Surat Pembaca

Bank Mandiri Memblokir Rekening Sepihak Tanpa Konfirmasi ke Nasabah, Terkait Tagihan Kartu Kredit yang Macet 4 Tahun yang Lalu

Pada hari Kamis 16 Maret 2023, saat saya rekening Bank Mandiri saya pada pukul 9 pagi, betapa kagetnya saya karena tiba-tiba saldo saya jadi nol dan ada tulisan saldo tertahan Rp10 juta sekian. Padahal waktu pukul 7 pagi, saya masih bisa melakukan penarikan Rp900 ribu.

Ternyata saldo saya dibekukan karena ada tanggungan tagihan kartu kredit lama, yang belum terselesaikan. Karena saya kehilangan pekerjaan sebelumnya dan terdampak covid, sehingga saya berhenti mencicil.

Kemudian saya langsung datangi pihak Bank Mandiri untuk konfirmasi dan saya diminta membayar sesuai pokoknya saja (Rp3 juta). Namun karena saya gak mampu, saya minta dicicil. Namun tidak bisa, alasannya saya dulu pernah mengajukan keringanan dan gagal bayar, jadi harus bayar penuh Rp3 juta sekarang.

Bagaimana mau bayar kalau saldo saya saja dibekukan? Belum lagi kalau misalkan pelunasan Rp3 juta, nanti surat pelunasan keluar 7 hari kemudian. Kenapa harus menunggu 7 hari? Sedangkan pihak bank saja minta pelunasan dalam tempo 2 hari. Sungguh tidak fair menurut saya. Mendingan jangan buka rekening di Bank Mandiri, pelayanannya gak bagus!

Etty Januar Afsari
Semarang, Jawa Tengah


Update (27 Maret 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bank Mandiri sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Ibu Etty Januar Afsari

Menanggapi pengaduan Ibu Etty Januar Afsari melalui media konsumen terkait dengan tagihan Mandiri Kartu Kredit Ibu, kami mohon maaf atas...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • sah sah aja kan anda masih punya hutang kalo mandiri blokir dana itu bisa saja , dan gak hanya mandiri semua bank sama saja , intinya lunasi hutangnya percuma anda koar koar sedangkan anda gagal bayar , apapun dalil anda intinya hutang segera dibayar.

  • Bikin baru aja lagi rek mandiri nya, pasti nanti diblokir lagi. Salah cari musuh, mereka bukan pemain tapi pelatih

  • Saya nasabah mandiri dari jaman 2001 gak ada masalah berarti. Ya iyalah mana mau aku pake cc. Dulu pernah dikirimin cc, itu juga atas persetujuan saya. Endingnya gak dipake, dan gak kerasa 1 tahun berlalu dan saya harus bayar biaya tahunan. Itu saya minta tolong via telpon ke cs mandiri, langsung dilayani dengan baik, cc di nonaktifkan dan saya tidak perlu membayar biaya tahunan karena terbukti saya tidak pernah pakai. Mungkin daripada nunjuk pihak mandiri yang salah. Pengadu ngaca dulu. Ada salah apa ya saya? Jangan maling teriak maling. Orang pengutang semua habitnya hampir sama. Minta utang cepet, bayar utang kalau bisa sampe mati juga gak bayar. Ilangin deh ya sifat2 begitu. Gak baik.

  • Kalo tidak ada aksi premanisme, wajar ya dengan kejadian seperti ini.
    Kalo yg namanya pelunasan harus sekaligus, kalo di cicil ya konsisten di cicil ringan.

    Jadi aturan yang membuat hutang ke bank gak lunas2.

    Saran, jangan ngutang2, jangan tergiur tawaran sales dgn promo gono gini, yg namanya nasib bisa buruk seketika

  • Bayarlah buuuu...utang cuma 3 jt aja kaburrrr gimana klo ngutang puluhan jt...hadohhhh amsiong orang model begini...

  • Bank, tanpa perlu pembuktian lagi dipengadilan udah berhak memblokir , mendebet saldo rekening sidebitur kalau sdh wan prestasi artinya sudah lalai dri kewajiban. Kalau dia keberatan di blokir silahkan laporkan kepengadilan nanti dibuktikan siapa yg benar siapa yg salah. Bukan bank yg membawa kepengadilan tapi dialah yg lapor kalau bank ada pelanggaran.

    • Ini orang miskin, kak. Jangankan bayar pengacara utk k pengadilan, bayar pokok 3jt aja gak bisa kok. Wkwk

      • Jgn terlalu gampang menghakimi seblm bertanya sm diri sendiri apkh lbh mampu atau tdk ??ngaku puasa tp cm puasa di mulut (tdk makan & minum)tp hati dengki,ngaku puasa biar modal minta THR ya??

  • Ga cuman mandiri aja yg ngelakuin saldo di blokir, semua bang juga sama ngelakuinnya. Apalagi rek nasabah yg lama dah ga aktif, nasabah bikin baru lagi nomor rek. Ya melacak lewat nik. Nasabah tertunggak di atas 1thn itu dah di cap. Nasabah nakal ga mau nge lunasin / mangkir. Di dunia collection.