Surat Pembaca

Home Credit Melakukan Teror Telepon Berkali-kali, Walaupun Saya Bukan Nasabah dan Tidak Mengenal Orang yang Dicari

Yth. Tim Media Konsumen,

Pada tanggal 11 Maret 2023, nomor hp saya ditelepon oleh pihak bernama Isya, yang mengaku sebagai staf dari Home Credit. Telepon dari Home Credit ini bukan yang pertama kali saya dapatkan. Bahkan saya ingat betul ada 1 (satu) kali di hari Minggu, saat saya sedang menggunakan hp sebagai GPS karena sedang di luar kota dan pihak dari Home Credit telepon. Saya reject, karena kami takut koneksi GPS terputus dan kami jadi tersesat.

Saat itu walaupun saya reject, tapi Home Credit tetap telepon sampai akhirnya GPS kami benar-benar tidak dapat berfungsi. Akhirnya saya menepikan mobil dan menjelaskan ke pihak Home Credit, bahwa nama yang dicari oleh staf tersebut bukan saya dan tidak ada yang namanya seperti itu.

Kemudian staf tersebut mengatakan butuh konfirmasi bila benar adanya jika saya bukan orang yang dicari. Saya menyanggupi dan menginfokan bahwa memang saya bukan orang tersebut yang dicari, jadi jangan telepon kami lagi. Karena ini sangat mengganggu, apalagi yang kali ini kita sedang di luar kota bersama keluarga dan menggunakan GPS.

Setelah konfirmasi tersebut memang sudah tidak ada lagi telepon dari Home Credit. Namun setelah sekiranya 1 (satu) bulan, pihak dari Home Credit menelepon lagi, tapi stafnya berbeda (ada yang suaranya pria dan ada yang suaranya wanita). Kemudian saya konfirmasi kembali, karena memang bukan saya yang mereka cari.

Hal ini berlanjut, yaitu mereka berhenti setelah kami konfirmasi dan telepon lagi dilanjutkan dengan konfirmasi lagi. Namun lama kelamaan siapa yang tidak jenuh dengan gangguan seperti ini? Apalagi intensitas teleponnya itu sangat sering dan tidak memandang waktu.

 

Dalam waktu 4 menit via telepon tersebut (seperti bukti capture di atas), saya atas nama Louisa telah melakukan konfirmasi dengan staf Isya yang mengaku dari Home Credit. Yang mana saya sudah kooperatif untuk melakukan konfirmasi, bahwa 2 nama yang ditanya itu memang tidak ada, tidak saya kenal dan tidak ada hubungannya dengan saya.

Kemudian pada tanggal 20 Maret 2023, saya sempat email ke care@homecredit.co.id, dengan niatan baik agar mereka mengetahui dari klarifikasi saya. Bahwa saya memang bukan orang yang mereka cari dan agar mereka menghapuskan nomor saya dari data mereka, karena memang saya tidak ada kaitannya dengan Home Credit.

Email tersebut diterima dengan nomor laporan CMS-1061700. Namun anehnya email balasan dari Home Credit memberikan info bahwa nomor handphone belum dapat dihapuskan dari data pelanggan (bukti ada dan dapat dilihat di bawah ini).

Nomor handphone saya yang sering diganggu oleh pihak Home Credit adalah nomor handphone kerja. Sehingga tidak bisa saya ganti seenaknya saja. Lagi pula pihak Home Credit yang memang salah cari orang, jadi tidak mungkin karena ulah kalian saya jadinya yang harus ganti nomor handphone.

Saya harap Home Credit bisa lebih professional dalam melakukan tugasnya dan jangan sampai membuat orang lain yang tidak ada urusannya terganggu. Mengingat cara, etika dan waktu teleponnya yang bisa dibilang tidak sopan. Ini adalah urusan dari Home Credit dan tidak ada kaitannya dengan saya. Oleh karena itu mohon bereskan dan jangan sampai saya terganggu lagi dengan telepon dari Home Credit!

Jesslyn Louisa
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Jesslyn Louisa

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Jesslyn Louisa di MediaKonsumen.com pada 23 Maret 2023 di kolom...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kasus ini mirif dgn yang saya alami, tak punya utang ke home credit, kemungkinan nomor saya dipake kontak darurat yang pinjam, hanya saja saya blokir semua panggilan yang tidak ada dalam kontak, sehingga tidak mengganggu aktifitas, dari nomor +62811861**** hampir tiap hari telp hanya saja nanti beda ujungnya yang **** 4 digit terakhir

    • Kebetulan nomor kita untuk usaha sehingga kita agak kesusahan untuk nonaktifkan blokir untuk panggilan yang tidak ada dikontak kak karena takutnya jika calon pembeli, semoga kita tidak diganggu lagi ya kak

      • Pihak home credit bodoh seharusnya konfirmasi kontak darurat yg dicantumkan oleh pihak yg kredit sblm di acc, saya jg mengalami ini diteror pdhl nama yg disebut saya tdk kenal...

    • Sy jg pernah mengalamin hal yg sama smp sy mau buktikan dgn dtg ke ktr homecredit (kejadian tahun lalu)tp mrk bt dongeng dalil bhw mrk msh WFH ?sy ladenin mrk kl gk percaya dtg ke rmh sy atau sy yg dtg ke ktr deci tp krn deci itu banci kaleng jd gk berani ksh alamat ktr,sy viralin d twitter kelakuan mrk & sy blng mau ke ktr polisi bt laporan kl tdk percaya saat smp d ktr polisi sy akan poto selfie dgn pak pol yg bt laporan br bukti lapor tsb akan sy timeline d twitter dgn tagging ojk,reskrimsus,humas polri,bareskrim br mrk cipirit gk berani lg (nomor sy d hapus d sistim mrk tdk smp 3 hari)

  • terjadi juga pada nomor istri tp udah lama, sekarang udah gak. dulu setiap pagi sangat mengganggu, dapet telpon dari home credit, bukan jawaban orang, tp suara mesin, disuruh melunasi tagihan sekian sekian. Install juga kaga, disuruh bayar. apa ga ada verifikasi nomor ya home credit itu? sembarang orang bs input nomor hp sesuka hatinya.

  • Angkat aja telponnya trus komplain klo akan melaporkan kejadian ke pihak berwajib dan email aduan ke OJK pasti stlh itu tidak ada lagi telpon masuk, slx udah pernah ngalamin sampe2 DC nya ngancam mo ke rumah aku share lokasi alamat rumah malah ga ngongol2 tuh DC bangsat, stlh kejadian itu aku ditelpon lg trus aku minta alamat kantornya skalian m datengin ama temen aku yg polisi akhirnya tidak dihubungin lg ?? emang bangsat sih DC homecredit bkn peminjam malah diteror dasar laknat

    • Udh pernah saya ginikan sih, cuma dari pihak sananya malah nantangin "laporin aja, kami sudah bekerja sama dengan ojk dll jadi kami tidak takut dengan laporan" Lah padahal mereka yang teror

      • Minta alamat perusahaannya bro dan bilang akan mo dateng sendiri bersama pihak berwajib yakin tuh ga bakal ditelpon lg slx yg namanya DC cm jago gertak sambal doank giliran ditangkap mereka ciut jg, macam kucing disiram air ?

  • Berarti ada kesalahan dalam proses awal yaitu verifikasi konsumen. Khan di HCI cukup simple tdk perlu on the spot ke alamat. Yang penting dokumen benar acc. Dan untuk penagihan khan ada field collector dari HCI. Kenapa bisa salah orang ??

  • Inilah kelemahan terbesar pinjol. Mereka membaca dan menyalin seluruh data dan history telp nasabahnya hinga sedetil mungkin jadinya orang yang tidak dikenal pun (kemungkinan karena nomor acak atau pernah tercatat di history panggilan baik secara langsung ataupun tidak) jadi kena getahnya. Harus dibuat regulasi baru lagi ini terkait pinjol. Karena hal ini sangat menggangu apalagi kalau udah sempat diteror dan diganggu.

  • Kejadian ini juga pernah saya alami,, bahkan sehari bisa telp sampai 2 kali dgn nomor yg berbeda,, akhirnya saya melakukan email ke pihak homecredit dgn alasan mengganggu kenyamanan,, anehnya lagi.. email langsung dibalas dan disuruh download aplikasi my homecredit… Kita yg rugi,, malah suruh download aplikasi elu…