Sulitnya Mendapatkan Fasilitas Kartu ATM BRItAma

Pada bulan Juni lalu, saya membuka rekening BRItAma secara online, dengan memilih BRI Unit Simpangan Depok. Ketika datang ke BRI tersebut, saya hanya dapat buku tabungan, dengan alasan kartu ATM sedang kosong. Saya diarahkan ke BRI cabang Tole Iskandar untuk mendapatkan kartu ATM, dengan saran harus datang pagi karena kartu cepat habis.

Besoknya saya datang sekitar jam 09.00 dan ternyata diinfokan bahwa kartu ATM sedang habis. Beberapa hari selanjutnya saya intens menelepon unit BRI sekitarnya untuk menanyakan ketersediaan kartu ATM dan jawabannya sama: Kartu ATM sedang tidak tersedia.

Tanggal 15 September 2022, saya datang ke BRI Rawamangun Balai Pustaka, untuk menanyakan apakah bisa cetak kartu ATM di sana (karena domisili KTP saya di Rawamangun). Kemudian saya diarahkan untuk coba ke BRI Rawamangun Pemuda. Sesampainya di sana, security menjelaskan bahwa saat ini kartu ATM tidak tersedia dan ke depannya akan diterapkan sistem tarik tunai digital via BRImo.

3 bulan saya tidak mendapatkan hasil ketika meminta hanya sebuah kartu ATM yang sudah menjadi hak nasabah.

Lalu security menyarankan bahwa jika saya membutuhkan kartu ATM, saya bisa pindah ke BRItAma Bisnis/Prioritas dengan catatan saldo tiap bulan minimal Rp5.000.000. Bagi saya bukan masalah saldonya, tapi masalah rumitnya jika harus ganti nomor rekening hanya untuk mendapatkan kartu ATM. Karena nomor rekening tersebut adalah yang didaftarkan ke perusahaan sejak awal untuk menerima gaji. Akan ada proses yang takes time jika harus mengganti nomor rekening.

Yang saya keluhkan di sini adalah:

  1. “Ke depannya akan diterapkan sistem tarik tunai digital”; artinya saat ini belum total diterapkan, berarti kartu ATM tetap harus tersedia. Namun kenapa susah sekali didapatkannya?
  2. Bagaimana jika ketika harus tarik tunai digital, jaringan ponsel terkendala? Karena ini terjadi beberapa kali dengan saya sehingga saya harus keluar dari bilik ATM dan akhirnya mentransfer uang di rekening BRI ke rekening bank saya lainnya yang memiliki kartu ATM.
  3. Ketika saya memilih tabungan BRItAma, dijelaskan bahwa kartu ATM adalah fasilitas yang akan saya dapatkan, tapi sekarang mana fasilitas tersebut?

Mohon kepada pihak terkait agar masalah kartu ATM ini tidak membuat nasabah merasa tertipu.

Salam,

Febiola A.
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Ibu Febiola Adinda

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas informasi dan masukan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas kekurangnyamanan...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “Sulitnya Mendapatkan Fasilitas Kartu ATM BRItAma

    • 20 September 2022 - (22:10 WIB)
      Permalink

      Dear CSR BRI & Pihak Terkait,

      Terima kasih atas responnya yang sangat tanggap. Saya sudah dihubungi dengan baik oleh pihak-pihak kantor cabang yang saya sebutkan di surat pembaca sebelumnya (Depok dan Rawamangun) dan akan mengambil kartu ATM yang infonya sudah dibantu cetak di kantor cabang terdekat dengan saya saat ini segera setelah saya bisa menyempatkan waktu di tengah pekerjaan saya.
      Saya harap ke depannya BRI mempertimbangkan lagi perihal tarik tunai digital dan mengenai pengadaan kartu ATM agar nasabah tidak merasa dipersulit untuk mendapatkannya.
      Semoga akan ada perbaikan selanjutnya. Terima kasih.

  • 19 September 2022 - (09:59 WIB)
    Permalink

    iya kak saya juga baru 3 bulan lalu buka Britama bisnis melalui online, tetapi ATM nya pun juga harus pindah ke cabang di mall baru dapat.bahkan BRI Tower Surabaya pun samoai kehabisan.selain itu setelah pakai selama 3 bulan, aplikasi m banking sering bermasalah,dari ga bisa transfer sampai ga bisa pakai fitur tanpa kartu.ibarat nya saya dibuat susah,akhirnya saya pindahkan aja semua saldo saya ke bank lain,
    saya nabung maunya ga dibikin ribet dan membantu, ini malah sebaliknya

    • 19 September 2022 - (12:30 WIB)
      Permalink

      Wah lalu kenapa saya disarankan untuk pindah ke BRItama Bisnis yaa kalau ternyata kesulitan dalam memperoleh kartunya sama saja

        • 20 September 2022 - (22:12 WIB)
          Permalink

          Bisa tarik tunai tanpa kartu. Tapi akan sulit jika ketika mau tarik tunai, terkendala jaringan selular. Pun saya sudah 1x mengalami case di mana saya tidak bisa masuk ke akun BRImo dengan alasan incorrect password, padahal password tidak pernah diganti. Akhirnya saya mesti reaktivasi dulu ke bank BRI.
          Bisa direaktivasi sendiri lewat aplikasi BRImo, namun harus ada 16 digit kartu ATM. Ujung-ujungnya tetap perlu kartu ATM.

        • 22 September 2022 - (17:05 WIB)
          Permalink

          Saya juga mengalami hal yang sama, sampai dongkol bolak balik terus nanyain kartu ATM yang saya mau kartu debit mastercard ngapain coba di tampangin online ke publik kartu nya gak ada. Bank terbesar jadinya kaya main main.

    • 20 September 2022 - (19:41 WIB)
      Permalink

      Bener banget, udah dari cabang kecil sampe yg gede bilangnya kartu ATM kosong, padahal saya perlu utk setor tunai

  • 19 September 2022 - (10:08 WIB)
    Permalink

    Disaat banyak calon nasabah menggunakan kemudahan buka rekening secara online, tidak didukung oleh kesiapan distribusi kartu atm di cabang2x @BRI yang tersebar sampai ke desa2x.
    Semoga BRI semakin berkembang dan maju.

  • 19 September 2022 - (11:26 WIB)
    Permalink

    Gak tertarik sama sekali untuk buka rekening di BRI, layanannya masih sangat lemot, antri berjam-jam dan ATM sering eror. ATM Bank lain juga sudah tersedia dimana -mana, gak sulit cari ATM Bank lain daripada ATM BRI.

    Saat ini, jangan andalkan fasilitas ATM seperti untuk transfer, pembayaran cash / non tunai, penarikan tunai, dan semua transaksi perbankan bisa dilakukan via HP. Jadi, pilih Bank yang memiliki fasilitas dan kemudahan untuk melakukan transaksi keuangan, bukan hanya sekedar punya rekening Bank tapi masih antri di ATM.

    • 19 September 2022 - (12:32 WIB)
      Permalink

      Betul sekali, sistemnya belum mumpuni. Saya terpaksa pakai BRI karena perusahaan mewajibkan karyawannya menggunakan rekening BRItama untuk penerimaan gaji.

      1
      1
      • 4 Juli 2023 - (16:40 WIB)
        Permalink

        asli ndak jelas. ada britama x ada britM muda, kalo sama tidak beda lah ngapain buat produk sama.

    • 19 September 2022 - (20:01 WIB)
      Permalink

      Kayaknya Program BRI menyeluruh dialihkan sekarang Ke BRImo…jadi cukup buku tabungan+ aplikasi Brimo,jangan harap pembukaan rekening dapat Atm nya.

      • 22 September 2022 - (06:37 WIB)
        Permalink

        Apakah ada info jika semua akan dialihkan ke brimo nantinya akan bisa untuk setor tunai selain tarik tunai?

  • 19 September 2022 - (17:09 WIB)
    Permalink

    Beda skali ya layanan BRI dg BNI. Dulu payrol gaji saya lewat BNI didaftarkan bendahara secara kolektif buku dan ATMnya tnggal tunggu ditempat tdk ckp 1 bulan jadi. Tpi pas pindah lgi ke BRI lamanya mendapatkan lebih dari 3 bln. Itupun diambil masing2 dikantornya , ngantri berjam2, bawa KTP NPWP dan difoto segala. Begitu juga ngajuin kredit di BNI pelayanannya mudah. Pegawai BNI dtng sendiri ke kantor kasih fktocopy dokumen yg diminta, nggak pernah ngisi formulir berlembar2. Beda banget sama BRI nggak ada pegawai BRI yg datang melayani permohonan kredit secara individu harus datang ke kantor isi formulir manual yg berlembar2.

    Kenapa ya BRI seperti ini pelayanan terkesan kampungan apalagi di BRI unit.

  • 19 September 2022 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Jangan britama banyak potongan
    Potongan Admin sekarang ada potongan kartu atm tiap bulanya

  • 19 September 2022 - (20:32 WIB)
    Permalink

    saya sudah 3 bulan lebih mau bikin kartu ATM tapi jawabnya kosong trs .. sudah 5 kali tanya tapi tetap kosong blong

  • 19 September 2022 - (21:25 WIB)
    Permalink

    Msh mending bulan juni, sy sejak april sampe sekarang blm jadi atm sy. Kl memang yg digadangkan tarik tunai digital, gimana kl mau setor. Mau setor lewat teller antrinya kaya antri sembako. Gak kebayang kl bank ini bukan plat merah ya

  • 20 September 2022 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Brimo bisa aktif dengan nomer unik yg tertera di kartu ATM, mana bisa aktifin bro tanpa kartu ATM.!??!?

    • 20 September 2022 - (22:19 WIB)
      Permalink

      Wrong. BRImo aktif ketika daftar pembukaan rekening secara online. Nomor kartu ATM dibutuhkan hanya ketika nasabah perlu reaktivasi BRImo yang terblokir.

  • 20 September 2022 - (09:41 WIB)
    Permalink

    BRI bisa tarik tunai di ATM tanpa kartu, penggunaan kartu debit memang jarang digunakan krn transaksi dan fitur di BRImo juga ckup lengkap. Apalagi trx di mesin EDC toko/merchant sekarang sudah bisa pakai QRIS ckup pakai HP. Tapi kartu debit masih dibutuhkan nasabah, untuk pembayaran debit online karena kadang ada promo dengan debut online, setor tunai di mesin ATM setahu saya masih perlu kartu debit. Mohon manajemen BRI memperhatikan betul masalah ini

  • 20 September 2022 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Apakah kartu atm BRI kosong se Indonesia ??
    Aneh” aja BRI ini,
    Saya juga mau buka rekening BRI baru di Indramayu saya tanya di unit sampe cabang tidak ada kartu ATMNya / stok kosong ????

  • 20 September 2022 - (11:27 WIB)
    Permalink

    Masalah kartu habis BRI ini sepertinya sudah tingkat parah nasional. Kalaupun ada, pasti kartu kosong tanpa nama tercetak. Kalau memang kebutuhannya cuma untuk tarik tunai, bisa pake BRIMO (wajib pake smartphone, trus yang nggak punya gimana?). Satu hal lain, kartu bukan hanya untuk tarik tunai, tapi untuk kebutuhan transaksi debit belanja entah via EDC atau online. Masalah BRI seperti ini tidak ada solusi? Silakan buka rekening bank digital lain macam Jenius BTPN, Bank jago, LINE Bank, Permata, Digibank, dll yang kartunya dikirim pake kurir.

    1
    1
    • 21 September 2022 - (13:30 WIB)
      Permalink

      Sama dong, belum 1 bulan kartu atm ku tertelan mesin udah pernah ke bank sama orang tua 3x mau tanya ke satpam bri dengan jawaban yang sama. Udah jadi pengguna bank bri selama 3 thn, baru² ini kejadian lucu kartu stok kartu ATM habis padahal bank tertera nasional.. pupus juga menjaga kepercayaan nasabah bri tidak bisa dijaga malahan bisa cari rute alternatif daftar bank lain dengan pelayananan terbaik cepat, mudah, dll

  • 25 September 2022 - (06:31 WIB)
    Permalink

    Untuk bisnis mending vank swasta lebih siap secara fasilitas dan sdm nya. Klo bri jgn harap. Bikin atm aja susah. Padahal kita bayar.

  • 26 September 2022 - (23:12 WIB)
    Permalink

    Bodohnya ga mikir panjang ketika provider kita mati, atm ga ada.. amsyong naro duit di bri kudu antri pake buku

  • 9 November 2022 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Saya baru saja membuat Britama Bisnis. Tapisaya tidak mendapatkan kartu ATM dengan alasan karena non perorangan. Apakah itu benar atau bagaimana? Mohon bantuannya kak?

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Mendapatkan Fasilitas Kartu ATM BRItAma

oleh Febiola dibaca dalam: 1 menit
29