Surat Pembaca

Apakah Ada Solusi untuk Telat Bayar Shopee Pinjam?

Selamat siang,

Saya hanya ingin meminta pendapat atau saran dari rekan-rekan semua. Lokasi saya di Kota Semarang Jawa Tengah.

Saya ada pinjaman di Shopee pinjam sebesar 9 juta sudah terlambat bayar cukup jauh (jika tidak salah 3 bulan). Tetapi saya tetap cicil pembayaran tiap tgl 10 minimal 1 juta. Saya tetap berusaha bertanggung jawab, tetapi karena ada musibah sehingga tidak bisa langsung bayar lunas.

Setelah itu ada WA dari bagian penagihan yang memberikan info bahwa saya akan didatangi DC lapangan. Yang jadi pertanyaan apakah tetap akan didatangi DC lapangan walaupun sudah berusaha membayar dengan cara dicicil?

Saya baru kali ini ada keterlambatan, saya pernah chat CS Shopee dan bertanya apakah boleh membayar secara dicicil karna di Shopee pinjam sendiri ada menu di mana bisa melakukan pembayaran sebagian. Pihak CS memberikan informasi bahwa pembayaran sebagian/dicicil diperbolehkan. Setelah itu saya tanya apakah akan didatangi DC lapangan pihak CS bilang tidak akan didatangi DC lapangan.

Namun suatu hari ada DC yang wa dan ngotot meminta saya melakukan pembayaran pada saat itu juga, atau nanti akan ada DC yang datang ke rumah. Ketika saya kirim screenshot dari CS, DC tersebut bilang kalau itu informasi salah.

Jujur saya tidak masalah dengan denda yang ada, saya juga tidak meminta untuk diberi keringanan denda. saya hanya meminta untuk pembayaran bisa dicicil dan tidak ada DC lapangan ke rumah karna saya tidak mau jadi beban pikiran keluarga (ortu)

Apakah ada solusi?

M. Masyghul Farich
Semarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ngutang , telat bayar, ditagih debt collector, kok ngadunya ke media konsumen?
    Dari bahasa DC juga ga ada yang kasar atau pun menghina, masih sesuai SOP.
    Terus maunya gak kena denda? Ga ada DC ke rumah? Takut jadi beban orangtua?
    Ya mending ngutangnya jangan ke pinjol, tapi ke mbahmu.
    Buat yang pro penulis ini, semoga bisa bantu dia bayarin hutangnya. Daripada ngambil KUR ya kan. Nanti nunggak, asetnya kena sita bank, ngadu lagi ke media konsumen. Mending dibayarin sama netizen media konsumen. Atau minimal dipinjemin utangan lah.

  • Bagaimanapun komentar NETIZEN, itu sudah resiko anda berkeluh kesah di Media Konsumen (MK). Ambillah saran dari beberapa komentator yg telah memberi saran yg baik. Untuk komentator yg hanya bisa menJUDGE, Do'akan saja agar mereka tidak pernah mengalami HAL yg sama seperti yg anda alami. Jika berniat ambil KUR, cukup ambil pinjaman sesuai jumlah hutang anda, jangan berlebihan. Ambil tempo 3th, untuk antisipasi jika anda masih dalam masa kesusahan, karena KUR bunganya sangatlah ringan. Jika dalam perjalanan kedepannya anda punya uang lebih, segera lunasi hutang anda, jangan tunggu nanti-nanti kalau udah ada Dana untuk Pelunasan!. Ingat! Jangan sekali kali anda berurusan dengan PINJOL lagi. Bunga dan Dendanya sangatlah MENCEKIK! Jika sudah ada Dana untuk melunasi SPINJAM, minta keringanan denda, pasti dikabulkan! Semoga masalah anda cepat selesai.
    NB: Untuk komentator yg kurang baik, jangan terlalu dipikirkan, Acuhkan saja, daripada Down! Dan ambillah HIKMAH dari PELAJARAN ini.

    • makasih pak untuk sarannya,
      ini juga kesalahan saya pribadi karna tidak menceritakan kejadian secara lengkap kenapa bisa sampai gagal bayar.
      saya bersyukur setelah bercerita di MK pihak shopee menghubungi saya dan akan membantu masalah ini.

      untuk KUR sendiri sudah saya rencanakan secara matang agar bisa saya bayar tiap bulan.
      sekali lagi terimakasih untuk sarannya pak.

      • Saya mau bertanya kpd si penulis, apakah sampai saat ini ada dc spinjam yg datang kerumah anda ?

  • Ada cara bang . Pinjam pinjol ilegal yang jelas 2 dan kamu pastikan tidak terdaftar di ojk. Buat nutup utang itu . Trus ga usah lo bayar. Aman kan kena slik ojk. Kan mereka pinjol udah ilegal dr awal nya

  • Saran saya klo bener2 belum ada uang jangan dibayar dulu, klo ada minta ubah skema cicilan yg lbh ringan, klo tidak bisa diubah menjadi cicilan yg lbh ringan dan denda tetap jalan jangan bayar dulu.. Kumpulin sampek minimal ada dana buat bayar pokok pinjaman, nanti minta nego bayar bayar pokoknya saja... Percuma nyicil 1 juta klo denda nya tetap jalan, nanti g' ada habisnya soalnya dendanya besar.. Mending disimpan dulu nanti baru nego, sudah dicoba temenku, dan dia bisa lunas bayar sesuai yg diterima dia...

    • Ini gimana caranya kak nego buat minta diubah pembayaran jadi sesuai yg kita pinjam?

    • yakin bang? ada tealt bayar dispinjam atau gimana?a aku telat dari sptember nih. tiap hari dihubungi beda-beda nomor

      • en, di shopee gak ada dc lapangan, percaya sama gw. di shopee itu adanya dc telepon, dc sms, dc wa.

        • tapi katanya yg ada dc itu yg galbay ratusan jt sperti akun seller gitu bang.
          aku was was aja cz galbay dispinjam bnyak dari september hehee

      • Mb enwati : trs sampe skrng udh lunas blm mb ? Spinjam nya, apakah pas telat bayar beberapa bulan ada dc yg datang kerumah ?

  • Penulis menurut saya masih mending ya.. bukan tipe yang "Gue Galbay GPP, klo ada DC dateng gw panggil sekampung" ini tipe debitur ampas.. klo penulis menurut ane punya rasa tanggung jawab dan sadar dengan sepenuhnya bahwa dia salah dan juga tidak mint keringanan denda sama sekali.. hanya waktu cicilan diperpanjang.. cobe berkirim surat ke bank indonesia tim mediasi kredit macet, nanti bs dibantu untuk di restrukturisasi misalkan sisanya dicicil sampai 60bln dll.. tapi... Bkn tanpa resiko ya? Resikonya msk daftar blacklist lalu ke depannya agan sulit minjem dimana mana.. karena terbukti pernah macet sampai harus derestrukturisasi.. setidaknya klo dikabulkan BI agan ga akan didatangi DC dan membuat khawatir ortu. Mgkn bs membantu

  • cerita lah ke keluarga tentang permasalahan hutang mas, kalau memang sudah ada solusinya beritahu juga ke keluarga, siapa tau ortu bisa bantu sedikit2 dan mungkin punya solusi lebih baik, jangan tergesa2 pinjam lagi apalagi atas nama orang lain takutnya menyusahkan mereka meski saudara, jual aset yg bisa dijual semoga di lancarkan rizkinya, karena kita tidak tau umur sendiri sampai kapan meski sudah direncanakan dengan baik kalau Tuhan berkehendak lain kita gak bisa apa2

  • Selama telat 90 hari ini gimana tuh ka d teror terus via wa ya? Ada neror ke kerabat atau keluarga juga kah ka??

  • Saya mau bertanya kpd si Penulis :
    Apakah sampai saat ini ada dc spinjam datang kerumah ??

  • Saya jg galbay, tpbukan di sengaja. Karena saya kena PHK. Saran saya sih, tanggapin saja wa tagihan yg masuk. Jelaskan keadaannya. Krn kalau tdk merespon, kemungkinanbesar akan di datangin DC lapangan.

    • DC ga bakal mau dengar apapun alasannya mbak. Kalo ga ada dana jgn pernah merespon. Respon ketika udah ada dana. Kuatkan kuping ma hati.