Kita Semua adalah Konsumen dan Media Konsumen adalah Media Kita Semua

Sahabat Konsumen, kami ingin memperjelas kembali mengapa dan untuk apa situs ini hadir. Kehadiran situs Media Konsumen sejak 2006 didedikasikan sepenuhnya bagi Anda, konsumen yang berbahasa Indonesia (dimanapun Anda berada di seluruh penjuru dunia) sebagai tempat untuk berbagi pengalaman sebagai konsumen. Media Konsumen bukanlah portal berita online yang meng-update beritanya setiap detik. Juga bukanlah situs portal gosip baik gosip dunia hiburan atau gosip politik yang penuh dengan judul artikel yang sensasional atau provokatif. Media Konsumen juga melepaskan diri dari konten yang bersifat SARA. Singkatnya, Media Konsumen adalah media yang dibuat bagi Anda semua untuk mendapatkan tempat seluas-luasnya untuk saling berbagi pengalaman sebagai konsumen.

Mungkin ada yang berpikir, kalau sekedar berbagi pengalaman, bukankah sekarang ini begitu banyak cara, baik melalui sosmed pribadi atau melalui situs-situs berita atau forum yang lain? Tentu saja cara-cara tersebut juga bisa dilakukan, namun ada beberapa alasan mengapa harus Media Konsumen?

  • Dibandingkan dengan sosmed pribadi, jangkauan pembaca Media Konsumen lebih luas. Sosmed pribadi tentunya hanya menjangkau pembaca yang berada dalam lingkaran pertemanan pemilik sosmed ybs saja sementara pembaca Media Konsumen termasuk di luar lingkaran pertemanan pribadi seseorang.
  • Pengalaman Anda, yang dikirim oleh siapapun dan apapun isi pengalamannya, akan mendapat tempat yang sama di Media Konsumen sebagai HEADLINE di halaman depan. Jadi berbeda jika Anda berbagi pengalaman konsumen Anda ke situs portal berita, tulisan Anda tidak akan berada di posisi headline, karena headline tentu saja diperuntukkan untuk berita di situs ybs.
  • Konsumen juga bisa mengirim tulisan pengalamannya ke berbagai forum, tetapi biasanya forum bersifat umum alias tidak spesifik/khusus. Sementara Media Konsumen adalah forum yang secara khusus disiapkan untuk berbagi pengalaman Anda sebagai KONSUMEN.

Lalu tulisan apa yang bisa Anda bagikan di Media Konsumen? Tentu saja apapun yang yang terkait dengan dunia konsumen bisa Anda bagikan. Bisa berupa pengalaman yang menyenangkan atau kurang menyenangkan, bisa juga berupa opini, kritik atau saran, atau mungkin pengalaman Anda memakai suatu produk atau jasa dalam bentuk review, semua bisa Anda kirimkan untuk dimuat di Media Konsumen.

Lantas apa dan siapa yang dimaksud dengan konsumen? Ada banyak definisi tentang konsumen, bergantung pada konteksnya. Berikut definisi konsumen menurut beberapa sumber:

Undang-undang NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN tgl 20 April 1999:

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan

British Dictionary:

1. Orang yang memperoleh barang dan jasa untuk kebutuhan pribadinya (lawan kata dari produser)
2. Seseorang atau sesuatu yang mengonsumsi
3. (ekologi) suatu organisme, mis hewan, dalam kumpulan yang memakan tumbuhan atau hewan lainnya.

Merriam-webster:

  • Seseorang yang membeli barang dan jasa.
  • Seseorang yang memanfaatkan barang ekonomi
  • Organisme yang membutuhkan senyawa organik kompleks untuk makanan yang diperoleh dengan cara memangsa organisme lain atau dengan memakan partikel bahan organik

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

Pemakai barang-barang hasil industri (bahan pakaian, makanan, dsb)

Sementara investorwold.com mendefinisikan konsumen sbb:

Seorang individu yang membeli produk dan atau jasa untuk penggunaan pribadi dan bukan untuk pembuatan atau dijual kembali. Seorang konsumen adalah seseorang yang bisa membuat keputusan apakah atau tidak untuk membeli barang di toko, dan seseorang yang dapat dipengaruhi oleh pemasaran dan iklan. Setiap kali seseorang pergi ke toko dan membeli mainan, kemeja, minuman, atau apa pun, mereka membuat keputusan sebagai konsumen.

Seperti bisa dilihat ada beragam definisi tentang konsumen. Dengan tetap mengacu pada definisi konsumen menurut definisi umum di atas, Media Konsumen mendefinisikan konsumen di situs ini sbb:

Konsumen adalah seseorang atau sekelompok orang yang memanfaatkan barang dan atau jasa yang diperoleh dari pihak lain dengan mempertukarkan nilai ekonomisnya

Contoh, saat seseorang membeli baju dari sebuah toko, maka orang tersebut mempertukarkan nilai ekonomisnya (uang) dengan barang (baju) dari pihak ketiga (toko). Dalam contoh lain, seseorang pergi menggunakan jalan raya (non tol) maka orang tersebut mempertukarkan nilai ekonomisnya (pajak) dengan pelayanan (jalan) dari pihak ketiga (pemerintah), dst.

Dengan definisi di atas, kami mendefiniskan konsumen tidak secara per se, tapi dalam konteks yang lebih luas. Maka Anda semua bisa menulis topik apapun selama hal itu terkait dengan barang dan atau jasa yang anda manfaatkan yang Anda peroleh dari pihak lain dengan mempertukarkan nilai ekonomis Anda. Anda tidak disebut konsumen jika barang dan atau jasa tersebut Anda peroleh secara cuma-cuma, alias gratis 🙂

Jadi mari berbagi pengalaman, karena kita semua adalah konsumen, dan Media Konsumen adalah media milik kita semua.

Salam Konsumen,
Redaksi

Berikan penilaian Anda!
[Total:0    Rata-Rata: 0/5]
Loading...

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kita Semua adalah Konsumen dan Media Konsumen adalah Media Kita Semua…

oleh Redaksi dibaca dalam: 3 min
0