Surat Pembaca

Permohonan Relaksasi Cicilan Home Credit Berlarut-larut

Dear Media Konsumen,

Saya ingin mempertanyakan status dari pengajuan relaksasi cicilan saya terhadap Home Credit. Saya mempunyai 3 kontrak yang sedang berjalan di aplikasi Home Credit dan saya belum pernah menunggak sekali pun. Sampai akhirnya bulan ini saya agak kewalahan untuk membayarnya, dikarenakan omset penjualan menurun pada bulan ini. Dari ketiga kontrak tersebut, ada 2 kontrak yang hampir lunas dan 1 lagi sudah berjalan pertengahan pembayaran dan pokok pinjamannya juga sudah hampir kembali.

Saya mengajukan Relaksasi Cicilan, dikarenakan saya masih ada niat membayar dan meminta keringanan untuk pembayarannya. Namun awal ketika saya mempertanyakan perihal tersebut setelah mengirimkan data-data via email (screenshot terlampir), dijawab bahwa saya tidak bisa mendapatkan program tersebut, dikarenakan saya tidak masuk ke dalam kriteria penerima program tersebut. Padahal ketika saya kroscek perihal kriteria penerima relaksasi cicilan, saya merasa semua kriteria tersebut ada pada saya.

Setelah saya membalas bahwa semua kriteria tersebut ada pada saya, saya membalas dengan mencantumkan semua kriterianya dan meminta mereka untuk kroscek lebih lagi. Jika saya tidak mendapat jawaban yang pasti, saya akan coba bertanya ke Media Konsumen untuk mendapat masukan dan saran bagaimana tentang permasalahan saya.

  • Kontrak pertama saya: Total pinjaman yang saya terima Rp9.000.000, Cicilan Rp667.100/bulan, dibayar 30x dan sudah berjalan 13x, sisa 17x bayar lagi (sudah hampir balik total pinjaman yang Rp9 juta)
  • Kontak kedua saya: Total Pinjaman Rp3.240.700, Cicilan Rp383.250/bulan, dibayar 12x dan sudah berjalan 8x, sisa 4x bayar lagi (sudah hampir balik total pinjaman Rp3,2 juta)
  • Kontrak ketiga saya: Total Pinjaman Rp4.087.000, Cicilan Rp479.050/bulan, Dibayar 12x dan sudah berjalan 10x bayar, sisa 2x bayar lagi (sudah balik total pinjaman).

Yang saya ingin tanyakan, apakah saya bisa mendapat keringanan untuk cicilan tersebut? Saya ingin berusaha melunasi semuanya dan menutup akun Home Credit saya. Saya merasa hanya mampu membayar hanya sampai pokok pinjaman saya saja. Saya harap, pihak Home Credit dapat membantu saya. Apakah ada yang pernah punya permasalahan seperti saya? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

Siti Maryam
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Siti Maryam

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Siti di MediaKonsumen.com pada 2 Desember 2022 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Gini ajah, jadikan ini pelajaran, kalau anda memang yakin seumur hidup ga bakalan mau pinjam bank lagi,
    Maka ga usah dibayar, karena pinjaman ini kan memang tanpa agunan, jadi mereka juga sudah ada asuransi dsb untuk coverage yang gagal bayar.
    Tinggal anda aja selanjutnya kuat ga ga bakalan pinjam ke bank lagi?
    Kuat ga di kontak dan di gangguan debt collector?

    Lain kali kalau mau pinjam, sebaiknya dihitung dulu, apakah bunganya berat kaya gini atau tidaknya, kan banyak tuh sistem gadai, atau KUR, atau KTA yang bunganya ga kaya gini 200% dua tahun, ampun dah.

  • Banyak yg komen gila pinjam berapa angsur berapa, makanya jadi konsumen cerdas berhitung sebelum menyicil jangan terhasut isu2 relaksasi karena itu kejadian 2019 saat pinjem jaman covid kan sudah tau resikonya usaha naik turun kenapa masih berani pinjam