Tips Berbelanja Online dengan Aman di Media Sosial

Kemudahan dalam bertransaksi online menjadikan online shopping populer belakangan ini. Toko online dapat ditemukan baik di media sosial atau pun aplikasi khusus seperti Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya. Salah satu kelebihan toko online adalah jenis barang yang bervariasi, yang tidak jarang sulit ditemukan di toko-toko offline. Namun berbelanja online juga memperbesar kemungkinan seseorang ditipu penjual dengan tidak mengirim barang yang dipesan. Berdasarkan pengalaman saya berbelanja online selama 3 tahun terakhir di media sosial (yang tentunya lebih beresiko karena tidak menggunakan rekening bersama seperti tokopedia), berikut adalah tips agar dapat membedakan penipu dan penjual yang sebenarnya.

  1. Cek seberapa populer toko online tersebut. Anda dapat melihat jumlah likers page/followernya.
  2. Cek reputasi toko tersebut di forum belanja online.
  3. Cek dengan teman anda yang pernah berbelanja di toko tersebut/ cari testimoni pelanggan di page toko online tersebut.
  4. Jika masih ragu, mintalah seller untuk memfoto barang yang anda pesan.
  5. Mintalah nomor resi pengiriman setelah anda mentransfer uang.

Patut dicurigai jika penjual mulai mendesak kita sebagai pembeli untuk segera mentransfer uang seharga benda yang kita pesan. Penjual yang baik biasanya hanya tinggal menunggu pembeli mentransfer uang, dan jika pembeli tidak kunjung mentransfer maka biasanya otomatis dianggap kita telah membatalkan pesanan. Jika penjual mendesak seperti itu, lebih baik batalkan pesanan anda.

Jika pesanan anda sampai, maka tidak ada salahnya mengirimkan testimoni untuk penjual tersebut 🙂 .

Selamat berbelanja online dengan aman!

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 5/5]
Loading...

2 komentar untuk “Tips Berbelanja Online dengan Aman di Media Sosial

  • 5 Januari 2017 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Saya barusan saja komplain ke globaltasbranded.com saya pesan 2 barang dgn perjanjian kirim jne reguler , lalu cs bernama puteri +62 853-8358-8607 mengiya kan dan kasi totalan dgn harga jne reguler , taunya tgl 4 januari 2017 di kirim barang dgn jne OK , saya jualan tas di marketplace yg mengharuskan input resi sesuai pesanan , dan ternyata g bs di input , saya cek ternyata pihak globaltasbranded.com kirim jne ok , saya komplain dgn enteng dia menjawwab sorry dan ketus sekali tdk ada itikad mengembalikan dana sisa pengiriman yg reguler , no wa saya malah di block sama cs +62 853-8358-8607 bernama puteri, mmg uang tdk seberapa tp di sini toko tdk JUJUR DAN PROFESIONAL , saya selaku orang yg berjualan di marketplace tentu kehilangan kepwrcayaan dari konsumen dan tdk bs mendapat rating . Buat para olshop yg nyari suply jangan ke globalbranded.com g profesional .

    • 11 Maret 2017 - (16:12 WIB)
      Permalink

      waduh coba dikirim pake fitur kirim surat supaya dimuat jadi artikel 🙂

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Tips Berbelanja Online dengan Aman di Media Sosial

oleh Nadia # dibaca dalam: 1 min
2