022 - (03:51 WIB)
      Permalink

      Langkah yg sangat tepat, Kaka nya kirim keluhan ke MK. Jadi banyak masukan dari pembaca setia MK. Ga asal langsung transfer² uang. Setidaknya ga da kerugian materil.

  • 26 Juni 2022 - (21:16 WIB)
    Permalink

    “Professional kah?”
    Jelas tidak, disebelah kiri nama si Akbar Mulia saja cara penulisannya saja sudah tidak benar. Bukan cara penulisan gaya perbankan.

    Mau ngibulin ni yeee? Penipuan itu mah pak. Cuekin aja atau jebak, nanti kl dah dapet orangnya bawa ke kantor polisi sambil dijambak.

  • 26 Juni 2022 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Penipuan itu bos, mana ada tagihan dari bank dalam bentuk tulisan tagihan. Biasanya tagihan dalam bentuk prin2an.

  • 26 Juni 2022 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Ya jelas nipuuu pake banget ini, coba suruh aja nanti tunjukin dokumen2nya, masa sekelas bank besar DC nya nagih kaya tukang kredit panci, bahkan kang krdit panci aja udah pake print2an

  • 27 Juni 2022 - (01:42 WIB)
    Permalink

    Wah sama, saya 2 tahun lalu ngalamin udah lunas CC Bank Mega, tiba-tiba setahun lebih ada DC nagih lagi, mana kasar pula lagak nya songong gitu nagih ke rumah org tua saya. Penipuan saya lapor ke bank Mega langsung ditanggapin dan dapat surat pemberitahuan bahwa udah bebas pelunasan dari pinjaman, dikirim ke rumah surat nya. Tapi ya gitu malu ama tetangga soalnya DC nya songong gitu wkt datang bentak2 kurang ajar tuh orang kan…

  • 27 Juni 2022 - (13:22 WIB)
    Permalink

    ini sih kemungkinan besar tepu2 nih. udh gitu nulis collection nya masa “cool”. kl saya sbg nasabahnya saya kerjain itu, saya janjiin bayar tp ketemuan dikantor DBS nya sekalian

  • 27 Juni 2022 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Mendingan cc pelunasan bisa minta surat lunas, kta jarang yg dapet surat lunas biasanya malah ngga dikasih, celah nih buat pungli muahahahaha

 Apa Komentar Anda mengenai Bank DBS Indonesia?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

KTA DBS Sudah Lunas, Tetapi Muncul Tagihan Tanpa Rincian Setelah 1,5 T…

oleh Dapot Asian dibaca dalam: 1 menit
13