Telat 3 Hari Pembayaran Angsuran, Dipaksa Tandatangan Surat Perjanjian Pengembalian Unit

Saya Dian, nasabah FIF di Jakarta Timur. Saya ingin menanyakan kepada FIF, terkait kebijakan yang berlaku. Saya memiliki angsuran di FIF, jatuh tempo setiap tanggal 12 sisa, 11 kali angsuran lagi. Bulan ini saya telat 3 hari.

Pada tanggal 15, datang tim penagih a.n. Fachru**** yang memberikan surat perjanjian pengembalian unit. Setahu saya, selama ini di leasing lain gak ada hal-hal seperti ini. Pengembalian unit itu biasanya kalau ada yang telat 2-3 bulan kan? Itu pun harus ada surat fidusia.

Saya datang ke kantor FIF Cibubur untuk menanyakan perihal surat ini. Saya juga menjelaskan, kenapa saya belum bisa membayar, karena 2 bulan yang lalu suami saya putus kontrak, jadi kami belum ada pemasukan. Namun selama suami saya tidak bekerja, cicilan tetap diusahakan untuk dibayar. Saya tidak pernah telat berbulan-bulan, hanya hitungan hari.

Penjelasan yang saya dapatkan dari pihak FIF Cibubur (Bu Ajeng), katanya telat sehari pun motor bisa ditarik dan dia memaksa saya menentukan tanggal yang akan dituliskan di surat perjanjian pengembalian unit motor.

Saya tidak menjanjikan tanggal, tapi malah dia sendiri yang menentukan tanggal, yaitu tanggal 22 September 2022, dan memaksa saya menandatanganinya. Dia bilang “Ya udah tandatangan aja dulu“, beberapa kali dia bilang begitu. Saya tetap dengan pendirian saya, tidak mau menandatanganinya, karena saya masih ada itikad baik untuk mengusahakan pembayaran.

Setahu saya, leasing lain gak ada yang seperti ini. Tidak ada pemaksaan untuk menandatangani surat pengembalian unit. Tolong kepada FIF penjelasannya. Saya sudah ada itikad baik akan tanggung jawab saya.

Dian Rosalina
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai FIFGROUP:
[Total:820    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan PT Federal International Finance (FIFGROUP) Atas Keluhan Ibu Dian Rosalina

Kami mengucapkan terima kasih atas masukan yang disampaikan oleh Ibu Dian Rosalina melalui Surat Pembaca Mediakonsumen.com pada hari Selasa, 20...
Baca Selengkapnya

88 komentar untuk “Telat 3 Hari Pembayaran Angsuran, Dipaksa Tandatangan Surat Perjanjian Pengembalian Unit

  • 20 September 2022 - (08:50 WIB)
    Permalink

    Leasing kere itu
    Mending kendaraan nya amankan dlu
    Kirim ke daerah dari pada di tarik DC sialan malah mrongos nanti
    Gerak cepat saja

    66
    2
    • 20 September 2022 - (11:37 WIB)
      Permalink

      Itu yg nyuruh “amankan dulu” lucu amat saran nya , masuk penggelapan doonggg shayy? Lagian FIF emang gitu,makanya sebelum tanda tangan baca KONTRAK nya,jgn asal ttd terlalu seneng mau unit turun wkwk giliran gini malah menyalahkan leasing,leasing punya aturan masing”. Asal yg kredit juga kooperatif bakal aman aman aja kok, toh kolektor yg kunjungan juga bisa bantu buat kasih waktu asal kooperatif mah

      16
      140
      • 20 September 2022 - (14:56 WIB)
        Permalink

        Leasing kere ga punya hati
        Jangn mau di bodohin
        Segera amankan kendaraan anda
        Sebelum terlambat
        Klo telat sebulan dua bulan itu wajar
        Klo mau di tarik
        Ini baru hitungan hari
        Jangn mau di tipu lesing kere

        64
        3
      • 20 September 2022 - (22:42 WIB)
        Permalink

        Aturan sih aturan tapi setau saya nasabah dikatakan gagal bayar menurut ojk itu klo 3 bulan baru unit bisa ditarik..

        Oh iya sekedar informasi buat kamu bro..

        Bnyak dc nakal narik unit trus dijual lagi supaya dapat untung, bahkan kadang si dc sendiri yg jual unit … Dengan alasan unit tidak ditemukan..

        Ini sekedar nambah wawasan kamu. Gagal bayar itu 3 bulan. Btw saya pernah kredit di FiF dan klo sudah 2-3 bulan itu baru ada penindakan klo 1-3 hari itu oknum2 nakal

        51
        1
        • 21 September 2022 - (10:31 WIB)
          Permalink

          Betul sekali banyak yg dijual sendiri oleh dc nya..kalo ngerampas di jalan teriakin begal aja.

          25
          2
        • 22 September 2022 - (13:49 WIB)
          Permalink

          Setuju, gue 2th di dunia DC dan kebanyakan semua leasing memainkan sistem fraud,asalkan berani kasih deal berapa kepada “orang orang kantor” parahnya lagi kita sebagai DC dapat bagian lebih kecil padahal kerjanya lebih banyak resikonya, makanya gue keluar dari dunia DC bukan karna gak suka kerjanya tapi gue gak respect sama penjilat yg egois dengan mementingkan diri sendiri hanya bermodal kartu id dan jabatan🤣🤣

          12
      • 21 September 2022 - (20:09 WIB)
        Permalink

        Ini pasti orang leasingnya,amankan dulu bener banget..kalo perlu pretelin dulu..tuh kasih aja bangaki motornya..

      • 23 September 2022 - (07:35 WIB)
        Permalink

        Kontrak perjanjian bisa batal secara HUKUM jika pihak leasing menyalahi ketentuan dan aturan dari OJK

      • 27 September 2022 - (13:34 WIB)
        Permalink

        DC ******** emg..itu baru tlat 3hari bkn 3bln masa sudah d datangi…. preteli aja tuh motor kasih bangkai nya…

    • 21 September 2022 - (07:03 WIB)
      Permalink

      Sya mantan ex krywan sana, nggk ada surat kek gitu.. Akal2an CR ny aja.. Jgn ditanda tangan surat seperti itu, pengembalian unit dan penarikan unit itu beda kasus nya…. Pengambalian unit berrti konsmen scara sadar mengemblikan unit, penarikan pengambilan kendaraan yg telah diputus disidang pengadilan yg telah mempunyai kekuatan hukum tetap, jd jelas hrus ada surat dari pengadilan klo mau narik…… Jdi selama anda masih sanggup melunasi , barang tersebut masih 80% kepmilikan milik anda…..

      50
    • 22 September 2022 - (14:29 WIB)
      Permalink

      Setuju..saya dulu beberapa kali ambil motor di FIF saat itu aturan nya enak terlambat bayar kita kabarin knp belum bayar bahasa nya sopan dulu itu mah sebelum marak DC nah beberapa waktu yg lalu saya ambil lagi unit motor matik di FIF baru beberapa bulan berjalan kurang 6 hari jatuh tempo saya di telp terus udah kebayang ambil unit 3 tahun baru berapa bulan di teror saya telp balik ke rumah pak unit mau saya pulangin datang 2 orang besok nya ambil unit kata dia ngga sayang pak saya bilang kaget FIF sekarang main teror..ada saudara mau ambil motor saya ceritain begini ngga mau pake leasing FIF..wkwkw

    • 23 September 2022 - (15:53 WIB)
      Permalink

      lahhh ***** amat..amanin kirim ke daerah.
      kebiasaan lu ya buang motor ke daerah kalo nunggak

    • 25 September 2022 - (21:10 WIB)
      Permalink

      Akal akalan itu ma,,ga ada telat sebulan atau 2 bulan di tarik,,itu ma surat penarikan bisa di cetak kapan aja ma leasing,,namanya BST penarikan,,baru telat 2 hari mau di tarik gebukin aja,,ga ada aturan bgitu,,boleh boleh aja ngejar target collektor ma tapi liat kondisi juga,angsuran lancar mau di tarik seenaknya,,paling tu collectornya dari OC SIM

  • 20 September 2022 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Iya Pak, saya juga bingung, telat hitungan hari aj d datengin mulu ke rumah. Kaya telat berbulan2. Padahal saya ga prnh telat itungan bulan pak. Pokoknya kalo sampai ttd saya dipaksain saya tuntut pidana pemalsuan ttd. Wong byk telat 1bln 2bln masih bs d bayar kok.

    43
    3
    • 20 September 2022 - (13:01 WIB)
      Permalink

      Knp gak pake yg laen aja….fif bahaya nih ms telat 3 hr unit mo di tarik….Waduuh modus apa lg nih….

      18
    • 24 September 2022 - (21:15 WIB)
      Permalink

      Gak usah bingung bu, saya kolektor fif bu yg nangani keterlambatan harian. Kalau nasabah terlambat harian kolektor konfirmasi dlu ke nasabah rencana mau dibayar kapan bu gtu alias memastikan saja sekalian minta no tlpn atau WA nasabah, jd kolektor gak perlu datang kerumah terus, cuma butuh komunikasi saja biar saya ada laporan ke kantor gtu, gak pakek surat teguran seperti itu. Kalau sudah keterlambatan 3 bulan baru motor itu ditarik sama leasing. Yg penting pas kolektor datang jangan menghindar intinya. Jd kolektor tanya alasan nasabah telat bayar motor kenapa gtu. Yg penting penagihan nya menggunakan bahasa yg sopan.

      • 25 September 2022 - (20:09 WIB)
        Permalink

        Ini sy ga prnh menghindar ya mas. Kolektor dtg sy sedang pergi tp d titipn surat tersebut. Saya malah yg datangin kantor cabang loh . Saya menjelaskan juga dsana knp terlambat . Tp kan jawabannya langsung dpaksa pada saat itu. pihak sana yg memberi tanggal dan menyuruh saya menandatangani nya. Gt loh. Pdhl sy sdh menjelaskan . Maka nya sy buat surat terbuka ini . Tp saat ini sudah dselesaikan oleh pihak FIF

  • 20 September 2022 - (09:26 WIB)
    Permalink

    fif emang begitu sistemnya baca aja di surat kontrak nya telat 1 hari aja bisa didatangi ke rumah dan kantor ama kolektornya tergantung kitanya komunikasi ama kolektor yg datang ke rumah yg penting jangan menghindar saat ada kolektor,jangan ganti nomer,bales chat kolektor infokan mau bayar tgl berapa biar dia juga ada laporan ke kantor
    saya beberapa kali dulu saat ambil motor di fif dan telat bayar dibantu ama kolektornya yg penting komunikasi aja
    masih mending si cara penagihannya dibanding cara penagihan pinjol yg sebar data,teror semua kontak,ngeluarin kata kata binatang lewat hp

    15
    8
    • 24 September 2022 - (07:17 WIB)
      Permalink

      Menurut hemat saya,sebelum berhutang berpikir dan rencanakan dengan matang.
      Dari awal kita mengajukan kredit kemanapun brarti kita setuju dengan aturan,kewenangan serta kebijakan dari kreditur tersebut. Aturan pembayaran sudah di sepakati dr awal dgn adanya tgl jatuh tempo.
      Perlu diketahui OJK hanya membuat regulasi dan tidak bisa menentukan kapan motor bisa di tarik krn setahu sy pihak kreditur (leasing) punya hak eksekutorial asalkan ada sertifikat fidusia nya jadi bisa menarik objek fidusia (kendaraan) tanpa putusan pengadilan bila terjadi wanprestasi.
      Belajar dari yg sudah terjadi ada baik nya untuk kedepan bila ingin kendaraan lebih baik cash aja,kalau kita sanggup dengan cicilan sekian tiap bulan kenapa ga bikin tabungan berjangka saja. Banyak keuntungan dgn menabung,kalo nyicil dgn tenor 35x mungkin dgn menabung cukup 20x sdah bs beli kendaraan malah bisa saja keluaran model terbaru.
      Mari disiplin untuk mengelola keuangan

      • 20 September 2022 - (18:59 WIB)
        Permalink

        Coba di baca itu bunyi suratnya, pernyataan janji bayar, kok seolah2 disalah artikan “baru telat 3 hr motor ditarik”
        Kalo mau konsekwen, kendaraan yg kita beli secara kredit memang belum menjadi hak kita sepenuhnya.

        1
        24
        • 20 September 2022 - (19:32 WIB)
          Permalink

          Maaf ya tlg d baca lg deh, sy ga ad tulis telat 3hr motor ditarik. Dibaca lagi surat saya. Saya blg saya telat 3hr tiba2 dsuruh tanda tangan surat perjanjian pengembalian unit. Ga ad penjelasan ga ad komunikasi tau2 suruh ttd surat perjanjian ya. Bukan motor ditarik. Dimana saya tidak prnah menentukan tanggal bayar dan pihak kantor yg menentukan tanggal bayar. Dan dia yg suruh sy ttd.

          8
          1
        • 20 September 2022 - (19:35 WIB)
          Permalink

          Dan gak sepenuhnya jg milik leasing dong…klo br telat 3 hr trus unit mo ditarik lahhh gmn ama angsuran dia yg udh 11 x masuk…???? wkwkwk ini sie sm aja lg nunggu tikus msk jebakan yaa bosss…wkwkwk

          7
          1
          • 21 September 2022 - (06:10 WIB)
            Permalink

            Sisa 11x pak. Jd sdh masuk angsuran 23 x.

      • 21 September 2022 - (19:40 WIB)
        Permalink

        Leasing banyak yg seperti ini, akal2an begini ini tidak diketahui OJK dan menutup mata. FIF nya juga begitu membiarkan karyawan berlaku liar (tragis leasing kakap). Cari leasing lain yg lebih profesional bisnisnya.

    • 22 September 2022 - (08:01 WIB)
      Permalink

      OJK TAK BERKUTIK KENAPA DIAM SAJA..
      KEPOLISIAN ADA DC seperti terlambat merespon…
      Di FIF banyak oknum, tugasnya menekan konsumen, alasannya perintah atasan… emang di FIF ada sistem seperti sambo… 👏👏
      Sebelum hari h angsuran ditelp…. pas hari h yg telp berkali-kali… pagi sampai sore… lebih hari h… teror telp setiap saat… jadi berpikir ulanglah kalau ambil FIF… belum lagi denda per hari… dan colfee klu ada yg antar surat 25ribu persurat… pernah sy tanya.. apa dpt 25rb setiap antar surat.. jawabnya tdk pak… lalu buat apa ada collfee… OJK tidak tegas…

  • 20 September 2022 - (11:34 WIB)
    Permalink

    Mungkin karena aturan baru terkait perilaku debt colector yang merampas motor cicilan maka pihak leasing pakai strategi tersebut

  • 20 September 2022 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Itu yg nyuruh “amankan dulu” lucu amat saran nya , masuk penggelapan doonggg shayy? Lagian FIF emang gitu,makanya sebelum tanda tangan baca KONTRAK nya,jgn asal ttd terlalu seneng mau unit turun wkwk giliran gini malah menyalahkan leasing,leasing punya aturan masing”. Asal yg kredit juga kooperatif bakal aman aman aja kok, toh kolektor yg kunjungan juga bisa bantu buat kasih waktu asal kooperatif mah

    2
    32
  • 20 September 2022 - (12:14 WIB)
    Permalink

    FIF..
    Telat dikit kolektor berisik secabang ..
    Pas lunas sales BPKB berisik se-jabodetabek..
    Kapok.. mending KSM BCA.. hitungan lebih murah pula

    26
  • 20 September 2022 - (12:30 WIB)
    Permalink

    Leasing kere ya gitu…jd utk yg mau kredit motor,jgn mau kredit di FIF…drpd telat 1 hr motornya ditarik leasing sesuai kata petugasnya…pdhl cs msh ada niat baik mau ngusahain bayar meskipun lg susah…

    13
  • 20 September 2022 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Anda bertindak bijaksana dengan tidak bersedia membubuhkan tanda tangan. Anda juga perlu antisipasi ke depannya dengan selalu membuat dokumentasi (entah itu tangkapan layar, rekaman percakapan, video tersembunyi, dll) pada setiap hal yang berhubungan dengan leasing ini.

    Klausul telat 1 hari barang ditarik adalah perjanjian berat sebelah yang merugikan konsumen. Anda bisa pertimbangkan over-kredit dan lebih cermat membaca akad perjanjian di masa mendatang. Saran pak @Dasiri bisa diikuti dengan pendekatan persuasif.

    10
    1
    • 22 September 2022 - (15:31 WIB)
      Permalink

      FIF sih leasing bagus menurut saya krn saya lama mumber cuma oknum2 nya saja.kira2 begitu

  • 20 September 2022 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Nah ini layak masuk mediakonsumen.. masak telat 3hari kendaraan ditarik? Lah kalo cicilan 5th trus cicilan ke 58 telat 3 hari ditarik gmn ceritanya? Tp FIF emang bkn leasing terkenal, sepertinya sudah mulai kehabisan modal. Ditarik buat buru2 dijual lagi unitnya..
    Waspada dengan FIF.. surat ini sebagai peringatan kepada konsumen yg lain

    21
    • 20 September 2022 - (13:21 WIB)
      Permalink

      Itu peraturan sepihak, ayah saya kredit motor di FIF cabang Pontianak bayar setiap tgl 10 tiap bulan. Dia kelupaan bayar selama 10 hari hari ke sepuluh di hubungi pihak FIF baru ingat FIF bilang denda 5000 perhari. Gak ada tarik menarik Unit, kecuali telat beberapa bulan, apakah setiap daerah berbeda peraturan nya. Biasanya aturan tsb ditetapkan pusat.

      6
      1
      • 20 September 2022 - (15:27 WIB)
        Permalink

        Pastinya, ga mungkin ada perusahaan secara terbuka mengumumkan apalagi mempraktekkan 3hari telat lgs tarik unit.. tp bisa sampai ada 1 cabang yg berbuat seperti itu berarti pengawasan dan SOP nya ga bagus. Hari ini si penulis korbannya.. gimana klo besok besok salah satu dari kita mengalami?

        • 20 September 2022 - (19:29 WIB)
          Permalink

          Saran langsung buat laporan kepolisian indikasi pemaksaan di kontrak tertera pengembalian unit bisa di lakukan apabila kedua belah pihak sudah ada mufakat bersama bahwa kreditur sudah tidak bisa melanjutkan tanggungan,
          Sekian trimakasih

          • 22 September 2022 - (21:52 WIB)
            Permalink

            Leasing macam apa itu? Saya yg pernah telat hampir 3 bulan gk sampe segitunya. Cuman ditelpon ditny kapan bisa dibayarkan angsurannya. Gak ada itu main paksa ttd”.
            Jelas itu prmainan Dc,****** memang oknum dc kaya gitu! 👊👊👊

  • 20 September 2022 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Itu namanya peraturan sepihak oleh perusahaan,dan aturan sudah ditentukan oleh pemerintah dan lesung gak boleh melanggar !! Aturan nya adalah jika tidak sanggup bayar berbulan bulan maka pihak leasing wajib mengajukan sita ke pengadilan dan jika sudah ada surat keputusan,maka yg berhak menyita adalah pihak kepolisian ,bukan depcolector,jadi mereka melanggar hukum pidana dan perdata !

  • 20 September 2022 - (13:22 WIB)
    Permalink

    FIF itu yg bikin kesel itu sebelum jatuh tempo 1 minggu sdh d tlp tiap hari suruh bayar. Bayar ga pernah telat !! bayar pun lewat aplikasi astrapay, SMS WA sdh d ingatkan u bayar itu sdh lbh dr ckup dan yg buat emosi sruh dengerin bahasa textbook pdhal sedang bekerja. Tidak d angkt tlp kontak darurat sbnernya mo ngingetin apa ajak ribut

  • 20 September 2022 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Itu mah akal2an kolektor aja ,klo petugas leasing yg benar harusnya liat dulu history pembayaran konsumenny seperti apa,klo hanya telat hari dan sudah masuk angsuran tua bs ditanyak kenapa terlambat terus,apa blm gajian/gmn…dan harusny biasany di kasih somasi dulu klo msh blm ada kejelasan baru diksh perjanjian tarik unit ..jangan mau kena akal akalan kolektor nakal,biasany nanti suka di duitin alasan biaya pembatalan biaya tarik dll…lagu lama dunia kolektor jaman dulu msh dipake aja 🤭

    7
    1
    • 21 September 2022 - (20:14 WIB)
      Permalink

      Jangan pakai leasing FIF lagi…amankan dulu…kalo perlu preteli dulu tuh motor..kasih aja bangkai motornya…hahahahaha

    • 23 September 2022 - (03:43 WIB)
      Permalink

      Nah, iya . Maksud ny seperti itu. Krn sbelum2 nya juga sy tdk prnh telat berbulan2. Ini tiba2 lgsg dpt surat kaya gt. Kan kaget .

  • 20 September 2022 - (14:12 WIB)
    Permalink

    Yang namanya Leasing itu akadnya Lease Leasor = Sewa.
    Anda bukan kredit kendaraan seperti di Bank namun ini sewa ke Leasing.

    Kenapa ga minjem KUR BRI Mandiri saja. Bunga cuma 6 % beliin motor. Ribetnya cuma nyari dealer yang bayar cash.

    • 20 September 2022 - (16:26 WIB)
      Permalink

      Emang semua lising itu blangsak bang,,, nah konsumen rata rata males juga baca akad.. tanda tangan tanda tangan aja atau paraf,,, klop sudah dikira kredit kepemilikan padahal sewa..

  • 20 September 2022 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Saya juga ada angsuran di FIF, emang menyebalkan cara nagihnya apalagi kalo telat…
    Udah gitu agen” nya pada nawarin top up , top up segala .. bikin nambah beban aja.

  • 20 September 2022 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Buat pelajaran calon nasabah.. jadi hati cari leasing.. kredit motor jangan asal ambil lising nya..

  • 20 September 2022 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Sy telat 2 bulan gak ada masalah kalau leasing ke rumah ya ajak ngopi paling bayar denda di Ahir pas pengambilan bpkb

  • 20 September 2022 - (18:23 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah mau tanda tangan,selama itu pemaksaan harus kuat sama pendirian semangat.

  • 20 September 2022 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Sebisa mungkin cepat bereskan.
    Seluas mungkin sebarkan pengalaman anda terkait FIF biar ga ada yg terjebak. Ayo yang sayang kerabat dan tetangganya kasih tahu agar hati-hati terhadap leasing terutama FIFgroup.

  • 20 September 2022 - (21:31 WIB)
    Permalink

    Dulu selalu melalui FIF
    Kalau seperti ini jadi menakutkan dan tidak akan melalui FIF lagi

 Apa Komentar Anda mengenai FIFGROUP?

Ada 88 komentar sampai saat ini..

Telat 3 Hari Pembayaran Angsuran, Dipaksa Tandatangan Surat Perjanjian…

oleh Dian Rosalina dibaca dalam: 1 menit
88