Surat Pembaca

Sudah Bayar GoPay Pinjam Tepat Waktu, tapi Masih Ditagih dengan Pesan Intimidasi

Dear GoPay Pinjam,
CC. OJK RI
Rekan pembaca Media Konsumen,

Salam hormat untuk semua,

Awal keluhan saya adalah, ada tagihan cicilan terakhir di aplikasi Gojek (GoPay Pinjam), dengan nominal tagihan Rp444.400. Pada tanggal jatuh tempo (2 Maret 2024), saya bayar pada pukul 13.00 WIB (bukti terlampir), dengan kode virtual account yang saya ambil real time/saat itu juga dan sudah benar, karena saya copy paste kode virtual account tersebut. Pada saat itu juga saya melakukan pembayaran melalui VA Bank BCA dan transaksi dinyatakan sukses, dengan ditandai berkurangnya saldo saya.

Selesai melakukan pembayaran (sukses transaksi), saya tunggu beberapa jam. Namun tidak ada pelunasan di aplikasi. Saat itu juga saya melakukan komplain di menu pusat bantuan lewat aplikasi, dengan nomor tiket: 182579626 (dijawab oleh robot/template, tanpa solusi). Kemudian ditanggapi oleh aplikasi (kembali robot) dan minta rating pelayanan, padahal belum ada solusi.

Sampai tanggal 16 Maret 2024, status tanpa solusi. Namun setiap hari ada SMS masuk ke nomor saya, yang seolah-olah saya tidak pernah menanggapi telepon masuk (padahal tidak panggilan masuk sama sekali). Dari SMS yang masuk terakhir tanggal 18 Maret 2024, intimidasi semakin parah (bukti telampir).

Pihak GoPay Pinjam tidak ada niat menyelesaikan komplain saya secara serius. Kalian menagih sesuatu yang sudah saya bayar tepat waktu.

Berikut saya lampirkan beberapa nomor tiket yang hanya dijawab template oleh pihak GoPay Pinjam tanpa solusi:

  1. 182579626: Komplain lewat aplikasi dari tanggal 2 Maret 2024 s.d. 16 Maret 2024, ditutup tanpa solusi dan dijawab oleh robot.
  2. 182784090: Komplain lewat aplikasi dari tanggal 5 Maret 2024 s.d. 18 Maret 2024, ditutup tanpa solusi dan dijawab oleh robot.
  3. 182955719: Komplain lewat aplikasi dari tanggal 4 Maret 2024 s.d. 17 Maret 2024, ditutup tanpa solusi dan dijawab oleh robot.

Masih ada beberapa komplain, sama tanpa solusi dari GoPay Pinjam. Semua komplain di atas lewat aplikasi dan selalu dibuat tiket baru, tanpa solusi. Terkesan menyepelekan customer. Asumsi saya dengan tiket keluhan baru supaya terkesan menjadi laporan baru dan semua tanpa solusi. Sebenarnya ada beberapa nomer tiket yang lain, karena hampir tiap hari saya follow up komplain saya tapi selalu dapat nomor tiket baru.

Saya lampirkan semua bukti keluhan saya lewat aplikasi yang tanpa solusi. Kami ini manusia dan butuh dijawab oleh manusia, bukan robot!

Jika masalah ini tidak bisa selesai dalam 5×24 jam dan sampai mempengaruhi skor kredit saya, maka saya akan buat keluhan ke pihak OJK RI untuk difasilitasi penyelesaian masalah ini. Uang saya sudah masuk ke pihak GoPay Pinjam, jangan permainkan kami!

Heri Kusbandono
Tuban, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • kamu ga malu sama mulutmu yg besar itu ? mau bawa ke jalur hukum ? hahaha km pikir jalur hukum gak butuh kuasa hukum, gak ada proses berjenjang ? dan lain lain... gaya lu ber api api udah macam orang gedongan, faktanya km mis kin se mis kin mis kinnya sampai harus ngu tang gitu..

    kalau komplain ya komplain aja gak usah pakai ancaman ancaman bawa sana sini wkwkwkw.

    lu pikir ojk mau ngurusin km ? hahaha emang ada yang pernah lihat kah prestasi ojk itu apa ?

  • biasakan membayar tagihan itu H3 sebelum jatuh tempo. bayar di tanggal jatuh tempo biasanya sudah masuk ke denda. jadi bayar tagihan tanpa denda di anggap belum membayar oleh system.

    • Nah betul itu, jangan dibayar pas jatuh tempo..... Namanya system pasti uda masuk telat bayar. Karna ditakutkan pas kita bayar walau status sudah terbayar tp ttep masuk telat bayar.

      Saya aja pengguna CC jatuh tempo tiap tgl 2, bill system jatuh ke tgl 15. Nah tgl esoknya saya uda bayarkan sebelum jatuh tempo tgl 2. Harusnya konsepnya sudah tau.

      Semoga dapt dipejari 👍

  • Bayar pas jatuh tempo tanggal 2 Maret 2024 kok ya pas di hari Sabtu. Bisa jadi pembayaran pelunasan terproses di hari Senin, alhasil ada denda. Tambahan denda berarti ada kekurangan pelunasan dan DC tahunya belum lunas ..nas ..nas. Masih ada hutang ..tang ..tang.

  • Case close ya dulur2...
    Yg komen baik yang positif terimakasih...

    Yg komen negatif juga terimakasih..

    Terutama terimakasih kpd media konsumen.. sudah muat artikel keluhan saya.. dengan ini kekuatan media konsumen terbukti
    .. sehari setelah tayang postingan saya... lgsg case selesai... terimakasih