Kecewa dengan Nokia 6 yang Baru Sehari Sudah Harus Ganti Mesin

Pada tanggal 23 Desember 2017 saya membeli handphone Nokia 6 di sebuah toko di ITC BSD. Seperti biasa toko tidak membuka segel kotak handphone tersebut sebelum saya melakukan pembayaran. Setelah melakukan pembayaran maka segel baru dibuka dan handphone dinyalakan dan dilakukan tes charge.

Setelah selesai maka saya membawa pulang Nokia 6 tersebut. Sesampai dirumah saya melakukan charge untuk pertama kali. Setelah beberapa saat kemudian saya mengecek handphone saya. Terlihat baterai saya sudah terisi sekitar 60%, dan kemudian saya melihat ada notifikasi untuk meng-upgrade sistem.

Kemudian saya mengklik ok, hp kemudian upgrade dan restart. Setelah itu ada beberapa kali upgrade dan sukses. Kemudian terlihat untuk upgrade ke android 7.1.2 dari android 7.1.1. Setelah restart Nokia 6 stuck di recovery screen dan tidak mau start lagi.

Kemudian besoknya tanggal 24 Desember 2017 saya bawa ke toko kembali untuk memperbaiki Nokia 6 tersebut. Setelah itu toko memanggil promotor Nokia di ITC BSD. Kemudian Nokia 6 tersebut dicek oleh promotor Nokia tersebut, yang kemudian menganjurkan untuk dilakukan install ulang sistem.

Kemudian Nokia 6 tersebut dibawa ke service center resmi Nokia yang berada di Karawaci. Setelah dicek oleh service center tersebut kemudian saya dihubungi oleh service center bahwa saya harus ganti mesin. Nah saya kemudian kaget, kenapa handphone baru sehari sudah harus ganti mesin. Ini yang saya bingung dengan Nokia 6. Nokia 6 saya ini belum pernah dipakai untuk menelepon. Nokia 6 ini baru sampai rumah dan saya lakukan charge dan battery sudah menunjukkan angka 60% kemudian dilakukan upgrade dari sistem Nokia, lalu rusak? Dan kemudian harus ganti mesin? Apakah ini termasuk produk yang defect? Karena produk itu tersegel rapih dan tidak dibuka sebelum saya membayar.

Yang saya bingung:

  1. Nokia 6 mengeluarkan produk yang defect? QC-nya bagaimana?
  2. Saya memiliki beberapa handphone China dan Korea, semua berjalan normal-normal saja. Suatu saat saya mengalami kerusakan pada hp China saya tersebut yaitu panas dan mati tiba-tiba. Setelah saya datangi service center, mereka langsung mengganti unit. Ini pun setelah saya gunakan selama 4 hari.
  3. Setelah dicek harus ganti mesin. What? Nokia tidak melakukan tukar unit seperti pada pabrikan/vendor lain yang memberikan tenggang waktu seperti Samsung, Oppo, Vivo dll yang akan melakukan penukaran unit baru bila terdeteksi handphone tersebut cacat/rusak dalam masa sekian hari dengan syarat bahwa hp tidak jatuh (rusak akibat penggunaan yang tidak wajar).
  4. Pihak Service Center Nokia seolah tidak peduli bahwa barangnya rusak padahal baru sehari. Usulnya cuma ganti mesin, titik. Untuk tukar unit dilempar ke toko (??). Pelayanan service center Nokia tidak memuaskan karena tidak memberikan solusi lain.
  5. Dengan melakukan penggantian mesin karena defect, berarti saya membeli Nokia 6 baru dengan harga baru yang sehari kemudian menjadi barang refurbish, seperti itu kan?

Saya sangat kecewa dan menyesal membeli produk Nokia. Nokia yang memiliki nama besar, yang akhirnya mulai pudar karena munculnya handphone android. Dan kemudian mencoba bangkit dengan mengikuti handphone brand lain, tapi pelayanan terhadap pembeli yang percaya bahwa produk Nokia bagus, dikecewakan dengan pelayanan seperti yang saya alami.

Semoga pihak Nokia terutama Nokia Indonesia bisa menjadikan ini menjadi masukan dalam perbaikan kedepan. Dan bila ada teman yang menanyakan produk Nokia kepada saya maka bisa jadi saya akan menjawab dengan peristiwa yang saya alami dan menganjurkan lebih baik mencari merek lain.

Terima kasih.

Haryo S
Tangerang Selatan – Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:48    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

15 komentar untuk “Kecewa dengan Nokia 6 yang Baru Sehari Sudah Harus Ganti Mesin

  • 14 Maret 2018 - (20:29 WIB)
    Permalink

    sama saya juga kecewa sangat besar banget pada nokia skrg,, sering saya mengagung kan ponsel nokia ini walapun gak tau bagai mana dengan nasib atas kabar kepunahan nokia. saya slalu bilang bagus prodak nokia eh skrg saya di kecewakannya gak sudi saya mengenal lagi nokia, baru 7 hari beli tombol home, back dan yg satunya lagi gak jalan sama sekali gak jatuh gak apa, giliran di garansiin katanya lama satu minggu sampai skrg blum ada kabar. parah banget deh sma nokia

  • 1 April 2018 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Nokia 6 di instruksikan agar diupgrade, setelah di upgrade dari budget ke hotel permasalahannya muncul salah satunya layar disentuhnya Macet atau menjadi luar. Seharusnya jika Nokia ingin mengembalikan kejayaannya maka setiap perangkat keras nokia bermasalah sudah sewajarnya di ganti unit, mengapa? Untuk menjadi pionir maka yg diutamakan adalah pelayanan kepada pelanggan, karena pelangganlah yg dapat menyampaikan kepada masyarakat bahwa Nokia sangat bertanggung jawab atas kerusakan perangkat keras dan akan diganti dengan unit yg baru. Jika ini dilakukan semakin jagalah Nokia. Terima kasih

  • 2 Juli 2018 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Kejadian ini baru aja sy alamin..sy beli nokia 3 di gerai sentra ponsel, lalu blm 1×24 jam mati total dan saya bawa ke unicom care karawaci, dsana dijelaskan LCD nya bermasalah seminggu ktanya selesai, 3 hr,4 hr,5 hr saya tlp terus tanya perkembangannya,yg katanya blm dtg sparepartnya yg ktanya sdh dtg tp blm dipasang sampe saya tlp lg blg sparepart blm dtg diundur..lalu sy blg, “gak kmren blgnya sdh dtf,tinggal pasang knp skrg blm dtg sparepart nya” sampe akirnya mreka blg “ok sore ambil”.. Esoknya sy ambil unit hp mm saya yg blm dipke 1×24 jam itu.. Lalu sy tes LCD sdh oke, pas hr ini saya tlp mm saya,mm saya complain ktanya org klo nlp suaranya kecilllll bgt gak kedengeran, saya pikir vol suaranya g dibesarkan, tp apa?? Bnr ternyata gak kdengeran,, sy tlp lg ke no unicom care dan menginfokan hal tsb,, namun kaget mba2 yg di tlp tsb blg “yaa saya gak tau, bisa aja kan tu hp dirusak sm ibu, krn gak tau bawanya gmn,pake nya gmn..ap jatoh” WTF… dy blg gtu looooh “siapa suruh ibu g tes dlu kmren pas ambil unit” pgn bgt maki2 tu mba2 nya lalu sy blg ‘mba itu yg rusak lcd, jd sy cm tes lcd sm layar kamera,,krn gda sim card sy g bsa tes nelp..” “ywd bu bawa ksini lg aja”kt dia “dan emosi sy mluap sy blg “nyesel saya beli nokia.. Pelayanan lo jlk bgt (maaf) TAI”

    KUDU GIMANAA INIII??

  • 19 November 2018 - (00:51 WIB)
    Permalink

    Mungkin kebagian apes bang. Soalnya saya dan keluarga semua pengguna nokia dan sejauh ini ngga ada masalah sama sekali. Saking isengnya aja saya sering sengaja jatuhin Nokia 6 saya dan ngga ada kerusakan, cuma body penyok dikit di bagian sudut. Soal Durabilitas Fisik nya saya yakin ngga akan ada masalah, yg penting jangan jatuhin hpnya di meja kaca bang, jelas meja nya yg kalah. Kalo soal user experience saya enjoy banget, ngga ada kendala aplikasi, ngga ada gangguan, update juga rajin. Satu hal yg bikin kurang nyaman itu cuma kalo pemakaian berat si doi cepet hangat hangat nikmat gitu.

  • 22 November 2018 - (06:46 WIB)
    Permalink

    Saya juga kecewa.. Nokia 6 sya mati tiba2 dn gk mau hidup lagi… Bagaimana ini?

  • 4 Maret 2019 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Saya baru beli hp 03 maret 2019 baru kemaren di itc bsd sentra ponsel,sama dengan counter lain kalo beli hp baru,bayar dulu baru dibuka segel,dan seperti biasa smwnya keliatan oke oke sajah, setelah saya sampai dirumah sy charger hp nokia 5.1 plus sampe full. Karena hp ni merupakan hadiah mau saya berikan buat adik saya, sy hrs mencobanya dulu,takutnya ada yg ga beres, saat saya pakai utk menelepon suara saya katanya kedengeran kecil, setelah saya selesai menelepon,kemudian saya sentuh layar nya tdk ada respon sama sekali, di matikan layar jg ga bs respon,tampilan dihp selalu muncul update google play. Hr ni saya mau ke pihak sentra ponsel , mau komplain berat. Sy merasa ditipu dan dirugikan dan mereka hrs bertanggung jawab atas kepuasaan konsumen. Trimkasih.ituh yg saya alami.smoga yg lain lbh berhati2 ya.namanya juga penjuak maunya untung doank dan duit doanks.

  • 11 Maret 2019 - (21:28 WIB)
    Permalink

    saya jugak mengalami kerusakan pada hp nokia 5.1 plus, sudah 2 kali saya mengalaminya awalnya layarnya di ganti setelah diganti bagus sebulan dan ngulah lagi layarnya mengalami kerusakan dan sampai sampai mesinya sekarang diganti dan setelah mesinya diganti pihak servis nokianya menelepon ada komponen lainya lagi yang mau diganti dan saya ngak tau mau sampaikapan hp nokia saya seperti ini beliknya mahal mahal malah gini kecewa saya sama nokia.

  • 3 Juni 2019 - (13:51 WIB)
    Permalink

    HP nokia 6 sy yg usianya belum 3bulan tidak mau ngecas, padahal sy sdh merekomendasikan Nokia krn build qualitynya yg solid, semoga tidak ada masalah di service center.. nanti saya update lg perkembangannya…

  • 20 Desember 2019 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Saya juga nyesel beli nokia 6 belum setahun tiba2 layarna krenyep2 setelah d d servis katanya cpu nya harus d ganti…. Heran hp yg ku pakai sangat apik dan wajar bisa cpu nya rusak.

  • 11 Maret 2020 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Bener bener ngecewain, kemaren saya beli nokia 5.1 plus juga sekarang mati total. gak bisa digunain lagi. solusi dari nokia care sama, ganti mesin! dan harga perbaikan 80% dari harga barang. waduh! mending ganti hp baru yang terjamin kualitasnya. sumpah kecewa

  • 24 April 2020 - (10:15 WIB)
    Permalink

    Kalo yg saya alami di Nokia 2 pemakaian baru 4 bulan sama persis seperti yg TS alami, yaitu harus ganti mesin.
    Sebelumnya mau upgrade dari android 7.1.1 ke oreo 8.1 tetapi stock di logo gak mau hidup lagi.

  • 17 Mei 2020 - (00:49 WIB)
    Permalink

    Nasib kita semua sama… Sebelumnya hp saya nokia 6 baik” saja.. Setelah ada notif untuk update sistem, saya update karena hp saya yg lain memang selalu saya update klu ada pembaharuan yang baru… Habis update selesai, sinyal 2g 3g 4g hp saya hilang… Padahal saat update sinyal dan data tidak ada masalah ,update selesai, hp restart SINYAL HILANG… ganti kartu sim.. Reset ulang pabrik.. Masih saja ngk nongol sinyalnya,kemudian saya bawa ke SC nokia Uniqcom.. Katanya mesin nya rusak… dan harus ganti mesin dan harganya mahal.. Percuma saya marah dan komplain sama teknisi uniqcom, Lanjut saya kirim eMail ke HMD ttg keluhan saya.. 10x lebih saya kirim email satupun ngk direspon dan dibalas.. Saya bawa kasus saya ke XDA forum, ternyata tidak hanya di Indonesia saja, nokai memang banyak kasus… Kalau memang Update sistem banyak masalah kenapa dilempar ke pasar SETAN… Anti sama produk Nokia.. Bukan uang nya tapi pelayanan nya sangat” buruk… JGN BELI PRODUK NOKIA.. PELAYANAN NYA BURUK BURUK BURUK..

  • 24 Oktober 2020 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Saya punya nokia 6 lebih dari 3 tahun penggunaan, saya nemuin beberapa penyakit,
    1. Batre umurnya gak panjang soalnya setahun lebih dikit udah harus ganti n lebih awet batre penggantinya.
    2. Panas apalagi pas nelpon panas di kuping cuy
    3. Terkadang kalau mau dihidupin bootnya lama bgt, ngestuck di tulisan android.
    4. Kalok nelpon suara kita kecil banget gak kedengeran lawan bicara apa lagi kalau nelpon pakek whatsapp malah gk ada suara.
    5. Jaringan nya lemah dan tidak stabil termasuk wifi nya juga lelet, waktu itu saya lagi main wifi di rumah teman jaringan di hp nokiaku tiba tiba merah sendiri trus hijau lagi dan terkadang malah disconec, aneh bgt begitu terus padahal temen saya pakek hp cina di sebelah ku gak ada masalah apa apa padahal wifinya sama dan yang pakek cuman saya sama teman saja berdua, parah.
    6. Masalah di software bawaan fotonya, kadang foto gak bisa kebuka dan kadang suka muncul banyak thumbnail foto warna hitam gak tau muncul dari mana jadi harus di hapus satu2.
    7. Dan satu lagi kalok nokia 6 di pakek rekam video gak ada fitur jeda nya wakakak jadi fideonya lanjut teruuuus ampe memori lu habis🤣🤣🤣 yah kalok di stop baru berhenti, gak bagus

    Itu aja keluhan selama hampir 4 thn pakai nokia 6. Saran buat teman teman jgn cari hp yang bodinya kaca biasa kalok kesenggol dikit atw jatuh dah pecah deh, cari yang pakek gorila glass , soalnya bapak saya pakek nokia 5.2 bodi nya dah pecah dan gk ada gantinya😭😭😭

 Apa Komentar Anda?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Nokia 6 yang Baru Sehari Sudah Harus Ganti Mesin

oleh Haryo Widodo dibaca dalam: 2 min
15