Sulitnya Mendapatkan Fasilitas Kartu ATM BRItAma

Pada bulan Juni lalu, saya membuka rekening BRItAma secara online, dengan memilih BRI Unit Simpangan Depok. Ketika datang ke BRI tersebut, saya hanya dapat buku tabungan, dengan alasan kartu ATM sedang kosong. Saya diarahkan ke BRI cabang Tole Iskandar untuk mendapatkan kartu ATM, dengan saran harus datang pagi karena kartu cepat habis.

Besoknya saya datang sekitar jam 09.00 dan ternyata diinfokan bahwa kartu ATM sedang habis. Beberapa hari selanjutnya saya intens menelepon unit BRI sekitarnya untuk menanyakan ketersediaan kartu ATM dan jawabannya sama: Kartu ATM sedang tidak tersedia.

Tanggal 15 September 2022, saya datang ke BRI Rawamangun Balai Pustaka, untuk menanyakan apakah bisa cetak kartu ATM di sana (karena domisili KTP saya di Rawamangun). Kemudian saya diarahkan untuk coba ke BRI Rawamangun Pemuda. Sesampainya di sana, security menjelaskan bahwa saat ini kartu ATM tidak tersedia dan ke depannya akan diterapkan sistem tarik tunai digital via BRImo.

3 bulan saya tidak mendapatkan hasil ketika meminta hanya sebuah kartu ATM yang sudah menjadi hak nasabah.

Lalu security menyarankan bahwa jika saya membutuhkan kartu ATM, saya bisa pindah ke BRItAma Bisnis/Prioritas dengan catatan saldo tiap bulan minimal Rp5.000.000. Bagi saya bukan masalah saldonya, tapi masalah rumitnya jika harus ganti nomor rekening hanya untuk mendapatkan kartu ATM. Karena nomor rekening tersebut adalah yang didaftarkan ke perusahaan sejak awal untuk menerima gaji. Akan ada proses yang takes time jika harus mengganti nomor rekening.

Yang saya keluhkan di sini adalah:

  1. “Ke depannya akan diterapkan sistem tarik tunai digital”; artinya saat ini belum total diterapkan, berarti kartu ATM tetap harus tersedia. Namun kenapa susah sekali didapatkannya?
  2. Bagaimana jika ketika harus tarik tunai digital, jaringan ponsel terkendala? Karena ini terjadi beberapa kali dengan saya sehingga saya harus keluar dari bilik ATM dan akhirnya mentransfer uang di rekening BRI ke rekening bank saya lainnya yang memiliki kartu ATM.
  3. Ketika saya memilih tabungan BRItAma, dijelaskan bahwa kartu ATM adalah fasilitas yang akan saya dapatkan, tapi sekarang mana fasilitas tersebut?

Mohon kepada pihak terkait agar masalah kartu ATM ini tidak membuat nasabah merasa tertipu.

Salam,

Febiola A.
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Ibu Febiola Adinda

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas informasi dan masukan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas kekurangnyamanan...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Dear CSR BRI & Pihak Terkait,

      Terima kasih atas responnya yang sangat tanggap. Saya sudah dihubungi dengan baik oleh pihak-pihak kantor cabang yang saya sebutkan di surat pembaca sebelumnya (Depok dan Rawamangun) dan akan mengambil kartu ATM yang infonya sudah dibantu cetak di kantor cabang terdekat dengan saya saat ini segera setelah saya bisa menyempatkan waktu di tengah pekerjaan saya.
      Saya harap ke depannya BRI mempertimbangkan lagi perihal tarik tunai digital dan mengenai pengadaan kartu ATM agar nasabah tidak merasa dipersulit untuk mendapatkannya.
      Semoga akan ada perbaikan selanjutnya. Terima kasih.

  • iya kak saya juga baru 3 bulan lalu buka Britama bisnis melalui online, tetapi ATM nya pun juga harus pindah ke cabang di mall baru dapat.bahkan BRI Tower Surabaya pun samoai kehabisan.selain itu setelah pakai selama 3 bulan, aplikasi m banking sering bermasalah,dari ga bisa transfer sampai ga bisa pakai fitur tanpa kartu.ibarat nya saya dibuat susah,akhirnya saya pindahkan aja semua saldo saya ke bank lain,
    saya nabung maunya ga dibikin ribet dan membantu, ini malah sebaliknya

    • Wah lalu kenapa saya disarankan untuk pindah ke BRItama Bisnis yaa kalau ternyata kesulitan dalam memperoleh kartunya sama saja

        • Bisa tarik tunai tanpa kartu. Tapi akan sulit jika ketika mau tarik tunai, terkendala jaringan selular. Pun saya sudah 1x mengalami case di mana saya tidak bisa masuk ke akun BRImo dengan alasan incorrect password, padahal password tidak pernah diganti. Akhirnya saya mesti reaktivasi dulu ke bank BRI.
          Bisa direaktivasi sendiri lewat aplikasi BRImo, namun harus ada 16 digit kartu ATM. Ujung-ujungnya tetap perlu kartu ATM.

        • Saya juga mengalami hal yang sama, sampai dongkol bolak balik terus nanyain kartu ATM yang saya mau kartu debit mastercard ngapain coba di tampangin online ke publik kartu nya gak ada. Bank terbesar jadinya kaya main main.

    • Bener banget, udah dari cabang kecil sampe yg gede bilangnya kartu ATM kosong, padahal saya perlu utk setor tunai

  • Disaat banyak calon nasabah menggunakan kemudahan buka rekening secara online, tidak didukung oleh kesiapan distribusi kartu atm di cabang2x @BRI yang tersebar sampai ke desa2x.
    Semoga BRI semakin berkembang dan maju.

  • Gak tertarik sama sekali untuk buka rekening di BRI, layanannya masih sangat lemot, antri berjam-jam dan ATM sering eror. ATM Bank lain juga sudah tersedia dimana -mana, gak sulit cari ATM Bank lain daripada ATM BRI.

    Saat ini, jangan andalkan fasilitas ATM seperti untuk transfer, pembayaran cash / non tunai, penarikan tunai, dan semua transaksi perbankan bisa dilakukan via HP. Jadi, pilih Bank yang memiliki fasilitas dan kemudahan untuk melakukan transaksi keuangan, bukan hanya sekedar punya rekening Bank tapi masih antri di ATM.

    • Betul sekali, sistemnya belum mumpuni. Saya terpaksa pakai BRI karena perusahaan mewajibkan karyawannya menggunakan rekening BRItama untuk penerimaan gaji.

    • Kayaknya Program BRI menyeluruh dialihkan sekarang Ke BRImo...jadi cukup buku tabungan+ aplikasi Brimo,jangan harap pembukaan rekening dapat Atm nya.

      • Apakah ada info jika semua akan dialihkan ke brimo nantinya akan bisa untuk setor tunai selain tarik tunai?

  • Beda skali ya layanan BRI dg BNI. Dulu payrol gaji saya lewat BNI didaftarkan bendahara secara kolektif buku dan ATMnya tnggal tunggu ditempat tdk ckp 1 bulan jadi. Tpi pas pindah lgi ke BRI lamanya mendapatkan lebih dari 3 bln. Itupun diambil masing2 dikantornya , ngantri berjam2, bawa KTP NPWP dan difoto segala. Begitu juga ngajuin kredit di BNI pelayanannya mudah. Pegawai BNI dtng sendiri ke kantor kasih fktocopy dokumen yg diminta, nggak pernah ngisi formulir berlembar2. Beda banget sama BRI nggak ada pegawai BRI yg datang melayani permohonan kredit secara individu harus datang ke kantor isi formulir manual yg berlembar2.

    Kenapa ya BRI seperti ini pelayanan terkesan kampungan apalagi di BRI unit.

  • saya sudah 3 bulan lebih mau bikin kartu ATM tapi jawabnya kosong trs .. sudah 5 kali tanya tapi tetap kosong blong

  • Msh mending bulan juni, sy sejak april sampe sekarang blm jadi atm sy. Kl memang yg digadangkan tarik tunai digital, gimana kl mau setor. Mau setor lewat teller antrinya kaya antri sembako. Gak kebayang kl bank ini bukan plat merah ya

  • Brimo bisa aktif dengan nomer unik yg tertera di kartu ATM, mana bisa aktifin bro tanpa kartu ATM.!??!?

    • Wrong. BRImo aktif ketika daftar pembukaan rekening secara online. Nomor kartu ATM dibutuhkan hanya ketika nasabah perlu reaktivasi BRImo yang terblokir.