Alasan Salah Input Harga, Pesanan Tidak Kunjung Dikirimkan oleh JD.ID

Pada tanggal 18 April 2018, saya sedang hunting head unit. Saya coba cari di e-commerce, tertariklah untuk mencarinya melalui JD.ID, di mana iklan JD.ID dengan slogan “Dijamin Ori” membuat saya tergoda. Setelah melakukan pencarian dengan metode sort by harga termurah, didapatlah Head Unit dengan tipe ALPINE IVA-W520 E seharga Rp1.065.000.

Detil pesanan di JD.ID
Detil pesanan di JD.ID

Tanpa berpikir panjang, dan tanpa membandingkan dengan e-commerce lain, saya putuskan untuk melakukan pembelian, dan kebetulan produk tersedia dengan stock hanya 1 unit. Proses pembayaran dengan kartu kredit berhasil, didapatlah nomor pesanan: 228080287. Estimasi yang diberikan JD.ID untuk waktu pengemasan yaitu 1-2 hari, dan waktu pengiriman Jabodetabek 1-3 hari. Tibalah waktunya saya menunggu.

Dua hari saya menunggu, belum ada konfirmasi apapun dari JD.ID, hingga saya tanyakan ke CS melalui live chat. Diinfokan barang sedang dalam pengemasan oleh pihak merchant dan untuk antrian pengemasan membutuhkan waktu 3×24 jam, maksimal tanggal 21 April 2018.

Tanggal 21 April saya tanyakan kembali via live chat untuk pesanan saya yang belum ada progress-nya, ternyata masih dalam menunggu pengiriman. Hingga akhirnya saya tanyakan via telepon di 1500618, dan diberikan nomor laporan 800548424, estimasi laporan 2×24 jam. Saya kembali menunggu.

Dua hari berlalu tanpa ada konfirmasi apapun dari JD.ID, hingga saya telepon kembali ke JD.ID, dan diinfokan masih dalam proses, kembali disuruh tunggu 1x24jam. Keesokan harinya saya dapat telepon dari JD.ID yang menginformasikan bahwa terdapat kesalahan harga untuk unit yang saya pesan. Di situlah saya merasa kesal, mengapa saya sudah menunggu begitu lama, baru ada konfirmasi kesalahan harga? Pihak JD.ID menawarkan untuk refund, namun saya menolaknya dan bersikeras untuk dapat dikirimkan barang yang sudah saya pesan dan bayarkan sesuai dengan harga yang tertera waktu saya beli.

Dari pihak JD.ID meminta waktu untuk eskalasi ke UP Level, dan meminta saya menunggu 1×24 jam, dan akan dihubungi kembali. Namun apa yang terjadi? Saya tidak pernah dihubungi. Berulang kali saya telepon dan selalu diminta untuk menunggu 1×24 jam ke depan, dan akan dihubungi dengan waktu yang ditentukan. Namun kenyataannya saya tidak pernah dihubungi, selalu saya yang inisiatif untuk menghubungi JD.ID.

Dengan alasan eskalasi ke UP Level dan belum mendapat keputusan, saya selalu disuruh menunggu hingga hari ini, tanggal 27 april 2018. Mengapa e-commerce sebesar JD.ID dapat melakukan kesalahan input harga, dan membiarkan customer menunggu begitu lamanya tanpa ada kepastian?

Sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, Tanggal 20 April 1999, Tentang Perlindungan Konsumen, Pasal 10:

Pelaku usaha dalam menawarkan barang dan/atau jasa yang ditujukan untuk diperdagangkan dilarang menawarkan, mempromosikan, mengiklankan atau membuat pernyataan yang tidak benar atau menyesatkan mengenai: harga atau tarif suatu barang dan/atau jasa;

Muksit
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:4    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Muksit

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Muksit pada 26 April 2018 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Alasan Salah Input Harga, Pesanan Tidak Kunjung Dikirimkan oleh JD.ID…

oleh muksit dibaca dalam: 2 min
0