Surat Pembaca

Akun Google Dinonaktifkan Tanpa Alasan yang Jelas

Pada tanggal 18 Juli 2022 sekitar pukul 10 pagi saya tiba-tiba mendapatkan notifikasi di handphone saya bahwa akun google saya dinonaktifkan karena dicurigai terdapat konten berbahaya. Jujur saya saya kaget dan panik pada saat itu karena saya merasa tidak pernah melakukan kejahatan apapun menggunakan akun tersebut ataupun menyimpan dan menyebarkan konten-konten yang diduga berbahaya.

Saya panik karena akun tersebut banyak saya pakai untuk registrasi hal-hal penting seperti akun perbankan dan yang lainnya dan saya masih bingung apa sebenarnya kesalahan saya sampai akun tersebut dinonaktifkan secara sepihak.

Saya sudah mengajukan peninjauan namun tak berselang lama saya mendapatkan email dari pihak google bahwa akun saya tidak bisa dipulihkan tanpa memberi penjelasan yang lebih rinci perihal penyebab akun tersebut dinonaktifkan.

Saya juga sudah menelpon call center google indonesia, nomernya berhasil saya hubungi tapi tidak ada jawaban sama sekali.

Saya berharap Pihak Google Indonesia bisa membantu saya untuk memulihkan akun tersebut karena akun tersebut begitu penting untuk saya, setidaknya saya berharap tim pihak google indonesia memberikan penjelasan yang rinci perihal kasus tersebut.

Syaeful Basri
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • @Syaeful
    Mas, apakah ada file yg sensitif disimpan di google drive? Misalnya ada simpan lagu atau film berbayar? Biasanya si autobot google melacak/scanning dari situ.

    Soalnya sy pengalaman naro file lagu & film serial tv disitu bbrp tahun kemudian account saya diblokir. Untungnya bukan account utama. Kalau diblokir account utama waduh berabe deh

    Coba deh inget-inget dulu siapa tau ada naruh file lagu/film disitu.
    Kalaupun misalnya memang pernah ada naro file lagu/film dan lupa delet, minta banding bahwa si mas lupa hapus dan sebetulnya sifatnya sementara.

    Semoga bisa direcover accountnya. Sayang kalau diblokir permanen kalau itu account utama.

    • Kalau film sih nggak ada, seinget saya cima save file foto buat backup sama file-file pribadi kayak CV.

    • Waduh saya kira kalo misal nyimpen lagu sama foto di drive gak bakalan nyampe di banned. Karena sering juga nyimpen semacam film gitu paling mentok di delete aja sama pihak googlenya. Gak nyampe ke banned.
      Terimakasih infonya nih.

  • Apakah itu akun gmail/gdrive unlimited beli online (illegal) ?
    Biasanya kalau gmail nya nempel gdrive unlimited illegal ya dibanned permanent. Engga mungkin juga sih google banned akun google biasa yang tidak terindikasi apapun.

  • Saya jarang membuka google drive, paling kalau misal lagi ganti handphone baru biasanya saya buka untuk ambil data backup foto dan dokumen

  • Punya konten youtube gak gan, biasa kaya gini gara2 reupload youtube.
    Sama punya saya, cuma akun youtube aja yang di matikan, login layanan google lain bisa.

  • Selain alasan diatas, kita komen bernada bullying di youtube bisa kena juga kalau ada yg melaporkan. Email sering buat kirim lagu/film juga bisa. Bnyk sih alasannya, ya diingat aja sebelumnya dipakai apa akun googlenya.

    • Terakhir seinget saya pernah upload video potongan adegan "lapor pak" di short video youtube.

  • Kalau mau niat datang ke kantor google Indonesia.. Tapi kayaknya buang2 waktu+uang.. Mending bikin akun baru aja, terus urus semua akun perbankan dll..

    • Udah ada akun cadangan sih, beberapa akun penting yang daftarnya pake email yg diblokir juga udah diganti, cuman masih penasaran aja alasan dinonaktifkannya kenapa, soalnya takut ntar akun cadangan juga kena lagi.

  • Saya baru tau ada kasus akun google diblokir. Selama kurang lebih 10 tahun saya pakai google dan banyak produk bawaannya, gak pernah ada kasus kayak gitu. Saran: coba ingat-ingat hal gak wajar apa yg anda lakukan dengan akun google tersebut, akui kesalahan anda ke google menggunakan bahasa inggris

  • Saya pernah coba juga menghubungi pihak Google Indonesia dan memang di hubungi via telepon tidak pernah diangkat. Suka bingung sama perusahaan sebesar Google customer service nya tidak jelas.