Surat Pembaca

DC Atome (Lazada PayLater) Mengganggu, Menagih Hutang Orang yang Tidak Saya Kenal

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat saya ini. Saya bukan seorang penulis, jadi mohon dimaklumi bila tulisan saya ini berantakan.

Bermula pada tanggal 5 Januari 2023, ada orang yang chat ke WA saya mengatasnamakan dari Atome (Lazada PayLater), mencari seseorang yang bernama Aisyah. Yang mana saya tidak kenal dengan orang yang namanya Aisyah. Dikarenakan nomor hp saya ini digunakan sebagai kontak darurat, jadi saya menerima SPAM chat dari Atome (Lazada PayLater), karena orang yang namanya Aisyah ini menunggak pembayaran.

SPAM chat terus berlanju,t sampai saya dikirimi nomor WA yang namanya Aisyah ini, tapi setelah saya coba simpan dan saya lihat foto profil di WA-nya saya tidak kenal. Saya cek nomornya di aplikasi Get Contact, tertera nama Datuk (screenshot terlampir), saya tidak kenal.

Sampai puncaknya hari ini, tanggal 30 Januari 2023, ada satu SPAM chat lagi yang menurut saya sudah sangat mengganggu.

Sekelas Lazada menagih utang ke orangnya langsung tidak mampu? Apa susahnya kirim DC lapangan ke alamat orang yang namanya Aisyah ini? Saya yakin sebelum Aisyah mengajukan pinjaman pasti mengisi data diri atau mungkin selfie memegang KTP.

Saya mohon kepada Lazada agar berhenti SPAM chat WA ke saya, karena sangat mengganggu dan tidak punya etika. DC kalian itu perlu dibina, sudah dibilang tidak kenal masih saja spam WA. Ya kalau tugas kalian SPAM WA dan saya tidak balas pakai cara lain dong, gak mampu ya kirim DC lapangan tagih ke alamat orang yang namanya Aisyah itu? Atau kalian gak mampu bayar DC lapangan karena uangnya habis gak dikembaliin seperti kasusnya Aisyah ini?

Saya tidak bisa screenshot semua chat yang SPAM ke saya karena banyak sekali. Kalau Lazada mau sowan ke saya, saya kasih alamat lengkap. Saya domisili Salatiga, Jawa Tengah. Kalau dalam waktu 3×24 jam, Lazada tidak merespons, saya akan kirim laporan ke OJK. Entah ditanggapi atau tidak oleh OJK, yang jelas jika DC berani mengganggu keluarga saya, melakukan SPAM ataupun penyebaran data pribadi (jika mereka punya) saya tidak segan membawa kasus ini ke pihak yang berwajib.

Syahrul Iman Prasetyo
Kota Salatiga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Atome Paylater Indonesia atas Surat Syahrul Iman Prasetyo

Kepada Bapak Syahrul Iman Prasetyo, Menanggapi keluhan Bapak Syahrul di www.mediakonsumen.com pada tanggal 01 Februari 2023 berjudul “DC Atome (Lazada...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Seharusnya aturan kepemilikan nomer telpon lebih diperketat lagi. E-SIM sepertinya bisa jadi solusi, agar orang tidak bisa begitu mudahnya dapat/beli nomor hp baru. Kebanyakan MALING2 punya ratusan nomer.

  • Depcolector sekarang udah sangat berani melakukan tindakan pidana! karena apa? Karena ojk dan pemerintah tidak tegas, kalau tegas yg melanggar aturan dan tindak pidana, maka perusahaan nya harus ditutup, hanya di negara Indonesia perusahan melakukan tindakan pidana tidak dikenakan sanksi ataupun hukuman penjara, sangat luar biasa

  • Saya pernah juga di ancam2 oleh DC karena ada salah satu orang mantan rekan kerja tapi tidak kenal dekat.
    Tapi ya malas aja urusan begituan.
    Aku bilang gak kenal, malah ngancam mau nyebar data pribadi dan foto2 atau video vulgar.
    Lalu aku jawab: silakan saja kalau mau nyebar data, foto atau video, yang rugi juga bukan saya, toh bukan saya yang ngutang. Palingan tar kamu yang masuk penjara kena UU ITE dan pornografi.

    Setelah itu gak di ganggu lagi.

  • Saran saya mending gak usah dibalas langsung blokir saja, semakin dibalas semakin mereka mengirim pesan yg membuat kita sendiri emosi.
    Jika tidak, mending ganti no WA saja, masalah selesai krn kalau lapor ojk pasti yaa gitulah.

  • TS nub..wkwkwk.. WA gosah di bales... Cukup baca, oh dc..blokir.. Ada lagi, blokir lagi, telp angkat, maki2...
    Dan terakhir...Dr pd ribet dpt telp DC, sales2 asunsi, cc, kta.. Cukup blokir panggilan yg tidak ada di kontak... Adem itu HP...

  • Ngeri² maslah pinjol atau paylatter??‍♂️
    Ngeri ny takut org lain yg punya nomer saya punya utang ke pinjol, kita yg gtau apa² malah di ancem kaya gtu ??‍♂️

  • Kami segenap keluarga besar MK (Media Konsumen) mengucapkan turut prihatin yang sebesar-besarnya atas musibah yang dialami penulis.

    Kami segenap keluarga besar MK tidak bosan-bosannya menghimbau kepada siapapun agar lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan segala iming-iming yang menggiurkan di Internet, karena yang namanya iming-iming semua pasti ada maksud tertentu dibelakangnya yang diharapkan dari Anda sekalian wahai netizen yang budiman..

    Di Internet hoax banyak, penipuan banyak. Jadilah individu yang lebih pintar dari Smartphone'mu, manfaatkan smartphone untuk mencari ilmu & informasi yang melimpah di Internet. Cari pengalaman dari orang lain buat pegangan & pelajaran kita semua wahai netizen yang budiman supaya kita bisa menjaga diri kita dari hal-hal yang tidak kita harapkan.

    Teruntuk buat penulis yang terhormat, saya pribadi ikut merasa prihatin. Jadikan apa yang Anda alami saat ini, merupakan sebuah pelajaran agar kelak engkau lebih pintar dari sebuah Smartphone.

    Kerugian yang Anda alami saat ini, jadikan sebuah biaya pendidikan & semoga Allah mengganti dengan rizki & kebaikan yang lebih baik lagi buat Anda. Amiin.. ?

  • kak ada yang punya pengalaman paylater lazada ga ? biaya keterlambatan kok tinggi bgt ya ? . aku telat dari jatuh tempo 5 hari, cuma beli baju 33 ribu dendanya 80 ribu banyak banget, pihaknya kerja sama sama atome tadi baru aja dapet email itu bener ga ya kok tinggi bgt

    • Iya kak perbulan satu bulan 80rb,tpii di google bilangnya 9rb perharii entah lah