Apakah Ada Solusi untuk Telat Bayar Shopee Pinjam?

Selamat siang,

Saya hanya ingin meminta pendapat atau saran dari rekan-rekan semua. Lokasi saya di Kota Semarang Jawa Tengah.

Saya ada pinjaman di Shopee pinjam sebesar 9 juta sudah terlambat bayar cukup jauh (jika tidak salah 3 bulan). Tetapi saya tetap cicil pembayaran tiap tgl 10 minimal 1 juta. Saya tetap berusaha bertanggung jawab, tetapi karena ada musibah sehingga tidak bisa langsung bayar lunas.

Setelah itu ada WA dari bagian penagihan yang memberikan info bahwa saya akan didatangi DC lapangan. Yang jadi pertanyaan apakah tetap akan didatangi DC lapangan walaupun sudah berusaha membayar dengan cara dicicil?

Saya baru kali ini ada keterlambatan, saya pernah chat CS Shopee dan bertanya apakah boleh membayar secara dicicil karna di Shopee pinjam sendiri ada menu di mana bisa melakukan pembayaran sebagian. Pihak CS memberikan informasi bahwa pembayaran sebagian/dicicil diperbolehkan. Setelah itu saya tanya apakah akan didatangi DC lapangan pihak CS bilang tidak akan didatangi DC lapangan.

Namun suatu hari ada DC yang wa dan ngotot meminta saya melakukan pembayaran pada saat itu juga, atau nanti akan ada DC yang datang ke rumah. Ketika saya kirim screenshot dari CS, DC tersebut bilang kalau itu informasi salah.

Jujur saya tidak masalah dengan denda yang ada, saya juga tidak meminta untuk diberi keringanan denda. saya hanya meminta untuk pembayaran bisa dicicil dan tidak ada DC lapangan ke rumah karna saya tidak mau jadi beban pikiran keluarga (ortu)

Apakah ada solusi?

M. Masyghul Farich
Semarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:19    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

47 komentar untuk “Apakah Ada Solusi untuk Telat Bayar Shopee Pinjam?

  • 24 Januari 2023 - (20:24 WIB)
    Permalink

    Pengajuan KUR masih bisa ya? Kan kelihatan di slik nya bahwa kita ada tunggakan kredit

    • 24 Januari 2023 - (20:42 WIB)
      Permalink

      pengajuan pakek nama saudara cuman barang yg jadi jaminan barang saya pribadi

      • 26 Januari 2023 - (02:29 WIB)
        Permalink

        Seharusnya abang harus jujur dgn keluarga bahwa ada hutang yg harus dibayar, masalahnya apa, kenapa, dan bagaimana….
        Banyak pemikiran lebih baik, dari pada cabangnya mendam masalah sendiri…
        Jujur memang berat, bisa jadi hasilnya malah jadi ringan….
        #pengalaman_Pribadi

  • 24 Januari 2023 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Kamu tanya solusi? Jual barang yang ada selagi bisa itu dijual.
    Jangan gali lobang, tutup lobang.
    Udah nunggak SPinjam, ditambah mau pengajuan KUR.
    Nanti usahanya mandek, hutang macet, aset mau disita bank, posting lagi disini minta solusi.
    Waktu pencairan kamu nikmatin duitnya sendiri, giliran nunggak minta solusi ke netizen. Enak bener jadi orang.
    Kecuali waktu pencairan duitnya kamu juga posting disini “mau bagi giveaway ke netizen media konsumen karena pinjaman saya cair” baru deh dipikirin bareng-bareng.

    16
    29
      • 24 Januari 2023 - (21:10 WIB)
        Permalink

        Sabar bos, jgn marah2. Penulis sudah beritikad baik, malah masi mencicil tiap bulan. Penulis lg kena masalah sehingga tdk mampu byr lunas sekaligus. Marilah kita beri semangat agar beliau dpt keluar dari mslh ini dgn baik. Kalau tdk bisa membantu org setidaknya jgn menambah beban kepada org. Apakah bos hidup nya uda sangat sempurna dan selamanya tdk memiliki hutang. Bahkan org yg sangat sempurna pun blm bole menghakimi org lain krn memang sejatinya tdk ada manusia yg sempurna.

        51
        2
        • 24 Januari 2023 - (22:16 WIB)
          Permalink

          Udah saya kasih saran. Jual barang yang dia punya, buat lunasin hutang.
          Dia malah bales komentar diatas mau ngajuin KUR pake nama saudara.
          Apa itu namanya bukan gali lobang tutup lobang?
          Udah tau terjerat utang, malah mau pinjam utang lagi, atas nama orang lain pula.
          Sekarang saya tanya sama ente, kalau ada nih orang lain sebut aja saudara lah, dia terjerat utang, bingung buat bayar, lalu dia mau ngutang lagi pake nama ente.
          Ente sebagai saudaranya mau kasih ga? Dengan resiko nama ente yang bakal jelek di BI Checking dan ente yang bakal dikejar-kejar DC kalau saudara ente telat bayar. Kalau ente bersedia, paling cuma sekedar komentar di media konsumen doang.

          14
          20
    • 25 Januari 2023 - (09:14 WIB)
      Permalink

      Fungsi MediaKonsumen ya seperti, suka atau tidak suka dengan surat pembaca yang diposting bukan hak anda untuk melakukan judgement…. Makin lama makin banyak juga user sampah di MK yang suka asbun sok paling melek informasi

      5
      3
      • 25 Januari 2023 - (12:16 WIB)
        Permalink

        Iya seperti anda juga, salah satu user sampah yang sok membela penghutang. Mungkin satu tipe, jadi wajar saling bela. HAHAHAHA

        2
        9
        • 25 Januari 2023 - (12:42 WIB)
          Permalink

          Jawaban asbun anda menunjukkan kualitas anda sebagai user MK mas

          3
          1
          • 25 Januari 2023 - (12:43 WIB)
            Permalink

            Siap, si pembela penghutang dan si paling smart. 👍

            1
            7
        • 25 Januari 2023 - (12:55 WIB)
          Permalink

          Kasihannn kamu mas, yang ngutang siapa tapi yang heboh malah situ, dapet apa mas dari hebohnya? Cuma rasa kesel doang kan ya? Hidup mu mas sedihnya

          5
          1
          • 25 Januari 2023 - (13:16 WIB)
            Permalink

            Terus, anda dapet apa mbak segitu ngototnya bela penulis? Dapet kecipratan hutang? Atau dijadikan istri? Cieee selamat ya. 🤔

    • 25 Januari 2023 - (12:36 WIB)
      Permalink

      Sabar bang. Yang bela penulis paling manusia 1 tipe, tukang ngutang tapi ga bisa bayar. Liat aja komentarnya dibawah, banyak penghutang dengan bangga pamer ga bisa bayar. Kalau ada yang kontra, dibilang DC. udah biasa ada di lingkaran manusia begini. Tipe muka tebal, gak punya malu, muka tembok.

      3
      3
    • 26 Januari 2023 - (09:26 WIB)
      Permalink

      Bahasanya serem banget kayak kolektor aja. Wkwkwk. Udh bener si ni penulis dia bikin tulisan scra tenang tanpa ada merasa benar sendiri.. Kalo dia minta solusi disini mungkin karena kalutny&malu ke orang sekitarnya makanya nulis disini. Saran saya kepenulis jujur aja ke ortu secara pelan2. Kalopun nanti ada yg datang hadapi dengan tenang dan jelaskan apa adanya.minta tunjukan id card dan surat perintah penagihannya terlebih dahulu. Toh yg dateng juga manusia dan makan nasi. Jangan kasih uang ke dc yg datang tanpa tanda bukti sah dr Shopee apapaun ancaman dc tsb.utamakan selalu bayar via transfer jgn kasih uang ke siapapun yg datang.

  • 24 Januari 2023 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Saran dari saya. Cicil sesuai kemampuan. Bahkan kalau cicil aja masi tdk mampu, sementara stop byr. Jgn mencari hutang utk membayar hutang. Tdk perlu menjerumuskan diri anda ke dalam jurang penderitaan yg semakin dalam hanya karena dc. Kalau sudah tdk mampu, tunda pembayaran. Gunakan waktu yg ada utk bangun kembali fondasi ekonomi anda, kalau sudah mampu baru byr hutang.
    .
    Soal dece mslh gampang. Tdk perlu takut. Jgn tunjukkan anda takut pd mereka. Kalau anda terkesan takut, justru mereka semakin menindas anda. Kalau anda berani dan paham hukum, mereka pun takut pd anda. Kalau mereka sopan ya layani dgn sopan. Kalau mereka sudah melanggar hukum, anda hrs berani ambil langkah hukum utk melindungi diri anda, keluarga anda dan pekerjaan anda.

    24
    5
      • 25 Januari 2023 - (06:16 WIB)
        Permalink

        itu saya niat bantu temen yg masuk RS. tapi ada musibah yg tdk bisa saya ceritakan, sehingga galbay Spinjam

        3
        2
        • 25 Januari 2023 - (08:44 WIB)
          Permalink

          Bantu teman kok modal utangan. Amal ngga gitu juga kale, semampunya aja. Solusinya pinjem dr ortu, cuma 9jtan bukan 90jt, ada donk. Abis itu cicil sejutaan per bulan ke ortu, beres kan. Jgn malah nambah utang buat tutup utang, lingkaran setan yg ngga akan selesai.

          7
          1
          • 25 Januari 2023 - (15:15 WIB)
            Permalink

            Intinya gini, saya sudah setahun galbay 22,5jt spaylater + 20jt spinjam. Dan sampai sekarang DC gak pernah datangin, bolak-balek di teror via wa dan SMS. Tetapi tidak saya gubris.

            Awalnya tidak niat galbay, tetapi melihat perlakuan cara nagih DC yang tidak sopan dan kadang nakut-nakutin jadinya saya galbay kan saja. Wkwkwk

            Dibawah yg komen sinis pasti DC
            😛

            1
            5
      • 25 Januari 2023 - (09:39 WIB)
        Permalink

        Kalau saran saya mas coba ajukan pinjol lain untuk melunaskan tagihan spinjamnya,nah setelah itu kan mas baru bisa mencicil tagihan pinjol baru itu dengan lebih ringan cicilannya. Rasanya lebih nyaman begitu daripada harus berurusan dengan DC,lebih cepat lebih baik melunasi tagihan yg sudah lama itu.

        16
    • 25 Januari 2023 - (06:14 WIB)
      Permalink

      terimakasih untuk sarannya mas 🙏 saya tetap usahakan buat cicil. tapi kalo saya lihat jika cicil 1jt tiap bulan masih kurang karna dendanya naik terus. makanya ada niat ambil KUR supaya perbulan bisa lebih ringan cicilan nya

      • 25 Januari 2023 - (06:24 WIB)
        Permalink

        Udah jgn takut mas. DC lapangan nya enak diajak ngobrol kok. Suruh datang aja sambut DCnya. Tidak seperti yg di WA dah aslinya

      • 25 Januari 2023 - (06:28 WIB)
        Permalink

        Saran saya jangan dibayar cicil dulu, percuma cuman bayar bunga.
        Apabila kur cair, agan tunggu dihubungi dc atau langsung hubungi shopee bagian pembayaran nya.
        Langsung nego seminimal mungkin/sesuai nominal hutang.
        Apabila dikasih nominal tinggi bilang uang tidak ada/jangan dibayar.
        Pengalaman saya pinjam dana bantuan usaha dari shopee pas pandemi kemarin, 3 bulan gak saya bayar. Ujungnya saya lunasi sesuai nominal sisa hutang, dengan dihilangkan bunganya.

        3
        1
        • 25 Januari 2023 - (07:40 WIB)
          Permalink

          Intinya anda jangan takut DC mau datang kerumah atau kekantor terserah DC. Kalo datang ke rumah ga ada uang bilang aja ga ada uang, dia melakukan pengancaman, kekerasan, anda rekam. Jika sudah tindak pidana anda laporkan. Dari segi anda aebagai penghutang anda tidak bisa dipenjarakan dalam hukum perdata. Dc tidak berhak merampas barang2 anda dirumah. Ada undang2 yg menjelaskan. Dan undang2 tenaga kerja jika dc menguskik kantor anda anda tidak bisa dikeluarkan dari kantor. Ingat…. jika ada tindak pidana ketika dc menagih anda, anda rekam, anda videokan anda screenshoot sebagai bukti.

    • 25 Januari 2023 - (04:00 WIB)
      Permalink

      Salah satu solusi menurut saya sebaiknya pinjam dana ke beberapa kerabat/ teman yg mampu kemudian ajukan permohonan pelunasan dgn “Hair Cut” Ke Shopee Pinjam.
      Mengenai DC lapangan sebaiknya ditemui dan jgn menghindar. Sampaikan permasalahan anda dgn sejujurnya. Kalau anda takut anggota keluarga kepikiran janjian ketemuan dgn DCnya di warung kopi. Semoga masalah anda segera selesai.

      3
      1
    • 25 Januari 2023 - (05:01 WIB)
      Permalink

      Kata siapa SPijam tdk ada DC lapangan?

      Pinjol besar gunakan Pihak ke tiga BOS
      Rugi data pengutang dialihkan ke PT Lain diatas 90 Hari auto di lempar ke DC lapangan

      1
      2
  • 25 Januari 2023 - (06:02 WIB)
    Permalink

    Lah gw 14 jt udh setahun lebih, blum pernah dc dateng

    Kalo pun dateng, ya gimana lg, ga ada dana ny. Lagian hukum perdata, bukan pidana. Kemungkinan kecil gugat ke pengadilan 0%

    2
    9
  • 25 Januari 2023 - (08:50 WIB)
    Permalink

    Solusinya gak usah minjam kalo susah bayar. Peminjam yg baik itu, membayar tanpa di tagih……

    4
    1
  • 25 Januari 2023 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Pertama jangan berdebat dengan DC.. hubungi CS minta kepastian lagi..dimata tim penagihan karena hutang anda tidak terdarftar sebagai hutang yang diubah menjadi cicilan mau anda bayar tiap bulan sistem mereka akan melihat anda sebagai debitur yang nunggak.. hubungi CS bagaimana restrukturisasi hutang menjadi cicilan.. fokus untuk melunasi hutang anda jangan anda tarik hutang lagi sebelum itu selesai.

  • 25 Januari 2023 - (10:43 WIB)
    Permalink

    Ini mungkin dulunya pas utang pede banget, utang sekarang bayar bulan depan, tidak pakai cicilan. Tp ternyata situasinya tdk sesuai yg diharapkan, akhirnya nunggak.

    Kl saran saya segera bayar tp jangan pakai uang hasil utang di lembaga resmi, bisa pinjam saudara, teman dll. Atau jual aset kl ada.

    Jgn berlindung utang perdata bukan pidana. Ya memang benar. Atau bayar kapan2 kl ada uang, ditagih ya bilang saja belum punya uang. Padahal aset banyak, rokok masih 2 bungkus sehari. Coba utang itu sama saudara atau teman, ketika ditagih ngomong spt itu, paling besok kl utang lagi tdk bakalan diberi, malah kl perlu ditagih utangnya.

    2
    2
  • 25 Januari 2023 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Ngutang , telat bayar, ditagih debt collector, kok ngadunya ke media konsumen?
    Dari bahasa DC juga ga ada yang kasar atau pun menghina, masih sesuai SOP.
    Terus maunya gak kena denda? Ga ada DC ke rumah? Takut jadi beban orangtua?
    Ya mending ngutangnya jangan ke pinjol, tapi ke mbahmu.
    Buat yang pro penulis ini, semoga bisa bantu dia bayarin hutangnya. Daripada ngambil KUR ya kan. Nanti nunggak, asetnya kena sita bank, ngadu lagi ke media konsumen. Mending dibayarin sama netizen media konsumen. Atau minimal dipinjemin utangan lah.

    5
    3
  • 25 Januari 2023 - (14:08 WIB)
    Permalink

    Bagaimanapun komentar NETIZEN, itu sudah resiko anda berkeluh kesah di Media Konsumen (MK). Ambillah saran dari beberapa komentator yg telah memberi saran yg baik. Untuk komentator yg hanya bisa menJUDGE, Do’akan saja agar mereka tidak pernah mengalami HAL yg sama seperti yg anda alami. Jika berniat ambil KUR, cukup ambil pinjaman sesuai jumlah hutang anda, jangan berlebihan. Ambil tempo 3th, untuk antisipasi jika anda masih dalam masa kesusahan, karena KUR bunganya sangatlah ringan. Jika dalam perjalanan kedepannya anda punya uang lebih, segera lunasi hutang anda, jangan tunggu nanti-nanti kalau udah ada Dana untuk Pelunasan!. Ingat! Jangan sekali kali anda berurusan dengan PINJOL lagi. Bunga dan Dendanya sangatlah MENCEKIK! Jika sudah ada Dana untuk melunasi SPINJAM, minta keringanan denda, pasti dikabulkan! Semoga masalah anda cepat selesai.
    NB: Untuk komentator yg kurang baik, jangan terlalu dipikirkan, Acuhkan saja, daripada Down! Dan ambillah HIKMAH dari PELAJARAN ini.

    7
    1
    • 26 Januari 2023 - (10:17 WIB)
      Permalink

      makasih pak untuk sarannya,
      ini juga kesalahan saya pribadi karna tidak menceritakan kejadian secara lengkap kenapa bisa sampai gagal bayar.
      saya bersyukur setelah bercerita di MK pihak shopee menghubungi saya dan akan membantu masalah ini.

      untuk KUR sendiri sudah saya rencanakan secara matang agar bisa saya bayar tiap bulan.
      sekali lagi terimakasih untuk sarannya pak.

  • 25 Januari 2023 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Ada cara bang . Pinjam pinjol ilegal yang jelas 2 dan kamu pastikan tidak terdaftar di ojk. Buat nutup utang itu . Trus ga usah lo bayar. Aman kan kena slik ojk. Kan mereka pinjol udah ilegal dr awal nya

  • 26 Januari 2023 - (01:12 WIB)
    Permalink

    Saran saya klo bener2 belum ada uang jangan dibayar dulu, klo ada minta ubah skema cicilan yg lbh ringan, klo tidak bisa diubah menjadi cicilan yg lbh ringan dan denda tetap jalan jangan bayar dulu.. Kumpulin sampek minimal ada dana buat bayar pokok pinjaman, nanti minta nego bayar bayar pokoknya saja… Percuma nyicil 1 juta klo denda nya tetap jalan, nanti g’ ada habisnya soalnya dendanya besar.. Mending disimpan dulu nanti baru nego, sudah dicoba temenku, dan dia bisa lunas bayar sesuai yg diterima dia…

  • 26 Januari 2023 - (07:55 WIB)
    Permalink

    Penulis menurut saya masih mending ya.. bukan tipe yang “Gue Galbay GPP, klo ada DC dateng gw panggil sekampung” ini tipe debitur ampas.. klo penulis menurut ane punya rasa tanggung jawab dan sadar dengan sepenuhnya bahwa dia salah dan juga tidak mint keringanan denda sama sekali.. hanya waktu cicilan diperpanjang.. cobe berkirim surat ke bank indonesia tim mediasi kredit macet, nanti bs dibantu untuk di restrukturisasi misalkan sisanya dicicil sampai 60bln dll.. tapi… Bkn tanpa resiko ya? Resikonya msk daftar blacklist lalu ke depannya agan sulit minjem dimana mana.. karena terbukti pernah macet sampai harus derestrukturisasi.. setidaknya klo dikabulkan BI agan ga akan didatangi DC dan membuat khawatir ortu. Mgkn bs membantu

 Apa Komentar Anda?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Apakah Ada Solusi untuk Telat Bayar Shopee Pinjam?

oleh M dibaca dalam: 1 menit
47