Ultra Violet (Ungu) Dinobatkan Sebagai Warna Pantone Tahun 2018

MediaKonsumen.com – The Pantone Color Institute, sebuah lembaga yang membuat standarisasi warna dan sumber rujukan para desainer produk dalam memilih warna untuk desain, mengumumkan pada Desember ini bahwa mereka memilih untuk mewarnai tahun depan dengan warna Ultra Violet (PANTONE 18-3838), atau nuansa warna Ungu kebiruan.

The Pantone Color Institute telah memilih warna berbeda dan menjadikan trend untuk setiap tahunnya sejak tahun 2000. Warna pilihan tahun 2016 adalah Serenity Blue (Biru Teduh) dan Greenery (Hijau Daun) adalah warna pilihan untuk 2017. Untuk tahun 2018, Leatrice Eiseman, direktur eksekutif institut tersebut mengatakan, “Kami ingin memilih sesuatu yang membawa harapan dan pesan yang membahagiakan.”

Jadi, Kenapa Ultra Violet (Ungu)?

Ini adalah “warna yang paling kompleks,” kata Leatrice Eiseman, kepada The New York Times dalam sebuah artikel di bagian Fashion and Style yang diterbitkan pada hari Kamis. “Karena dibutuhkan dua warna yang tampaknya bertentangan secara diametris – biru dan merah – dan menggabungkan mereka secara bersamaan untuk menciptakan sesuatu yang baru.”

Di zaman kuno, bahan pewarna ungu adalah barang langka karena dibuat terbuat dari lendir sejenis siput laut yang langka di kota Fenisia di Tyre, menurut sebuah laporan tahun 2015 di The Guardian. Tyre terlibat dalam perdagangan dengan Yerusalem, kota suci bagi tiga agama besar yang kini kembali ramai diberitakan.

Secara historis, ungu sangat dihargai, didorong oleh produksinya yang sulit dan hubungannya dengan kekayaan, kekuasaan dan status ningrat. Apakah Pangeran Harry dan tunangannya, Meghan Markle, tahu bahwa dikatakan bahwa pada abad ke 16 Ratu Elizabeth I dari Inggris tidak mengizinkan siapa pun kecuali kerabat dekat keluarga kerajaan untuk mengenakan pakaian ungu?

Pada tahun 1856, seorang ahli kimia Inggris bernama William Henry Perkin membuat warna ungu lebih mudah didapat oleh orang biasa saat ia mematenkan sebuah proses untuk ungu sintetis, yang ia tanpa sengaja ia temukan saat mencoba membuat pengobatan untuk malaria.

Medali “Purple Heart” (Hati Ungu) diberikan kepada anggota Angkatan Bersenjata Amerika Serikat yang terluka dalam tugas (atau diberikan kepada keluarga terdekat jika mereka gugur).

Inventif dan Imajinatif, Ultra Violet (Ungu) akan Menyinari Jalan Menuju Masa Depan.

Dalam situsnya, The Pantone Color Institute menuliskan bahwa warna Ultra Violet atau Ungu adalah simbol warna yang sangat provokatif sekaligus menyiratkan kepekaan. Ultra Violet mengomunikasikan orisinalitas, kecerdikan, dan pemikiran visioner yang mengarahkan kita menuju masa depan.

Kompleks dan kontemplatif, Ultra Violet melambangkan misteri kosmos, gairah baru menyambut hari esok, dan penemuan baru di luar tempat kita sekarang berada. Langit malam yang luas dan tak terbatas, merupakan simbol dari kemungkinan-kemungkinan dan terus mengilhami keinginan untuk meraih sesuatu di luar batas yang kita miliki.

Ungu yang misterius ini juga telah lama menjadi simbol budaya antikemapanan, keistimewaan, dan kecemerlangan artistik. Ikon musik seperti Prince, David Bowie, dan Jimi Hendrix membawa nuansa Ultra Violet ke garis depan budaya pop barat sebagai ekspresi pribadi individualitas. Penuh nuasa dan emosi, kedalaman PANTONE 18-3838 Ultra Violet melambangkan eksperimen dan keberanian melawan arus, merangsang seseorang untuk menentukan ciri khas mereka sendiri di dunia, dan mendorong batas-batas melalui kerja kreatif.

Sumber: pantone.com/color-of-the-year-2018

Secara historis, ada nuansa mistis atau spiritual yang melekat pada Ultra Violet. Warnanya sering dikaitkan dengan penemuan kesadaran diri, yang menawarkan tempat yang lebih tinggi bagi mereka yang mencari alternatif dari dunia yang penuh godaan dewasa ini. Penggunaan pencahayaan ungu di ruang meditasi dan tempat berkumpul lainnya memberi energi pada orang-orang yang berkumpul di sana dan mengeratkan hubungan antarindividu.

Warna Ungu dalam Film “Last Passenger (2013)”

Dalam sebuah adegan dalam film “Last Passenger (2013)” dibahas asal-usul dan betapa berharganya warna Ungu pada zaman dulu, seperti bisa dilihat dalam cuplikan video di bawah ini:

Diperkirakan pemilihan warna Ultra Violet atau Ungu oleh The Pantone Color Institute akan menjadikan warna tersebut menjadi trend di tahun 2018.

Apakah Ungu adalah warna favorit Anda?

Warna pilihan Pantone dari tahun ke tahun (sumber: Pantone.com)

(ed/dari berbagai sumber)

Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 5]

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Ultra Violet (Ungu) Dinobatkan Sebagai Warna Pantone Tahun 2018

Redaksi 3 menit
0