Bank Mandiri Memblokir Rekening Sepihak Tanpa Konfirmasi ke Nasabah, Terkait Tagihan Kartu Kredit yang Macet 4 Tahun yang Lalu

Pada hari Kamis 16 Maret 2023, saat saya rekening Bank Mandiri saya pada pukul 9 pagi, betapa kagetnya saya karena tiba-tiba saldo saya jadi nol dan ada tulisan saldo tertahan Rp10 juta sekian. Padahal waktu pukul 7 pagi, saya masih bisa melakukan penarikan Rp900 ribu.

Ternyata saldo saya dibekukan karena ada tanggungan tagihan kartu kredit lama, yang belum terselesaikan. Karena saya kehilangan pekerjaan sebelumnya dan terdampak covid, sehingga saya berhenti mencicil.

Kemudian saya langsung datangi pihak Bank Mandiri untuk konfirmasi dan saya diminta membayar sesuai pokoknya saja (Rp3 juta). Namun karena saya gak mampu, saya minta dicicil. Namun tidak bisa, alasannya saya dulu pernah mengajukan keringanan dan gagal bayar, jadi harus bayar penuh Rp3 juta sekarang.

Bagaimana mau bayar kalau saldo saya saja dibekukan? Belum lagi kalau misalkan pelunasan Rp3 juta, nanti surat pelunasan keluar 7 hari kemudian. Kenapa harus menunggu 7 hari? Sedangkan pihak bank saja minta pelunasan dalam tempo 2 hari. Sungguh tidak fair menurut saya. Mendingan jangan buka rekening di Bank Mandiri, pelayanannya gak bagus!

Etty Januar Afsari
Semarang, Jawa Tengah


Update (27 Maret 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bank Mandiri sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Ibu Etty Januar Afsari

Menanggapi pengaduan Ibu Etty Januar Afsari melalui media konsumen terkait dengan tagihan Mandiri Kartu Kredit Ibu, kami mohon maaf atas...
Baca Selengkapnya

133 komentar untuk “Bank Mandiri Memblokir Rekening Sepihak Tanpa Konfirmasi ke Nasabah, Terkait Tagihan Kartu Kredit yang Macet 4 Tahun yang Lalu

    • 22 Maret 2023 - (08:40 WIB)
      Permalink

      Untung hutang ke bank, kalau ke orang angkanya tetap , gak jelas balikinnya, kalau ke bank jelas tuh jatuh tempo dan bunganya

      • 22 Maret 2023 - (12:02 WIB)
        Permalink

        Ajukan aja bikin laporan polisi itu masuk ranah pidana kena pasL378/372 pihak bank nya,seperti pengalaman kami muntah tuh pihak bank digugat nasabah wlpun utang jgn begitu caranya sama aja menggelapkan uang nasabah pakai prosedur etika yg jelas jgn konyol tindakan nya,smpi sidang di pengadilan juga nasabah menang urang 3jt kami juga pihak bank malah dgugat sama kami 1Miliar muntah 500jt ngajak damai terancam pembekuan operasional nya,tindakan yg paling gegabah Tdk semua nasabah bodoh hukum menimpa orang ngerti hukum jadi kasus besar hilang kepercayaan nasabah,sudah ada itikad baik juga mau mencicil itu bentuk kooperatif tanggung jawab secara hukum itu ada solusi penyidik polisi pun berharap demikian,jgn takut perbankan yg gegabah dgn aturan sendiri gugat secara pidana minta pendampingan hukum pakai lawyer biar berhadapan dgn legal hukum pihak bank nya

        14
        9
        • 22 Maret 2023 - (13:34 WIB)
          Permalink

          @Nandang. Hati2 mas/mbak. Apakah anda uda siap di bully. Byk akun2 yg suka komen bodoh. Mereka tdk paham yg namanya Rule Of Law. Lbh parah nya dikasi perspektif yg berbeda malah dituduh tukang hutang.
          .
          Mereka tdk tau, hampir tiap minggu ada saja gugatan antara nasabah dgn bank. Nasabah yg menggugat bank adlh nasabah yg paham hukum yg tdk bisa diperlakukan semena2. Sedangkan bank yg menggugat nasabah krn mereka tdk berani menggunakan cara2 melanggar hukum pd nasabah tsb sehingga menempuh proses pengadilan utk menyelesaikan sengketa tsb.

          Tapi namanya akun2 bodoh, hidup mereka minim pengetahuan, dikasi suatu kebenaran malah di bully. Akhirnya ya bodoh terus.

          6
          1
          • 23 Maret 2023 - (10:49 WIB)
            Permalink

            Anda paham hukum? Coba deh uraikan dasar2 untuk mengajukan gugatan oleh penulis… Sekalian pembelajaran buat akun2 bodoh yg ada disini, termasuk saya yg masih bodoh…. Mungkin saja kebodohan saya sbg praktisi hukum bs berkurang setelah lihat komentar anda yg PINTAR

            2
            1
          • 23 Maret 2023 - (15:14 WIB)
            Permalink

            Anda paham hukum? Coba deh uraikan dasar2 untuk mengajukan gugatan oleh penulis… 

            Jawab : dari awal komentar saya sampai akhir di thread ini, saya ga pernah sekalipun menulis agar ts mengajukan gugatan.

            Yg saya tulis adalah tata cara blokir rekening nasabah yg benar. Bahwa bank hrs terlebih dahulu membuktikan PMH debitur di muka pengadilan atau ada permintaan aparat penegak hukum dgn nasabah tsb berstatus tersangka.

            Sekali lagi, saya tdk pernah membahas hal lain selain hal itu apalagi persoalan ts nunggak. Bukan hak saya utk menghakimi ts benar atau salah.

            Tapi krn anda mengaku sbg praktisi hukum, saya ngaku kalah dan nyerah, krn saya bukan praktisi hukum. Tentu nya pandangan seorang praktisi hukum lbh berkompeten dibanding yg bukan praktisi hukum. Salam sukses selalu

            1
            2
          • 23 Maret 2023 - (15:32 WIB)
            Permalink

            https://www.hukumonline.com/klinik/a/tak-bayar-utang-kredit–bolehkah-bank-blokir-rekening-nasabah-lt54851cd0a39e3/
            silakan dibaca2 link ini.
            inti yg bisa sy dapatkan adalah:
            Bila ada ketentuan yang memberikan hak kepada bank untuk memblokir rekening simpanan milik penerima kredit pada bank, sah2 saja, bank berwenang.
            Sebaliknya bila ga ada ketentuan ini, bank perlu melakukan penagihan atau somasi sebelum mengambil tindakan pemblokiran sehingga nasabah tersebut dinyatakan wanprestasi.
            Baca lagi ya pakar hukum 🙂 yg anda anggap bodoh, belum tentu bodoh.

          • 23 Maret 2023 - (15:37 WIB)
            Permalink

            https://www.kartubank.com/2019/12/rekening-diblokir-tidak-bayar-kartu-kredit.html
            dari link ini ada keadaan dimana bank tidak diperbolehkan memblokir:
            1. Kartu kredit tidak pernah diterima oleh pemohon tetapi iuran tahunan terus berjalan, bunga, denda dan lainnya terus berjalan tanpa diketahui oleh pemohon. Atau diketahui oleh pemohon tapi diacuhkan karena merasa tidak pernah menerima kartu kredit tersebut.
            2. Proses penutupan kartu tidak diproses. Biasanya pemegang kartu sudah meminta penutupan kartu kreditnya dan dijanjikan akan tutup atau diinfokan akan dihubungi lagi. Tetapi ternyata kartu kredit itu tidak ditutup yang berakibat munculnya tagihan baru dari biaya-biaya kartu.
            3. Salah hitung nominal perlunasan. Petugas bank adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Kesalahan ini bisa dilakukan oleh call center, team penutupan kartu atau oleh collection. Biasanya mereka akan menghubungi untuk konfirmasi ulang, tapi nasabah yang sudah memegang informasi awal tidak mau peduli.
            4. Tagihan dari transaksi Fraud. Pemegang kartu tidak pernah melakukan transaksi tapi status kartu kreditnya tiba-tiba sudah macet.

            diluar dari 4 kondisi di atas, pemakai kartu kredit dipahami bahwa ia memakai kartu kredit atas dasar kesadaran diri, bila terjadi penunggakan, bank berhak, sangat berhak utk menahan dana di rekening berdasarkan pasal 12 ayat 1 peraturan bank Indonesia Nomor 2/19/PBI/2000 dan Undang Undang No 8 Tahun 1981 pasal 1 angka 14.

          • 23 Maret 2023 - (16:38 WIB)
            Permalink

            Herwin. Hmm… apakah anda mau bilang Majelis Hakim yg memeriksa perkara @Nandang telah keliru dlm memutus perkara dgn memenangkan nasabah dan menghukum bank ganti rugi sampai bank minta damai (bila apa yg ditulis @Nandang benar).
            Sependek pengetahuan saya, putusan Majelis Hakim hrs dan wajib dianggap benar. Dan putusan Hakim wajib dilaksanakan dan setara dgn Undang2. Bahkan putusan yg telah berkekuatan hukum tetap sampai kasasi bisa menjadi Yurisprudensi.

            Btw. Saya ga pernah mengaku pakar hukum, ahli hukum, lawyer atau apapun itu. Bahkan ada yg pernah menyebut saya lawyer disini saya tolak. Krn saya org awam yg blm memiliki gelar sarjana hukum.

            Satu hal. Artikel yg anda posting adalah tulisan berupa opini masing2 org. Setiap org berhak menulis apapun dan posting apapun di internet. Sayangnya artikel tsb tdk memuat dasar hukum utk memperkuat argumen, misalnya bank berhak blokir rek karena tunggakan hutang krn nasabah telah dianggap setuju. Dasar hukum utk melakukan ini ada dimana ?

            Tetapi yg pasti putusan Majelis Hakim yg diceritakan @Nandang (bila benar) merupakan putusan yg setara dgn undang2 yg wajib dipatuhi.

            Anyway saya dari kmaren sudah blg anda yg menang, saya kalah. Tapi kok ga puas2 ya wkwkwk ???. Udah bro. Hentikan debat ini. Yakini saja yg anda anggap benar. Peace ✌

            1
            1
          • 23 Maret 2023 - (16:42 WIB)
            Permalink

            Herwin. Kalau mau lanjut debat sama @Nandang saja ya. Silahkan tanya aja sama dia knp dia bisa mendapat putusan demikian. Mgkn @Nandang bisa menjawab krn dia lgsg mengalaminya.
            Jgn debat sama saya lg krn saya ngaku kalah.

            1
            1
          • 23 Maret 2023 - (18:49 WIB)
            Permalink

            Herwin.
            Oh ya ada tulisan saya yg kepotong. Anda mengutip 2 pasal :
            pasal 12 ayat 1 peraturan bank indonesia nomor 2/19/pbi/2000

            Jawab : pasal ini hanya menegaskan bila bank hendak melakukan blokir rekening nasabah, maka tdk perlu minta izin pimpinan BI.

            Jadi bukan memberikan hak melakukan blokir ya. Blokir tetap saja hrs mengikuti aturan hukum yg berlaku.

            Kemudian anda mengutip pasal ini
            undang undang no 8 tahun 1981 pasal 1 angka 14.

            Jawab : ini ya pasal yg mengatur tata cara blokir rekening nasabah yg berstatus tersangka

            Kalau memang motivasi anda mau belajar. Coba baca ini

            https://www.kennywiston.com/bolehkan-pemblokiran-rekening-oleh-pihak-bank-dilakukan-kepada-nasabah-yang-tidak-membayar-hutang/

            Coba lah melihat dari sudut pandang yg lain.

            Kepada para pembaca yg paham hukum, bila ada kesalahan saya dlm segala penulisan mohon maklum adanya krn saya saat ini blm lulusan hukum.

            Tapi saya yakin para pembaca yg budiman/silent reader yg netral, tdk ada unsur kebencian, memiliki literasi akan menilai setiap tulisan kita secara objektif.

          • 24 Maret 2023 - (00:40 WIB)
            Permalink

            Nah loh, di tantang tuh sama yg ngerti hukum.
            Gaya2an ngomongin soal UU atau semacamnya, lalintas aj ga lo patuhi.

        • 23 Maret 2023 - (10:47 WIB)
          Permalink

          Anda gugat perdata apa lapor pidana? Kok psl 378/372 dibawa2 tapi yg anda uraikan selanjutnya kaya proses perdata? Pdhal pasal yg anda sebut2 itu dari KUHP…. BTW, ga semua masalah dengan bank bs anda gugat…… Saya praktisi hukum, dan menurut saya apa yg penulis hadapi ga bs seenaknya diajukan ke pidana, karena kesalahan muncul dari penulis lebih dahulu yg ingkar janji, sudah dikasih keringanan mencicil, tapi hanya mencicil sekali terus ngilang….. Ada Undang-Undang Perbankan dalam kasus penulis yang menjadi Undang-Undang khusus, jadi ga bisa dibawa2 ke Undang-Undang yg umum yah (KUHP atau KUHPERdata)…..

          4
          1
        • 23 Maret 2023 - (11:45 WIB)
          Permalink

          Biasakan, Pak, kalau menulis kalimat, gunakan ejaan yang baik dan benar! Saya pusing membacanya.

          • 24 Maret 2023 - (11:48 WIB)
            Permalink

            Tunggakan 3 juta sebenarnya ringan kalau diniatkan untuk dibayar. Tinggal anda sisihkan dari gaji & insentif dari tempat bekerja yang sekarang dan jangan ambil Pinjol2 dulu sebelum hutang yang lama diselesaikan.
            Pinjam kas bon di perusahaan juga bisa utk membayar tunggakan hutang dulu.

        • 23 Maret 2023 - (12:48 WIB)
          Permalink

          Tapi dari konsumennya tuh pernah ajuin keringanan tapi juga gagal bayar. Berarti gaada niat dari konsumen yg mau niat bayar. Pas di blokir terus kalimatnya “gimana mau bayar kalo rekening di blokir dan ga fair” jangan diputar seolah pelaku jadi korban, korban jadi pelaku. Ga semua case yg dialamin situ juga sama kaya yg dialaim org tsb

    • 23 Maret 2023 - (23:31 WIB)
      Permalink

      Buat TS, sebaiknya baca atau share dulu perjanjian cc anda, apabila ada klausul bank boleh blokir maka udah pasti anda lemah dipengadilan.
      Karena bank ga boleh blokir apabila tidak tertuang dalam perjanjian.

      Bank sudah pasti tidak diperbolehkan untuk blokir rekening orang lain yang dipadukan oleh orang lain

      Bank boleh memblokir rekening kita sendiri yang kita adukan sendiri.

      Dan satu hal lagi. Bayar saja hutang mu sekaligus sama bunga dan denda sebagai bukti kalau kamu memang responsible person. There is no such free lunch

  • 21 Maret 2023 - (10:12 WIB)
    Permalink

    Untung aja minjem ke bank, coba kalau minjem ke temam atau saudara. Bisa modar itu peminjem, udah 4 thn blm dibalikin.

    20
    1
    • 21 Maret 2023 - (11:08 WIB)
      Permalink

      jadi ingat kasus orang yg hutang ke bank mega 4 tahun nggak dibayar-bayar. ditagih debt collector ke kantor, trus bikin surat ke mk.

      18
      • 21 Maret 2023 - (14:38 WIB)
        Permalink

        ah yang itu ya, gw sering ketuker sama cerita orang punya KK ga bsa bayar ngemis2 ke MK buat keringan…
        bank Mega jga…

        kebanyakan sih ceritanya…

      • 22 Maret 2023 - (06:18 WIB)
        Permalink

        Mantab, yg sudah dilakukan bank mandiri sudah tepat. Dh berutang masih bilang ngak fair? ??

    • 23 Maret 2023 - (10:38 WIB)
      Permalink

      wah om, temen sy pinjem 3jt udah 12 tahun ga balikin malah, udah males nagihnya, pdhl orgnya mampu kok.

  • 21 Maret 2023 - (10:28 WIB)
    Permalink

    Di Saldo ada Rp 10jt an, kenapa ga ingat utang yg sudah 4th lalu yaa..?? Harusnya langsung dibayar tuh yg Rp 3jt

    18
    1
    • 21 Maret 2023 - (14:57 WIB)
      Permalink

      Bukannya gak dibayar sdh dibayar 1,5jt dr hutang cc 3jt trus kehilangan pekerjaan sama pandemi ga bs bayar lg 1,5jt sisanya dan berbunga kembali jd 10jt sekian bukan saldo nya yg 10jt,dan sy tanyakan kembali ke pihak banknya uang yg dulu sy sdh pernah bayarkan 1,5jt itu dianggap hilang ya sy gak mau dong klo itu dianggap hilang wong sy sdh nyicil separuh masih kurang separuh nya kok dianggap hilang trus disuruh bayar lagi 3jt

      2
      16
      • 22 Maret 2023 - (11:07 WIB)
        Permalink

        Masih mnding kak kalo cm di suruh bayar pokok 3jt, setau sy kalo udh dpt keringanan, trs gak bs memenuhi, keringanan itu akan dibatalkan dan harus bayar sekaligus semua termasuk bunga dan denda. Mana bs bayar setengah trs 4 tahun kemudian cm mau bayar setengahnya lg. Ini utang ke bank lho, bukan utang ke org, gak sesederhana itu.

      • 22 Maret 2023 - (12:45 WIB)
        Permalink

        Pada hari Kamis 16 Maret 2023, saat saya rekening Bank Mandiri saya pada pukul 9 pagi, betapa kagetnya saya karena tiba-tiba saldo saya jadi nol dan ada tulisan saldo tertahan Rp10 juta sekian. Padahal waktu pukul 7 pagi, saya masih bisa melakukan penarikan Rp900 ribu.

        Ternyata saldo saya dibekukan karena ada tanggungan tagihan kartu kredit lama, yang belum terselesaika
        Lah jelas2 nulis saldo tertahan. Wkwkwk

      • 22 Maret 2023 - (14:49 WIB)
        Permalink

        Trimakasih atas infonya,cm yg sy herankan di aplikasi livin itu ada tulisan saldo tertahan 10jt sekian pdhl sy tdk ada uang sebanyak itu krn jelas2 di print out buku rekening tertera hanya 4jt

        1
        3
        • 23 Maret 2023 - (04:05 WIB)
          Permalink

          Stlh di serang sana sini, ngakunya saldonya cm 4jt, pdhl itu tdk anda tuliskan di atas.
          Nyari pembelaan apa lagi anda ini

          • 5 April 2023 - (07:45 WIB)
            Permalink

            Jangan di tiru. Contoh orang yang tidak jujur. Dia sendiri yg tulis saldo. Pas di tanya jawaban nya lain lagi.

        • 23 Maret 2023 - (09:01 WIB)
          Permalink

          Yakin saldo cuma 4jt??? Kok di artikelnya nulis : ada tulisan saldo tertahan Rp10 juta sekian….
          Udah sih, dah dikasih keringanan 4 tahun ga bayar, kalaupun DULU pernah bayar 1,5jt terus skr disuruh bayar pokok 3jt ya anggap aja yg 1,5jt itu bunga ke bank karena anda ga bayar2 tagihan 4 thn….
          BTW, Covid-19 mulai awal 2020 loh, baru 3 tahun yg lalu….. Kok anda nunggaknya sudah 4 tahun????

      • 23 Maret 2023 - (08:43 WIB)
        Permalink

        Hati” bu jika membuat keluhan di media membawa nama perusahaan, apalagi memang sudah tau ada kesalahan anda juga. Dipikir lagi biar tidak merugikan diri sendiri juga nantinya? kalau butuh diskusi, bisa dg orang” sekitar di dekat anda, kenalan, atau keluarga.

  • 21 Maret 2023 - (10:31 WIB)
    Permalink

    Di syarat ketentuan kartu kredit sudah tertulis bank bisa menahan saldo.
    Itu ada saldo 10jt kenapa dibayarkan saja supaya lunas, apalagi sudah 4 tahun.
    Surat lunas 7 hari tidak apa-apa daripada pihak bank menunggu 4 tahun belum dilunasi.
    Setahu saya di bank lain juga sama, bank bisa menahan saldo.
    Saran saya dilunasi saja, kan saldonya cukup untuk bayar 3jt.

    12
    1
  • 21 Maret 2023 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Selama pagi pak, saya dari bank mandiri .
    Saya mau konfirmasi, boleh pak ya saya mendebit saldo bapak buat bayar hutang kartu kredit bank mandiri yg sudah 4 tahun?
    Mohon dibalas konfirmasinya.

    Oh iya pak, sebntar pak ya jangan didebit dulu, saya tarik dulu uang diatm biar direkening kosong.

    18
    3
  • 21 Maret 2023 - (11:02 WIB)
    Permalink

    Ngaca dong TS biar pinter. Anda pinjem duit jutaan udah 4 tahun gak bayar bayar. Dari cerita Anda diatas, Anda dulu pernah meminta keringanan & pihak Bank menyutujui namun Anda ingkar janji. Giliran Ada Dana & di tahan Anda marah marah merasa gak punya salah. Contoh manusia model seperti ini yang mau menang sendiri, amit amit saya kalo punya saudara atau tetangga watak model ginian.

    Sudah ditolong, bukannya balas budi.

    28
    4
      • 22 Maret 2023 - (14:09 WIB)
        Permalink

        Lah, suka2 bank jg dong nahan saldonya karena utang 4 thn ga di bayar. Kaum ngutangers ya?

      • 23 Maret 2023 - (09:57 WIB)
        Permalink

        Coba cek di syarat dan ketentuan pembuatan rekening bank mandiri/pembuatan cc.. Seharusnya kalau memang bank mandiri berani melakukan pemblokiran rekening berarti ada klausul nya..
        Dan jika ada berarti BM tidak melakukan kesalahan

    • 21 Maret 2023 - (13:17 WIB)
      Permalink

      Bisa dibayar di cs banknya, nanti dari cs didampingi bayar di teller. Kemudian rek beku bisa langsung dibuka lagi.
      Saya pernah alami hal ini.

    • 21 Maret 2023 - (13:56 WIB)
      Permalink

      Bukannya tdk ingat hutang dulu hutang cc cm 3jt trus sdh sy cicil 1,5jt tinggal kurang 1,5jt sy ga bs bayar krn kehilangan pekerjaan dan kena imbas pandemi jg perusahaan koleps dan baru bs kerja kembali belum lama ini dan pembayaran gaji via rekening mandiri sebelum nya msh ngak pa2 tau2 di bekukan sepihak dan sy ditlp utk membayar kembali sebesar 3jt lg trus sy tanyakan lha cicilan sy yg 1,5jt dulu gimana hitungannya katanya itu sdh hilang ngak berlaku lg kok enak sekali ya jwbnya mereka bank ngak mau rugi sy jg ngak mau rugi dong dan lagian 10jt itu bukan saldo tabungan sy tp hutang CC yg msh kurang 1,5jt jd berbunga sampai 10jt,sy sdh bayar cicil 1,5jt hanya kurang 1,5jt lg kok dianggap hilang cicilan sebelumnya

      16
      • 21 Maret 2023 - (14:10 WIB)
        Permalink

        Trus kalo sdh bayar setengahnya, anda pikir hutang anda tinggal setengah lg?
        Enak bgt ya kalau gt, ga usah bayar bunga2 keterlambatan lg selama bertahun tahun.

        14
        1
          • 21 Maret 2023 - (14:22 WIB)
            Permalink

            Ga mau komentar lg sy karyawan mandiri bos?

            1
            1
          • 21 Maret 2023 - (23:08 WIB)
            Permalink

            Ngaku-ngaku dia paling utangnya aslinya 10jt bohong bilang cuma 1.5jt biar bank yg disalahin. 2020 gw juga pernah macet CC di bank mandiri 12 jt sampai setahun total tunggakan mentok 14jtan. kalau udah di declare macet nggak bakal kena bunga dan denda lagi lha ini kena bunga dan denda sampai 600% bohong banget.

      • 21 Maret 2023 - (14:17 WIB)
        Permalink

        Anda masih nanya fair? Anda gak bayar 4 tahun apa namanya?? Suka lucu sama manusia sekarang ngerasa terzolimi tapi gak ngaca…

        Padahal ngeup gini ke se MK malah bikin dia malu bukan nyelesaian masalah dia.. Wkwkw tontonin aja guys orang model gini

        12
        1
      • 22 Maret 2023 - (06:38 WIB)
        Permalink

        Ibu kan sbelumnya udh resturkturisasi, gagal bayar jg, knp pas udh ada duit g d bayar, udh d hold saldo baru koar². Distarter pack CC ada S&K yg harus d patuhi, walaupun mayoritas pemegang cc malas bacanya. Hutang cc mau berapapun wajib d lunasi klau g mau sangkutan panjang sma bank.

      • 23 Maret 2023 - (10:10 WIB)
        Permalink

        Kerja belum lama aja dah bs ada uang 10jt di rkeening loh…. Kenapa begitu ada uang melupakan kewajiban anda?? Nanti giliran ga da uang teriak2 lagi ga uang, giliran ada uang pura2 lupa!!!

    • 25 Maret 2023 - (14:32 WIB)
      Permalink

      Pengalaman saya yang pernah ngutang ke bank mandiri.. yg cicilannya potong otomatis dri rekening sumber saldo tertahan adalah saldo rekening yang ditahan oleh pihak bank apabila hutang tidak di bayar.. dalam kasus saya saldontidak mencukupi jumlah cicilan ( maklum ye gajian belum masuk , bank sudah otomatis motong per 00.01 wib
      Intinya saldo tertahan itu uang pribadi kita di rekening ya..
      Dan.. di sebutkan di atas pihak bank minta dilunasi pokok nya saja.. tapi TS disini ngeles 10jt itu termasuk bunga nya…

      Intinya pihak bank ga mungkin sewenang2 klo kita ikuti sesuai aturan…

  • 21 Maret 2023 - (11:28 WIB)
    Permalink

    kenapa pas rekeningnya normal dan ada duit sebanyak itu tetap gak mau bayar ? itu karna anda gatau malu dan gatau diri. dipikir bansos gak bakalan ditagih ! 🙁 dengan tulisan ini anda justru makin mempermalukan diri sendiri

    15
    1
  • 21 Maret 2023 - (11:47 WIB)
    Permalink

    Gini Nih yg bikin Medkom jadi sampah, SP seperti ini lolos moderasi,, TSnya gak ngotak buat SP, Lebih cepat tangannya daripada Otaknya, 4 Th Vs 7 Hari
    untung masih ada keringanan bayar pokoknya saja, GAYA ELIT BAYAR HUTANG SULIT Dasaa.aar

    13
    2
  • 21 Maret 2023 - (12:03 WIB)
    Permalink

    tim yg pro belum muncul. tapi benar apa yang dikatakan tim “DC” mengapa ada 10 juta tidak mau membayar lunas utang lama? mungkin TS bisa memberikan alasan nya

    • 21 Maret 2023 - (12:44 WIB)
      Permalink

      Tim netral dulu.
      Pemblokiran rekening hanya bisa dilakukan atas permintaan aparat penegak hukum, itu pun dgn status tersangka.
      Kalau dikatakan nasabah telah menandatangani form persetujuan pada aplikasi permohonan kartu kredit atau pada perjanjian kredit, bank tetap tidak dpt serta merta melakukan pemblokiran rekening sepihak krn hrs terlebih dahulu dibuktikan di muka persidangan perbuatan melawan hukum (PMH) nasabah tersebut dan mendapat putusan dan penetapan Majelis Hakim. Ini yg saya ketahui.

      Seharusnya bank bisa lgsg memotong saldo nasabah tsb, tetapi bank tdk berani walaupun nasabah tsb memiliki hutang. Krn memang secara aturan tdk boleh. Bank hanya melakukan blokir sementara sebagai bargaining power agar nasabah dtg membayar hutang sendiri.

      Kalau anda dipukul org, yg benar ya lapor polisi. Bukan balas memukul. Tdk bole melawan kebatilan dgn kebatilan.

      Saya berbicara aturan yg benar dlm kehidupan bermasyarakat. Pasti dituduh penungak hutang… kaburrr…

      Oh ya. Ada satu cerita, teman saya bangkrut meninggalkan hutang kartu kredit di salah satu bank. Puluhan thn kemudian si teman bangkit lg dan menjadi kaya. Lalu dia pun punya rekening di bank yg dahulu nya punya tunggakan kartu kredit. Bank tau dia punya tunggakan kartu kredit tapi tdk berani memotong saldo apalagi memblokir rekening nya, krn tabungan si teman ini lumayan gede malah di kasi kartu prioritas ???

      4
      10
      • 21 Maret 2023 - (13:10 WIB)
        Permalink

        Ini nih muncul satu org yg ga tau malu. Nulis pjg2 ttg aturan dan hukum segala macem tp isinya nol.

        10
        2
        • 21 Maret 2023 - (13:20 WIB)
          Permalink

          @Muhammad. Saya ucapkan Selamat memasuki bulan suci Ramadhan pada anda dan pada semua teman2 MK yg menjalankan ibadah puasa. Mohon maaf lahir dan bathin.

          4
          2
        • 21 Maret 2023 - (13:28 WIB)
          Permalink

          wkwk tong kosong nyaring bunyinya.
          padahal di perjanjian waktu buka cc pasti ada pasal nya kok bank berhak blablabla

          8
          1
          • 21 Maret 2023 - (14:12 WIB)
            Permalink

            Hati2, jgn sembarangan membuka link yg di kasih org.

            5
            3
          • 21 Maret 2023 - (14:14 WIB)
            Permalink

            @Herwin2. Kalau mau diskusi, diskusi la yg sehat, jauhi kalimat2 bully. Diskusi sesuai konteks jgn melebar kmana2. Tulisan saya hanya seputar aturan dan tata cara blokir rekening. Mengenai urusan TS saya tdk bahas. Saya tanggapi 2 point tulisan anda

            1. bank mau memasukkan perjanjian apapun ke dlm kartu kredit, apabila point tsb melanggar azas2 hukum, maka dgn sendiri nya batal demi hukum

            2. kartu kredit bukan perjanjian kredit. Sebuah perjanjian kredit hrs memenuhi unsur perdata spt melibatkan notaris, jaminan dan penyitaan.

            3
            8
          • 21 Maret 2023 - (14:37 WIB)
            Permalink

            sy udah baca2, memang terkadang bank ada yg memuat klausul: “pemegang kartu kredit setuju bahwa bank berhak untuk memblokir, menahan, atau mencairkan dana yang ditempatkan dalam rekening koran/tabungan/deposito berjangka milik pemegang kartu kredit guna menyelesaikan kewajiban pemegang kartu kredit”
            tapi klausul itu bisa dimintakan batal demi hukum ke pengadilan.
            intinya adalah nasabah cc dianggap tau & setuju kalo bank bisa memblokir rekening karena kredit macet, meski bank tau hal itu melanggar peraturan tapi ada klausul itu di syarat&ketentuan yg telah disepakati. Jd di satu sisi bank ga salah, di sisi lain juga ga benar. Tinggal dipikir saja pake logikanya. pasti mayoritas komentator disini pd setuju bank melakukan pemblokiran.

            6
            3
          • 21 Maret 2023 - (14:58 WIB)
            Permalink

            @herwin2. Kalau sudah baca baguslah, terserah aja bagaimana anda menanggapi apa yg anda baca.

            Saya tertarik dgn komentar anda yg ini : “Tinggal dipikir saja pake logikanya. pasti mayoritas komentator disini pd setuju bank melakukan pemblokiran.”

            Berarti anda org yg type nya ikut2an. Kenapa tdk menjadi diri sendiri saja. Disini byk dc, hati2 nanti pola pikir anda terkontaminasi pola berpikir nya dc.

            Ilustrasi kasus ;
            Tetangga anda punya tunggakan hutang 10jt, di lain waktu tetangga anda menitipkan sepeda motor nya pada anda sebentar. Tiba2 anda punya pikiran dan melakukannya, menyita sepeda motor tsb krn merasa berhak dgn alasan tunggakan hutang tetangga anda.
            Maka yg terjadi adlh hutang tetangga anda adlh peristiwa perdata, sedangkan menyita sepeda motor adlh peristiwa pidana.

            Kalau selama ini bank melakukannya, apakah bole dianggap benar walau apa yg dilakukan salah. Bank hanya berani melakukan kepada nasabah2 kecil yg tdk paham dan tdk berdaya melakukan perlawanan. terhadap debitur kelas kakap, mana berani mereka menggunakan cara2 spt ini.

            4
            9
          • 21 Maret 2023 - (15:06 WIB)
            Permalink

            Lah di syarat ketentuan yg sudah disepakati kan membolehkan menyita sepeda motor. Jd ilustrasi mu pengecualian. kalo ternyata dipidanakan atas pencurian sepeda motor, ya kita tinggal kasi liat syarat ketentuan yg telah disepakati dan dibubuhkan di atas materai. Salah? ya ga lah, kan sudah terjadi kesepakatan dua belah pihak.

          • 21 Maret 2023 - (15:13 WIB)
            Permalink

            Herwin2. Baca lg ilustrasi kasus dgn teliti. Tdk ada disebutkan sepeda motor sbg jaminan. Anda bisa dikenakan pasal penggelapan.

            Kalau pun ada dibuat perjanjian sepeda motor sbg jaminan, anda tetap tdk berhak melakukan penyitaan sendiri. Penyitaan hrs melalui eksekusi ketua pengadilan/putusan pengadilan.

            2
            5
          • 21 Maret 2023 - (15:25 WIB)
            Permalink

            Herwin.
            Jangankan anda, polisi saja tdk memiliki hak utk melakukan eksekusi/penyitaan mau apapun bentuk perjanjiannya. Yg punya wewenang melakukan eksekusi hanya pengadilan. Only pengadilan.

            Oh ya, materai hanya sebagai bukti anda telah membayar pajak, tdk lbh dari itu.

            2
            2
          • 21 Maret 2023 - (16:12 WIB)
            Permalink

            @Herwin. Udah cuekin aja si “lawan secara hukum” mah. Pokoke dia akan selalu membela yg punya utang dan gamau bayar. bilangnya sih netral. tapi dari kata2 juga keliatan dia bela siapa. Disemua artikel MK yg hubungan sama utang terutama pinjol dia akan ngemeng panjang x lebar intinya gausah bayar. yg gak setuju akan dibilang DC. Percuma adu argumen sama dia. Padahal kalau dibalik ada orang yg ngutang sama dia dan gamau bayar juga dia bakal ngamuk 😀 Sok2 pake lawan secara hukum. itu mah namanya lari dari hukum. Inget bang ada hukum dunia ada hukum akhirat 🙂 Jangan sesatin orang

            11
            1
          • 21 Maret 2023 - (17:16 WIB)
            Permalink

            Lalu apa yg sebaiknya bank lakukan terhadap orang2 yg ga ada itikad baik menunaikan kewajibannya?
            melimpahkan berkasnya ke pengadilan? what a joke. kalo nunggak miliaran-triliunan sih saya percaya, tp kalo hanya jutaan, dan berapa ribu orang yg nunggak? Ngapain bank repot2 sih, toh sebenarnya yg nunggak itu jg punya uangnya. tinggal bekuin saja, repot bener deh. lagian bank jg punya dasar hukumnya memblokir, menahan dana orang. pasti ada prosesnya jg, ga serta merta langsung main blokir.

            7
            1
          • 21 Maret 2023 - (17:35 WIB)
            Permalink

            Ok anda menang, anda menang. Anda pemenang nya ?

            Btw, thread anda kok sepi ya ?

            1
            2
          • 21 Maret 2023 - (17:46 WIB)
            Permalink

            maaf, sy ga butuh keramaian di thread sy, lagian itu sudah jelas kesalahan bank CIMB. Sy juga udah ditelpon dan dijanjikan akan dilakukan koreksi. Ya sudah, apa yg perlu diperdebatkan lagi.
            btw jawab dong pertanyaan sy di atas, apa yg bank harus lakukan utk kasus tidak mau bayar tagihan cc? anda ngomong panjang lebar mengenai peraturan, harus juga ada solusinya.

            4
            1
          • 21 Maret 2023 - (19:06 WIB)
            Permalink

            Herwin2. Sbnrnya saya sudah malas reply komen, tapi krn anda tanya lg ya sudah saya coba balas.

            Ini pertanyaan anda ?
            “btw jawab dong pertanyaan sy di atas, apa yg bank harus lakukan utk kasus tidak mau bayar tagihan cc? anda ngomong panjang lebar mengenai peraturan, harus juga ada solusinya.”

            Jawab : urusan perdata diselesaikan lewat gugatan pengadilan.
            Urusan pidana diselesaikan mulai dari tingkat kepolisian sampai penuntutan dan putusan pengadilan. Ini peraturan yg berlaku di negara kita bahkan hampir di seluruh dunia. Anda mau ngeyel juga percuma. Ini lah aturannya. Kalau nasabah tdk membayar/tdk menjalankan prestasi ya gugat la ke pengadilan. Ada kok bank yg gugat nasabah nya. Anda saja yg tdk tau. Sistem informasi perkara di pengadilan sudah online, anda bisa liat sendiri.

            Saran saya, berdiskusi la secara akademis, sertakan refrensi utk memperkuat argumen anda. Jangan membully hanya krn ikut2an. Udah ya bro, malas debat lg kalau ngelantur mulu.

            1
            1
          • 22 Maret 2023 - (16:57 WIB)
            Permalink

            Wkwkwkwk.. udah ditulis padahal di atas, sy lah yg males jawaban km hanya muter2 disana saja, terlalu kaku sama peraturan itu. Padahal di syarat ketentuan sendiri sudah jelas ketentuan ini. Dan nasabah pun menyetujuinya. Lagian, yg nunggak itu berapa ratus ribu orang? Bank ga ada kerjaan kali satu per satu berkasnya diteruskan ke pengadilan. Ada yg begitu? Ya jelas ada, tp tunggaknya yg material seperti miliaran, bahkan triliunan. Kalo hanya jutaan saja, mana ada bank yg mau ke pengadilan? Daripada repot2 mending dananya dibekukan saja. Nasabah nuntut ke pengadilan pun bakalan kalah. Karena sebenarnya nasabah MAMPU membayar, tp dia tidak membayarnya. Hakim jg bakal memenangkan bank dalam hal ini. Jangan terlalu kaku sama peraturan

            2
            1
          • 22 Maret 2023 - (17:11 WIB)
            Permalink

            Herwin. Jawaban atas pertanyaan mu sudah di jawab oleh akun @Nandang. Cari sendiri ya. Jgn malas.

            1
            2
          • 22 Maret 2023 - (17:41 WIB)
            Permalink

            Gue ngaku kalah. Wkwkwk??? anda yg menang hahah kocak abis. Kalau masi nafsu dan yakin benar tanggapi saja quote nandang dgn teori halu mu. Semangat ?

            1
            4
      • 21 Maret 2023 - (14:08 WIB)
        Permalink

        Bank punya hak memblokir rekening apabila ada dana di rekening. Karena nasabah punya tunggakan di bank tsb. Jika tdk ada tunggakan bank tdk punya hak memblokir. Semua bank melakukan hal yg sama. Krn ybs tunggakan sdh bertahun2

        6
        1
      • 23 Maret 2023 - (10:14 WIB)
        Permalink

        Kalau puluhan tahun mah sudah terhapus record teman anda itu…..
        Masalah blokir rekening yang hanya bisa dilakukan atas permintaan aparat penegak hukum itu adalah pemblokiran total, ini bukan blokir total, hanya ada saldo ditahan sejumlah hutang yang bersangkutan, kalau yang bersangkutan masukin uang lagi, masih bisa kok transaksi, hanya saja sejumlah saldo yg baru, saldo tertahan tetap tidak bisa diganggu….

    • 21 Maret 2023 - (18:02 WIB)
      Permalink

      Mungkin yg komen negatif belum pernah merasakan kehilangan pekerjaan. Tenang masih ada resesi tahun 2023 siapa tahu yg komen negatif bisa ngerasain experience seperti TS yang kalian buli habis-habisan.

      1
      7
      • 21 Maret 2023 - (20:19 WIB)
        Permalink

        Kalau Prof J.E.Sahetapy bilang. Kesombongan berarti kejatuhan sudah dekat

        1
        5
        • 23 Maret 2023 - (10:17 WIB)
          Permalink

          Anda itu lah yg sombong, anda tidak atau kurang paham mengenai perbedaan blokir total dengan penahanan saldo dalam kasus penulis, tapi anda menuliskan seolah2 anda ahlinya, anda yang paling paham…. Apakah itu bukan kesombongan??!

          3
          1
          • 23 Maret 2023 - (15:33 WIB)
            Permalink

            Baik. Bolehkah bantu dijelaskan definisi blokir total, blokir setengah total atau penahanan saldo, mohon bantu sertakan dasar hukum dan referensi atas definisi diatas. Saya adlh org yg pengen belajar, saya sangat berterima kasih apabila saudara praktisi hukum bersedia memberikan sedikit pencerahan/kuliah hukum. Terima kasih dan salam sukses

            1
            2
      • 22 Maret 2023 - (14:19 WIB)
        Permalink

        Itu sdh di beri kebijakan cicil 2x, tp akhirnya mandek lg. Skrg ada duit banyak ga niat bayar.
        Anda hutang ke org jg kalo ga bisa bayar mgkn akan sering di tagih, bkn mslh bully dia kena phk atau ga. Haduh

        1
        1
      • 23 Maret 2023 - (10:16 WIB)
        Permalink

        Semua kayanya pernah ngerasain efek pandemi COVID sih, hanya saja kalau anda jeli, penulis menerangkan kalau kartu kreditnya sudah macet sejak 4 tahun lalu, artinya sebelum pandemi. Dan faktanya sekarang penulis sudah punya uang 10jt lebih, masa diminta membayar hutangnya 3 jt tidak mau??? Itu yg membuat kami2 membuat komen yg menurut anda negatif….

  • 21 Maret 2023 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Entah siapa yang salah, ku tak tauu, tipikal manusia kalo di tagih hutang ngeluh, ada uang tapi ga ada buat bayar hutang, hutang anda adalah hak orang lain, berarti hidup anda tidak berkah karena menahan hak orang lain.

  • 21 Maret 2023 - (12:51 WIB)
    Permalink

    TS gak punya adab gak punya akhlak, gak punya etika gak punya tatakrama, gak punya sopan santun, gak punya perikemanusiaan wkwkwkwkwk

  • 21 Maret 2023 - (12:57 WIB)
    Permalink

    Sebelum terblokir ada 10jt knp gk byr aja malah di tunda2 smpe 4tahun, ini biasanya klo minjem ke teman/saudara kayanya syg bgt buat byr hutang dulu, malah nanti2 trusss… Sebel ketemu org seperti ini

  • 21 Maret 2023 - (13:34 WIB)
    Permalink

    Habbit…4thn itu waktu yg lama, tetapi ada duit 10jt direkening dan dia lupa pny utang kartu kredit di rekening bank kartu kredit TS.
    Ketika di bekuin saldonya baru inget dia bahwa masih ada utang dibank tersebut.
    Kamu kira itu BANSOS yang habis dipake lalu dilupakan??
    kaget jg disaldonya ada 10jt tetapi bayar 3jt utang yg sdh 4thn gk mau bayar, bahkan udah deal keringan pokoknya aja dr bank dan TS malah ingkar.
    Manusia jenis gni jauh² dari hidup…Ibarat kata klu ke resto mahal dia makan dan makanan itu enak tapi dia gk mau bayar wkwkwkwk

  • 21 Maret 2023 - (13:41 WIB)
    Permalink

    cuma 2hari dia bilang, 4 tahun dia lupa ingatan tidak dihitung,
    surat lunas 7hr ya wajar, anda 4 tahun tidak bayar itu sing ora umum

  • 21 Maret 2023 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Ini sekedar saran.
    Bayar lunas. Kan masih ada 10jt toh?
    Tutup CC nya jangan pake CC dr bank manapun. Beres urusan

  • 21 Maret 2023 - (14:06 WIB)
    Permalink

    Alkhamdulillah KK saya tutupin semua, takut kaya gini enak narik ga kuat bayar, apalgi sering ditelponi tawaran asuransi

  • 21 Maret 2023 - (15:06 WIB)
    Permalink

    sah sah aja kan anda masih punya hutang kalo mandiri blokir dana itu bisa saja , dan gak hanya mandiri semua bank sama saja , intinya lunasi hutangnya percuma anda koar koar sedangkan anda gagal bayar , apapun dalil anda intinya hutang segera dibayar.

  • 21 Maret 2023 - (16:24 WIB)
    Permalink

    Bikin baru aja lagi rek mandiri nya, pasti nanti diblokir lagi. Salah cari musuh, mereka bukan pemain tapi pelatih

  • 21 Maret 2023 - (16:27 WIB)
    Permalink

    Saya nasabah mandiri dari jaman 2001 gak ada masalah berarti. Ya iyalah mana mau aku pake cc. Dulu pernah dikirimin cc, itu juga atas persetujuan saya. Endingnya gak dipake, dan gak kerasa 1 tahun berlalu dan saya harus bayar biaya tahunan. Itu saya minta tolong via telpon ke cs mandiri, langsung dilayani dengan baik, cc di nonaktifkan dan saya tidak perlu membayar biaya tahunan karena terbukti saya tidak pernah pakai. Mungkin daripada nunjuk pihak mandiri yang salah. Pengadu ngaca dulu. Ada salah apa ya saya? Jangan maling teriak maling. Orang pengutang semua habitnya hampir sama. Minta utang cepet, bayar utang kalau bisa sampe mati juga gak bayar. Ilangin deh ya sifat2 begitu. Gak baik.

    6
    1
  • 21 Maret 2023 - (16:42 WIB)
    Permalink

    Kalo tidak ada aksi premanisme, wajar ya dengan kejadian seperti ini.
    Kalo yg namanya pelunasan harus sekaligus, kalo di cicil ya konsisten di cicil ringan.

    Jadi aturan yang membuat hutang ke bank gak lunas2.

    Saran, jangan ngutang2, jangan tergiur tawaran sales dgn promo gono gini, yg namanya nasib bisa buruk seketika

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 133 komentar sampai saat ini..

Bank Mandiri Memblokir Rekening Sepihak Tanpa Konfirmasi ke Nasabah, T…

oleh Etty dibaca dalam: 1 menit
133