Surat Pembaca

Kekecewaan Pelanggan Atas Pembelian Aqua 19L yang Berlumut

Pada tanggal 08 Desember 2022, pukul  13 : 29 WIB saya sebagai pelanggan AQUA telah membeli produk tersebut di sebuah minimarket (Alfamart) terdekat. Namun setelah barang tersebut dibawa ke rumah, ternyata AQUA 19L dengan Seri 290524SBME8 (20 : 20) tersebut terdapat lumut yang begitu keruh dan tidak layak untuk diminum.

Aqua yang berlumut
Kode : 290524SBME8 ( 20 : 20 )

Dikarenakan rasa kecewanya saya sebagai pelanggan Aqua tersebut, maka saya menelepon ke AQUA MENYAPA di nomor 08001588888 untuk pengaduan atas pembelian Aqua tersebut.

Beberapa hari kemudian, datang dari pihak Aqua untuk pengambilan Aqua tersebut. Namun saya merasa keberatan atas pengambilan Aqua tersebut, karena hanya diganti  dengan 1 Aqua 19 L saja. Saya berpikir 1 Aqua tidak akan cukup untuk bisa mengobati atas terjadinya masalah kesehatan pada keluarga saya.

Air minum yang sudah mendunia, kok berlumut?

Ikmal Maulana
Sukabumi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Tirta Investama atas Surat Pembaca Bapak Ikmal Maulana

Dengan hormat, Menanggapi adanya surat pembaca dari konsumen kami atas nama Bapak Ikmal Maulana yang dimuat pada hari Sabtu, 24...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Belum diminum, sudah diganti baru. Alasan kesehatan minta ganti lebih, yang kurang jelas minta apa. Kalaupun minta ganti air galon lagi ya cuma 17.500 kalau disini, yang mahal galonnya doang. Ke pengadilan pun ya kalah pak, tau lagi kalau udah diminum trus timbul penyakit. Lagi musim Karen emang.

    • Sebegitu menderitakah hidup anda sampai menghalalkan segala cara demi mendapatkan keuntungan??? Ingat akan selalu ada pertanggungjawaban setiap apa yang anda perbuat di dunia ini.
      Kalau mau komplain, komplainlah ke alfamart tempat anda beli produknya. Namanya air kalau kena matahari ya kemungkinan besar pasti berlumut.

  • Ente kadang-kadang ente.
    Posisi galon masih disegel, belum diminum.
    Udah hiperbola pake bilang mengancam kesehatan segala.
    Bukan kesehatan fisik yang Anda derita, tapi kesehatan mental.
    Kalau anda jadi pejabat, pasti ujungnya jadi koruptor.
    Butuh 1, mintanya bisa 10.
    Semoga Aqua tuntut balik konsumen macam gini dengan pencemaran nama baik.

  • Buat yg ngebully TS, coba googling berita pemalsuan Aqua galon. Tutup galonnya asli, tapi isinya entah air dari mana.

    Harusnya ini jadi concern juga dari pihak Aqua. Kalo sampai berlumut begitu, apakah produknya dijamin asli atau jangan2 ada indikasi pemalsuan? Ini masalahnya adalah produk yang dikonsumsi, harus ada jaminan terkait keamanannya.

    • saya rasa perusahaaan sebesar Aqua pasti ada investigasi tentang kasus ini. jika dibilang air palsu saya rasa kecil kemungkinannya karena belinya di Alfamart bukan warung sembarangan tepi jalan. kemungkinan besar memang masalah ada di cara penyimpanan Alfamart. Aqua harus menegur alfamart tentang SOP penyimpanan air galon secara benar.

      dan 1 hal lagi yg dibully adalah "ingin ganti rugi yang ....."

    • Kalau mau jadi white knight juga kudu masuk akal lah bro. Udah jelas-jelas ini TS nya serakah dan mau memeras.
      Bilang mempengaruhi kesehatannya, lha produknya saja belum dikonsumsi kok. Kalau nanti AQUA balik menantang pembuktian kesehatan TS lewat jalur peradilan, apa tidak kena pidana ntar?

      Ente bukan lagi jadi white knight, malah jadi antagonis yg bantuin 'Karen'.

    • Klo misalnya yg dibeli oleh penulis bukanlah Aqua asli saya kira tidak perlulah Aqua mengganti kerugian dari penulis, hrsnya penulis langsung adukan ke pihak berwajib dimana dia membeli Aqua palsu tersebut. emang klo anda mendapatkan uang palsu sebagai kembalian di warung maka negara harus mengganti uang palsu yg anda terima?

    • menurut saya ini udah termasuk gerak cepat,langsung di jemput dan di tukar yang baru.
      padahal bisa aja dilempar ke minimarket nya, entah cr penyimpanan/perawatan galon.
      dan bahkan si penulis membeli nya langsung,lihat dan pilih sendiri diantara segitu banyak galon yg dijual.
      jd yang membuat penulis dibully, bukanlah komplain nya, tapi kata kata halus minta "kompensasi" nya itu.
      bahkan di tambah sedikit bumbu drama tentang "kesehatan terancam" pdahal produk belum diminum.

  • Aduh, Pak Penulis, produknya kan tidak diminum, jadi apa yang mengancam?

    Terus yang bermasalah 1 galon, dan diganti 1 galon. Tapi Lo malah minta kompensasi lebih?
    Minta berapa 1 Miliar? Biar cepet kaya gitu dengan uang instant nih ceritanya?

    Lain kali pintar dikit yah Pak.

  • Dari tulisan anda malah menunjukkan kelainan dan keserakahan anda sendiri. Kalau saya jadi anda, malu tau bikin artikel gini di Media Konsumen. Pertama, kalau memang pihak aqua sampai mau menukar dan datang ke tempat anda Kenapa keluhannya ga disampaikan saat serah terima. Contoh: "ih kok cuma dikasih 1 galon? Ga ada amplop isi uang gitu?". Kenapa musti lewat Media Konsumen?. Kedua: Kalau melalui nomor layanan Konsumen pihak Aqua aja membalas, komplain lagi aja ke nomor layanan itu. Tanyakan apa memang SOP mereka cuma dapat 1 galon aja.
    Saat melapor ke ko tak layanan, mostly akan ditanya "sudah sempat terminum atau tidak? Kalau sudah, ada reaksi ditubuh tidak? Kalau sudah sempat terminal, utamakan ke mereka. Kalau terminum aja belum, udah bingung tentang kesehatan"
    Pusing deh, pingin bgt dpt kompensasi

    • Ts banyakan baca2 media konsumen liat yang komplen di sini dapat kompensasi, masalah udah selesai di buat panjang wkwkwk

      Keliatan banget cari kesempatan ..
      Wkwk bahaya ni orang

    • Aqua itu milik perusahaan asing dr Perancis hrsnya perusahaan itu LEBIH MENJAGA KUALITAS Krn Aqua adlh produk yg sudah internasional ato go publik sdg konsumen khususnya di Indonesia itu di lindungi HAK2nya ( dlm hal ini KUALITAS PRODUK ) oleh LEMBAGA LPSK shg HAK KONSUMEN jg mau di publik ke media manapun atas keluhannya Krn itu HAK KONSUMEN...sdg Aqua sdri stlh kejadian ini hrsnya mengirim surat balasan permintaan maaf thd konsumen yg bersangkutan yg tlh di rugikan dan menegur pihak retail yg TDK mengontrol kualitas produk yg di stok di retailnya shg terjadi kelalaian dlm pelayanan produk Aqua yg di jual nya...itu HAK KONSUMEN nggk bisa di kebiri dg dalih ...mau nuntut apa lg mau minta ganti rugi brp ...Aqua pun hrsnya PROFESIONAL dan bukan setengah2 dg cuma ganti galon Aqua beserta isinya aza tp jg HARUS MEMINTA MAAF atas KELALAIAN nya itu

        • ??????....NGGK NYAMBUNG alias ERROR ...keluar dr TOPIK ....OJK nggk ada kaitannya dg LPSK....ntar klo loe KORUPSI dg TRANSAKSI REKENING yg MENCURIGAkan baru gua bawain tuh KETUA OJK nya sekalian..?????????

          • Nyambung lagi...Khan korban kelalaian dr retail klo dan itu lembaganya sdg utk Perlindungan thd konsumen ada jg YLKI ....yg tugasnya melindungi HAK2 KONSUMEN seluruh indonesia

          • Dia sengaja bilang ojk buat nyindir lu pak. Soalnya kalimat anda lebay sama kaya ts yg serakah, diganti 19L maunya diganti air setoron apa gimana...wkwkwk..

      • LPSK itu Lembaga Perlindungan Saksi Dan Korban. Mungkin yang dimaksud BKPN, Badan Perlindungan Konsumen Nasional. Aqua sudah datang ke rumah korban ,sudah diganti. Sudah pasti minta maaf, apa mungkin diganti pas penulis lagi tidur ?Ujug² masuk rumah trus ditukar Aqua baru.
        Penulis aja gragas, tapi kurang pintar. Coba itu dibuka dulu trus air lumutan diminum. Atau kalau perlu air comberan diminum, nunggu sakit. Baru bikin video biar viral trus dapat kompensasi lebih. Jadi Karen pintar dikit napa.

  • saya dulu juga pernah alami juga terus sekarang ganti air minum CLEO lebih praktis galon nya

  • mau minta kompensasi duit gitu maksudnya? saran gw coba periksa ke RS dulu, kalau ada efek kesehatan bisa gede dapetnya.
    kalau belum keminum coba cek diri anda ke RS jiwa, kayaknya koslet dikit deh.