Surat Pembaca

Saya Kecewa dengan Astra Credit Companies

Saya debitur Astra Credit Companies (ACC), dengan nomor pelanggan: 0010017800179325, untuk kredit kendaraan Toyota Calya tahun 2018. Angsuran Rp2.839.000/bulan selama 60 bulan dan angsuran terakhir jatuh tempo pada tanggal 2 April 2023.

Selama masa kredit, terkadang saya melakukan pembayaran 2 kali dalam satu bulan, dengan harapan agar segera lunas. Pembayaran terakhir yang jatuh tempo tanggal 2 April 2023, telah saya bayarkan pada tanggal 19 September 2022, sehingga saya sudah tidak memiliki tagihan angsuran.

Akan tetapi ketika saya ingin mengambil BPKB pada tanggal 9 Maret 2023 di ACC Cabang Bintaro, saya dikenakan biaya keterlambatan pengambilan BPKB sebesar Rp555.000, dari biaya Rp5.000 setiap harinya. Padahal pada saat reservasi pengambilan BPKB via call center ACC, tidak ada pemberitahuan tentang biaya tersebut.

Saya menanyakan kepada CS ACC Bintaro, kenapa saya kena biaya keterlambatan pengambilan BPKB? Padahal pada perjanjian kredit pembayaran angsuran terakhir, baru akan jatuh tempo tanggal 2 April 2023. Kenapa saya yang bayar lebih awal malah dikenakan biaya Rp555.000? Bukannya kalau saya melakukan pengambilan BPKB setelah tanggal 2 April 2023 baru dinyatakan telat?

Akhirnya Cs ACC Bintaro memberikan solusi pemotongan biaya Rp100.000, jadi saya harus membayar Rp455.000. Dengan terpaksa saya melakukan pembayaran, karena jika ditunda akan terkena biaya Rp5.000/hari.

Saya sebagai debitur sungguh merasa dirugikan oleh sistem di ACC dan sangat kecewa. Karena saya membayar lebih awal, tapi justru dikenakan biaya tanpa ada teguran/pemberitahuan/konfirmasi dari pihak ACC kepada saya. Sering kali saya hanya mendapatkan telepon dan chat dari ACC, tapi hanya untuk penawaran pinjaman dana dan itu kadang sehari 2 kali dari orang yang berbeda-beda.

Demikian keluhan saya terhadap ACC. Sekian dan terima kasih.

Tarsan Suhadi
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Terimakasih atas komentarnya Bpk/ibu olivina.semoga kita selalu dalam keadaan sehat Aamiin.
    Perlu di pahami bahwa akad kredit saya jatuh tempo baru akan berakhir tgl 2 April 2023. Dan segala biaya termasuk asuransi.bunga dll dibebankan pada angsuran saya hingga tgl 2 April 2023.
    Jadi bukankah BPKB saya harusnya Aman dan masih tanggung jawab pihak ACC hingga tgl 2 April 2023.
    Karena saya tidak mengajukan percepatan perlunasan yg mana saya tidak mendapatkan potongan apapun dari angsuran saya.
    Jadi saya membayar sesuai jumlah yg disepakati pada akad kredit.
    Demikian pemahaman saya dan jika tidak berkenan saya minta maaf.
    Terimakasih

  • Sama saya juga kalau dengan ACC sih kurang begitu menyenangkan lebih lebih DC ny galak baru telat 1 hari saja uih..kayak cacing kepanasan..kendaraan saya jatuh tempo nya tiap tgl 27..dan kebetulan pada waktu itu tanggal 27 hari Minggu, saya pikir di maklum lah namanya hari libur siapa pula yg buka (kantor pos, leasing atau bank permata)..tapi pas hari Senin DC telepon ga kira jam 5.30 pagi sudah telepon kenapa telat bayar...jam 7 pagi tlp lagi, setiap 1 jam sekali dia tlp..ampun stress..sampai saya depan teller pun masih telepon..pengennya teriak sy disitu..saya mah kapok ambil kredit lagi disana..

  • Terima kasih,buat rekomendasi..jadi saya keluarga saudara saudara saya..berpikir ulang untuk ambil lewat leasing itu,bisa bisa kalau ada teman yg tanya kg jadi pertimbangan. Logikanya kalau 5000/ hari berarti ibaratnya 111 hari. Wah,biasanya kan 30 hari tidak diambil baru hari berikutnya kena biaya titipan per hari. Mohon dikoreksi bila salah.

  • Itulah knapa gw milih beli mobkas cash ketimbang cicil baru. Malas berurusan sama leasing yg ud bunga gede. Masa pelunasan dipercepat dan ambil bpkb sblum jatuh tempo dipalak jg. Ada lg kasus lain ud lunas tp bpkb nya blm ada. Dan leasing kagak bayar ganti rugi sperti kalo kita telat ambil

  • Malah biasanya konsumen yg dlu pernah saya biaya sewaktu masih bekerja diperusahaan pembiayaan yg ditanyakan dn paling krusial adalah apakah bpkb langsung keluar setelah dilunasi dn itu sbg nilai plus, klw ga langsung keluar biasanya mereka akan menarik kembali atas pengajuan pembiayaan tsb dn ga jadi. Dn skrg perusahaan yg dlu sy bernaung klw tdk salah 7hRi kerja baru keluar krn ditempatkan dikantor pusat di bsd. Mungkin itu biaya penitipan bpkb setelah dinyatakan lunas, jd biaya penitipan bpkb akan muncul klw sdh lunas dn bpkb blm diambil.