Saya Kecewa dengan Astra Credit Companies

Saya debitur Astra Credit Companies (ACC), dengan nomor pelanggan: 0010017800179325, untuk kredit kendaraan Toyota Calya tahun 2018. Angsuran Rp2.839.000/bulan selama 60 bulan dan angsuran terakhir jatuh tempo pada tanggal 2 April 2023.

Selama masa kredit, terkadang saya melakukan pembayaran 2 kali dalam satu bulan, dengan harapan agar segera lunas. Pembayaran terakhir yang jatuh tempo tanggal 2 April 2023, telah saya bayarkan pada tanggal 19 September 2022, sehingga saya sudah tidak memiliki tagihan angsuran.

Akan tetapi ketika saya ingin mengambil BPKB pada tanggal 9 Maret 2023 di ACC Cabang Bintaro, saya dikenakan biaya keterlambatan pengambilan BPKB sebesar Rp555.000, dari biaya Rp5.000 setiap harinya. Padahal pada saat reservasi pengambilan BPKB via call center ACC, tidak ada pemberitahuan tentang biaya tersebut.

Saya menanyakan kepada CS ACC Bintaro, kenapa saya kena biaya keterlambatan pengambilan BPKB? Padahal pada perjanjian kredit pembayaran angsuran terakhir, baru akan jatuh tempo tanggal 2 April 2023. Kenapa saya yang bayar lebih awal malah dikenakan biaya Rp555.000? Bukannya kalau saya melakukan pengambilan BPKB setelah tanggal 2 April 2023 baru dinyatakan telat?

Akhirnya Cs ACC Bintaro memberikan solusi pemotongan biaya Rp100.000, jadi saya harus membayar Rp455.000. Dengan terpaksa saya melakukan pembayaran, karena jika ditunda akan terkena biaya Rp5.000/hari.

Saya sebagai debitur sungguh merasa dirugikan oleh sistem di ACC dan sangat kecewa. Karena saya membayar lebih awal, tapi justru dikenakan biaya tanpa ada teguran/pemberitahuan/konfirmasi dari pihak ACC kepada saya. Sering kali saya hanya mendapatkan telepon dan chat dari ACC, tapi hanya untuk penawaran pinjaman dana dan itu kadang sehari 2 kali dari orang yang berbeda-beda.

Demikian keluhan saya terhadap ACC. Sekian dan terima kasih.

Tarsan Suhadi
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Astra Credit Companies:
[Total:134    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Saya Kecewa dengan Astra Credit Companies

    • 16 Maret 2023 - (17:43 WIB)
      Permalink

      kasus yg sama dan serupa
      bedanya saya kena 800 rb
      saya tercatat di ACC Naripan Bandung
      pembayaran tdk pernah telat , setelah lunas Memeng BPKB tdk langsung di ambil karena saya kerja di luar jawa , pas pengambilan BPKB dikenakan Biaya penyimpanan BPKB sebesar 800rb..
      dan ini GILA menurut saya.

      12
      1
      • 17 Maret 2023 - (09:04 WIB)
        Permalink

        masalahnya ini bukan pondok pesantren. bukan ceramah keagamaan. ini media konsumen. kalo mau ceramah keagamaan ada tempatnya.

        8
        1
      • 18 Maret 2023 - (11:58 WIB)
        Permalink

        Bentar, telat ngambil BPKB kena denda? Ada yang bisa menjelaskan? Maklum masih awam. Terima kasih

      • 17 Maret 2023 - (16:05 WIB)
        Permalink

        sorry nih sy ga pernah kerja di bank / perush leasing / kredit2an.
        cuman sy miris aja sama komentator netizen disini. yg sudah2, biasanya topik ginian banyak diisi komentar riba blablabla, yg mana tidak dibutuhkan. istilahnya orang lg kesusahan dia malah ceramah

    • 18 Maret 2023 - (13:23 WIB)
      Permalink

      Ga boleh kaya gitu kak, katanya negara denokrasi bolehlah org punyak hak ngomong apa, heheheeee…

    • 6 April 2023 - (18:33 WIB)
      Permalink

      Terimakasih Kasih kepada media konsumen yang telah memuat surat saya tentang keluhan saya terhadap Astra Credit Companies (ACC) tertanggal 16 Maret 2023

      Berkaitan dengan keluhan tsb dengan ini saya sampaikan bahwa:

      1 . Saya telah dihubungi oleh Bp Heru dan Bp Rizky dari pihak ACC yang telah memberikan penjelasan tentang keluhan saya dengan respon yang sangat baik.

      2.Pihak ACC akan menjadikan keluhan saya tsb sebagai masukan untuk bahan evaluasi guna perbaikan layanan sehingga kejadian tsb tidak akan terulang kembali.

      3.Pihak ACC telah memberikan solusi dengan melakukan Refund seluruh biaya yang telah dibebankan kepada saya

      Dengan demikian dan tanpa adanya paksaan dan tekanan dari pihak manapun maka keluhan tsb saya nyatakan sudah selesai.

      Demikian pernyataan saya dan saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyelesaian keluhan tsb.

      Hormat saya
      Tarsan Suhadi

  • 16 Maret 2023 - (17:37 WIB)
    Permalink

    Entah akal2an oknum pegawai atau memang sudah ketentuannya yg tidak tertuang dalam akad kreditnya.
    Hanya pegawai dan management yg tau…

    • 16 Maret 2023 - (18:16 WIB)
      Permalink

      Buset dah .klu kita terlambt byr taghn ditlp berulang2 dan dikenakan denda juga..lah ini kita ambl bpkb kita sndiri dikenakan biaya..

      • 16 Maret 2023 - (20:09 WIB)
        Permalink

        Klo tau gitu mending nabung deh, udah terkumpul beli cash, daripada nyicil, udah kena bunga, eh kena biaya siluman pula

        4
        1
  • 16 Maret 2023 - (18:36 WIB)
    Permalink

    Biaya penyimpanan BPKB udah dijadikan komoditi untuk pemerasan debitur. Sungguh keterlaluan cara2 mendapatkan uang haram bagi perusahaan

    10
    • 17 Maret 2023 - (06:21 WIB)
      Permalink

      aneh juga ya sistem nya, nasabah bayar maju malah kena beban lagi nasabah nagus malah kapok jadinya

  • 16 Maret 2023 - (19:03 WIB)
    Permalink

    Yang membuat saya miris jatuh tempo angsuran saya baru akan berakhir tgl 2 April 2023.Debitur bayar angsuran lebih cepat bukannya dapat reward tapi malah dipalak

    10
  • 16 Maret 2023 - (20:48 WIB)
    Permalink

    Kalau berfikir secara logika akal sehat semestinya saya ambil BPKB bukannya telat tapi justru maju karena kontrak kredit saya baru akan berakhir hingga 2 April 2023

    • 17 Maret 2023 - (10:41 WIB)
      Permalink

      Yg namanya lunas ya di itung pas dilunasin bukan di lihat jatuh temponya,contoh kalau kita mau ngajuain lagi setelah dilunasin tagihannya contoh besoknya kan bisa lagi karena sudah lunas mau tanggal berapa juga jatuh temponya

  • 16 Maret 2023 - (23:27 WIB)
    Permalink

    Mungkin dari pihak leasing menghitung biaya keterlambatan ambil BPKB start dari pembayaran angsuran terakhir Anda Pak,atau bbrp hari setelah nya..normatif nya memang jasa titip BPKB di kantor leasing setahu saya ada biaya perhari nya ( krn alasan keamanan,cost utk deposit box bpkb dsb )..sayang nya pihak leasing tdk menginfokan ke Bpk cost ini ( alpa/lupa/memang diseng*j* ) monggo disimpulkan sendiri ..

  • 17 Maret 2023 - (06:33 WIB)
    Permalink

    Terimakasih Kasih bapak Akhiri atas komentarnya.semoga kita selalu dalam keadaan sehat.Aamiin.
    Bukankah cost titip BPKB tsb telah tercover pada setiap angsuran saya hingga 2 April 2023.
    Kecuali saya mengajukan percepatan perlunasan dan mendapatkan potongan pembayaran atas bunga atau biaya biaya lain yang belum jatuh tempo termasuk biaya titip BPKB.

    • 17 Maret 2023 - (12:55 WIB)
      Permalink

      pengalaman pakai ACC :
      1. kena getok biaya kolektor 1,5 juta, katanya krn sdh terbit SP3 lantaran telat 3 bulan.
      2. bayar lewat kasir ACC kena getok biaya 50 ribu. Karena bayar selain lewat kasir tidak bisa lantaran akunnya diblokir, jadi ga bisa bayar misalnya lewat m-banking, marketplace. ACC PICIK banget cari duit meres debitur dgn cara getok biaya.

      Ketika sy bandingkan leasing lain yaitu BFI sy katakan bhw telat juga 3 bln bahkan hitungan hari telatnya lebih byk dr pd ACC dan bukti bayar BFI sy kirimkan WA tapi si KOLEKTOR cuma katakan bahwa Pak, Kami adalah ACC, itu saja..

      Maka berhati lah dalam memilih leasing, ini bukan iklan atw sy angkat² leasing tertentu ttp memang seperti itu kenyataannya.

      Smg jadi pelajaran khususnya buat sy pribadi dan umumnya buat pembaca

      Thanks

  • 17 Maret 2023 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Lunas september 2022 baru ambil maret 2023. Mmm.. lama banget bang ambil BPKBnya. Itu barang berharga lho. Lain kali beli kendaraan bermotor ketika sudah lunas atau dikabarkan bpkb ready segera ambil. Alhamdulillah itu bpkb masih ada. Dan wajar kalau dikenakan biaya deposit.

  • 17 Maret 2023 - (19:56 WIB)
    Permalink

    Tetap berhati” menggunakan ACC Finance saya sendiri customer yang sangat amat kecewa dengan pelayanan yg kurang memuaskan dari ACC Finance yang memberikan janji tidak sesuai yg di jelaskan di awal waspada.

  • 17 Maret 2023 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Terimakasih atas komentarnya Bpk/ibu olivina.semoga kita selalu dalam keadaan sehat Aamiin.
    Perlu di pahami bahwa akad kredit saya jatuh tempo baru akan berakhir tgl 2 April 2023. Dan segala biaya termasuk asuransi.bunga dll dibebankan pada angsuran saya hingga tgl 2 April 2023.
    Jadi bukankah BPKB saya harusnya Aman dan masih tanggung jawab pihak ACC hingga tgl 2 April 2023.
    Karena saya tidak mengajukan percepatan perlunasan yg mana saya tidak mendapatkan potongan apapun dari angsuran saya.
    Jadi saya membayar sesuai jumlah yg disepakati pada akad kredit.
    Demikian pemahaman saya dan jika tidak berkenan saya minta maaf.
    Terimakasih

  • 18 Maret 2023 - (06:00 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga kalau dengan ACC sih kurang begitu menyenangkan lebih lebih DC ny galak baru telat 1 hari saja uih..kayak cacing kepanasan..kendaraan saya jatuh tempo nya tiap tgl 27..dan kebetulan pada waktu itu tanggal 27 hari Minggu, saya pikir di maklum lah namanya hari libur siapa pula yg buka (kantor pos, leasing atau bank permata)..tapi pas hari Senin DC telepon ga kira jam 5.30 pagi sudah telepon kenapa telat bayar…jam 7 pagi tlp lagi, setiap 1 jam sekali dia tlp..ampun stress..sampai saya depan teller pun masih telepon..pengennya teriak sy disitu..saya mah kapok ambil kredit lagi disana..

  • 18 Maret 2023 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Terima kasih,buat rekomendasi..jadi saya keluarga saudara saudara saya..berpikir ulang untuk ambil lewat leasing itu,bisa bisa kalau ada teman yg tanya kg jadi pertimbangan. Logikanya kalau 5000/ hari berarti ibaratnya 111 hari. Wah,biasanya kan 30 hari tidak diambil baru hari berikutnya kena biaya titipan per hari. Mohon dikoreksi bila salah.

  • 18 Maret 2023 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Itulah knapa gw milih beli mobkas cash ketimbang cicil baru. Malas berurusan sama leasing yg ud bunga gede. Masa pelunasan dipercepat dan ambil bpkb sblum jatuh tempo dipalak jg. Ada lg kasus lain ud lunas tp bpkb nya blm ada. Dan leasing kagak bayar ganti rugi sperti kalo kita telat ambil

  • 18 Maret 2023 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Malah biasanya konsumen yg dlu pernah saya biaya sewaktu masih bekerja diperusahaan pembiayaan yg ditanyakan dn paling krusial adalah apakah bpkb langsung keluar setelah dilunasi dn itu sbg nilai plus, klw ga langsung keluar biasanya mereka akan menarik kembali atas pengajuan pembiayaan tsb dn ga jadi. Dn skrg perusahaan yg dlu sy bernaung klw tdk salah 7hRi kerja baru keluar krn ditempatkan dikantor pusat di bsd. Mungkin itu biaya penitipan bpkb setelah dinyatakan lunas, jd biaya penitipan bpkb akan muncul klw sdh lunas dn bpkb blm diambil.

 Apa Komentar Anda mengenai Astra Credit Companies?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Saya Kecewa dengan Astra Credit Companies

oleh Tarsan Suhadi dibaca dalam: 1 menit
36