Surat Pembaca

Bank Mandiri Memblokir Rekening Sepihak Tanpa Konfirmasi ke Nasabah, Terkait Tagihan Kartu Kredit yang Macet 4 Tahun yang Lalu

Pada hari Kamis 16 Maret 2023, saat saya rekening Bank Mandiri saya pada pukul 9 pagi, betapa kagetnya saya karena tiba-tiba saldo saya jadi nol dan ada tulisan saldo tertahan Rp10 juta sekian. Padahal waktu pukul 7 pagi, saya masih bisa melakukan penarikan Rp900 ribu.

Ternyata saldo saya dibekukan karena ada tanggungan tagihan kartu kredit lama, yang belum terselesaikan. Karena saya kehilangan pekerjaan sebelumnya dan terdampak covid, sehingga saya berhenti mencicil.

Kemudian saya langsung datangi pihak Bank Mandiri untuk konfirmasi dan saya diminta membayar sesuai pokoknya saja (Rp3 juta). Namun karena saya gak mampu, saya minta dicicil. Namun tidak bisa, alasannya saya dulu pernah mengajukan keringanan dan gagal bayar, jadi harus bayar penuh Rp3 juta sekarang.

Bagaimana mau bayar kalau saldo saya saja dibekukan? Belum lagi kalau misalkan pelunasan Rp3 juta, nanti surat pelunasan keluar 7 hari kemudian. Kenapa harus menunggu 7 hari? Sedangkan pihak bank saja minta pelunasan dalam tempo 2 hari. Sungguh tidak fair menurut saya. Mendingan jangan buka rekening di Bank Mandiri, pelayanannya gak bagus!

Etty Januar Afsari
Semarang, Jawa Tengah


Update (27 Maret 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bank Mandiri sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Ibu Etty Januar Afsari

Menanggapi pengaduan Ibu Etty Januar Afsari melalui media konsumen terkait dengan tagihan Mandiri Kartu Kredit Ibu, kami mohon maaf atas...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ya aturan lu orang pindahin saldo lu ke bank lain, kalo ngga mau diblokir sama bank penerbit kartu, simpel kan ya?

  • Selama 4 TAHUN itu apa gak ada silaturahmi ke mandiri? datang ke mandiri laporan kl blm bisa bayar karena masalah pekerjaan atau dengan alasan apapun itu? Selama 4 TAHUN itu apa cuma meratapi nasib dirumah gak bisa bayar hutang tanpa ada itikad baik tiap bulan lapor ke mandiri kl blm bisa bayar hutang sehingga mandiri tau anda punya masalah apa? 4 TAHUN ngutang lalu anda bilang mandiri tidak FAIR karena menghukum anda dengan memblokir rekening? 4 TAHUN... 4 TAHUUUNN..... ?

  • Anda yang berhutang malah anda yang merasa jadi korban, lucu ga sih??
    Bank mandiri justru udah baik memberikan pinjaman, apa jadinya klo dulu gak memberikan anda pinjaman.. apapun alasannya slama nyawa masih ada dan kaki tangan bisa bergerak wajib di bayar bagaimanapun caranya..

  • Pihak bank hanya memblokir saja bu dengan harapan ibu mau dateng kekantor dan menyelesaikan hutang ibu, sudah 4 tahun loh bu bukan waktu yg sebentar pihak bank menunggu itikad baik ibu, dan permasalahan nilai nominal jangan ibu tambah atau kurang dicerita ibu karena bank pasti punya perhitungan sendiri apalagi itu bank negara, jangan karena disuruh bayar hutang ibu menjelek jelekan pihak bank tersebut

  • Saldo 10jt ditahan, sadar kalo punya utang, disuruh bayar 3jt aja gak mau. Karepe piyee jon?? Tuman lu

  • Masih aja pake bank Mandiri. Udah banyak korban yg kedebet saldo nya..tanpa alasan yg jelas.. pake bank swasta lebih aman sekarang

    • Jelas2 utang dia yg selama 4thn ga bayar jd alasan yg sangat2 jelas.
      Aneh anda ini

  • Itu hanya strateginya orang colection mandiri, banyak kasus yang ngalami, nanti anda di paksa ngikuti sistem oembayaran pihak mereka. Lebih baik biarkan mengendap aja dulu mereka gak bakalan bisa debet juga terus bikin pengaduan polisi saja. Karena bank tidak punya hak membekukan rekening tanpa ada dasar hukum jelas.
    Sementara jangan pakai rekening mandiri buat transaksi keuangan

    • Benar. Uang yg kita simpan di bank adlh uang yg kita titip pd mereka, disana ada biaya adm segala macam. Mengambil uang tsb tanpa ijin artinya penggelapan. Meskipun nasabah punya hutang itu sudah 2 cerita yg berbeda.

      Akhh.. sudahlah. Akun2 b***h mana paham. Disangka nya selama ini bank melakukan hal tsb maka sudah dianggap benar. Sudah b**** tdk mau belajar lg.

  • Punya utang di mandiri dan rekening jg ya jelas aja bisa diblokir langsung. Ini memding disuruh bayar pokoknya. Tp ah malas komen deh, tar gw dituduh DC lg sama 3 akun tukang galbay yg manfaatin celah hukum nunggu DC berbuat salah demi lolos pembayaran. wkwkwk

  • Jangankan bank mandiri bank BRI juga sama ..3bulan nunggak langsung di blokir rekening nya .. parah

  • Maaf mbak saya ikut berkomentar, dimana saya tdk pro ke banknya atau saya kerja di bank, yg jelas saya turut prihatin cuman saya jg miris bacanya. Semoga cepat selesai. dimana kata kata mbak diatas sudah jelas.

    Pertama, adalah jelas mengisi data diri melalui form baik secara langsung ke kantor atau dikirim bisa

    Kedua, dlm pengajuan kartu kredit selain diminta data diri pasti akan menanyakan detail kerja dimana dan dikonfirmasi. Konfirmasi disini apakah bener kerja disitu dr hasil konfirmasi benar terkait berapa gaji yg dibayarkan dr kantor mbak bekerja nominalnya dan penggajian menggunakan rekening apa kl dari kata kata mbak diatas sistem penggajian jelas mandiri makanya mbak mengajukan kartu kredit bank mandiri.

    Ketiga, dr hasil konfirmasi dan survey terbitlah laporan biasanya via email anda ditambah surat langsung baik ke kantor atau kerumah yg dikirimkan sesuai permintaan mbak. Intinya dr surat itu pengajuan kartu kredit dengan limit sekian telah disetujui.

    Keempat, anda diminta ketemu baik itu dikantor mbak atau dikantor bank mandiri karena anda nasabah atau bs dimanapun jika ada permintaan terkait tindak lanjut akan perjanjian dimana pasti ada point dlm perjanjian tsb dimana jika nasabah macet dlm hal tdk ada konfirmasi atau itikad baik dlm arti membayar atau apalah solusi jika sewaktu waktu anda tdk bs membayar dlm jangka waktu yg telah disepakati bersama bunyinua spt ini bank bs melakukan auto debet penarikan langsung terkait pembayaran angsuran menunggak dr rekening nasabah yg terdaftar dan tertera dalam kontrak atau menghold membekukan segala jenis transaksi yg masuk jika anda tdk membayar.

    Kelima dalam masalah waktu itu covid dan kendala sebetulnya banyak yg mengalami kendala mbaak bukan cuman mbak bos bos perusahaan besar juga pada mumet, makanya dr situ pemerintah memberikan program restrukturisasi dlm arti perubahan terkait angsuran dan jangka waktu intinya keringanan gt lah pas kondisi itu jangka waktu beberapa bulan. Nah kata kata diatas mbak sudah diberikan kompensasi oleh bank suatu kebijakan yg dimana membantu mbak terkait masalah mbak yg mbak alami cuman malah mbak sia siakan kl dr kata kata diatas spt itu.

    Ke enam karena dah diberikan kebijakan restruktur terkait keringanan masalah mbak, mbak mgkin berpikir sudah atau malah menyepelekan kebijakan itu dimana masalah mbak kan soal gaji kondisi tertentu covid, dan sudah berjalan 4 tahun lamanya tp mbak tidak melakukan ya kl bank melakukan tindakan terkait itu ya wajar karena lama mbak santai santai tau tau 4 tahun dan itu cuman pokoknya dari total pokok bunga dan denda, dimana mbak blg dr 3 dah dibayar 1,5jt bagi saya itu mssih bs mbak kolektif an minjem sana sini demi itu sebetulnya bisa, ibarat jowonya digolek goleke mbak masalah anda malah sudah selesai dan akun rekening anda yg terdaftar aman, dah closed case.

    Ketuju karena mungkin ada transaksi masuk dimana masuknya ke rekening mbak terdaftar dan sudah lama jangka waktu 4 tahun bank mengambil tindakan bagi saya wajar karena dah lama dan bank mgkin mengecek ada transaksi masuk, karena sari kata kata mbak ambil tunai 900rb eh mau transaksi lg tdk bisa. Dan itu bagi saya bank sudah baik bgt mbak. Saya tdk membela bank tp kata kata mbak diatas sudah jelas.

    Kedelapan kartu kredit adalah enak di awal dan mumet diakhir gesek gesek gesek gesek tagihan muncul, pengguna kartu kredit sudah tak amati ada 2 memang kebutuhan dlm artian mgkin ada program dr tempat kerja yg mengharuskan bikin atau hanya gaya hidup semata dlm artian cari enaknya instan tp tdk mikir belakangnya. Alias konsumtif dan bunga kartu kredit sebetulnya besar mbak asli.

    Karena saya dulu juga begitu mbak coba coba liat org kayaknya enak punya kartu kredit trs saya coba ngajuin alhamdulillahnya ditolak malah beneran, dgn alasan saya dianggap memberikan data tdk valid terkait tempat kerjaan saya karena salah penyebutan nama wkt dikonfirmasi dicek kantor, dr situ ya sudah saya tdk pernah bikin lagi. Intinya begitu

    Terakhir saya sudah capek ngetik panjang panjang karena dah jam 1 malam, kata kata saya jika dibikin cerpen mungkin bs diuangkan, burung irlan burung cendrawasih cukup sekian dan terima kasih.
    Ikan sepat ikan yuyu matur tengkyu