Surat Pembaca

Telat 3 Hari Pembayaran Angsuran, Dipaksa Tandatangan Surat Perjanjian Pengembalian Unit

Saya Dian, nasabah FIF di Jakarta Timur. Saya ingin menanyakan kepada FIF, terkait kebijakan yang berlaku. Saya memiliki angsuran di FIF, jatuh tempo setiap tanggal 12 sisa, 11 kali angsuran lagi. Bulan ini saya telat 3 hari.

Pada tanggal 15, datang tim penagih a.n. Fachru**** yang memberikan surat perjanjian pengembalian unit. Setahu saya, selama ini di leasing lain gak ada hal-hal seperti ini. Pengembalian unit itu biasanya kalau ada yang telat 2-3 bulan kan? Itu pun harus ada surat fidusia.

Saya datang ke kantor FIF Cibubur untuk menanyakan perihal surat ini. Saya juga menjelaskan, kenapa saya belum bisa membayar, karena 2 bulan yang lalu suami saya putus kontrak, jadi kami belum ada pemasukan. Namun selama suami saya tidak bekerja, cicilan tetap diusahakan untuk dibayar. Saya tidak pernah telat berbulan-bulan, hanya hitungan hari.

Penjelasan yang saya dapatkan dari pihak FIF Cibubur (Bu Ajeng), katanya telat sehari pun motor bisa ditarik dan dia memaksa saya menentukan tanggal yang akan dituliskan di surat perjanjian pengembalian unit motor.

Saya tidak menjanjikan tanggal, tapi malah dia sendiri yang menentukan tanggal, yaitu tanggal 22 September 2022, dan memaksa saya menandatanganinya. Dia bilang “Ya udah tandatangan aja dulu“, beberapa kali dia bilang begitu. Saya tetap dengan pendirian saya, tidak mau menandatanganinya, karena saya masih ada itikad baik untuk mengusahakan pembayaran.

Setahu saya, leasing lain gak ada yang seperti ini. Tidak ada pemaksaan untuk menandatangani surat pengembalian unit. Tolong kepada FIF penjelasannya. Saya sudah ada itikad baik akan tanggung jawab saya.

Dian Rosalina
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Federal International Finance (FIFGROUP) Atas Keluhan Ibu Dian Rosalina

Kami mengucapkan terima kasih atas masukan yang disampaikan oleh Ibu Dian Rosalina melalui Surat Pembaca Mediakonsumen.com pada hari Selasa, 20...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Anda bertindak bijaksana dengan tidak bersedia membubuhkan tanda tangan. Anda juga perlu antisipasi ke depannya dengan selalu membuat dokumentasi (entah itu tangkapan layar, rekaman percakapan, video tersembunyi, dll) pada setiap hal yang berhubungan dengan leasing ini.

    Klausul telat 1 hari barang ditarik adalah perjanjian berat sebelah yang merugikan konsumen. Anda bisa pertimbangkan over-kredit dan lebih cermat membaca akad perjanjian di masa mendatang. Saran pak @Dasiri bisa diikuti dengan pendekatan persuasif.

  • Nah ini layak masuk mediakonsumen.. masak telat 3hari kendaraan ditarik? Lah kalo cicilan 5th trus cicilan ke 58 telat 3 hari ditarik gmn ceritanya? Tp FIF emang bkn leasing terkenal, sepertinya sudah mulai kehabisan modal. Ditarik buat buru2 dijual lagi unitnya..
    Waspada dengan FIF.. surat ini sebagai peringatan kepada konsumen yg lain

    • Itu peraturan sepihak, ayah saya kredit motor di FIF cabang Pontianak bayar setiap tgl 10 tiap bulan. Dia kelupaan bayar selama 10 hari hari ke sepuluh di hubungi pihak FIF baru ingat FIF bilang denda 5000 perhari. Gak ada tarik menarik Unit, kecuali telat beberapa bulan, apakah setiap daerah berbeda peraturan nya. Biasanya aturan tsb ditetapkan pusat.

      • Pastinya, ga mungkin ada perusahaan secara terbuka mengumumkan apalagi mempraktekkan 3hari telat lgs tarik unit.. tp bisa sampai ada 1 cabang yg berbuat seperti itu berarti pengawasan dan SOP nya ga bagus. Hari ini si penulis korbannya.. gimana klo besok besok salah satu dari kita mengalami?

        • Saran langsung buat laporan kepolisian indikasi pemaksaan di kontrak tertera pengembalian unit bisa di lakukan apabila kedua belah pihak sudah ada mufakat bersama bahwa kreditur sudah tidak bisa melanjutkan tanggungan,
          Sekian trimakasih

          • Leasing macam apa itu? Saya yg pernah telat hampir 3 bulan gk sampe segitunya. Cuman ditelpon ditny kapan bisa dibayarkan angsurannya. Gak ada itu main paksa ttd".
            Jelas itu prmainan Dc,****** memang oknum dc kaya gitu! ???

  • Itu namanya peraturan sepihak oleh perusahaan,dan aturan sudah ditentukan oleh pemerintah dan lesung gak boleh melanggar !! Aturan nya adalah jika tidak sanggup bayar berbulan bulan maka pihak leasing wajib mengajukan sita ke pengadilan dan jika sudah ada surat keputusan,maka yg berhak menyita adalah pihak kepolisian ,bukan depcolector,jadi mereka melanggar hukum pidana dan perdata !

  • FIF itu yg bikin kesel itu sebelum jatuh tempo 1 minggu sdh d tlp tiap hari suruh bayar. Bayar ga pernah telat !! bayar pun lewat aplikasi astrapay, SMS WA sdh d ingatkan u bayar itu sdh lbh dr ckup dan yg buat emosi sruh dengerin bahasa textbook pdhal sedang bekerja. Tidak d angkt tlp kontak darurat sbnernya mo ngingetin apa ajak ribut

  • Itu mah akal2an kolektor aja ,klo petugas leasing yg benar harusnya liat dulu history pembayaran konsumenny seperti apa,klo hanya telat hari dan sudah masuk angsuran tua bs ditanyak kenapa terlambat terus,apa blm gajian/gmn...dan harusny biasany di kasih somasi dulu klo msh blm ada kejelasan baru diksh perjanjian tarik unit ..jangan mau kena akal akalan kolektor nakal,biasany nanti suka di duitin alasan biaya pembatalan biaya tarik dll...lagu lama dunia kolektor jaman dulu msh dipake aja ?

    • Jangan pakai leasing FIF lagi...amankan dulu...kalo perlu preteli dulu tuh motor..kasih aja bangkai motornya...hahahahaha

    • Nah, iya . Maksud ny seperti itu. Krn sbelum2 nya juga sy tdk prnh telat berbulan2. Ini tiba2 lgsg dpt surat kaya gt. Kan kaget .

  • Yang namanya Leasing itu akadnya Lease Leasor = Sewa.
    Anda bukan kredit kendaraan seperti di Bank namun ini sewa ke Leasing.

    Kenapa ga minjem KUR BRI Mandiri saja. Bunga cuma 6 % beliin motor. Ribetnya cuma nyari dealer yang bayar cash.

    • Emang semua lising itu blangsak bang,,, nah konsumen rata rata males juga baca akad.. tanda tangan tanda tangan aja atau paraf,,, klop sudah dikira kredit kepemilikan padahal sewa..

  • Saya juga ada angsuran di FIF, emang menyebalkan cara nagihnya apalagi kalo telat...
    Udah gitu agen" nya pada nawarin top up , top up segala .. bikin nambah beban aja.

  • Sy telat 2 bulan gak ada masalah kalau leasing ke rumah ya ajak ngopi paling bayar denda di Ahir pas pengambilan bpkb