Surat Pembaca

Pihak PT Lentera Dana Nusantara (Shopee SPinjam) Menghubungi Selain Kontak Darurat

Mohon penjelasan dari Pihak PT Lentera Dana Nusantara (Shopee SPinjam), kenapa menghubungi nomor HP suami saya (di luar nomor kontak darurat yang terdaftar)?

Saya mempunyai tagihan Shopee SPinjam yang jatuh tempo tanggal 05 Januari 2023 sebesar Rp3.300.***. Dikarenakan saat ini saya sedang kesulitan keuangan, maka tagihan tersebut belum saya bayarkan hingga terlambat 28 hari (terhitung dari tanggal 05 Januari – 02 Februari 2023).

Saya bukannya mau lari dari tanggung jawab, saat ini saya sedang berusaha mendapatkan uang untuk membayar walaupun dengan cara mencicil. Petaka itu datang pada tanggal 02 Februari 2023 pukul 13.06, suami saya menghubungi saya. Karena saya sedang di jalan, jadi tidak saya angkat. 10 menit kemudian saya hubungi balik suami saya, lalu suami saya menanyakan bahwa dia dihubungi oleh pihak Shopee SPinjam yang menagih pembayaran saya.

Karena hal itu, saya jadi bertengkar hebat dengan suami. Akhirnya saya bayarkan total tagihan Shopee SPinjam sebesar Rp6.500.000, itu pun saya meminjam uang sana sini, untuk melunasi tagihan yang jatuh tempo 05 Januari & 05 Februari 2023. Untuk jatuh tempo 05 Februari 2023 saya masih ada total tagihan Rp652.*** (termasuk denda keterlambatan Rp31.***).

Bukannya menurut peraturan tidak boleh menghubungi nomor di luar kontak darurat? Saya lampirkan emailnya ke PT Lentera Dana Nusantara (Shopee SPinjam) perihal hal ini. Namun jawaban dari PT Lentera Dana Nusantara tidak memuaskan saya sebagai konsumen (tetap harus membayar dan tagihan sudah dialihkan ke pihak ketiga). Saya lampirkan juga screenshot chat saya dengan pihak OJK.

Saya tahu saya salah karena belum mampu membayar hutang saya ke Shopee SPinjam, tapi apakah boleh pihak Shopee mengakses atau menghubungi orang di luar kontak darurat saya untuk penagihan hutang saya? Saya tunggu penjelasannya dari Pihak PT Lentera Dana Nusantara.

Wiri Astuti
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Aku aja sebelum jatuh tempo ditelpon terus, padahal tidak pernah galbay.. Tgl 5 pasti aku bayar.. Lebih keselnya no. Yang nelponin gonta-ganti.
    Sumpah ganggu bgt, bisa ga sih laporin?

  • Di Amerika google, facebook atau perusahaan lainnya yang melanggar privasi, bisa triliunan atau ratusan milyar lho dendamnya.
    Kita butuh para pengadu yang bisa mengusut tuntas hal ini kepengadilan secara bersama sama
    Jangan cuma pengaduan ke MK dan selesai.
    Bawa dan kawal terus sampai kepengadilan.

    1. Ketika data kita ada di pinjol maka sewajibnya pinjol menjaga kerahasiaan data kita.
    2. Apabila diserahkan ke pihak ke 3, maka pinjol hanya berhak menyerahkan data kita, bukan beserta data lain-lainnya.
    3. Baca term n kontrak, kalau ada penyerahan data ke pihak ke 3, maka sebaiknya ga usah saja pinjam ke pinjol itu. Lebih baik pinjam rentenir saja, toh bunga sama, tapi dipastikan penagihan hanya ke kita saja.
    4. Laporkan ke polisi supaya dapat ditangkap para manajemen ya. Bukan debt kolektor ya saja.
    5. Yang terakhir, kita buat petisi supaya penagihan pihak ke 3 dihapuskan saja dari semua pinjol (walaupun agak mustahil) tapi, bersama kita bisa.

  • Ini kok kebanyakan membela DC , apakah mereka gak sadar KL DC menghubungi nomer diluar kontak Darurat berarti mereka sdh melihat data kontak kita. Jadi mereka sdh mengunduh data base kontak kita. Serem banget shoope. Berarti gak aman lagi Krn selain database kontak bisa jadi yg lain mereka unduh . Semisal pass foto dll

    • Yg membela deci ya kelompok deci krn deci jg kerja di online cari customer yg bermslh & mata'i kl ada yg melapor kelakuan kelompok nya & pemberi kerja mrk

      • Yg bela utangers ya kelompok utangers. Pembayaran telat (artinya melanggar perjanjian) die yg mrsa terzolimi haha. Mbo ya mindsetnya diubah dulu.

  • Wah di Indonesia banyak sekali orang yang cukup pintar dalam berkomentar . Semoga yang pintar pintar ini adalah orang yang mempunyai hidup enak , bukan karyawan toko dengan gaji umr maupun paling tidak punya mobil pribadi sekelas BMW maupun Mercedes . Jadi ibarat nya malu aja kalau orang yang hanya bisa komen tapi hidupnya masih pas pas an gaji di bawah umur dan BCA nya pun masih biasa bukan prioritas . Mengacalah terlebih dahulu sebelum sok tau . Negara Indonesia ini memang sudah tidak heran sekali negara terkepo nomor 2 di dunia . Ketika ada orang yang spill pengalaman pribadi nya di muka umum ibarat orang itu punya dosa dan yang berkomentar hidup nya udah mapan dan ibadah nya pun punya jam terbang tinggi sudah bersahabat karib dengan malaikat dan serasa hidup nya tidak punya dosa sama sekali . Maklum lah mulut netizen itu memang ada yang jahat sekali dengan mudah bisa menzolimi orang lain tanpa sadar diri bahwa dia itupun juga sama sama ciptaan Tuhan . Jadi mungkin merasa sebagai manusia itu dia level nya di atas . Kalau orang yang punya pendidikan tinggi , kerja di kantoran dengan gaji puluhan juta udah punya mobil pribadi yang bagus kemungkinan tidak akan mau mengurusi masalah orang lain . Tapi kalau yang masih makan di warteg , handphone nya pun masih nyicil itu udah biasa memberikan komen negatif . Jadi jangan heran ya mbak kalau ada yang masih memberikan tanggapan negatif biarkan saja karena perkataan mereka pun mencerminkan hidup dan amal ibadah mereka masing masing karena dunia ini sebagian di penuhi orang dengki hati dan kalau kata kata mereka ada yang jahat mereka itu hidup segan matipun ngak mau .. dan merasa diri nya udah jadi konglomerat

  • Untuk yg terbiasa bayar hutang dgn hutang, hati² skg sdg ketat bgt, yg ada nanti di geruduk kolektor ?

  • Ga aNeh, diperjanjianmu sama shopee pas minjem udh ditulis bahwa shopee berhak menghubungi semua nomer kontak ketika nasabah terlambat membayar.
    Oh iya, saat minjam di shopee itu tidak ada memasukkan nomor kontak darurat. Semua nomer dianggap sebagai kondar

    • Yakin semua yg d anggap kondar & seandainya tdk tertulis spt itu berani bertanggung jwb wahai kelompok deci ?

  • Di telpon ratusan kali gak di angkat kontak darurat pun sama mereka bisa mengakses semua yg ada di kontak dan nomor mana aja yg sering di hubungi ketauan oleh DC ada untung nya juga DC telpon suami langsung lunas????

  • wktu covid lg parah2nya..uang Jg susah sy pernah pnjam shopee dan telat bayar..jangankan nomor suami..nomor konsumen sy jualan online aja ditelponin satu2 sama tu shopee..diteror.kebayang gk malu nya kaya apaa ???tp syukurlah skrg sdh bebas dr hutang.

  • Percuma Bu repot2 lapor ke OJK. Karena konsekuensi pinjol mengintimidasi yg seperti ini kaya sudah dimaklumi.. ada teman2 saya yg jadi korban sampe kehilangan kerjaan karena malu semua rekan di tlp.. jalan keluarnya ibu harus pikirkan cepat2 lunasin hutangnya bukan complain ke OJK.. semoga cepat selesai ya Bu masalahnya dan ngehindarin pinjol?

  • Mohon maap nih sebelumnya bu, tapi menurut saya pihak shopee jga pasti sdh berpikir matang atas tindakan yg harus mereka buat apalagi keadaan nya ibu sudah melewati jatuh tempo sampe kena bunga segitu besarnya. Terlebih pihak mereka pun terkesan tidak sopan menelpon nomor pihak keluarga dikarenakan mereka pun di cecar dari pihak atasan atau aturan yg ada, simpleny siapa yg ga resah duit pinjaman nya ga dibalik-balikin karena mungkin uang itu perlu untuk diputar lagi dalam berjalannya bisnis yg dia punya? Saya juga heran atas ketidak tahuan suami ibu, se buruk apapun beliau, kalian adalah partner. Yang artinya mau suami ibu pemalas, kurang memenuhi kebutuhan rt tapi jatuhnya ibu bukan memperingan perekonomian, tapi jauh mempersulit. Pertanyaannya lagi, kok bisa tidur ibu nyenyak dengan adanya hutang dalam hidup? Apalagi yg berbunga bgtu? Saya kadang ga habis pikir. Dan jangan kira saya dari kalangan atas, saya jga ada dikalangan biasa yg kadang makan masih dengan satu ceplok telur dan secentong nasi berdua kok. Dan saya bukanlh si pihak dc. Saya seorang pelajar yang kebetulan sedikit-sedikit belajar tentang sistim perekonomian dan perbankan. Wkwk... Mohon diubah pola pikirnya ya? Jelas pihak shopee mengorek siapa saja pihak dari si peminjam yg bisa dihubungi. Mereka juga lgi di tekan loh sama kewajiban dan tugas. Apalagi klo sudah tertera di perjanjian ttg perizinan menghubungi pihak keluarga atau kerabat di spay nya.