DC Kredivo Menagih Bunga ke Kantor, Setelah 3 Tahun

Yth. Media Konsumen dan Kredivo,

Sebelumnya saya memiliki tunggakan di Kredivo, yang mana saya sudah selesai mencicil total hutang pokok pada tahun 2019 dan sudah clear pada tahun tersebut. Saya transfer terakhir pada tahun 2019, dan total pembayaran saya sebesar Rp15.518. 890.

Namun sejak akhir bulan kemarin DC Kredivo mulai menagih jumlah hutang bunga, menelepon ke kantor saya dan marah-marah ke kolega saya karena saya sedang tidak di kantor. Kalau memang ini belum clear dari awal, kenapa setelah lebih dari 2 tahun baru kontak saya kembali? SLIK OJK saya sudah clear, bahkan saya sudah dapat kartu kredit dari BCA, yang mana tidak mungkin mereka approve kalau SLIK saya black list.

Pada tanggal 22 Agustus, DC dari PT Ramos bersama rekannya datang ke kantor untuk menagih bunga pinjaman tersebut. Mereka datang tanpa tanda pengenal, tanpa surat tugas, dan tanpa membawa perincian pembayaran. Saya sudah minta untuk berikan perincian pembayaran saya sampai yang paling terakhir, agar jelas berapa yang telah saya bayar.

Semua sudah saya jelaskan termasuk mengenai SLIK OJK saya yang sudah bersih. Namun respons DC tersebut adalah mungkin SLIK OJK eror atau tidak benar. Saya harap Kredivo bisa menyelesaikan hal ini dengan baik. Terima kasih

Elena Sitinjak
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “DC Kredivo Menagih Bunga ke Kantor, Setelah 3 Tahun”

Terima kasih atas informasi yang Ibu Elena Sitinjak sampaikan di website mediakonsumen.com pada tanggal 29 Agustus 2023 pada kolom Surat...
Baca Selengkapnya

60 komentar untuk “DC Kredivo Menagih Bunga ke Kantor, Setelah 3 Tahun

    • 29 Agustus 2023 - (14:42 WIB)
      Permalink

      menurut saya kesalahan mutlak ada pada debitur dikarenakan dia hanya mau melunasi hutang pokok tapi tidak dengan bunga, namanya kita meminjam pasti ada bunga dan uang pokok + bunga wajib dilunaskan. dan jangan mencoba menggunakan keringanan mengapa? dikarenakan peringanan hanya menutup beberapa persen bunga dan sisa bunga tersebut akan terus berjalan hingga besar dan pihak kreditur menagih

      8
      42
        • 14 September 2023 - (15:32 WIB)
          Permalink

          Tidak usah bayarlah…..apalagi sudah 3 tahun,selama ini kemana aja, biasanya juga Apk belum jatuh tempo aja dah ribut telpon terus….

      • 29 Agustus 2023 - (20:48 WIB)
        Permalink

        Itu saja masih tertera jika ada tagihan yang belum dibayar, dan jika merasa sudah lunas apakah ada surat perjanjian keterangan jika bisa lunas dengan hanya dibayarkan pokoknya saja?

        4
        2
      • 29 Agustus 2023 - (23:10 WIB)
        Permalink

        Lebih tepatnya gini, Kredivo bayar pokoknya ke Bank Penyalur dana, nah memang secara SLIK OJK itu lunas, tapi Khan di Aplikasi untuk pokoknya sudah selesai, tapi bunganya masih ada di aplikasi tampil, seakan nunggak di aplikasi, nah sedangkan DC ini patokan datanya sepertinya dari Aplikasi. Jdi disini letak tidak sinkronnya, antara Aplikasi dengan pelaporan Slik.

      • 30 Agustus 2023 - (12:36 WIB)
        Permalink

        Ini benar..debitur seharusnya tidak menganggap remeh sama bunga..mereka pengahasilan pendapatan kan dari bunga..tapi menurutku kredivo juga salah..kenapa baru 3 tahun di usut..bukannya kalau kita telat bayar 1 bulan pun mrk sudah kayak cacing kepanasan..owh mingkin bunga 1 bulan masih terlalu kecil jadi ditunggu 3 tahun biar bunga berbunga..seakan akan nabung buat mereka..emang jahat ini si kredivo..

        18
        2
    • 29 Agustus 2023 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Tapi di ss yang diatas aja masih ada tunggakan, menurut ku wajar kalau dikejar-kejar dc. Soalnya di surat perjanjian pas pinjam beliau kan pasti menyetujui buat membayar bunga nya apabila ada tunggakan, giliran berjalan nya waktu ketika ada tunggakan malah melanggar kontrak jadi wajar aja kalau ditagih.

      4
      7
      • 30 Agustus 2023 - (21:08 WIB)
        Permalink

        Logikanya mencairkan uang sebesar 15.5juta tidak mungkin bunganya hanya 18 ribu.
        Saran: bayar aja bu daripada nanti diblock BI

    • 29 Agustus 2023 - (22:07 WIB)
      Permalink

      Sepertinya ibu ini ada tunggakan di kredivo dan pihak kredivo memberikan promo keringanan pelunasan tanpa harus bayar bunga dan itu biasanya ada surat yg dikirimkan ke ibu. Untuk segera membayar tunggakan tanpa bunganya. KL benar begitu tidak usah bayar aja buk karena di surat tersebutkan sudah ada perjanjian baru atas pinjaman ibu. KL masih di teror DC lapor aja ke OJK.

      9
      1
    • 29 Agustus 2023 - (22:06 WIB)
      Permalink

      Bu ibuu di cek lagi aplikasinya. Jelas jelas terlihat ada 2 pembayaran belum di bayarkan. Ya belum lunas dong ibuu. ( Pinjaman = pokok + bunga ).

      1
      5
  • 29 Agustus 2023 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Kalo di SS ada tunggakan yang belum di bayar sebesar 4 juta lebih mungkin dulunya ada sisa yang belum dibayar ya bu, dan kemungkinan kena denda jadinya semakin besar. Ngeri banget..

  • 29 Agustus 2023 - (12:05 WIB)
    Permalink

    Rata2 yg curhat itu adalah : sanggup bayar namun ada sesuatu hal yg belum menungkinkan untuk melunasi, itu biasanya Debitur Lapor ke pihak Kreditur melalui penagih resmi. Kebanyakan yang terjadi pihak KREDITUR TIDAK MENANGGAPI KELUHAN DEBITUR, dan biasanya mancing2 bikin jengkel Debitur.

    Pernah ada suatu kejadian, cuma iuran tahunan, kartu tidak diaktivasi, ditagih dengan bunga berjalan, kartu gak dipake tapi ada bunga dari iuran tahunan.

    Kasus penagih Kredivo bisa dipolisikan itu. Perbuatan tidak menyenangkan dan DC ilegal mengganggu kenyamanan Public.

    Saya bukan Pembela Kreditur Bermasalah, tapi yang saya Bidik adalah Prosedur Penagihan yang tidak Benar, dan saya sering mengingatkan : SEGERA MATIKAN KREDITAN KALIAN LUNASI DAN JANGAN KASIH MAKAN MEREKA DENGAN CARA KITA TIDAK MENJADI DEBITUR MANAPUN.
    Kasih tahu semua orang2 terdekat kita.

    Terimakasih

    57
    1
    • 29 Agustus 2023 - (12:38 WIB)
      Permalink

      lebih baik kumpulkan massa.suruh datang dc itu.hajar ramai2.karena urusan udah kelar kok dc kata2’nya nyolot kayak jagoan penagih aja.ayo kita gerakan hajar para dc ramai2 biar buyar.

      60
      2
      • 29 Agustus 2023 - (13:32 WIB)
        Permalink

        Dari pada nge-hajar para DC ramai2, malah kita tidak bedanya sama mereka. Sama2 suka kekerasan.

        Bagaimana kalau stop pinjol saja? Biar pinjol pada mati di Indonesia.

        48
        1
      • 29 Agustus 2023 - (13:44 WIB)
        Permalink

        Itu sepertiny masih ada tunggakan 4 jutaan ya? Itulah yang mungkin menjadi permasalahannya.. kalau emang ibu sudah memiliki perjanjian dengan pihak kredivo hanya untuk membayar hutang pokok, mungkin bisa dikeluarkan perjanjian tersebut dan dijadikan bukti… karena kalau sudah berhubungan dgn pinjol, jangan mau cuma dari kata2 atau kalimat saja, harus mnt surat persetujuannya bahwa ibu emang diperbolehkan hanya membayar hutang pokok saja..

      • 29 Agustus 2023 - (15:06 WIB)
        Permalink

        Mantap biar yg hajar Dan d hajar masuk penjara semua hahahha..enak ksh saran..coba yg ksh saran ini suruh maju hanjar DC.

    • 4 September 2023 - (10:29 WIB)
      Permalink

      yg berkuasa di negara ini siapa mereka d pilih buat mensejahterakan rakyat, tp malah sebalik nya menyengsarakan rakyat,dengan mengijinkan renternir berjaya rakyat udah sengsara mereka seneng dan tertawa.mereka harus di cabut ijinnya,tanpa kecuali, di pilih cuma buat nyengsaraain rakyat,

    • 13 September 2023 - (19:15 WIB)
      Permalink

      Jelas banget kalo TS cuma mau bayar angsuran 1, 2,3 dan 4 saja biar sejumlah pokok pinjaman. Sengaja angsuran ke 5 dan 6 tidak dibayar karena itu dianggap bunga. Enak sekali ini TS.

  • 29 Agustus 2023 - (12:26 WIB)
    Permalink

    Kalo benar lunas jangan takut Bu…DC kaya gitu cuma gede dimulut kalo kalah panggil temen2nya bisanya..selagi ada bukti kuat jgn takut bawa kepolisi aja klo emang Uda meresahkan

    13
  • 29 Agustus 2023 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Mungkin dulu kasusnya nunggak lama kan, nah terus diuber juga sama dc, nah terus dia hanya bayar pokoknya saja dan dianggap selesai. Bunganya belum dibayar, mungkin dikira hutang sama teman atau keluarga jd tdk ada bunganya. Dan bagi bagi pembaca di mk bisa lihat juga riwayat ts menulis disini. 😀

    7
    1
    • 29 Agustus 2023 - (16:55 WIB)
      Permalink

      Yang saya heran,kok sampai tahunan ya aman,biasanya telat sehari aja udah kayak gempa bumi 6.6 sr wkwk.
      Jangankan jutaan . 10 RB aja DC udah melotot melotot wkwk.

    • 30 Agustus 2023 - (08:03 WIB)
      Permalink

      saat ini pinjol OJK dan DC nya sedang diawasi ketat termasuk oleh kepolisan, karena pengaduan orng dimedia konsumen, dan pinjol viral lagi kmrn dan sampai ke ISTANA.!!, saya percaya berita dilapangan.. beberapa hari nanti akan ada pinjol legal yg digeledah termasuk penangkapan DC. !
      polisi sudah mengetahui strategi teror pinjol yg berijin ojk..dipastikan pinjol legal OJK dalam meneror dan mengintimidasi orang tidak akan menyebut aplikasi / perusahaan saat melancarkan terornya.
      bagi yg berhutang segera lunasi utangnya tidak bisa sekaligus , dicicil.. tetap berusaha untuk membayar..

      • 4 September 2023 - (10:35 WIB)
        Permalink

        tau permainan judi slot,
        dunia ini sandiwara yg d dalam nya ada sandiwara lg.
        scater dalam skater
        begitu pun dengan berita yg d dalam nya ada berita lg,
        dan ga akan pernah kelar selama belum kiamat.

  • 29 Agustus 2023 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Biasanya belum telat aja udah diuber-uber kayak maling, masak ini udah 2 th baru ditagih? Apa mungkin emang bener masih punya sisa hutang berupa bunga pinjaman/denda, lalu oleh debitur dibiarkan hingga bertahun tahun agar dendanya semakin membengkak???

  • 29 Agustus 2023 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Itu msh ada tunggakan bunga yg dianggap lunas. Anda udh kena janji mannis dc sblmnya. Yg dianggapp cl3ar kllo smua tagihan dibayar lunas

  • 29 Agustus 2023 - (15:54 WIB)
    Permalink

    Kalau dari gambar yang ibu kirim ada tagihan yang masih harus dibayar (terlambat), jadi makanya DC tetap menagih.
    Kecuali ada surat yang menyatakan ibu sudah lunas semua tagihannya.

  • 29 Agustus 2023 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Nunggu 2 tahun dlu baru nagih??.. telat 1 hari aje udh kyk anji*g kepanasan nagihnye??.. ade udh dibalik bakwan nih.. 😅

    • 29 Agustus 2023 - (18:16 WIB)
      Permalink

      gk usah di bayar biarin aja, DC kaya gitu mana pegang surat2 resmi.
      emang DC kaya die bener dari KREDIVO ? gk mungkin. ntar kalo

  • 29 Agustus 2023 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Hati hati bu… banyak oknum dc brkeliaran nagih dan uang pembayaran masuk ke kantong mereka sendiri.
    Jika ingin lebih pasti coba buka aplikasi krdivo..masih ada tunggakan yg belom terbayarkan gak… kalo masih ada tunggakan… bayar via VA dari aplikasi jangan mau VA dari DC.

  • 29 Agustus 2023 - (17:33 WIB)
    Permalink

    Maaf mungkin saya tolol atau goblok atau emang gabisa baca. Klo emang udah lunas kasih tunjuk aja surat bukti pelunasan atau histori pelunasan di apk nya. Semoga ss tagihan yg dilampirkan cuma pemanis ya.

    2
    1
  • 29 Agustus 2023 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Hutang sampe 15 jutaan buat apaan Bu…. mending jual harta yg kita punya daripada ngutang, bikin hidup nggak nyaman

    1
    2
  • 29 Agustus 2023 - (19:59 WIB)
    Permalink

    Ts ga bisa jawab berarti belum lunas…apalagi kerja kantoran loh kemungkin s1 masa ga tau klo bahaya pinjol…dan belum bunga nya apalagi telat..

  • 29 Agustus 2023 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Menurut saya kembali lagi ke hal tanggungjawab, diawal kita sudah baca peraturan dan aturan yang berlaku dan menyanggupi nya kebanyakan debitur sudah telat bayar malah lupa dengan bunga denda yang dikenakan dan perlu diingat juga kalau masalah DC yang nagih secara baik baik kita juga baiknya merespon dengan baik. Jika masih kurang informasi bisa langsung datang kekantor, jangan selalu mengoreksi kesalahan orang lain yang nantinya bisa membuat malu diri kita sendiri .

  • 29 Agustus 2023 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Gregetan deh sama TS ini, kalo memang udah lunas ada bukti lunasnya gak? Sampean inikan pinjemnya sama pinjol bukan sama keluarga ente. Terima surat perjanjiannya kan? dibaca lagi, bisa bacakan? Digambar jelas bgt masih nunggak, dibilang udh lunas?. Gua bukan bela krediturnya ya, tp kalo debiturnya aja rada² mau apa yg dibela? Cari sensasi doang, cari suara doang ente apa mau terkenal lewat media konsumen?. Para AHLI MEDIA KONSUMEN dipersilahkan.

  • 29 Agustus 2023 - (23:32 WIB)
    Permalink

    Inilah yg di sebut hidup elit ekonomi sulit. Jerat pinjol blm selesai sdh pake lg jerat Kartu kredit. Ga kapok2nya hutang nunggak tp merasa hutang lunas tanpa bayar bunga. Eh malah hutang lg di lain tempat.

  • 30 Agustus 2023 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Team leader yg salah tidak bisa control anak buah nya memalukan saya sarankan kasih surat peringatan 2 kalau saya spv nya. Memalukan

    • 30 Agustus 2023 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Diluar dri proses penagihan, memang terbukti debitur masih menunggak diaplikasi. Narasinya debitur disini masih ditagih tagihan yg masih blm selesai, dikatakan tinggal bunganya saja. Secara tidak langsung debitur mengakui masih ada sangkutan di kredivo. Klo dri sisi dc yg telpon ke kantor, apa debitur ini bisa dihub by telpon selain lewat chat WA? Balik lgi ke pribadinya masing², masih ada rasa tanggung jawab atau nggk sih, klo memang TS ini ada rasa tanggung jawab ya selesaikan sampai Tuntas, TS berani UP ke MEDIA KONSUMEN karena orang kantornya tau permasalahannya. Klo gk tau pasti diem aja ini TS seolah semua aman. Sama halnya ketika TS menyalahkan SLIK OJK yg error, dan memberikan bukti lgi di approve CC BCA.

  • 30 Agustus 2023 - (10:53 WIB)
    Permalink

    “Saya transfer terakhir pada tahun 2019, dan total pembayaran saya sebesar Rp15.518. 890”

    hutang = 15.500.000
    dibayar = 15.518.890 (kemungkinan itu total cicilan ke 1-4 dan sebagian cicilan ke-5)

    trus ngerasa udah lunas. LOL

    • 30 Agustus 2023 - (11:24 WIB)
      Permalink

      Kata kata LOL apakah di perbolehkan sama management disana ya , mengharukan SOP DC di sana , team qualiy ya apakah diem aja nih, wah parah yg penting target tercapai tapi bahasa kasar di perbolehkan, mengharukan sekali

      1
      1
      • 30 Agustus 2023 - (18:13 WIB)
        Permalink

        LOL itu bukan kata kasar pak, tapi singkatan dari Laughing Out Loud atau dalam bahasa indonesia artinya tertawa terbahak-bahak, mohon sebelum komentar minimal riset dulu yaa pak, takut menggiring opini banyak orang terutama orang awam🙏🏼

        • 30 Agustus 2023 - (18:58 WIB)
          Permalink

          Bisa nya nglez, kalian cek dulu aja awalnya kesepakatan DC dg nasabah, DC nya salah perhitungan pelunasan atau tidak?, Cek hirarki payment nya, cek recording nya dah bener tidak itu yg hrs leader lakukan, leader nya hrs di bina nih los monitoring hal minor seperti itu aduh aduh

          • 30 Agustus 2023 - (19:13 WIB)
            Permalink

            TS muncul sebagai @jack_nelson.

          • 30 Agustus 2023 - (21:21 WIB)
            Permalink

            Konteks pembicaraannya kan kata LOL pak hehe

          • 30 Agustus 2023 - (22:16 WIB)
            Permalink

            Pantas lowker team leader di fintach ini sering muncul di jobstreet kualitas leader nya kaya gini di pertahankan

    • 30 Agustus 2023 - (22:23 WIB)
      Permalink

      Sebetulnya saya bisa menganalisa dari permasalahan ini dan memberikan solusi namun karena bukan bagian dari manajemen kalau saya memberikan solusi lalu tugas para leader disana apa? , Low respons?, Berkutat dengan retorika? Berbicara tanpa data? , Come on men growth up

  • 30 Agustus 2023 - (17:11 WIB)
    Permalink

    Sudah, pinjam aja banyak2 di pinjol, trus galbay, galbay gk buat kita gk makan…
    Malah menjauhkan kita dari riba…
    Toh modal mereka dari negara ***..
    Bunganya gila…

    • 30 Agustus 2023 - (20:12 WIB)
      Permalink

      Galbay nasional……
      Kalau mau tutup pinjol
      Pinjol lah secara masal dan masif…lalu galbay secara masal dan masif…..
      Dijamin

  • 31 Agustus 2023 - (14:16 WIB)
    Permalink

    Coba gitu ada anak pejabat atau kerabat pejabat yg iseng minjem pinjol wkwk, trus galbay , dikasusin . Diusut punya usut aliran dana dari investor yang berkutat hasil money laundry wkwkw .
    Trus kantornya diusut karyawan di bubarin 🤣 .
    Itung2 penerapan UU no 8 tahun 2010 .
    Mumpung kemenkumham nya masih pak Mahfud usut tuntas brewww pinjol di indo 🤣🤣🙈

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 60 komentar sampai saat ini..

DC Kredivo Menagih Bunga ke Kantor, Setelah 3 Tahun

oleh Lena S dibaca dalam: 1 menit
60