5 Smart Teknologi yang akan Trending dalam Waktu Dekat

Teknologi di zaman sekarang ini sudah banyak sekali yang ‘pintar’ sehingga seringkali dijuluki dengan smart technology. Perkembangan tersebut membuat siapapun pasti akan tercengang dan sepanjang dapat memberikan banyak kemudahan dan manfaat bagi masyarakat luas, tentu hal ini akan terus diterima di tengah masyarakat.

Namun, seperti apakah kira-kira teknologi pintar yang diprediksi akan menjadi trend atau terkenal dalam waktu yg tidak terlalu lama? Berikut ini beberapa gambarannya.

1. Teknologi Cermin Pintar
Smart technology yang satu ini mungkin tidak ada di benak kita selama ini, namun lain halnya dengan di benak mereka yang memang ahli di bidangnya dan memiliki kreatifitas tak terbatas. Cermin pintar ini akan memiliki fungsi seperti cermin pada umumnya namun akan ditambahkan dengan beberapa fitur yang menarik seperti misalnya layar sentuh sehingga cermin ini akan menjadi layaknya smartphone raksasa. Beberapa fitur lain yang ditambahkan antara lain adalah fitur GPS, sistem operasi dan koneksi broadband.

2. Smart Teknologi pada Perangkat yang Dapat Dipakai atau Wearable
Ini merupakan gabungan antara teknologi canggih dan fashion dimana di masa depan akan semakin banyak dijumpai aksesoris fashion yang memiliki teknologi pintar atau smart fashion. Misalnya saja perangkat yang dapat membantu memantau kondisi kesehatan, memberikan warning akan keadaan tertentu dan siapa tahu bahwa semua fitur tersebut dapat ditemukan pada barang dengan ukuran yang kecil. Namun kini, perkembangan di dunia wearable sudah sangat pesat seperti adanya owlet smart socks yang dapat memantau pernafasan dan detak jantung sang buah hati hingga pakaian dalam wanita untuk memantau detak jantung.

3. Chatbot
Apa itu chatbot? Chatbot merupakan sebuah smart teknologi yang bertugas untuk menjawab chat yang dikirimkan oleh seseorang. Mungkin banyak dari anda yang tidak sadar atau belum mengetahui bahwa chat anda dijawab oleh seorang robot. Contohnya saja adalah ketika anda memesan kuota internet, mengecek pulsa, dan lain sebagainya. di masa yang akan datang, chatbot akan dibuat lebih canggih dan lebih alami dalam menjawab pesan dan chat yang dikirim oleh manusia. Bahkan, bukan tidak mungkin robot akan menggantikan peran manusia sebagai seorang Customer Service (Digital Legitimation Service).

4. Asisten Virtual
Di masa yang akan datang, smart teknologi berupa asisten virtual nampaknya akan semakin banyak digandrungi dan dibuat semakin modern. Di jaman sekarang ini sudah banyak ditemukan asisten virtual yang bisa digunakan oleh manusia seperti Siri, Cortana, Google Assistant dan masih banyak lagi yang lainnya. Di masa depan, tentu saja asisten virtual tersebut akan terus mengalami penyempurnaan dan semakin menjadi berakal. Smart teknologi ini akan terus berkembang akibat adanya persaingan sengit antara IOS dan Android yang seperti tak akan pernah usai.

5. Perangkat Rumah Pintar
Di masa yang akan datang akan semakin banyak rumah yang menggunakan beragam perangkat smart teknologi sehingga rumah tersebut dapat dikatakan sebagai rumah pintar. Teknologi pintar yang akan banyak digunakan pada sebuah rumah antara lain adalah lampu yang dapat menyala sendiri dengan perintah suara, smart TV, thermostat canggih, vacuum cleaner dari robot dan masih banyak lagi yang lainnya yang tentunya akan dapat berfungsi dengan kemampuan setara AI atau rumah dengan kecerdasan buatan.

Smart teknologi, tak dapat dipungkiri memang selalu mampu menjawab tantangan masa depan yang haus akan teknologi canggih namun simple untuk digunakan dan mampu memberikan banyak kemudahan untuk umat manusia. Tak heran jika teknologi seperti ini selalu menarik minat siapapun dari waktu ke waktu.

Apakah Anda sudah siap menyambut masa depan dengan segala kecerdasan buatan didalamnya? Kecerdasan buatan yang memungkinkan melebihi keterbatasan kecerdasan umat manusia. (*RH)

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

5 Smart Teknologi yang akan Trending dalam Waktu Dekat

oleh Rudi Hartono dibaca dalam: 2 menit
0