Surat Pembaca

DC Kredivo Menagih Bunga ke Kantor, Setelah 3 Tahun

Yth. Media Konsumen dan Kredivo,

Sebelumnya saya memiliki tunggakan di Kredivo, yang mana saya sudah selesai mencicil total hutang pokok pada tahun 2019 dan sudah clear pada tahun tersebut. Saya transfer terakhir pada tahun 2019, dan total pembayaran saya sebesar Rp15.518. 890.

Namun sejak akhir bulan kemarin DC Kredivo mulai menagih jumlah hutang bunga, menelepon ke kantor saya dan marah-marah ke kolega saya karena saya sedang tidak di kantor. Kalau memang ini belum clear dari awal, kenapa setelah lebih dari 2 tahun baru kontak saya kembali? SLIK OJK saya sudah clear, bahkan saya sudah dapat kartu kredit dari BCA, yang mana tidak mungkin mereka approve kalau SLIK saya black list.

Pada tanggal 22 Agustus, DC dari PT Ramos bersama rekannya datang ke kantor untuk menagih bunga pinjaman tersebut. Mereka datang tanpa tanda pengenal, tanpa surat tugas, dan tanpa membawa perincian pembayaran. Saya sudah minta untuk berikan perincian pembayaran saya sampai yang paling terakhir, agar jelas berapa yang telah saya bayar.

Semua sudah saya jelaskan termasuk mengenai SLIK OJK saya yang sudah bersih. Namun respons DC tersebut adalah mungkin SLIK OJK eror atau tidak benar. Saya harap Kredivo bisa menyelesaikan hal ini dengan baik. Terima kasih

Elena Sitinjak
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “DC Kredivo Menagih Bunga ke Kantor, Setelah 3 Tahun”

Terima kasih atas informasi yang Ibu Elena Sitinjak sampaikan di website mediakonsumen.com pada tanggal 29 Agustus 2023 pada kolom Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • menurut saya kesalahan mutlak ada pada debitur dikarenakan dia hanya mau melunasi hutang pokok tapi tidak dengan bunga, namanya kita meminjam pasti ada bunga dan uang pokok + bunga wajib dilunaskan. dan jangan mencoba menggunakan keringanan mengapa? dikarenakan peringanan hanya menutup beberapa persen bunga dan sisa bunga tersebut akan terus berjalan hingga besar dan pihak kreditur menagih

        • Tidak usah bayarlah.....apalagi sudah 3 tahun,selama ini kemana aja, biasanya juga Apk belum jatuh tempo aja dah ribut telpon terus....

      • Itu saja masih tertera jika ada tagihan yang belum dibayar, dan jika merasa sudah lunas apakah ada surat perjanjian keterangan jika bisa lunas dengan hanya dibayarkan pokoknya saja?

      • Lebih tepatnya gini, Kredivo bayar pokoknya ke Bank Penyalur dana, nah memang secara SLIK OJK itu lunas, tapi Khan di Aplikasi untuk pokoknya sudah selesai, tapi bunganya masih ada di aplikasi tampil, seakan nunggak di aplikasi, nah sedangkan DC ini patokan datanya sepertinya dari Aplikasi. Jdi disini letak tidak sinkronnya, antara Aplikasi dengan pelaporan Slik.

      • Ini benar..debitur seharusnya tidak menganggap remeh sama bunga..mereka pengahasilan pendapatan kan dari bunga..tapi menurutku kredivo juga salah..kenapa baru 3 tahun di usut..bukannya kalau kita telat bayar 1 bulan pun mrk sudah kayak cacing kepanasan..owh mingkin bunga 1 bulan masih terlalu kecil jadi ditunggu 3 tahun biar bunga berbunga..seakan akan nabung buat mereka..emang jahat ini si kredivo..

    • Tapi di ss yang diatas aja masih ada tunggakan, menurut ku wajar kalau dikejar-kejar dc. Soalnya di surat perjanjian pas pinjam beliau kan pasti menyetujui buat membayar bunga nya apabila ada tunggakan, giliran berjalan nya waktu ketika ada tunggakan malah melanggar kontrak jadi wajar aja kalau ditagih.

      • Logikanya mencairkan uang sebesar 15.5juta tidak mungkin bunganya hanya 18 ribu.
        Saran: bayar aja bu daripada nanti diblock BI

    • Sepertinya ibu ini ada tunggakan di kredivo dan pihak kredivo memberikan promo keringanan pelunasan tanpa harus bayar bunga dan itu biasanya ada surat yg dikirimkan ke ibu. Untuk segera membayar tunggakan tanpa bunganya. KL benar begitu tidak usah bayar aja buk karena di surat tersebutkan sudah ada perjanjian baru atas pinjaman ibu. KL masih di teror DC lapor aja ke OJK.

    • Bu ibuu di cek lagi aplikasinya. Jelas jelas terlihat ada 2 pembayaran belum di bayarkan. Ya belum lunas dong ibuu. ( Pinjaman = pokok + bunga ).

  • Kalo di SS ada tunggakan yang belum di bayar sebesar 4 juta lebih mungkin dulunya ada sisa yang belum dibayar ya bu, dan kemungkinan kena denda jadinya semakin besar. Ngeri banget..

  • Rata2 yg curhat itu adalah : sanggup bayar namun ada sesuatu hal yg belum menungkinkan untuk melunasi, itu biasanya Debitur Lapor ke pihak Kreditur melalui penagih resmi. Kebanyakan yang terjadi pihak KREDITUR TIDAK MENANGGAPI KELUHAN DEBITUR, dan biasanya mancing2 bikin jengkel Debitur.

    Pernah ada suatu kejadian, cuma iuran tahunan, kartu tidak diaktivasi, ditagih dengan bunga berjalan, kartu gak dipake tapi ada bunga dari iuran tahunan.

    Kasus penagih Kredivo bisa dipolisikan itu. Perbuatan tidak menyenangkan dan DC ilegal mengganggu kenyamanan Public.

    Saya bukan Pembela Kreditur Bermasalah, tapi yang saya Bidik adalah Prosedur Penagihan yang tidak Benar, dan saya sering mengingatkan : SEGERA MATIKAN KREDITAN KALIAN LUNASI DAN JANGAN KASIH MAKAN MEREKA DENGAN CARA KITA TIDAK MENJADI DEBITUR MANAPUN.
    Kasih tahu semua orang2 terdekat kita.

    Terimakasih

    • lebih baik kumpulkan massa.suruh datang dc itu.hajar ramai2.karena urusan udah kelar kok dc kata2'nya nyolot kayak jagoan penagih aja.ayo kita gerakan hajar para dc ramai2 biar buyar.

      • Dari pada nge-hajar para DC ramai2, malah kita tidak bedanya sama mereka. Sama2 suka kekerasan.

        Bagaimana kalau stop pinjol saja? Biar pinjol pada mati di Indonesia.

      • Itu sepertiny masih ada tunggakan 4 jutaan ya? Itulah yang mungkin menjadi permasalahannya.. kalau emang ibu sudah memiliki perjanjian dengan pihak kredivo hanya untuk membayar hutang pokok, mungkin bisa dikeluarkan perjanjian tersebut dan dijadikan bukti... karena kalau sudah berhubungan dgn pinjol, jangan mau cuma dari kata2 atau kalimat saja, harus mnt surat persetujuannya bahwa ibu emang diperbolehkan hanya membayar hutang pokok saja..

      • Mantap biar yg hajar Dan d hajar masuk penjara semua hahahha..enak ksh saran..coba yg ksh saran ini suruh maju hanjar DC.

    • yg berkuasa di negara ini siapa mereka d pilih buat mensejahterakan rakyat, tp malah sebalik nya menyengsarakan rakyat,dengan mengijinkan renternir berjaya rakyat udah sengsara mereka seneng dan tertawa.mereka harus di cabut ijinnya,tanpa kecuali, di pilih cuma buat nyengsaraain rakyat,

    • Jelas banget kalo TS cuma mau bayar angsuran 1, 2,3 dan 4 saja biar sejumlah pokok pinjaman. Sengaja angsuran ke 5 dan 6 tidak dibayar karena itu dianggap bunga. Enak sekali ini TS.

  • Kalo benar lunas jangan takut Bu...DC kaya gitu cuma gede dimulut kalo kalah panggil temen2nya bisanya..selagi ada bukti kuat jgn takut bawa kepolisi aja klo emang Uda meresahkan

  • Mungkin dulu kasusnya nunggak lama kan, nah terus diuber juga sama dc, nah terus dia hanya bayar pokoknya saja dan dianggap selesai. Bunganya belum dibayar, mungkin dikira hutang sama teman atau keluarga jd tdk ada bunganya. Dan bagi bagi pembaca di mk bisa lihat juga riwayat ts menulis disini. :D

  • Bisa jadi dc itu tukang tipu. Dia cuma asal labrak aja, siapa tau ibu ketakutan dan bayar.

    • Yang saya heran,kok sampai tahunan ya aman,biasanya telat sehari aja udah kayak gempa bumi 6.6 sr wkwk.
      Jangankan jutaan . 10 RB aja DC udah melotot melotot wkwk.

    • saat ini pinjol OJK dan DC nya sedang diawasi ketat termasuk oleh kepolisan, karena pengaduan orng dimedia konsumen, dan pinjol viral lagi kmrn dan sampai ke ISTANA.!!, saya percaya berita dilapangan.. beberapa hari nanti akan ada pinjol legal yg digeledah termasuk penangkapan DC. !
      polisi sudah mengetahui strategi teror pinjol yg berijin ojk..dipastikan pinjol legal OJK dalam meneror dan mengintimidasi orang tidak akan menyebut aplikasi / perusahaan saat melancarkan terornya.
      bagi yg berhutang segera lunasi utangnya tidak bisa sekaligus , dicicil.. tetap berusaha untuk membayar..

      • tau permainan judi slot,
        dunia ini sandiwara yg d dalam nya ada sandiwara lg.
        scater dalam skater
        begitu pun dengan berita yg d dalam nya ada berita lg,
        dan ga akan pernah kelar selama belum kiamat.

  • Biasanya belum telat aja udah diuber-uber kayak maling, masak ini udah 2 th baru ditagih? Apa mungkin emang bener masih punya sisa hutang berupa bunga pinjaman/denda, lalu oleh debitur dibiarkan hingga bertahun tahun agar dendanya semakin membengkak???

  • Kenapa di ss ada sisa pembayaran? Bisa jadi bunga yang belum dibayar dan ditagih oleh DC

  • Itu msh ada tunggakan bunga yg dianggap lunas. Anda udh kena janji mannis dc sblmnya. Yg dianggapp cl3ar kllo smua tagihan dibayar lunas