Surat Pembaca

Telepon dari Pinjol EasyCash Sangat Tidak Sopan

Kepada EasyCash,

Pada hari Sabtu 5 November 2022 pukul  06.13 WWIB, saya menerima telepon dari nomor 081368656661 via WA call, yang mengatasnamakan dari EasyCash. Tanpa basa basi, tanpa greeting sama sekali, langsung bicara panjang lebar tidak karuan dengan menyelipkan kata-kata yang tidak pantas (maaf, kata “anjing”).

Sementara saya simak dari pembicara telepon tadi, maksud penelepon menghubungi saya hanya untuk menanyakan apakah saya ada kendala dengan aplikasi EasyCash (karena saya memang belum mengajukan pinjaman setelah saya mengisi data di aplikasi).

Penelepon juga meminta saya untuk menghapus komentar di Instagram. Padahal komentar saya di Instagram EasyCash hanya sebatas menyampaikan alasan mengapa saya tidak jadi mengajukan pinjaman di EasyCash.

Namun caranya konfirmasinya sangat tidak sopan sama sekali, membuat saya tidak nyaman. Intonasi suaranya datar seperti kebanyakan DC pinjol, yang sedang menagih hutang. Yang lebih tidak sopan lagi, pembicaraan belum selesai, telepon sudah langsung dimatikan. Saya coba hubungi kembali telepon langsung di-declined, benar-benar tidak profesional.

Dengan kejadian ini saya berpikir, apakah tidak ada pelatihan khusus bagaimana cara berkomunikasi yang baik melalui telepon saat merekrut staf bagian CS? Sehingga penelepon yang tidak sopan seperti ini dapat diterima bekerja di bagian CS di EasyCash?

Tolong dicatat:

  1. Saya tidak jadi mengajukan pinjaman di EasyCash karena pertimbangan lain.
  2. Saya sama sekali belum menjadi debitur di EasyCash dan tidak memiliki hutang di EasyCash.
  3. Saya sudah mengajukan penghapusan data melalui aplikasi EasyCash, sebelum saya uninstall aplikasinya.
  4. Saya sudah uninstall aplikasi EasyCash

Jadi tolong berhenti menghubungi saya untuk hal yang tidak penting dengan cara yang tidak sopan.

Semoga pengalaman saya ini bisa menjadi pelajaran bagi pengguna yang lain, yang sempat install aplikasi EasyCash tapi memutuskan tidak jadi mengajukan pinjaman di EasyCash. Agar kejadian yang saya alami tidak terulang kembali.

Untuk Media Konsumen saya ucapkan terima kasih karena sudah menayangkan keluhan saya ini. Salam.

Royke
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan EasyCash Atas Surat Bapak Royke

Dengan hormat, Terima kasih atas laporan pengaduan Konsumen yang telah disampaikan. Sehubungan dengan adanya surat pembaca yang dibuat oleh Bapak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dasar pengecut tidak beradab! Di telepon balik malah di decline. ?
    EasyCash merekrut karyawan sampah

    • @dhan,
      Setelah di decline WA saya langsung di block oleh nomer yang tadi menghubungi saya, kareba memang saya serta merta juga memaki ybs kareba ketidaksopanannya waktu si penelpon menghubungi saya malah sempat saya dikte seperti ini : Hei Kamu kalau mau konfirmasi yang sopan ya ucapkan salam "selamat pagi" dulu kemudian perkenalkan diri dari mana dan dengan siapa lalu baru utarakan maksud anda menghubungi saya jangan merepet saja bicara tak tentu arah, kamu menghubungi saya mau konfirmasi kan mengapa saya belum menggunakan limit yang tersedia mengapa bahasanya berkesan kamu sedang menagih hutang kepada debitur yang nunggak...!!! Demikian yang saya sampaikan kepada ybs sehingga keluarlah kata makian dari ybs (dengan Kata "Anjing kamu") seraya langsung seketika menutup telepon. Makanya saya langsung coba hubungi lagi karena saya tidak terima diperlakukan kasar seperti itu sayangnya telepon saya di decline.

  • semua pinjol klo udah telpon emang udah ga ada otak,jangan di angkat tlpon nya,yang tlpon juga dari pihak ke 3,

    • @Mohamad,

      Awalnya ybs kirim WA terlebih dahulu yg isinya konfirmasi mengapa saya belum menggunakan limit yg tersedia, saya langsung membalas WAnya dengan alasan yang sudah saya utarakan di surat pembaca ini selang beberapa saat ybs langsung menghubungi saya via WA voice call nah terjadilah cacimakian yang tidak beradap itu. Demikian kronologisnya

  • Terror telpon padahal belum jadi nasabah y.. Ngeri.. Lama-lama republik ini dimiliki pinjol2 semua dihutangi dg bunga gede dan diteror..

    • @Heru - @Ujang - @Alfi - @Rulli

      Belum jadi debitur saja sudah sedemikian sadis maki'an nya ya, tak terbayang bagaimana rasanya kalau benar benar jadi debitur nunggak bisa dipastikan akan jauh lebih sadis perkataannya ya... pasti sudah jauh dari kata adat kesopanan sama sekali.. Logo OJK hanya hiasan semata agar terlihat sebagai lembaga resmi yang berizin namun perlakuannya tak berbeda dengan Pinjol Liar yang benar benar tidak berizin.

      Semoga pengalaman saya ini dapat menjadi pertimbangan dan pelajaran untuk tidak sama sekali mencoba berurusan dengan EasyCash ya Guy's

  • Ini dampak dari fintech pinjol, ini semua tanggung jawab para pembuat kebijakan soal adanya pinjol, konsekuensi nya selamat datang di pengadilan akhirat kelak Allah SWT hakim tunggal akan mengadili kalian

  • Rata rata fintech kalo buat kerja sebagai DC itu mayoritas bukan karyawan resmi. Tapi preman kampung yang dipekerjakan. Makanya ga ada training buat para mereka.

    • Betul tidak seperti bank dan lain nya yang profesional , bingung ojk gmn aturan nya untuk pinjol2 seperti ini apa tidak ada pengawasan

      • @Rulli, Saya sendiri tidak faham bagaimana aturan dan kebijakan regulator Pinjaman Online untuk menertibkan perilaku yang bar bar seperti ini, mungkin peraturannya sudah jelas tertulis hanya pelaksanaan nya yang disalahgunakan oleh Pinjol yang sudah berizin tersebut.

    • @Alfi, yang saya heran seharusnya untuk kasus saya ini belum masuk ke ranah debt collector kan karena saya belum resmi menjadi debitur apalagi menunggak pembayaran sudah dipastikan tidak, wong minjem aja belum bagaimana bisa digolongkan debitur menunggak tapi perlakuan yg saya alami tak ubahnya seperti debitur nunggak.

      Padahal saya yakin yg kemarin menghubungi saya tersebut adalah staff CS bukan team Debt Collector karena keperluannya hanya sekedar konfirmasi mengapa saya belum memanfaatkan limit pinjaman yang sudah tersedia atau sudah disetujui, tetapi entah mengapa tata cara mereka bertelpon dan berbicara sama persis atau tak ubahnya seperti Debt Collector.

  • Logo nya sih ojk yah , tapi ko kaya pinjol ilegal cara nya , apa pindahan tuh dc nya parah dahhh ga ada profesional nya

  • udah tidak usah diambil hati,pikirkan masalah lain yang lebih penting,kalau tidak jadi pinjam ya tinggal blokir aja,buang buang energi.dan jangan berurusan ama hal spt itu.pusing

  • Klo d ajak ketemu jg pasti gak akan mau. Banci smua itu DC. Injek leher na, patahin kepala na. Bakar!! Pengecut Tai kucing DC.

  • Lapor ojk juga percuma, karena petinggi ojk klau gak salah ada juga petinggi pinjol , jadi lapor polisi sangat cocok, udah jelas pemerintah yg salah telah membiarkan banyak pinjol beredar, mereka yg telah mengijinkan riba ntar meninggal dosa nya akn terus jalan, selagi ada yg hutang di pinjol tersebut, mereka kira gampang tapi efek nya sangat lah besar dan luas, smoga pemimpin kedepan menghapus pinjol

    • @Omen, saya masih menunggu tanggapan dari EasyCash setelah keluhan saya ini tayang di Media Konsumen, jika memang dipelukan tindakan lebih lanjut saya akan lakukan. Terima kasih atas masukannya Pak