Surat Pembaca

Pesan Tiket Double, Traveloka Menolak Refund

Sebelumnya, terima kasih kepada media konsumen yang sudah memuat surat saya.

Hari ini, tanggal 1 Juli 2023, saya memesan tiket pesawat untuk orang tua di aplikasi Traveloka. Namun, pada saat yang bersamaan ternyata istri saya juga memesan tiket pesawat di aplikasi yang berbeda. Proses pembayaran menggunakan kartu kredit dengan nominal Rp 4.379.100. Setelah proses pembayaran selesai, istri saya baru mengetahui bahwa tiket juga sudah dibeli di aplikasi yang berbeda.

40 menit setelah transaksi, saya kemudian mengajukan refund dengan alasan tiket sudah terpesan 2 kali (karena di aplikasi refund hanya alasan itu yang paling mendekati) dengan konsekuensi nominal refund sebesar Rp 2.902.740. Bagi saya pribadi tidak masalah karena memang tiket sudah double.

Namun, setelah 4 jam, saya menerima email bahwa refund ditolak dengan alasan tidak ada bukti bahwa saya sudah memesan tiket double.

Halo, saya konsumen, mau saya batalkan atau tidak, itu hak saya. Bagi saya, dengan tidak mengembalikan seluruh uang saya, itu sudah menjadi risiko saya. Jangan ambil hak konsumen.

Tiket yang sama namun beda aplikasi

Nominalnya sih tidak seberapa, tapi jika ada beberapa konsumen yang diperlakukan seperti ini, licik sekali, Traveloka. Jadi, terima kasih Traveloka yang sudah mengambil uang saya. 🙏🙏

Maikel Manoppo
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kok app satunya lagi ngga disebut? Coba dulu ajuin lewat sana, jangan lagi pake alesan double booking... Selama bukan di app yg sama tidak bisa dibuktikan kecuali upload foto. Tapi itupun bisa jadi celah mereka sama2 menolak dgn harapan dicancel saingan. Lebih baik ajukan lagi di sebelah, pake alesan pribadi aja...

    Suami istri satu jalur aja utk urusan tiket, atau minimal telp dulu sblm mencet confirm, biar ngga keulang lg

      • Kalau lewat aplikasi ga bisa coba di bawa ke kantor marketing penerbangan yg bersangkutan. Biasanya mereka bisa membantu membatalkan. Saya pernah alami pembatalan gagal dari Traveloka juga.

  • alasan double order itu adalah untuk pemesanan di aplikasi yg sama. jadi harusnya jangan memilih alasan itu saat ajukan refund.

    saran diatas sudah bagus, coba ajukan di aplikasi 1 lagi

  • Saya pernah mengalami ini, kalo double issued lewat OTA yang sama bisa klaim double issued (salah satunya refund full). Tapi kalau beda aplikasi, ga bisa pakai alasan itu, harus refund biasa dengan potongan biasa sesuai aturan (tergantung H- berapa ajukan refund)