[Review] Film Alien: Covenant (2017)

Oleh Nadia FK

Hitung-hitung amalan (hehe) nulis review film, jadi kali ini saya review film Alien: Covenant (2017). Review ini saya tulis secara generalnya saja dari film ini karena saya nggak mengikuti seri film Alien, dan tenang ini spoiler free. Tokoh utama cerita ini, Walter (Michael Fassbender) yang menjadi alasan saya nonton film ini 😀 becanda, eh setengah serius, selain karena aktornya, trailer-nya juga lumayan bikin penasaran.

Alien : Covenant menceritakan perjalanan awak kapal Covenant ke sebuah planet baru untuk kolonisasi. Di tengah perjalanan kapten mengubah tujuan planet awal yang jaraknya masih 7 tahun cahaya, ke sebuah planet misterius yang hanya berjarak beberapa minggu karena mereka menangkap transmisi misterius. Dan di sana, surprise surprise, alien yang adalah selling point film ini muncul. Karena ini spoiler free, maka garis besar ceritanya sampai disitu saja.

Dari sejak film opening atmosfer mencekam sudah terasa dari soundtrack yang mendukung banget sepanjang film. Dan 30 menit pertama saja sudah ada casualty, memang genre filmnya dark banget. Dari segi cerita memang mencekam dan cukup banyak jump scare yang mungkin nggak begitu mengejutkan buat sebagian orang. Ceritanya juga nggak bikin bosan selama 2 jam lebih mantengin layar, karena full action dan sedikit percakapan yang panjang-panjang. Tapi overall ceritanya agak lemah, karena ada beberapa plot hole atau beberapa bagian yang mungkin kalau nggak dilakukan bisa menghindari keseluruhan bencana di film ini (eh tapi kalau gitu gak jadi film dong? hehehe). Dan juga keputusan-keputusan yang kayaknya nggak setimpal sama resikonya. Intinya ada bagian-bagian di mana kita bakal berpikir seperti kalau lagi nonton film horror generik: “lah ngapain juga lu kesana kalau udah tahu itu mencurigakan ?

Tapi tenang, cerita ini ada plot twist-nya, walau buat yang udah terbiasa nggak begitu kaget. Film ini juga ada sedikit filosofi tentang eksistensi.

Kemudian CGI planet asing dan peralatan high tech kelihatan bagus dan meyakinkan dengan tone film yang gelap (yang di beberapa bagian bikin saya susah ngeliat). CGI Alien yang jadi inti film ini juga bagus dan seram, dengan scene movement cepat yang luwes.

Soal akting, hmm saya rasa nggak ada adegan yang menonjol tapi akting takut/sedih/marah setiap karakter bagus karena nggak ada yang terasa janggal. Oh iya karakternya cukup banyak dan nggak ada pengenalan khusus di bagian awal jadi agak bingung, baru setelah film agak lama berjalan setiap karakter nyebut nama dan korelasi antar karakter baru kita tahu siapa nama masing-masing.

Overall, ceritanya menarik dan nggak membosankan juga mencekam,tapi kurang pendalaman karakter dan kita jadi susah empati melihat mereka dikejar alien. Film ini bagus untuk yang mencari ketegangan dan fans seri alien. Tapi kalau kamu cari plot twist, super ngebingungin atau cerita yang rumit, mungkin nggak akan begitu suka. Oh iya jangan lupa banyak bagian yang berdarah-darah jadi kalau kalian nggak suka atau gampang mual hati-hati ya.

*****

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Film Alien: Covenant (2017)

Film Alien: Covenant (2017)
7.625
Nilai Total

Musik

8/10

    Atmosfir

    9/10

      Plot Cerita

      6/10

        Akting

        8/10

          Kelebihan

          • Full Action+ Mencekam + Jumpscare
          • Soundtrack cocok dengan atmosfir film, menambah kengerian film
          • CGI Bagus
          • Atmosfer Film Bagus, Twisted Plot
          • Plot tentang Eksistensi/Latar Belakang Sebuah Karakter yang Menarik, Food for Thought

          Kekurangan

          • Alur Cerita Lemah
          • Kurang Pendalaman Karakter
          • Screen-time Alien Sedikit

          Kesimpulan

          Bagi pecinta genre action dan alien film ini layak ditonton

          Bagikan pendapat anda!



          Bagaimana Reaksi Anda?
          • Suka
          • Senang
          • Sedih
          • Marah
          • Lucu
          • Kecewa

          Ulasan dan penilaian mengenai Film Alien: Covenant (2017) di atas adalah berdasarkan pengalaman pribadi penulisnya dan bukan merupakan iklan (advertorial). Punya pendapat tentang Film Alien: Covenant (2017)? Berikan ulasan dan penilaian berdasarkan pengalaman anda melalui form komentar di bawah ini.

          Tentang Penulis
          Nadia FK  

          Mahasiswi dan konsumen di kehidupan sehari-hari.

           Apa Komentar Anda?

          Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

          [Review] Film Alien: Covenant (2017)

          Nadia FK 2 menit
          0