Penagihan DC Indodana ke Kantor

DC Indodana atas nama Layla setiap hari menelpon ke kantor dan mengancam melaporkan ke atasan atau HRD. Aktivitas kantor menjadi terganggu dan teman saya yang mengangkat telepon pun menjadi tahu hutang saya karena DC menyebutkan berapa nominal hutang saya.

Saya ditegur oleh atasan karena kegaduhan yang terjadi di kantor dan terancam dipecat. DC pun selalu menelpon kantor pusat yang kontaknya sama sekali tidak saya cantumkan.

Bukankah peraturan OJK tentang penagihan itu tidak boleh bersifat mengancam, mengintimidasi, dan menyebarkan data pribadi??? Chat wa dari DC Indodana saya balas sebagai bentuk itikad baik saya tidak lari dari tanggung jawab karena saya memang berniat untuk membayar namun untuk saat ini saya masih mengumpulkan uangnya.

Saya telat di cicilan kelima karena memang sedang ada masalah padahal untuk cicilan pertama sampai keempat saya selalu tepat waktu.

Yoga Angga
Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Indodana Atas Keluhan Bapak Yoga Angga

Sehubungan dengan surat pembaca yang disampaikan oleh bapak Yoga Angga di Media Konsumen tanggal 8 Maret 2023 dengan keluhan “Penagihan...
Baca Selengkapnya

72 komentar untuk “Penagihan DC Indodana ke Kantor

  • 8 Maret 2023 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Karena anda tahu aturan main penagihannya, tahu juga dong harus lapor ke mana. Meskipun kantor dan atasan tidak didaftarkan sebagai kontak darurat, aplikasi pinjol (legal atau tidak) sudah menguasai dan memantau daftar kontak di ponsel anda.

    Berhutang tanpa agunan resikonya seperti ini jika telat membayar cicilan. Anda bukan yang pertama, dan pastinya bukan yang terakhir. Sudah banyak pelaku hutang menulis di Media Konsumen ini dengan lagu dan lirik yang sama. Sejauh yang saya ketahui, mereka tetap harus membayar jika berurusan dengan DC di pinjol legal.

    12
    15
    • 9 Maret 2023 - (00:37 WIB)
      Permalink

      gk boleh menagih keluar ke orng yang tidak bersangkutan. apalagi meneror, mengancam, mempermalukan, ingat sekarang udah ada undang”nya ygtelah disahkan. jadi jika merasa diancam, diteror, bahkan kantorpun jadi sasaran DC indodana, pihak kantor bisa melaporkan indodana kepolda metro jaya.
      masalahnya skrng pinjol itu merekrut DC rata rata orng yg gak mengerti hukum sama sekali, bahkan dibawa dari pelosok daerah. itu terbukti saat DC ditangkap dan dibawa kepolda, memang mrk ini gak ngerti hukum, jadi mrk leluasa, jadi saran saya . jika udah minta waktu untuk membayar dan masih diteror dgn berbagai ancaman, bukti chat WA udah bisa jadi alat bukti polisi untuk memproses hukum. atau kantor bisa melaporkan pinjol indodana kepolisi.! banyak undang” yg bisa menjerat mereka. lain kali jika udah selesai jangan pernah berurusan dgn rentenir online lagi. .kalau butuh uang,, jika ada barang yg bisa dijual ,,,jual saja dulu,, nanti kalau ada rejeki beli lagi.

      28
    • 9 Maret 2023 - (16:35 WIB)
      Permalink

      Tapi nda juga ke kantor sama yg lain2 diluar KonDar, kecuali Bapaknya sama sekali nda bisa dihubungi Dan data rumahnya tidak update, baru ke kantor … Emang tujuannya mempermalukan kok ..
      Jadi saya rasa, kesimpulan dari statement Bapak diatas adalah “jika melakukan Pinjol, agunannya adalah harga diri” bener nda sik … Saya tidak membela si peminjam, memang benar hutang harus dibayar, itu benar bgt … Tapi nda gitu jg kalik yah …

      Jangan pernah mendeclare lagi bahwa Pinjol itu pinjaman tanpa agunan… Karena sebenernya agunan tetep ada, harga diri si peminjam itulah yg jadi agunan …

  • 8 Maret 2023 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Kalau sampe kena pecat, coba lamar kerja ke ojk aja. Biar dc nya neror ke ojk, biar ojk rasain kena teror

    30
    3
  • 8 Maret 2023 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Hari gini masih percaya OJK?
    Percuma kak,lapor OJK,lah OJKnya aja tidur kerjanya,dia mana mau urus utang yg telat bayar,pinjolnya aja nyogok ke OJK,makanya OJKnya bobok manis?

    18
    • 8 Maret 2023 - (20:47 WIB)
      Permalink

      Kok tau? Apa lapor ojk terus utangnya lunas? Atau nanti ditalangi sana ojk? 😀

      3
      3
      • 9 Maret 2023 - (00:56 WIB)
        Permalink

        biasanya DC jika saat dibawa kepolda,, mukanya langsung kayak orng gk punya darah.. dia ditinggal sendirian kantornya gak mau tanggung jawab,,, nangis nangis..tolong pak, saya anak petani, orng tua miskin, saya tulang punggung keluarga, saya gak ngerti hukum pak, jadi saya gak tau itu melanggar hukum..dll atasan kantornya juga ketakutan ampe bilang,, sumpah pak kami gk nyuruh neror pak, kami gk nyuruh mengintimidasi pak, kami udah ada SOP, ini pak SOP kami.. itu inisiatif mrk sendiri..

        13
        1
  • 8 Maret 2023 - (21:43 WIB)
    Permalink

    Wah..berat nih…entah yang lapor ojk di tanggepi atau nggak…cuma solusi kalo di legal ya..cuma bayar…apalagi kalo masuk slik ojk,…mending pinjam di bank biasa,pake jaminan…belum mampu bayar tinggal komunikasi…gak ada ceritanya teror

  • 8 Maret 2023 - (22:20 WIB)
    Permalink

    Indodana Denda Bunga Keterlambatannya Paling Gilaa Setelah HC*… Mudah2an Masalah Agan Dengan Nih Pinjol Cepat Selesai

  • 8 Maret 2023 - (23:08 WIB)
    Permalink

    Udah enek! baca surat model beginian di MK, lagian emang kalo dc nagih secara halus, kamu bakal langsung bayar hutangmu itu?

    7
    3
  • 8 Maret 2023 - (23:44 WIB)
    Permalink

    Konsekuensi sebuah Pinjaman Online, di tagih tak beradab dan tak beretika. Gak ada jalan lain lunasi dan tutup Aplikasi, percuma lapor sana lapor sini, cuma capek dan makan ati doang

    3
    1
  • 9 Maret 2023 - (01:12 WIB)
    Permalink

    Kakak kalau kakak di tagih dengan bahasa yg sopan yg santun pas jatuh tempo apa kakak akan langsung akses mbanking dan bayar tagihan nya???

    Coba kakak kalau lagi minjem kan uang ke kerabat terus yg dikasih hutang jatuh tempo ditagih berkelit dan seribu alasan buat gak bayar dl apa kakak tetep sopan gak ngomel-ngomel gak marah2 dlm diri kakak???

    Hutang ya hutang harus tetap dilunasi gak mau hutang ya jangan ngutang wlu butuh nya seperti apa pun, punya barang lain elektronik/perhiasan emas/aset tanah dll dijual dl saja kakak itu saran saya,

    Kakak mau komplain sana sini ya tetep aja ujung ujungnya bayar hutang harus dilunasi.

    Sekian terimakasih
    Jika ada salah kata saya mohon maaf

    10
    7
    • 9 Maret 2023 - (02:34 WIB)
      Permalink

      Jgn sampai jual aset ….saran anda itu mirip sekali sama DC… Jangan terpengaruh bos, kalau blm ada jgn dipaksakan..jangan membayar dengan hutang lagi.ga akan kelar itu. DC nelpon ada batasnya juga palingan seminggu….

      6
      2
      • 9 Maret 2023 - (04:41 WIB)
        Permalink

        Kamu mempertanyakan SOP, tapi kamu sendiri melanggar kontrak, emang kalo ga ditagih gitu kamunya bakal cepat bayar, itu duit orang kamu pinjam, jelas mereka nagih ke kamu makannya kalo hutang itu liat kemampuan pribadi, jangan hutang kalo dikiranya ga mampu bayar, mereka udah baik itu lho ngasih keringanan, ancamannya juga masih terbilang sopan, jadi ya pak/Bu jangan playing victim seolah olah anda yang dirugikan, mereka juga dirugikan kalo anda ga mau bayar.
        ..
        Pasti gua dituduh DC?

        4
        4
        • 9 Maret 2023 - (06:56 WIB)
          Permalink

          semua ada undang2nya.
          kalo utang, ya diselesaikan monggo.
          si penulis sudah beritikad baik merespon wa,
          si dc tdk perlu lg menelpon kekantor
          silahkan nego keringanan dll smp alot, tp pihak yg bersangkutan saja.

          kalo keluar dr standard(undang2), tiap org standardnya itu beda2. ada yg berpikir, nasabah gpp ditonjok sekali saja karena ngeyel ga mau bayar hutang, gt gpp?

          ga usa ngelantur mslh liat kemampuan dll. semua org pny mslh pribadi dan musibah sndiri2. gagalbayar, brati dia kena problem, done. siapa yg tau dia ga mampu bayar? situ bs liat masa depan?
          ga usah menghakimi dia tdk cermat dan ini itu. itu tugas Tuhan.

          9
          1
          • 9 Maret 2023 - (15:51 WIB)
            Permalink

            Yg bisa di lakukan ,dan sudah saya lakukan
            1.terbuka kepada keluarga jgn di tutupin ,lalu begitu ada dana segera bayar jgn di tunda dan jangan gali lobang / tutup lobang
            2. Jika blm ada dana ,hal ini pernah saya lakukan katakan sama mereka si oknum dc itu jika kamu menyebarkan dan meneror boleh pilih kepada mereka mau di selesaikan di jalur hukum atau mau baik baik jgn kalah gertak ,laporin ke polres terdekat lumayan denda pelaku penyebaran data dan pelanggaran uu ite denda nya cukup untuk ngelunasi pinjol perusahaan itu ,tapi usahan hutang adalah masalah perdata yg harus di bayar, semoga yg terjerat pinjol diberi rejeki yg banyak utk melunasi nya,Aamiin

      • 9 Maret 2023 - (16:47 WIB)
        Permalink

        Kalo saya sudah kayak gitu, (hubungi diluar Kontak Darurat, telp kantor Dan sembarangan menyebarkan informasi di kantor, telp atasan dll intinya diluar perjanjian jg), aku diemin aja, makin2 nunggu kalo ada uang nganggur bayarnya, kan udah sama2 keluar dari perjanjian loh …

        (Teorinya gt, amit2 sik tapi kalo sampe kejadian, aku bakal kek gitu)

    • 9 Maret 2023 - (07:31 WIB)
      Permalink

      kalau nagih ya langsung ke orangnya dulu. kalau berkali-kali nggak bisa dihubungi baru telpon ke orang lain. jangan langsung main ancam ke orang lain. mestinya nagih ya yang bener jangan langsung main ancam.
      saya dulu pernah ditelpon dari finance gara2 kakak saya kelewatan bayar tagihan sekali. saya omelin dc-nya kenapa kok nggak nelpon langsung ke orangnya. katanya kakak saya nggak bisa dihubungin. ya tambah saya omelin karna saya bolak-balik chat WA sama kakak saya yang berarti hp-nya nyala terus dan bahwa dc-nya bohong.

      1
      1
    • 12 Maret 2023 - (16:44 WIB)
      Permalink

      Enggak ada salah sih gan, cuma bentar lagi ada yang nuduh dc, ????
      Makanya males nimbrung komen untuk postingan model gini di mk, lagu dan lirik nya mirip mirip

    • 9 Maret 2023 - (06:49 WIB)
      Permalink

      bener bgt ini. JGN JUAL ASET
      JGN GALI LUBANG LAGI.
      fokus kerja aja buat cicil bayar.
      kalo sy jd anda, sy ga akan bayar. indodana suda keluar dr sop.

  • 9 Maret 2023 - (07:14 WIB)
    Permalink

    Indodana itu jangankan telat, masih 3 hari sebelum jatuh tempo aja sudah di telp, di wa bahkan sudah bayar pun 3 hari sebelum masa jatuh tempo tetap saja di telp ga berhenti” bs bbrp kali dalam bbr menit.

  • 9 Maret 2023 - (07:56 WIB)
    Permalink

    G usa dibayar… paling lama di teror 3 bulan. banyak yg macet pinjol bukan cuma anda.. ribuan nasabah bahkan… g usa panik.. ganti no hp ganti account… beres.. lebih banyak yg galbay lebih baik, biar cepat bangkrutt rentenirnya…

    Salam NKRI

    • 9 Maret 2023 - (08:18 WIB)
      Permalink

      “mereka yang menunggak akan dilaporkan ke OJK dan masuk ke daftar hitam layanan pinjaman. Masyarakat yang masuk ke daftar hitam artinya akan kesulitan bahkan tidak mungkin mendapatkan bantuan layanan finansial di lembaga keuangan di Indonesia”

      • 9 Maret 2023 - (09:05 WIB)
        Permalink

        benar dan ini resiko yang sedang ditanggung oleh mereka yang sudah masuk kredibilitas kredit macet, anehnya si bank” ini rajin cari orang” yg Pre-Man (belum jadi pria kak) untuk nagih2, klo debitur sudah sanggup bayar tentu akan berusaha sendiri membersihkan namanya yg di blacklist di OJK, silahkan komentar para DC yang sekolahnya sudah tamat S3, wkwkwk

        • 9 Maret 2023 - (09:09 WIB)
          Permalink

          Sebenarnya dc yg komentar disini ga byk kak, yg byk itu antek2 nya dc, kacung2 nya dc dan beberapa pengamat moralitas. Hahaha. Mereka lbh dc daripada dc. Wkwkwk

          2
          1
  • 9 Maret 2023 - (07:56 WIB)
    Permalink

    sudah diintimidasi,dipermalukan,disebar data pula,fixs ga usah dibayar biar tahu rasa,dc2 yg koment dsni kebakaran jenggot smua,,???,,sebar data lunas,ga usah takut galbay ga bakal dipenjara klo ga byr,kuat mental aj hadapi dc2 ga berpendidikan..2023 pinjol harus minggat dr NKRI,tujuan mereka bkn membantu msyrakat tp mempersulit..

  • 9 Maret 2023 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Anda aja yg berlagak “budeg”

    Udah th 2023 kemana aja anda, kok baru tau konseskuensi nunggak pinjo bakal diteror atas bawah kiri kanan depan belakang?
    Kerja kantoran, tp konsekuensi minjol pura-pura ngga tau.
    Anda mau tulis di surat pembaca sebanyak seratus halaman tidak akan merubah apapun, kecuali serempak tidak ada yg minjam pinjol, dijamin gulung tikar semua

    Saya benci pinjol, tp lebih benci sama orang2 peminjam pinjol yg membuat Pinjol menjamur

    1
    1
    • 9 Maret 2023 - (09:49 WIB)
      Permalink

      He kampret,
      Udah kontribusi apa kok sudah berani menghakimi orang hutang pinjol? Sudah merasa benar ya? Sudah merasa hidup enak dan berkecukupan sehingga bisa ngomong seenakmu? Sudah pernah ngalamin terjerat pinjol belum? Atau jangan2 anda hidup karna hasil dari kedua orang tuamu.
      Jangan salahkan orang yg punya hutang pinjol itu memiliki statemen yg negatif. Mereka juga makan gk minta2 kalian, mereka makan juga gak berharap bantuan pemerintah. Anda sudah berkontribusi apa ke mereka2 ini?
      Orang utang pinjol ini pasti punya banyak alasannya, entah itu utk kebutuhan makan sehari2, utk kebutuhan sekolah anaknya, utk menjalankan usahanya, utk berobat dll..
      Kalo utk foya2 ya lain lagi ceritanya.
      Kalo anda merasa benci dgn orang yg hutang itu hak anda, tapi kalo anda juga merasa benci dgn pinjol ya silahkan bubarkan pinjolnya.

      6
      2
  • 9 Maret 2023 - (09:17 WIB)
    Permalink

    masyarakat kcl nunggak pinjaman = didatangi DC

    kasus indosurya yang lariin triliunan rupiah (bukan nunggak kak, tp di LARIIN) dibebasin orangnya, g ada DC yg nagih2 wkwkwk

    bedanya dimana ya wkwkwk

    • 9 Maret 2023 - (09:40 WIB)
      Permalink

      Nah, kita bisa belajar dari sana. Kita meskipun bukan kalangan elit tapi kita jangan mau dibodoh2in mereka yg elit yg punya duit banyak.
      Apalagi soal PINJOL ini.
      Yg sudah terima duit dari PINJOL anggap aja itu BANSOS dari pemerintah. Bagi pinjol yg sudah keluarin duit anggap aja kalian sedekah.
      “Tapi yg namanya hutang ya hutang harus dibayar”, mbahmu kuwi.
      Iki pinjol cok. Yo karepku cok arep tak bayar opo ora tak bayar.
      Kecuali anda hutang ke tetangga, saudara, teman itu harus kalian bayar.
      Kalo PINJOL ini anggaplah itu BANSOS.
      Sudah tau masyarakat tdk mampu bayar kenapa juga dikasih pinjaman.
      Bangkrutin aja pinjolnya dgn gerakan gagal bayar nasional.

      3
      2
      • 9 Maret 2023 - (12:20 WIB)
        Permalink

        Selamat didunia, tapi tidak selamat diakhirat wkwkwkw,kalo muslim tau lah masalah itu.
        Minjam ke pinjol aja udah salah, paling ngeri meninggal tapi statusnya masih punya hutang entah ke kerabat sendiri atau ke pinjol,ngeri neraka itu, mending cari aman jauhi pinjol itu udah bener

        2
        1
          • 9 Maret 2023 - (12:33 WIB)
            Permalink

            Kamu muslim bukan sih?
            Kalo bukan, abaikan komentar saya.
            Saya mau mengingatkan aja yang sesama muslim, kalo hutang kesiapapun ya entah ke teman,saudara atau lainnya yang namanya hutang itu wajib dibayar, sanksinya ga main main itu diakhirat

            1
            2
          • 9 Maret 2023 - (14:51 WIB)
            Permalink

            Kan dia yg pegang kunci neraka ?

          • 9 Maret 2023 - (14:52 WIB)
            Permalink

            @mang. Kunci neraka dia yg pegang ?

        • 9 Maret 2023 - (12:42 WIB)
          Permalink

          Muslim ataupun bukan itu bkan urusanmu tong.
          Hutang pinjol ngapain dibayar tong tong. Lu gk bayar juga pinjol gk rugi. Mereka tinggal klaim asuransi kelar.
          Kalo utang ke saudara, temen, keluarga itu wajib dibayar. Kalo ke pinjol ya bodo amat tong tong. Apalagi sampai bawa2 akhirat segala, kayak sdh pernah ngrasain kesana aja. Emang di akhirat juga ada DC yg nagih gitu?

          1
          3
          • 11 Maret 2023 - (14:00 WIB)
            Permalink

            Ni kayanya tukang galbay mau jadi pahlawan di komentar media konsumen wkwkwk. Sok sok an ngajarin bayar utang ke saudara temen keluarga tapi ga mau bayar utang ke pinjol. Mental maling nyari justifikasi buat diri sendiri. Di tanya agama langsung berontak buas langsung terbakar wkwowkkw. Tetangga anda belum tentu mau ngutangin anda kalo tau kampanye anda galbay pinjol. Hhhhh bisa jadi dia korban anda selanjutnya hhhh Lanjutkan perjuangan patriotisme anda dengan galbay sebanyak2nya. Orang tua anda dan nenek moyang anda pasti bangga. ???

  • 9 Maret 2023 - (09:28 WIB)
    Permalink

    DC dapat persenan untuk yang tertagih, klo kasus indosurya ga dapat apa” jadi g ada DC yg nagih kak wkwkwk

  • 9 Maret 2023 - (09:33 WIB)
    Permalink

    Halah halah persoalan pinjol sampah gk usah dibayar. Kalo sudah maen ancam gk usah dibayar. Biar bangkrut aja sekalian.
    Bagi saya pinjol itu bukan suatu masalah, itu hanya hal kecil saja, itu cuma sampah atau kerikil kecil dijalanan.
    Kalo ada kalimat “Kalo gk mau bayar ya jangan ngutang”, tinggal jawab aja, “Kalo gak mau nagih ya jangan ngasih pinjaman”.
    Orang sperti itu seenaknya ngomong begitu, kita balik omongan aja.
    Silahkan para antek² DC PINJOL keluarkan argumen kalian.

    2
    2
    • 9 Maret 2023 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Betul sekali mang. Sebenarnya malah mereka hrs terima kasih sama debitur galbay. Bayangkan aja, kalau ga ada yg nunggak, dc2 mau kerja apa ?. Bukankah mereka berharap semakin byk yg galbay semakin baik, supaya mereka bisa neror sampe debitur nya byr dan mereka dpt bonus nya utk menghidupi keluarga mereka dari hasil bentak2. Bukannya berterima kasih sama debitur galbay yg uda menciptakan lapangan kerja buat mereka malah membully lg ?

      2
      1
      • 9 Maret 2023 - (10:08 WIB)
        Permalink

        Iya bener , malah makin enak ya potensi mendapatkan komisi besar juga lebih mudah karna byk yg galbay dan hrs ditagih. Jadi GALBAY itu merupakan rahmat yg harus disyukuri.
        Karna GALBAY juga menjadi alasan byk dibuka lowongan utk posisi DC. Jadi berkat adanya GALBAY inilah lapangan pekerjaan sbg DC berkembang.

        1
        1
      • 9 Maret 2023 - (10:10 WIB)
        Permalink

        Dan harusnya para DC DC ini juga turut menyuarakan GALBAY juga, bukan malah menyerang di MK. Semakin banyak yg GALBAY justru semakin bagus. Potensi komisi milyaran juga bakalan bisa mereka raih.

        1
        1
        • 9 Maret 2023 - (10:24 WIB)
          Permalink

          Benar mang. Kalau ga ada yg galbay mereka jadi pengangguran. Mereka itu tdk mensyukuri berkat yg diberikan. Malah membully org yg memberi mereka makan. Dosa mereka double2 ?

          2
          1
  • 9 Maret 2023 - (09:49 WIB)
    Permalink

    klo di telp angkat saja kak, ga usa panjang lebar, bilang sudah pindah kerja, klo mau jumpa bisa jumpa di tempat kerja baru, kasi alamat polres, polsek, polresta terdekat, terus sampein klo sudah di security lapor aja dulu mau jumpa kakak (bp/ibu xxxx pakai nama kakak dong yg asli tentunya) urusan mau nagih utang, tungguin aja klo ditelp DCnya lag bilang sudah sampai, baru kakak datangi dan jumpain aja gpp asal sudah di depan polisi kakak aman dan ada saksi 🙂 klo kakak malu juga nanti terbiasa, g bakal malu seumur hidup kak.

    dengarkan orang berpengalaman ini kak, wkwkwk

  • 9 Maret 2023 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Lain kali mau minjol, isi kontak hp kalian dgn nomor telp kantor polisi se Indonesia. Jadikan ojk sebagai kondar. Biar dc berhadapan dgn polisi dan ojk.

  • 9 Maret 2023 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Anda sudah diteror, diancam, dipermalukan trus ngapain lagi harus bayar. Anda bukannya impas tapi udah tekor secara moril. Semua usaha pasti ada resiko, kalo pihak kreditur nggak mau ada orang yang gagal bayar ya nggak usah minjemin orang. Lagian kalo nasabah punya dana mah ngapain juga harus nunggak dan dikejar-kejar DC. Dan cuma orang bodoh yang jual aset demi bayar hutang, kecuali kalo aset tersebut memang jadi barang jaminan. Bicara baik2 sama atasan dan rekan anda dan ceritakan kesulitan anda, kalo bisa sekalian minta perusahaan anda tuntut Indodana nya karena sudah menggangu. Semua ada undang2nya!

  • 9 Maret 2023 - (14:51 WIB)
    Permalink

    kesimpulan:

    1. cara nagih DC memang begitu, karena biasa ditagih halus debitur rata2 tidak akan menggubris/bayar
    2. percuma lapor OJK karena gak mungkin OJK mau membantu melunasi utang , paling banter juga ditegur aja ke pihak pemberi pinjaman
    3, jika memang tidak peduli dengan SLIK/tidak mau berurusan pinjam meminjam lagi selamanya, tidak usah dibayar, biarkan saja cuekin semua DC yang menagih, jika sudah menjurus pengancaman dan teror lapor pak polisi
    4. segala macam pinjol akan bangkrut sendiri jika tidak ada yang meminjam.

  • 9 Maret 2023 - (15:19 WIB)
    Permalink

    Dulu masyarakat kita di serang penjajah sekarang sudah merdeka masih juga kena jajahan pinjol lah bulanan lah emok lah 2 minggu sekali satu minggu sekali harian lah Tuhan di atas mungkin melihat ada apa di indonesia Mungkin bung karno juga sedang menangis di sana ko Negara NKRI Jadi begini

  • 9 Maret 2023 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Kalau seandainya saya di kasih kekuasaan saya akan tutup pinjolnya tapi apalah daya tangan tak sampai sekelas presiden aja tidak mampu apalagi sekelas ikan teri

  • 9 Maret 2023 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Antara Daya fungsi dan nilai manfaat adanya DC ,sangat jauh lebih banyak tidak ada nilai manfaatnya sama sekali ,
    Bgmna tidak cara olah dan lobi serta pendekatan personal secara langsung ataupun tidak , seperti kasus besar dan kasus berat yang aslinya seakan akan konsumen yang sedang bermasalah ,di anggap LEVEL 1 -2 TAHUN tanpa menyisakan jejak /kabur -berniat tidak baik dari awal.
    Tela’ah dahulu kedalam para penyidor dana akan gerakan usaha di bidang yang ingin KEUNTUNGAN BESAR akan tetapi tidak mau lihat atau cuci tangan perihal resiko konsekuensinya pada bisnis seperti ini.
    ada baiknya di hapus yang selama ini bawa keresahan bahkan yang memang bermasalah pun KESULITAN konsentrasi untuk fokus benahi pelan pelan semua kekurangan luar dalam kehidupan nya hingga sangkutannya.

    — jangan mencampur adukkan kebenaran dengan kebatilan wahai pekerja bayaran ,
    Berkalimat : hutang dan tanggung jawab serta itikad baik.sedangkan aslinya hanya sekedar mencari makan dari penarikan yang sukses. Ingat , rem rem mulut dan ketikan hingga kedua tangan;kuasa. Semua tindakan menyakitkan bahkan masuk kategori dzalim ( yaitu memaksa ) ,takkan SUKSES dan begitu begitu saja hanya jadi pesuruh di seputar lintas itu. Karena mereka memilih di antara ratusan ribu/jutaan kerjaan ,bertahan dan memilih bekerja menjadi seperti itu

    Jauh lebih baik DC ,era dahulu
    Secara personal baik baik ,santun walau ada cara cara kadang2x memakai trik dan sensasi (penunjukkan)
    Itu pun walau berasalan ini itu, tetap ada unsur di masukkan cara push.( Dan trik )
    Surat tugas ; daftar target ,dan ….mungkin.
    Mancing tipuan apapun ingat jangan ada adegan di luar akhlak dan tutup mata akan adab ,
    Tidak dapat target harusnya berpikir bukan rezeki tapi TETAP akhlak dan jaga Adab.

  • 9 Maret 2023 - (23:23 WIB)
    Permalink

    ‘DC pun selalu menelpon kantor pusat yang kontaknya sama sekali tidak saya cantumkan.”

    Kalau memang begitu, berarti ada pencurian data pada hp anda.
    Coba cek-ricek sekali lagi apa ada nomor-nomor kantor yang anda simpan di hp?

    Kalau ada berarti iya ada pencurian data.
    Pelaku dapat dijerat menggunakan Pasal 67 ayat (1) dan (3) UU PDP yakni dengan ancaman pidana penjara maksimal 5 tahun dan/atau pidana denda maksimal Rp5 miliar.

    Jika memang benar-benar anda tidak menginformasikan nomor kantor anda ke pihak indodana, positif ada pencurian data melalui aplikasi tsb.

    Saran:
    – Gandeng LBH untuk proses hukum
    – Lapor langsung ke tingkat Polres/Polda.

    Urusan perdata diselesaikan secara perdata, tidak bisa dipidana apapun alasannya.
    Tapi kalau pihak kreditur melalui DC ada pengancaman yang berakibat anda mendapat ancaman pemecatan berarti masuk ke ranah pidana. Ini jadi bumerang bagi kreditur.

    Urusan hutang-piutang memang harus dilunasi, tapi lihat kondisi dulu apakah debitur mempunyai masalah diluar kemampuan atau tidak sehingga telat membayar, itu yang harus dipertimbangkan oleh kreditur apakah memperpanjang tenor atau apalah itu sehingga debitur mempunyai kesempatan untuk membayar sesuai nilai yang tertunggak.

 Apa Komentar Anda?

Ada 72 komentar sampai saat ini..

Penagihan DC Indodana ke Kantor

oleh yoga dibaca dalam: 1 menit
72