Surat Pembaca

Penagihan DC Indodana ke Kantor

DC Indodana atas nama Layla setiap hari menelpon ke kantor dan mengancam melaporkan ke atasan atau HRD. Aktivitas kantor menjadi terganggu dan teman saya yang mengangkat telepon pun menjadi tahu hutang saya karena DC menyebutkan berapa nominal hutang saya.

Saya ditegur oleh atasan karena kegaduhan yang terjadi di kantor dan terancam dipecat. DC pun selalu menelpon kantor pusat yang kontaknya sama sekali tidak saya cantumkan.

Bukankah peraturan OJK tentang penagihan itu tidak boleh bersifat mengancam, mengintimidasi, dan menyebarkan data pribadi??? Chat wa dari DC Indodana saya balas sebagai bentuk itikad baik saya tidak lari dari tanggung jawab karena saya memang berniat untuk membayar namun untuk saat ini saya masih mengumpulkan uangnya.

Saya telat di cicilan kelima karena memang sedang ada masalah padahal untuk cicilan pertama sampai keempat saya selalu tepat waktu.

Yoga Angga
Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Indodana Atas Keluhan Bapak Yoga Angga

Sehubungan dengan surat pembaca yang disampaikan oleh bapak Yoga Angga di Media Konsumen tanggal 8 Maret 2023 dengan keluhan “Penagihan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • G usa dibayar... paling lama di teror 3 bulan. banyak yg macet pinjol bukan cuma anda.. ribuan nasabah bahkan... g usa panik.. ganti no hp ganti account... beres.. lebih banyak yg galbay lebih baik, biar cepat bangkrutt rentenirnya...

    Salam NKRI

    • "mereka yang menunggak akan dilaporkan ke OJK dan masuk ke daftar hitam layanan pinjaman. Masyarakat yang masuk ke daftar hitam artinya akan kesulitan bahkan tidak mungkin mendapatkan bantuan layanan finansial di lembaga keuangan di Indonesia"

      • benar dan ini resiko yang sedang ditanggung oleh mereka yang sudah masuk kredibilitas kredit macet, anehnya si bank" ini rajin cari orang" yg Pre-Man (belum jadi pria kak) untuk nagih2, klo debitur sudah sanggup bayar tentu akan berusaha sendiri membersihkan namanya yg di blacklist di OJK, silahkan komentar para DC yang sekolahnya sudah tamat S3, wkwkwk

        • Sebenarnya dc yg komentar disini ga byk kak, yg byk itu antek2 nya dc, kacung2 nya dc dan beberapa pengamat moralitas. Hahaha. Mereka lbh dc daripada dc. Wkwkwk

  • sudah diintimidasi,dipermalukan,disebar data pula,fixs ga usah dibayar biar tahu rasa,dc2 yg koment dsni kebakaran jenggot smua,,???,,sebar data lunas,ga usah takut galbay ga bakal dipenjara klo ga byr,kuat mental aj hadapi dc2 ga berpendidikan..2023 pinjol harus minggat dr NKRI,tujuan mereka bkn membantu msyrakat tp mempersulit..

  • Anda aja yg berlagak "budeg"

    Udah th 2023 kemana aja anda, kok baru tau konseskuensi nunggak pinjo bakal diteror atas bawah kiri kanan depan belakang?
    Kerja kantoran, tp konsekuensi minjol pura-pura ngga tau.
    Anda mau tulis di surat pembaca sebanyak seratus halaman tidak akan merubah apapun, kecuali serempak tidak ada yg minjam pinjol, dijamin gulung tikar semua

    Saya benci pinjol, tp lebih benci sama orang2 peminjam pinjol yg membuat Pinjol menjamur

    • He kampret,
      Udah kontribusi apa kok sudah berani menghakimi orang hutang pinjol? Sudah merasa benar ya? Sudah merasa hidup enak dan berkecukupan sehingga bisa ngomong seenakmu? Sudah pernah ngalamin terjerat pinjol belum? Atau jangan2 anda hidup karna hasil dari kedua orang tuamu.
      Jangan salahkan orang yg punya hutang pinjol itu memiliki statemen yg negatif. Mereka juga makan gk minta2 kalian, mereka makan juga gak berharap bantuan pemerintah. Anda sudah berkontribusi apa ke mereka2 ini?
      Orang utang pinjol ini pasti punya banyak alasannya, entah itu utk kebutuhan makan sehari2, utk kebutuhan sekolah anaknya, utk menjalankan usahanya, utk berobat dll..
      Kalo utk foya2 ya lain lagi ceritanya.
      Kalo anda merasa benci dgn orang yg hutang itu hak anda, tapi kalo anda juga merasa benci dgn pinjol ya silahkan bubarkan pinjolnya.

  • masyarakat kcl nunggak pinjaman = didatangi DC

    kasus indosurya yang lariin triliunan rupiah (bukan nunggak kak, tp di LARIIN) dibebasin orangnya, g ada DC yg nagih2 wkwkwk

    bedanya dimana ya wkwkwk

    • Nah, kita bisa belajar dari sana. Kita meskipun bukan kalangan elit tapi kita jangan mau dibodoh2in mereka yg elit yg punya duit banyak.
      Apalagi soal PINJOL ini.
      Yg sudah terima duit dari PINJOL anggap aja itu BANSOS dari pemerintah. Bagi pinjol yg sudah keluarin duit anggap aja kalian sedekah.
      "Tapi yg namanya hutang ya hutang harus dibayar", mbahmu kuwi.
      Iki pinjol cok. Yo karepku cok arep tak bayar opo ora tak bayar.
      Kecuali anda hutang ke tetangga, saudara, teman itu harus kalian bayar.
      Kalo PINJOL ini anggaplah itu BANSOS.
      Sudah tau masyarakat tdk mampu bayar kenapa juga dikasih pinjaman.
      Bangkrutin aja pinjolnya dgn gerakan gagal bayar nasional.

      • Selamat didunia, tapi tidak selamat diakhirat wkwkwkw,kalo muslim tau lah masalah itu.
        Minjam ke pinjol aja udah salah, paling ngeri meninggal tapi statusnya masih punya hutang entah ke kerabat sendiri atau ke pinjol,ngeri neraka itu, mending cari aman jauhi pinjol itu udah bener

          • Kamu muslim bukan sih?
            Kalo bukan, abaikan komentar saya.
            Saya mau mengingatkan aja yang sesama muslim, kalo hutang kesiapapun ya entah ke teman,saudara atau lainnya yang namanya hutang itu wajib dibayar, sanksinya ga main main itu diakhirat

        • Muslim ataupun bukan itu bkan urusanmu tong.
          Hutang pinjol ngapain dibayar tong tong. Lu gk bayar juga pinjol gk rugi. Mereka tinggal klaim asuransi kelar.
          Kalo utang ke saudara, temen, keluarga itu wajib dibayar. Kalo ke pinjol ya bodo amat tong tong. Apalagi sampai bawa2 akhirat segala, kayak sdh pernah ngrasain kesana aja. Emang di akhirat juga ada DC yg nagih gitu?

          • Ni kayanya tukang galbay mau jadi pahlawan di komentar media konsumen wkwkwk. Sok sok an ngajarin bayar utang ke saudara temen keluarga tapi ga mau bayar utang ke pinjol. Mental maling nyari justifikasi buat diri sendiri. Di tanya agama langsung berontak buas langsung terbakar wkwowkkw. Tetangga anda belum tentu mau ngutangin anda kalo tau kampanye anda galbay pinjol. Hhhhh bisa jadi dia korban anda selanjutnya hhhh Lanjutkan perjuangan patriotisme anda dengan galbay sebanyak2nya. Orang tua anda dan nenek moyang anda pasti bangga. ???

  • DC dapat persenan untuk yang tertagih, klo kasus indosurya ga dapat apa" jadi g ada DC yg nagih kak wkwkwk

  • Halah halah persoalan pinjol sampah gk usah dibayar. Kalo sudah maen ancam gk usah dibayar. Biar bangkrut aja sekalian.
    Bagi saya pinjol itu bukan suatu masalah, itu hanya hal kecil saja, itu cuma sampah atau kerikil kecil dijalanan.
    Kalo ada kalimat "Kalo gk mau bayar ya jangan ngutang", tinggal jawab aja, "Kalo gak mau nagih ya jangan ngasih pinjaman".
    Orang sperti itu seenaknya ngomong begitu, kita balik omongan aja.
    Silahkan para antek² DC PINJOL keluarkan argumen kalian.

    • Betul sekali mang. Sebenarnya malah mereka hrs terima kasih sama debitur galbay. Bayangkan aja, kalau ga ada yg nunggak, dc2 mau kerja apa ?. Bukankah mereka berharap semakin byk yg galbay semakin baik, supaya mereka bisa neror sampe debitur nya byr dan mereka dpt bonus nya utk menghidupi keluarga mereka dari hasil bentak2. Bukannya berterima kasih sama debitur galbay yg uda menciptakan lapangan kerja buat mereka malah membully lg ?

      • Iya bener , malah makin enak ya potensi mendapatkan komisi besar juga lebih mudah karna byk yg galbay dan hrs ditagih. Jadi GALBAY itu merupakan rahmat yg harus disyukuri.
        Karna GALBAY juga menjadi alasan byk dibuka lowongan utk posisi DC. Jadi berkat adanya GALBAY inilah lapangan pekerjaan sbg DC berkembang.

      • Dan harusnya para DC DC ini juga turut menyuarakan GALBAY juga, bukan malah menyerang di MK. Semakin banyak yg GALBAY justru semakin bagus. Potensi komisi milyaran juga bakalan bisa mereka raih.

        • Benar mang. Kalau ga ada yg galbay mereka jadi pengangguran. Mereka itu tdk mensyukuri berkat yg diberikan. Malah membully org yg memberi mereka makan. Dosa mereka double2 ?

  • klo di telp angkat saja kak, ga usa panjang lebar, bilang sudah pindah kerja, klo mau jumpa bisa jumpa di tempat kerja baru, kasi alamat polres, polsek, polresta terdekat, terus sampein klo sudah di security lapor aja dulu mau jumpa kakak (bp/ibu xxxx pakai nama kakak dong yg asli tentunya) urusan mau nagih utang, tungguin aja klo ditelp DCnya lag bilang sudah sampai, baru kakak datangi dan jumpain aja gpp asal sudah di depan polisi kakak aman dan ada saksi :) klo kakak malu juga nanti terbiasa, g bakal malu seumur hidup kak.

    dengarkan orang berpengalaman ini kak, wkwkwk

  • Lain kali mau minjol, isi kontak hp kalian dgn nomor telp kantor polisi se Indonesia. Jadikan ojk sebagai kondar. Biar dc berhadapan dgn polisi dan ojk.

  • Anda sudah diteror, diancam, dipermalukan trus ngapain lagi harus bayar. Anda bukannya impas tapi udah tekor secara moril. Semua usaha pasti ada resiko, kalo pihak kreditur nggak mau ada orang yang gagal bayar ya nggak usah minjemin orang. Lagian kalo nasabah punya dana mah ngapain juga harus nunggak dan dikejar-kejar DC. Dan cuma orang bodoh yang jual aset demi bayar hutang, kecuali kalo aset tersebut memang jadi barang jaminan. Bicara baik2 sama atasan dan rekan anda dan ceritakan kesulitan anda, kalo bisa sekalian minta perusahaan anda tuntut Indodana nya karena sudah menggangu. Semua ada undang2nya!