Saya Kecewa dengan Astra Credit Companies

Saya debitur Astra Credit Companies (ACC), dengan nomor pelanggan: 0010017800179325, untuk kredit kendaraan Toyota Calya tahun 2018. Angsuran Rp2.839.000/bulan selama 60 bulan dan angsuran terakhir jatuh tempo pada tanggal 2 April 2023.

Selama masa kredit, terkadang saya melakukan pembayaran 2 kali dalam satu bulan, dengan harapan agar segera lunas. Pembayaran terakhir yang jatuh tempo tanggal 2 April 2023, telah saya bayarkan pada tanggal 19 September 2022, sehingga saya sudah tidak memiliki tagihan angsuran.

Akan tetapi ketika saya ingin mengambil BPKB pada tanggal 9 Maret 2023 di ACC Cabang Bintaro, saya dikenakan biaya keterlambatan pengambilan BPKB sebesar Rp555.000, dari biaya Rp5.000 setiap harinya. Padahal pada saat reservasi pengambilan BPKB via call center ACC, tidak ada pemberitahuan tentang biaya tersebut.

Saya menanyakan kepada CS ACC Bintaro, kenapa saya kena biaya keterlambatan pengambilan BPKB? Padahal pada perjanjian kredit pembayaran angsuran terakhir, baru akan jatuh tempo tanggal 2 April 2023. Kenapa saya yang bayar lebih awal malah dikenakan biaya Rp555.000? Bukannya kalau saya melakukan pengambilan BPKB setelah tanggal 2 April 2023 baru dinyatakan telat?

Akhirnya Cs ACC Bintaro memberikan solusi pemotongan biaya Rp100.000, jadi saya harus membayar Rp455.000. Dengan terpaksa saya melakukan pembayaran, karena jika ditunda akan terkena biaya Rp5.000/hari.

Saya sebagai debitur sungguh merasa dirugikan oleh sistem di ACC dan sangat kecewa. Karena saya membayar lebih awal, tapi justru dikenakan biaya tanpa ada teguran/pemberitahuan/konfirmasi dari pihak ACC kepada saya. Sering kali saya hanya mendapatkan telepon dan chat dari ACC, tapi hanya untuk penawaran pinjaman dana dan itu kadang sehari 2 kali dari orang yang berbeda-beda.

Demikian keluhan saya terhadap ACC. Sekian dan terima kasih.

Tarsan Suhadi
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Astra Credit Companies?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Saya Kecewa dengan Astra Credit Companies

oleh Tarsan Suhadi dibaca dalam: 1 menit
36