12 Tips Sehat dan Bugar saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Oleh dr. Fathul Djannah, Sp.PA.

Ramadhan tiba…Ramadhan tiba, Marhaban yaa Ramadhaaan….

Alunan ayat suci Al-Quran dan musik Islami bersenandung di mana-mana menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Aura kental kedamaian dan kebahagiaan khas bulan Ramadhan merebak di sekeliling bagaikan bau khas tanah kering yang terkena hujan.

Semua orang bersiap menjalankan ibadah untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya di bulan penuh berkah ini. Namun keinginan saja belum cukup, harus diikuti dengan usaha agar tubuh mendukung keinginan hati dalam melaksanakan ibadah. Adapun beberapa usaha yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa sebulan penuh adalah sebagai berikut:

1. Check up

Sebelum berpuasa, bagi yang menderita masalah kesehatan tertentu seperti masalah lambung sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter tentang kondisi kesehatan Anda. Hal ini untuk menghindari adanya keluhan seputar kesehatan yang nantinya akan dirasakan ketika berpuasa.

2. Tetap Konsumsi Obat seperti Biasanya

Bagi yang memang sudah ada sakit yang diderita dan mengharuskan untuk minum obat maka perlu konsul ke dokter atau tenaga kesehatan tentang waktu konsumsi obat.

Contoh bagi penderita diabetes mellitus dengan konsumsi obat minum maka obat dapat dikonsumsi pada saat berbuka puasa. sedangkan pada saat sahur obat yang dikonsumsi sebaiknya jangan yang menyebabkan penurunan kadar gula karena dapat menyebabkan hipoglikemia/penurunan kadar gula pada siang harinya.

3. Merencanakan Jadwal Menu

Rencanakan jadwal menu untuk berbuka puasa dan sahur untuk memastikan Anda tetap mendapatkan nutrisi yang tepat selama berpuasa.

4. Jangan Pernah Lewatkan Makan Sahur

Dengan sahur membuat lambung tidak terlalu lama kosong dan dapat mencegah terjadinya gastritis/maag dan mencegah dari rasa haus dan lemas dikarenakan tidak ada makanan yang masuk sebagai sumber energi yang dibutuhkan pada sebab pada saat tidur pun seseorang masih membutuhkan energi meskipun tidak sebesar pada saat beraktivitas.

5. Jenis Hidangan saat Sahur

Konsumsi makanan yang kaya karbohidrat kompleks seperti oat cereal, tinggi protein, buah-buahan, sayuran yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama dan mengurangi karbohidrat serta  minum air yang cukup.

Minum air hangat sebagai penutup segala makan dan minum setelah sahur sangat membantu mengurangi rasa haus pada saat puasa karena dengan air hangat yang membersihkan sisa sisa minyak dari kerongkongan yang dapat  menyebabkan rasa haus berlebihan pada saat puasa.

6. Hindari Berbuka Puasa dengan Makan Berlebihan

Saat berbuka pastilah air dingin dan es yang akan diserbu duluan. Enak sampai di kerongkongan. Namun akan lebih baik bila minum air hangat dulu sebelum konsumsi yang dingin-dingin. Berbuka puasa dengan kurma dan air sudah cukup untuk mengganjal perut Anda. Setelah shalat maghrib, lanjutkan dengan makan secukupnya,  terutama bagi yang punya sakit maag dan diabetes mellitus. Dan makan kembali dengan porsi yang kecil setelah salat tarawih ditambah buah atau sayur sebelum tidur.

7. Hindari Tempat yang Terlalu Panas

Hindari terlalu lama berada di tempat panas karena itu dapat membuat dehidrasi. Berdiamlah di dalam ruangan atau di tempat yang teduh dan kurangi aktivitas fisik yang berat. Beristirahatlah jika memungkinkan.

8. Penuhi Kebutuhan Air selama Puasa

Penuhi kebutuhan air dalam tubuh setiap hari yaitu 8 gelas per hari  minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Untuk menyiasati kebutuhan 8 gelas selama berpuasa bisa dilakukan dengan cara sbb:

  • 1 gelas begitu bangun tidur sebelum cuci muka untuk makan sahur
  • 1 gelas setelah makan sahur
  • 1 gelas saat berbuka waktu Magrib
  • 1 gelas setelah salat Magrib
  • 1 gelas setelah makan
  • 1 gelas setelah salat Isya
  • 1 gelas setelah salat tarawih
  • 1 gelas sebelum tidur

9. Olahraga

Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki selama 15-20 menit, sebaiknya dilakukan sesaat sebelum waktu berbuka atau di malam hari.

10. Kurangi Makanan Pedas atau Digoreng

Kurangi makan makanan yang digoreng dan pedas karena dapat menyebabkan mulas atau gangguan pencernaan dan sisa sisa minyak yang dapat menyebabkan rasa haus berkepanjangan meskipun sudah minum banyak air pada saat sahur.

11. Konsumsi Vitamin/herbal Bernutrisi Tinggi secara Teratur

Dengan konsumsi vitamin/herbal bernutrisi tinggi secara teratur pada saat berpuasa baik saat berbuka atau sahur atau keduanya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan energi selama berpuasa karena terkadang makanan yang dikonsumsi belum mencukupi kebutuhan energi.

12. Sibukkan Diri dengan Aktivitas Positif

Dengan menyibukkan diri dengan aktivitas positif seperti membaca Al quran atau dzikir selama berpuasa dapat mengalihkan dari rasa lapar dan lemas yang biasanya sangat dirasakan pada masa-masa awal berpuasa.

Selamat berpuasa, semoga Alloh SWT memberikan kekuatan, kemudahan dan ridho-Nya pada semua amalan kita di bulan yang penuh rahmat ini, amiin.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 5]
Tentang Penulis
Fathul Djannah  

dr. Fathul Djannah, Sp.PA. Alumni FK Universitas Hang Tuah Surabaya dan PPDS Patologi Anatomi Universitas Airlangga Surabaya. - Dosen FK Universitas Mataram, NTB sejak 2003. - Kepala Instalasi Laboratorium Patologi Anatomi RSUP NTB sejak 2010. - Peserta Program Doktor (S3) Ilmu Kedokteran FK Universitas Hasanuddin, 2018

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

12 Tips Sehat dan Bugar saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Fathul Djannah 3 menit
0